Rabu

RPP KLS VIII KD.03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN      :  Pendidikan Agama Islam
KELAS                             :  8 / Ganjil
ALOKASI WAKTU        :  2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)

A.       Standar Kompetensi           :  
        3.      Membiasakan perilaku terpuji
B.        Kompetensi Dasar              :  
  1. Menjelaskan pengertian Zuhud dan Tawakkal
  2. Menampilkan contoh perilaku Zuhud dan Tawakkal
  3.  Membiasakan perilaku Zuhud dan Tawakkal dalam kehidupan sehari-hari

C.        Indikator                             : 
1.            Menjelaskan pengertian
2.            zuhud dan tawakal.
3.            Menyebutkan  dalil zuhud dan tawakal
4.            Menunjukan contoh perilaku zuhud .
5.            Menunjukan contoh perilaku  tawakal
6.            Membiasakan perilaku zuhud  dalam  kehidupan sehari-hari
7.            Membiasakan perilaku tawakal  setelah .
8.            Melakukan  ihtiar  dalam kehidupan sehari-hari.
9.            Menjelaskan manfaat berlaku zuhud dan tawakal

D.       Tujuan Pembelajaran           : Peserta didik Dapat
1.            Menjelaskan pengertian
2.            zuhud dan tawakal.
3.            Menyebutkan  dalil zuhud dan tawakal
4.            Menunjukan contoh perilaku zuhud .
5.            Menunjukan contoh perilaku  tawakal
6.            Membiasakan perilaku zuhud  dalam  kehidupan sehari-hari
7.            Membiasakan perilaku tawakal  setelah .
8.            Melakukan  ihtiar  dalam kehidupan sehari-hari.
9.            Menjelaskan manfaat berlaku zuhud dan tawakal

E.        Materi Pokok                      :  Sifat Zuhud dan Tawakkal

F.         Strategi Pembelajaran         :

Pertemuan Pertama

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.      Melakukan Appersepsi (religious,disiplin,antusias)
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (hormat pada guru,ingin tahu)
c.      Peserta didik diminta menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan sifat Zuhud dan Tawakkal (berfikir kritis,kreatif,antusias,ingin tahu)
10 menit

-    Pemodelan

-    Tanya Jawab




2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta didik membaca dan memahami materi tentang sifat Zuhud dan Tawakkal (teliti,tekun.cinta ilmu,ingin tahu)
b.      Secara berkelompok, Peserta didik membaca dalil naqli tentang sifat Zuhud dan Tawakkal (kerja sama, percaya diri,menghargai)
c.       Bersama kelompoknya, Peserta didik mendiskusikan pengertian Zuhud dan Tawakkal
d.      Guru memberikan penialaian pada masing-masing kelompok (taat aturan)
70 menit

-    Inquiry

-    Praktik Lisan
-    Learning Community

-    Tanya Jawab
3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (religius)
b.      Guru menyimpulkan materi tentang sifat Zuhud dan Tawakkal Allah(taat aturan,antusias)
c.       do’a kafarotul majlis (religius,taat aturan)
d.      salam (religious)
10 menit
-    Refleksi
-    Penugasan

Pertemuan Ke Dua

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi (religius,disiplin,antusias)
d.     Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (hormat pada guru,ingin tahu)
a.       Secara individu, Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti (berfikir) kritis,kreatif, antusias,ingintahu)
10 menit

-    Pemodelan

2
Kegiatan Inti
a.       Secara berkelompok, Peserta didik membaca dalil naqli tentang zuhud dan tawakkal (ingin tahu,cinta ilmu,tekun,teliti)
b.      Secara berkelompok, Peserta didik mendiskusikan contoh perilaku sifat zuhud dan tawakkal (kerja keras,berfikir kreatif,saling menghargai)
c.       Secara berkelompok, Peserta didik-Peserta didik mendiskusikan fungsi zuhud dan tawakal (kerja keras,berfikir kreatif,saling menghargai)
70 menit
-    Unjuk Kerja
-    Praktek Lisan
-    Inquiri Learning Community
3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (antusias,taat aturan)
b.      Guru memberikan tugas kepada Peserta didik untuk menuliskan fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah (taat aturan,hormat pada guru)
10 menit

-    Refleksi

-    Penugasan


G.       Sumber Belajar                    :  1.   Buku materi PAI kelas VIII
                                                      2.      LKS
                                                      3.      Buku lain yang relevan
a.          Penilaian                              :

       1.      Jenis tagihan                 :  Tugas Individu
       2.      Tehnik                           :  Tes Tulis
       3.      Bentuk instrumen         :  Uraian
       4.        Soal                               :  1.   Sebutkan macam-macam Kitab Allah yang wajib diketahui berikut  
                                                             Rasul  pembawanya
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kitab Allah
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Suhuf



Mengetahui,
Kepala Sekolah




........................................
Demak, .............................

Guru PAI,




...............................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar Anda