Jumat

RPP KLS IX KD.06

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP .........
Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Ganjil
                                    Alokasi Waktu            : 3 x Pertemuan  (6 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
6.                Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umroh.
B. Kompetensi Dasar  :
     6.1. Menyebutkan pengertian dan ketentuan Haji dan Umroh.
     6.2. Memperagakan pelaksanaan Haji dan Umroh.
C. Indikator                            :
1.       Menjelaskan pengertian dan hukum Haji.
2.       Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji.
3.       Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah Haji.
4.       Menjelaskan macam-macam cara  mengerjakan Haji.
5.       Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Haji.
6.       Menjelaskan pengertian dan hukum Umroh.
7.       Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh.
8.       Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah  Umroh.
9.       Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Umroh
10.   Memperagakan  pelaksanaan Ibadah Haji. 
11.   Memperagakan pelaksanaan Ibadah  Umroh.
D. Tujuan Pembelajaran          : Siswa dapat
1.    Menjelaskan pengertian dan hukum Haji.
2.    Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji.
3.    Menyebutkan larangan-laranganm selama ibadah Haji.
4.    Menjelaskan macam-macam cara  mengerjakan Haji.
5.    Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Haji.
6.    Menjelaskan pengertian dan hukum Umroh.
7.    Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh.
8.    Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah  Umroh.
9.    Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Umroh.
10.Mempragakan  pelaksanaan Ibadah Haji. 
11.Memperagakan pelaksanaan Ibadah  Umroh.
E. Materi Pokok                      :   Haji dan Umroh
F. Strategi Pembelajaran         :
      Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran (rasa  ingin tahu)
b.      Guru mengadakan Pre Test
10 menit

-  Pemodelan

-  Tanya Jawab
2.
Kegiatan Inti
a.      Semua siswa secara individu mambaca dan menelaah uraian materi tentang  Haji (rasa ingin tahu)
b.      Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan  ketentuan Haji.(rasa ingin tahu, toleransi, tanggung jawab)
c.       Secara kelompok siswa memsbaca, mengartikan dan menelaah dalil naqli yang berhubungan dengan  Haji (relegius, gemar membaca)
d.      Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan Haji (relegius, disiplin)
e.       Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. (jujur, menghargai prestasi)
70 menit

-  Iquire

-  Learning Community
-  Unjuk kerja

-  Ceramah

-  Penilaian proses
3.
Penutup
a.        Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.       Guru mengadakan post tes
c.        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin  dan menghafal  kalimat talbiyah
 10 menit

-  Refleksi

-  Tanya Jawab
-  Penugasan

      Pertemuan ke dua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan 
a.       Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
b.      Guru mengadakan Pre Test
10 menit

-  Pemodelan


-  Tanya Jawab
2.
Kegiatan Inti
a.       Semua siswa secara individu mambaca dan menelaah uraian materi tentang Umroh (Gemar membaca,rasa ingin tahu)
b.      Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan  ketentuan Umroh (rasa ingin tahu, toleransi, tanggung jawab)
c.       Secara kelompok siswa membaca, mengartikan dan menelaah dalil naqli yang berhubungan dengan  Umroh (relegius, gemar membaca)
d.      Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan Umroh (relegius, disiplin)
e.       Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. (jujur, menghargai prestasi)
70 menit

-  Iquire (Menemukan)

-  Learning Community
-  Unjuk kerja


-  Ceramah

-  Penilaian proses
3.
Penutup
a.       Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru mengadakan post tes
c.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin  dan menghafal  Qs.Al Hajj : 27
 10 menit

-  Refleksi

-  Tanya Jawab
-  Penugasan

      Pertemuan ke tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.        Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
b.       Guru mengadakan Pre Test
10 menit

-  Pemodelan
-  Tanya Jawab

2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa di bagi menjadi dua kelompok untuk persiapan  melakukan peragaan Haji dan Umroh di bawah bimbingan Guru. (kerja keras, disiplin)
b.      Kelompok pertama melakukan peragaan Haji dan Umroh , sedangkan kelompok yang lain mengamati  danmemberi penilaian. (jujur, tanggung jawab)
c.       Guru memberi pengarahan kepada siswa untuk melakukan peragaan Haji dan Umroh.(Rasa ingin tahu)
d.      Guru memberi nilai praktek Haji dan Umroh kepada masing-masing individu.(jujur, tanggung jawab)
70 menit

-  Iquire
-  (Menemukan)
-  Learning Community

-  Unjuk kerja
-  Ceramah
-  Penilaian proses
3.
Penutup
a.        Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.       Guru mengadakan post tes
c.        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  mengerjakan PR.

 10 menit

-  Refleksi
-  Tanya Jawab
-  Penugasan

G. Sumber Bahan                    :           1. Fiqih Sunnah
                                                            2. Buku PAI Kelas 9
                                                            3. VCD

H. Penilaian
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Soal
1. Menjelaskan pengertian dan hukum Haji.
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian haji
1.  Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji.
Tes tulis
Uraian
Sebutkan syarat wajib haji
2.  Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah Haji.
Tes tulis
uraian
Sebutkan 3 larangan haji bagi perempuan
3.  Menjelaskan macam-macam cara  mengerjakan Haji.
Tes tulis
uraian
Jelaskan pelaksanaan haji secara tamattu’
5. Membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Haji.
Tes lisan
Unjuk kerja
Bacakan dalil Naqli yang berkaitan dengan Haji
6.Menjelaskan pengertian dan hukum Umroh.
Tes tulis
uraian
Jelaskan pengertian umroh
7.Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh.
Tes tulis
uraian
Sebutkan rukun umroh           
8.Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah  Umroh.
Tes tulis
uraian
Sebutkan 3 larangan umroh bagi laki-laki
9.Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Umroh
Tes lisan
Unjuk kerja
Bacakan dalil Naqli yang berkaitan dengan umroh
10.Memperagakan  pelaksanaan Ibadah Haji. 
Praktek
Demonstrasi
Peragakan cara memakai pakaian Ihrom
11.Memperagakan pelaksanaan Ibadah  Umroh.
Praktek
Demonstrasi
Peragakan cara melaksanakan Thowaf

  • Contoh instrumen :
1.      Jelaskan pengertian  Haji dan Umroh !
2.      Sebutkan  syarat haji !
3.      Sebutkan perbedaan antara wajib hajidan rukun haji
4.      Jelaskan pengertian Haji Ifrod . Tamattu’ dan Qiron
5.      Sebutkan larangan Haji bagi laki-laki dan perempuan
  • Tugas                           :
-          Tulislah ayat-ayat Al Qur’an  dan Hadits yang berkaitan dengan Haji dan Umroh.
-          Tulis dan hafalkan Lafadl Talbiyah


Mengetahui:
Kepala Sekolah,




____________________
NIP.

Demak, ............................

Guru Mata Pelajaran,




.......................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar Anda