RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 9 / Genap
Alokasi
Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
8.
Memahami Al Qur’an surat
Al Insyiroh.
B. Kompetensi Dasar :
8.1. Menampilkan bacaan Qs. Al
Insyiroh dengan tartil dan benar.
8.2. Menyebutkan arti Qs. Al
Insyiroh.
8.3. Mempraktekan perilaku dalam
bekerja selalu berserah diri kepada
Allah
seperti dalam Qs. Al Insyiroh.
1.
Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil dan lancar.
2.
Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan baik dan benar.
3.
Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap
kalimat dengan benar.
4. Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas di bidang apapun, kemudian apabila telah
selesai baru pindah untuk melakukan pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan
disiplin sampai tuntas dengan ikhlas
pula.
5.
Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan
pekerjaan sehingga apabila
berhasil tidak sombong dan jika gagal
tidak putus asa.
D. Tujuan Pembelajarn :
Siswa dapat
1.
Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil dan lancar.
2.
Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan baik dan benar.
3.
Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap
kalimat dengan benar.
4. Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas di bidang apapun, kemudian apabila telah
selesai baru pindah untuk melakukan pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan
disiplin sampai tuntas dengan ihlas
pula.
5.
Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan
pekerjaan sehingga apabila
berhasil tidak sombong dan jika gagal
tidak putus asa
E. Materi Pokok : Al Qur’an Surat Al Insyiroh
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru mengajak untuk tadarus bersama.
b.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.
Guru membagi kelompok diskusi.
d.
Guru mengadakan pre test.
|
8 menit
|
- Pemodelan
- Tanya Jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa membaca lafadz Q.S Al Insyirah dengan tartil secara bergiliran
yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
b.
Siswa mengartikan Q.S Al Insyirah secara bergiliran yang lain menyimak
dan membetulkan dalam kelompoknya.
c.
Siswa menunjukkan contoh bekerja keras dan berserah diri kepada Allah
seperti dalam Q.S Al Insyirah yang lain mengamati
d.
Guiru memberi penilaian selama proses
pembelajaran berlangsung.
|
64 menit
|
- Refleksi
- Refleksi
- Unjuk kerja
-Penilaian proses
|
|
Penutup
a.
Guru menyempurnakan bacaan lafadz dan arti
Q.S Al Insyirah.
b.
Guru mengadakan Post test
c.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Q.S
Al Insyirah beserta artinya.
|
8 menit
|
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Penugasan
|
Pertemuan ke dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru mengajak untuk tadarus bersama.
b.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.
Guru membagi kelompok diskusi.
d.
Guru mengadakan pre test.
|
8 menit
|
- Pemodelan
- Tanya Jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Siswa menghafal lafadz Q.S Al Insyirah dengan
tartil secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam
kelompoknya.
b. Siswa menghafalkan arti Q.S Al Insyirah secara
bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
c. Guiru memberi penilaian
selama proses pembelajaran berlangsung.
|
64 menit
|
- Refleksi
- Unjuk kerja
-Penilaian proses
|
|
Penutup
a. Guru
menyempurnakan bacaan lafadz dan arti Q.S Al Insyirah.
b. Guru mengadakan Post test
c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mengerjakan PR.
|
8 menit
|
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Penugasan
|
G. Sumber / Media / Alat : 1. Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai
2. Buku PAI kelas IX Cempaka
Putih
1. Buku Al Qur’an dan Juz Amma
H. Penilaian :
No
|
Indikator
|
Teknik penilain
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh soal
|
1
|
Membaca Qs. Al Insyiroh dengan benar Tartil dan lancar.
|
Tes Lisan
|
Unjuk Kerja
|
1. Bacalah QS. Al Insyirah !
|
2
|
Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.Al Insyiroh
dengan baik dan benar.
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
2. Salinlah QS. Al Insyirah ayat
5 !
|
3
|
Mengartikan Qs At Insyiroh
setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
3. Artikan QS. Al Insyirah ayat
5 !
|
4
|
Bekerja keras,
sungguh-sungguh dan disiplin sampai
tuntas dengan ikhlas di bidang apapun,
kemudian apabila telah selesai baru
pindah untuk melakukan pekerjaan lain
dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ikhlas pula
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
4. Sebutkan contoh prilaku
terpuji yang terdapat dalam Qur’an surat Al Insyirah
|
5
|
Berjiwa tawakal jika
telahselesai melakukan pekerjaan
sehingga apabila berhasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
5. Tulislah salah satu Ayat yang
mencerminkan sikap tawakal
|
I. Tugas
1.
Tulislah lafadz beserta artinya Q.S Al Insyirah !
2.
Hafalkan di rumah lafadz QS.Al Insyirah !
3.
Hafalkan di rumah arti QS. Al Insyirah !
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
____________________
NIP.
|
|
Demak, ............................
Guru Mata Pelajaran,
.......................................
NIP.
|