RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP....
Mata
Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 9 / Genap
Alokasi
Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
10. Meningkatkan
keimanan kepada Qodlo’ dan Qodhar.
B. Kompetensi Dasar :
10.1. Menyebut ciri-ciri
beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar.
10.2. Menjelaskan
hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
10.3. Menyebutkan
contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari – hari.
10.4. Menyebutkan
ayayt-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodhar.
1.
Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodhar.
2.
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan
Qodhar..
3.
Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan
Qodhar.
4.
Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
5.
Menjelaskan perbedaan takdir mubrom
dengan takdir mualaq
6.
Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan
Qodhar
8.
Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan
dengan Qodlo’dan Qodhar.
9.
Membaca
dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’danQodhar.
10.
Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan
dengan Qodlo’dan Qodhar
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1.
Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodhar.
2.
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan
Qodhar..
3.
Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan
Qodhar.
4.
Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
5.
Menjelaskan perbedaan takdir mubrom
dengan takdir mualaq
6.
Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan
Qodhar
8.
Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan
dengan Qodlo’dan Qodhar.
9.
Membaca
dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’danQodhar.
10.
Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan
dengan Qodlo’dan Qodhar
E. Materi Pokok : Iman kepada Qodlo’ dan Qodhar.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
|||
1.
|
Pendahuluan
a.
Tadarus Al Quran secara bersama – sama
b.
Guru
menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Guru mengadakan Pre Test
|
10 menit
|
- Pemodelan
- Tanya Jawab
|
Relegius
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti :
a.
Semua siswa secara individu mambaca dan menelaah uraian materi tentang
Qodlo dan Qodar
b.
Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan
dengan Qodlo dan Qodar dan cirri – cirri orang yang Beriman Kepada Nya serta
hubungan antara Qodlo dan Qodar
c.
Secara kelompok siswa membaca, menelaah dan mengartikan dalil naqli
yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar
d.
Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan
Qodlo dan Qodar
e.
Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
|
60 menit
|
- Iquire
- Learning Community
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Penilaian proses
|
Relegius
Rasa ingin tahu, gemar membaca, demokratis,
|
|||
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil
belajar
b.
Guru mengadakan post tes
c.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang
berhubungan dengan Qodlo dan Qodar
|
10 menit
|
- Refleksi
- Tanya Jawab
- Penugasan
|
|
|||
|
Pertemuan ke dua
|
|
|
|
|||
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
|||
1.
|
Pendahuluan
a.
Tadarus Al Quran secara bersama sama
b.
Guru
menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Guru mengadakan Pre Test
|
10 menit
|
- Pemodelan
- Tanya Jawab
|
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
a. Secara individu siswa membaca dan menelaah uraian
materi tentang hal - hal yang berhubungan dengan contoh – contoh Qodlo dan
Qodar baik yang ada di lingkungan alam sekitar maupun diri kita sendiri
b. Secara kelompok membaca, menelaah dan mencari
bukti – bukti adanya Qodlo dan Qodar
c. Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang
berhungan dengan contoh dan bukti – bukti adanya Qodlo dan Qodar
d. Guru memberikan penilaian selama proses
pembelajaran berlangsung.
|
60 menit
|
- Iquire
- (Menemukan)
- Learning Community
- Ceramah
- Penilaian proses
|
Kreatif, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Gemar membaca, kerja keras
|
|||
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil
belajar
b.
Guru mengadakan post tes
c.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang
berhubungan dengan Qodlo dan Qodar.
|
10 menit
|
- Refleksi
- Tanya Jawab
- Penugasan
|
|
|||
G.
|
Sumber / Media / Alat
|
|
|
|
|||
H.
|
Sumber Belajar
|
:
|
1.
Buku PAI kelas IX
|
|
|||
I.
|
Penilaian :
Jenis Tagiahan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Soal / Instrumen
Tugas
|
:
:
:
:
:
|
Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu
Tes Harian
Jawaban singkat, Unjuk kerja
1. Apakah yang di maksud dengan Qodlo dan Qodar ?
2. Sebutkan dan jelaskan macam –
macam Qodlo dan Qodar !
3. Sebutkan ciri – ciri orang
yang beriman kepada Qodlo dan Qodar !
4. Apakah hubungan antara Qodlo
dan Qodar ?
5. Apakah fungsi Iman Kepada
Qodlo dan Qodar ?
6. Tunjukkan contoh atau bukti
adanya Qodlo dan Qodar
7. Baca dan artikan dalil naqli
yang berkaitan dengan Qodlo dan Qodar !
1. Tulis dan artikan dalil naqli
tentang Qodlo dan Qodar !
2. Carilah contoh yang
membuktikan Qodlo dan Qodar itu ada !
|
|
|||
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP. ...................................
|
Demak, .....................
Guru PAI
____________________
NIP. ..........................
|