RPP KLS IX KD.10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP....
                                    Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Genap
                                    Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
            10. Meningkatkan keimanan kepada Qodlo’ dan Qodhar.
B. Kompetensi Dasar              :
            10.1. Menyebut ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar.
            10.2. Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
            10.3. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari – hari.
            10.4. Menyebutkan ayayt-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodhar.
C. Indikator                            :
1.              Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodhar.
2.              Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar..
3.              Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar.
4.               Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
5.              Menjelaskan perbedaan  takdir mubrom  dengan takdir mualaq
6.              Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar     dalam kehidupan sehari-hari.
7.              Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar
8.              Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodhar.
9.              Membaca  dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’danQodhar.
10.          Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodhar
           
D. Tujuan Pembelajarn            :  Siswa dapat
1.              Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodhar.
2.              Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar..
3.              Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar.
4.               Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
5.              Menjelaskan perbedaan  takdir mubrom  dengan takdir mualaq
6.              Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar     dalam kehidupan sehari-hari.
7.              Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar
8.              Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodhar.
9.              Membaca  dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’danQodhar.
10.          Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodhar
           
E. Materi Pokok                      :  Iman kepada Qodlo’ dan Qodhar.

F. Strategi Pembelajaran         :
     Pertemuan pertama

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
Nilai Karakter

1.
Pendahuluan
a.       Tadarus Al Quran secara bersama –  sama
b.       Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
c.        Guru mengadakan Pre Test
10 menit

- Pemodelan

- Tanya Jawab

Relegius

2.
Kegiatan Inti :
a.    Semua siswa secara individu mambaca dan menelaah uraian materi tentang Qodlo dan Qodar
b.    Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar dan cirri – cirri orang yang Beriman Kepada Nya serta hubungan antara Qodlo dan Qodar
c.    Secara kelompok siswa membaca, menelaah dan mengartikan dalil naqli yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar 
d.   Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar
e.    Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
60 menit

- Iquire



- Learning Community


- Unjuk kerja


- Ceramah

- Penilaian proses

Relegius
Rasa ingin tahu, gemar membaca, demokratis,



3.
Penutup
a.       Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru mengadakan post tes
c.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar
 10 menit

- Refleksi

- Tanya Jawab
- Penugasan




Pertemuan ke dua




No.
Kegiatan
Waktu
Metode


1.
Pendahuluan
a.       Tadarus Al Quran secara bersama sama
b.       Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai       dalam kegiatan pembelajaran
c.               Guru mengadakan Pre Test
10 menit


-  Pemodelan

-  Tanya Jawab


2.
Kegiatan Inti
a.       Secara individu siswa membaca dan menelaah uraian materi tentang hal - hal yang berhubungan dengan contoh – contoh Qodlo dan Qodar baik yang ada di lingkungan alam sekitar maupun diri kita sendiri
b.      Secara kelompok membaca, menelaah dan mencari bukti – bukti adanya Qodlo dan Qodar
c.       Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhungan dengan contoh dan bukti – bukti adanya Qodlo dan Qodar
d.      Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
60 menit

-  Iquire
-  (Menemukan)


-  Learning Community

-  Ceramah

-  Penilaian proses

Kreatif, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Gemar membaca, kerja keras

3.
Penutup
a.       Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru mengadakan post tes
c.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar.
 10 menit

-  Refleksi

- Tanya Jawab
- Penugasan


G.


Sumber / Media / Alat



H.
Sumber Belajar
:
1.      Buku PAI kelas IX

I.
Penilaian :
Jenis Tagiahan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Soal / Instrumen














Tugas

:
:
:
:














:

Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu
Tes Harian
Jawaban singkat, Unjuk kerja
1.     Apakah yang di maksud dengan Qodlo dan Qodar ?
2.     Sebutkan dan jelaskan macam – macam Qodlo dan Qodar !
3.     Sebutkan ciri – ciri orang yang beriman kepada Qodlo dan Qodar !
4.     Apakah hubungan antara Qodlo dan Qodar ?
5.     Apakah fungsi Iman Kepada Qodlo dan Qodar ?
6.     Tunjukkan contoh atau bukti adanya Qodlo dan Qodar
7.     Baca dan artikan dalil naqli yang berkaitan dengan Qodlo dan Qodar !

1.     Tulis dan artikan dalil naqli tentang Qodlo dan Qodar !
2.     Carilah contoh yang membuktikan Qodlo dan Qodar itu ada !


Mengetahui :
Kepala Sekolah


_______________________
NIP. ...................................
Demak, .....................
Guru PAI


____________________
NIP. ..........................