RPP KLS IX KD.11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP....
                                    Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Genap
                                    Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan  (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
1.              Menghindari perilaku tercela.
B. Kompetensi Dasar              :
            11.1. Menyebutkan pengertian takabur.
            11.2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
            11.3. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator                            :
1.              Menjelaskan pengertian takabur.
2.              Menyebutkan ciri-ciri takabur.
3.              Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal  dalil yang berkenaan dengan  takabur.
4.              Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan  sehari-hari.
5.              Menjelaskan bahaya atau akibat dari  sikap takabur.
6.              Menjelaskan cara –cara menghindari sikap dan  perilaku takabur.
7.              Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat.
           
D. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.              Menjelaskan pengertian takabur.
2.              Menyebutkan ciri-ciri takabur.
3.              Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal  dalil yang berkenaan dengan  takabur.
4.              Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan  sehari-hari.
5.              Menjelaskan bahaya atau akibat dari  sikap takabur.
6.              Menjelaskan cara –cara menghindari sikap dan  perilaku takabur.
7.              Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat

E. Materi Pokok                      :  Takabur
           
F. Strategi Pembelajaran         :
      Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
Nilai Karakter
1



Penuludahan
a.           Tadarus Al Quran secara bersama sama
b.           Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai       dalam kegiatan pembelajaran
c.           Guru mengadakan Pre Test
10 menit




- Pemodelan


- Tanya  jawab

Relegius

2










Kegiatan Inti
  1. Siwa secara individu membaca dan memahami  pengertian   takabur.
  2. Siswa secara kelompok membaca dan menelaah dalil  yang berkaitan dengan takabur
  3. Setiap kelompok  masing-masing individu membaca dalil  yang berkaitan  dengan  takabur secara bergantian  dan yang lain mengamati dan memberi penilaian
  4. Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap  pembahasan  takabur
  5. Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok.
60 Menit


- Inquiri

- Unjuk kerja

- Penilaian


- Ceramah

- Penilaian

Rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, tanggung jawab, kerjakeras, mandiri, jujur, disiplin, toleransi
3
Penutup
  1. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
  2. Guru mengadakan post tes 
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan  takabur.
10 Menit

- Refleksi

- Penugasan.


G. Sumber/ Bahan                   :     1.   Buku ahhla1aq.
                                                      2.   Buku PAI Kelas IX
H. Penilaian                             :
Penilaian :
Jenis Tagiahan
Tehnik
Bentuk Instrumen

Soal / Instrumen









Tugas

:
:
:
:










:

-     Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu
-     Tes Harian
-     Jawaban singkat, Unjuk kerja

1.          Jelaskan pengertian takabur .
2.          Sebutkan  2 macam takabur dan contohnya.
3.          Sebutkan  3 sasaran takabur.
4.          Sebutkan 3 ciri  takabur.
5.          Jelaskan akibat takabur.
6.          Tulis Qs An Namel  bahwa Allah tidak suka dengan kesombongan
7.          Tulis hadis riwayat Muslim yang menjelaskan bahwa orang yang sombong itu tidak akan masuk surga.

     - Tulis dan artikan dalil naqli tentang  Takabur.

Mengetahui :
Kepala Sekolah


_______________________
NIP. ...................................
Demak, .....................
Guru PAI


____________________
NIP. ..........................