RPP KLS IX KD.13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP.....
                                    Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Genap
                                    Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
13.         Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.
B. Kompetensi Dasar              :
            13.1. Menceritakan sejarah budaya lokal  sebagai bagian dari tradisi Islam.
            13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi  dan upacara adat kesukuan Nusantara.

C. Indikator                            :          
1.              Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
2.              Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
3.              Mengapresiasikan terhadap tradisi dan  upacara  adat kesukuan  Nusantara.
4.              Melakukan cara menghargai terhadap tradisi  dan upacara  adat Kesukuann Nusantara
D. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.              Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
2.              Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
3.              Mengapresiasikan terhadap tradisi dan  upacara  adat kesukuan  Nusantara.
4.              Melakukan cara menghargai terhadap tradisi  dan upacara  adat kesukuan  Nusantara
E. Materi Pokok                      :    Sejarah tradisi Islam Nusantar.
F. Strategi Pembelajaran         :
Petemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
Nilai Karakter
1



Penuludahan
  1. Tadarus Al Quran secara bersama sama
  2. Guru menjelaskan kompetensi yang harus di      capai       dalam kegiatan pembelajaran
  3. Guru mengadakan Pre Test
10 menit




- Pemodelan

- Tanya  jawab

Relegius
2










Kegiatan Inti
a.       Siwa secara individu membaca dan memahami  materi tentang  seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Nusantara.
b.      Siswa secara kelompok berdiskusi tentang  mana yang termasuk seni budaya  lokal  yang  merupakan  tradisi  Islam
c.       Setiap kelompok mempresentaskan hasi diskusi di depan kelas . kemudian kelompok lain meberi tanggapan .
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap  pembahasan  takabur
e.       Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok.
60 menit


- Inquiri

- Learning community

- Unjuk kerja


- Ceramah

- Penilaian

Rasa ingin tahu, gemar membaca, kerjakeras, kreatif, cinta tanah air, menghargai prestasi
3
Penutup
a.       Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru mengadakan post tes 
c.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk   Mencari contoh  seni budaya lokal yang merupakan  tradisi Islam.
10 menit


- Refleksi

- Penugasan.

G. Sumber Bahan                    :           1. Buku sejarah kebudayaan Islam.
                                                            2. Buku PAI Kelas IX
H. Penilaian                             :
Penilaian :
Jenis Tagiahan
Tehnik
Bentuk Instrumen

Soal / Instrumen









Tugas

:
:
:
:












:

-     Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu
-     Tes Harian
-     Jawaban singkat, Porto polio

1.      Jelaskan pengertian  seni budaya Islam.
2.      Sebutkan 2 macam  seni budaya yang merupakan tradisi Islam.  yang berada di sekitar tempat tingalmu .
3.      Sebutkan 3 contoh  seni budaya yang merupakan tradisi Islam  yang ada di pulau jawaa  .
4.      Jelaskan manfaat seni budaya yang merupakan tradisi Islam  di dalam siar perkembangan Islam
5.      Sebutkan 2 contoh seni budaya  yang bukan termasuk seni budaya Islam .

1.      Sebutkan 2 contoh seni budaya  tradisi Islam  yang ada di sekitar tempat tinggalmu.
2.       Sebutkan 2 contoh seni budaya  tradisi Islam  yang ada di pulau jawa.
3.       sebutkan 2 contoh seni budaya  tradisi Islam di luar jawa.
     
Mengetahui :
Kepala Sekolah


_______________________
NIP. ...................................
Demak, .....................
Guru PAI


____________________
NIP. ..........................