RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP/MTs :
SMPN .........................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
VII / 1
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi :
4.Membiasakan
perilaku terpuji
B. Kompetensi
dasar :
4.1. Menjelaskan pengertian tawadhu’,
taat, qonaah dan sabar.
1. Menjelaskan
sifat-sifat tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar.
2. Menyebutkan
dalil naqli tentang sifat-sifat tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar
3. Menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan
sehari-hari
4. Membiasakan
perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari.
D. Materi Pokok :
Sifat terpuji (tawadhu’, taat. Qonaah dan sabar)
Sifat terpuji (tawadhu’, taat. Qonaah dan sabar)
Tawadhu’ artinya
rendah hati ,sederhana dalam ucapan, berpakaian, dan perbuatan sehari-
Hari. Orang yang berpribadi
tawadhu’ ciri-cirinya sederhana dalam ucapan, perbuatan dan pakaian. Dia suka menghagai dan menghormati
orang lain tidak sombong atau angkuh
Al
Qur an surat Al
Isra’ 31 mengajarkan :
wur Ä·ôJs? Îû ÇÚöF{$# $·mttB ( y7¨RÎ) `s9 s-ÌørB uÚöF{$# Æs9ur x÷è=ö6s? tA$t6Ågø:$# ZwqèÛ ÇÌÐÈ
37.
Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi
Ini dengan sombong, Karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus
bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.
Taat ialah patuh,
senantiasa menurut kepada ajaran yang diyakini kebenarannya. Taat berarti
sholeh. Ummat Islam wajib taat kepada
Allah Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWTSebagai mana tercantum dalam Q
S Annisa’ 59
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqߧ9$# Í<'ré&ur ÍöDF{$# óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt»uZs? Îû &äóÓx« çnrãsù n<Î) «!$# ÉAqߧ9$#ur bÎ) ÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# 4 y7Ï9ºs ×öyz ß`|¡ômr&ur ¸xÍrù's? ÇÎÒÈ
59. Hai
orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil
amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,
Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu
benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih
utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
Qana’ah artinya pandai menerima
kenyataan , memanfaatkan yang ada sesuai dengan batas ( kamus bahasa Indonesia )
.Sifat qona’ah menjadikan hati tensng .Sebagaimana diterangkan dalam QS Hud : 9
:* $tBur `ÏB 7p/!#y Îû ÇÚöF{$# wÎ) n?tã «!$# $ygè%øÍ ÞOn=÷ètur $yd§s)tFó¡ãB $ygtãyöqtFó¡ãBur 4 @@ä. Îû 5=»tGÅ2 &ûüÎ7B ÇÏÈ
6. Dan tidak ada suatu binatang
melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan dia
mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. semuanya
tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
[709] yang dimaksud binatang
melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.
[710] menurut sebagian ahli tafsir
yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan
ialah akhirat. dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam
ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.
Sabar artinya tabah, tahan uji
tidak mudah putus asa Sifat sabar akan
mengantarkan pada keberhasilan seseorang . Sebagaimana diterangkan dalam QS. Al
Baqarah 153.
$ygr'¯»t z`Ï%©!$# (#qãZtB#uä (#qãYÏètGó$# Îö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 ¨bÎ) ©!$# yìtB tûïÎÉ9»¢Á9$# ÇÊÎÌÈ
153. Hai orang-orang
yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya
Allah beserta orang-orang yang sabar.
[99] ada pula yang mengartikan:
Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.
E.
Model Pembelajaran : : CTL, Active Learning
F. Strategi Pembelajaran
Peertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Salam pembukaDo’a ( religius, disiplin)
b. Melaksanakan appersepsi ( ingin tahu, mandiri, kreatif)
c. Menjelaskan kompetensi yang harus
dicapai
dalam
kegiatan pembelajaran ( tanggung jawab)
d. Motivasi (religius)
|
10 menit
|
Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara
individu peserta didik membaca dan memahami materi tentang sifat terpuji
(tawadhu, taat, qonq’qh dan sabar) (Disiplin, kerja keras, mandiri)
b. Secara
kelompok siswa berdiskusi tentang sifat terpuji . Perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok
lainnya.(Mandiri, toleransi, demokratis )
c. Guru
memberi kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu.( Tanggung jawab)
d. Guru
memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok.( Menghargai prestasi)
|
60 menit
|
Inquirry
Learning
community
Performance
Ceramah
Penilaian
proses
|
3
|
Penutup
e. Mengadakan
refleksi ( tanggung
jawab)
f. Memberikan
tugas Rumah ( mandiri, kerja keras, tanggung jawab)
|
10 menit
|
Klarifikasi
Penugasan
|
H. Alat dan
Sumber Belajar :
a. Alat/ Media :
Bahan diskusi kelompok
b. Sumber belajar :
1. Materi Akhlak oleh Barmawie Umarie
2. Buku PAI Kelas
VII
I. Penilaian :
No
|
Jenis tagihan
|
tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Tugas diskusi kelompok
|
Presentasi dan Menempel
hasil diskusi di papan tulis
|
Soal Uraian
|
2
|
Test unjuk kerja kelimpok
|
Performenc
|
Presentasi
|
Instruman
diskusi kelompok :
1.
Jelaskan
pengertian tawadhu’
2.
sebutkan
ciri-ciri orang tawadhu’
3.
Sebutkan
ciri-ciri orang tidak tawadhu’
4.
Lafalkan
dalil naqli tentang sifat tawadhu’
5.
Jelaskan
pengertian taat
6.
sebutkan
ciri-ciri orang taat
7.
Sebutkan ciri-ciri orang tidak taat
8.
Lafalkan
dalil naqli tentang sifat taat
9.
Jelaskan
pengertian Qanaah
10. sebutkan ciri-ciri orang qanaah
11. Sebutkan
ciri-ciri orang tidak qanaah
12. Lafalkan dalil naqli tentang sifat qanaah
13. Jelaskan pengertian sabar
14. sebutkan ciri-ciri orang sabar
15. Sebutkan
ciri-ciri orang tidak sabar
16. Lafalkan dalil naqli tentang sifat sabar
Instruman Test unjuk kerja:
1. Melafalkan QS.Al Isra’ 37
37. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi Ini
dengan sombong, Karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi
dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.
2. Melafalkan
QS.Annisa’ 59
59. Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah
dan taatilah Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu
berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al
Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan
hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
3. Melafalkan QS.Hud 6
6. Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun
di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan dia mengetahui tempat
berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. semuanya tertulis dalam
Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
4.
Melafalkan QS Al Baqarah 153
153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah
sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya Allah beserta orang-orang
yang sabar.
Instruman
Tugas rumah:
1. Menyalin dalil tentang tawadhu’, taat,
qonaah dan sabar dibuku tugas
2. Pengamatan tentang sifat tawadhu’, taat, qonaah dan sabar yang ada di
keluargamu
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.
|
Demak,
.........................
Guru PAI,
................................................
NIP.
|