RPP KLS VII KD.05

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP/MTs                    : SMPN .........................
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
 
A. Standar Kompetensi        :
5. Memahami ketentuan-ketentuan Thoharoh ( bersuci)        

B. .Kompetensi dasar            :
            5.1. Menjelaska ketentuan-ketentuan mandi wajib.
            5.2. Menjelaskan perbedaan hadas dan najis

C. Indikator                           :
1.      Menjelaskan pengertian mandi wajib.
2.      Menyebutkan syarat dan rukun mandi wajib.
3.      Menjelaskan sebab-sebab mandi wajib.
4.      Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang hadats dan najis.
5.      Menjelaskan cara melakukan mandi wajib
6.      Menyebutkan macam-macam hadats dan najis.
7.      Menjelaskan cara menghilangkan hadats dan najis
8.      Mempraktekkan cara menghilangkan hadats dan najis

D. Tujuan Pembelajaran      : Peserta Didik dapat
1.          Menjelaskan pengertian mandi wajib.
2.          Menyebutkan syarat dan rukun mandi wajib.
3.          Menjelaskan sebab-sebab mandi wajib.
4.          Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang hadats dan najis.
5.          Menjelaskan cara melakukan mandi wajib
6.          Menyebutkan macam-macam hadats dan najis.
7.          Menjelaskan cara menghilangkan hadats dan najis
8.          Mempraktekkan cara menghilangkan hadats dan najis

E. Materi Pokok                    : Thoharoh ( bersuci)  
Pertemuan Pertama
      Thoharoh menurut bahasa berarti bersuci atau bersih
Thoharoh menurut istilah :    Suatu cara atau perbuatan yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk membersihkan diri,pakaian,atau tempat dari hadast atau najis.
Thoharoh atau bersuci ,secara syari’at Islam terbagi dua bagian,yaitu bersuci dari najis dan bersuci dari hadast.
a.  Pengertian Mandi Wajib
Mandi Wajib Adalah :
            -   Meratakan Air suci ke seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki disertai niat untuk menghilangkan Hadast Besar.

b.Sebab-sebab Mandi Wajib :
1.      Bersetubuh
2.      Keluar Mani
3.      Selasi Nifas
4.      Selesai Haid
5.      Habis Melahirkan
6.      Meninggal Dunia
7.      Baru Masuk Islam
Dalil naqli yang berkaitan dengan Toharoh :
1.Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 6,
  
Artinya :Hai orang-orang yang beriman apabila kamu hendak sholat maka basuhlah mukamu dan kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu,basuhlah kedua kakimu hingga mata kaki,jika kamu junub hendaklah kamu mandi ,jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau sudah buah air,atau menyentuh perempuan kemudian kamu tidak mendapat air,mak bertayamumlah dengan tanah suci,maka sapulah mukamu dan kedua belah tanganmu dengan tanah itu,Allah tiada menghendaki kesempitan bagimu tetapi menghendaki supaya mensucikanmu dan menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu,mudah-mudahan kamu berterima kasih kepada-Nya. 

c.Rukun Mandi Wajib
1.      Berniat
2.      Menghilangkan Najis yang ada pada badan
3.      Meratakan air suci ke seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki
d.Sunah Mandi Wajib
1.          Membaca Basmalah ketika akan mandi wajib
2.          Berwudlu terlebih dahulu
3.          Mendahulukan anggota badan yang kanan
4.          Berdoa seperti doa sehabis berwudlu

Pertemuan Kedua
Perbedaan Hadast dan Najis
Hadast menurut bahasa artinya Berlalu atau terjadi Menurut istilah Hadast adalah suatu keadaan tidak suci yang terjadi pada diri seorang muslim karena sebab-sebab tertentu.
Hadast dibagi menjadi 2 macam,yaitu :
      a.Hadast Kecil  :
§  Sebab kencing,berak,kentut,wadi,hilang akal,tidur dan lain-lain
§  Cara menyucikannya : berwudlu,kalau tidak ada air atau karena sakit dapat diganti dengan Tayamum.
b.  Hadast Besar  :
§  Sebab : Haid,Jinabad,Wiladah,Nifas
§  Cara Mensucikannya : Mandi besar atau mandi wajib denga n cara Menyiramkan air ke seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan niat mensucikan diri dari hadast besar,kalau tidak ada air atau karena sakit dapat diganti dengan Tayamum.
Pembagian Najis dan cara Mensucikannya
1. Najis ialah Segala sesuatu yang dipandang kotor dan menjijikkan yang harus disucikan karena menyebabkan tidak sahnya sholat dan memudahkan timbulnya penyakit,haram pula untuk dimakan,contoh:bangkai hewan berdarah kecuali hewan air dan belalang,anjing dan babi,nanah,darah,seluruh kotoran manusia dan hewan.
2.Macam-macam najis :
a.       Najis Mukhofafah (Najis ringan)
Sebab terkena air kencing bayi laki-laki yang belum makan dan minum kecuali asi
Cara mensucikannya cukup diperciki atau disiram dengan air pada daerah yang terkena najis.
b.   Najis Mutasitoh (Najis Sedang)
      Sebab terkena air kencing,darah,nanah dan semua yang menjijikkan.
      Cara mensucikannya harus dicuci sampai hilang bau,warna dan rasanya.
c.   Najis Mugholadzoh(Najis Berat)
      Sebab terkena sesuatu yang berkaitan dengan anjing atau babi,baik itu bulu,air liur kotoran dan darahnya.
      Cara mensucikannya dibasuh tujuh kali dengan air dan salah satunya dicampur dengan tanah.

F. Strategi Pembelajaran      :
     Pertemuan pertama  
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi ( Religius, komunikatif)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( Tanggung jawab)
c.       Tadarus (Religius, gemar membaca)
10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami materi  tentang materi  ketentuan-ketentuan mandi. (Gemar membaca, ingin tahu)
b.      Secara kelompok Peserta Didik berdiskusi tentang  ketentuan mandi. (Mandiri, toleransi, demokratis, tanggung jawab)
c.       Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lainnya. ( Mandiri, tanggung jawab)
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu. ( Tanggung jawab)
e.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok.  ( Menghargai prestasi)
60 menit












- Inquirry


- Learning community
-  Performance


- Ceramah

- Penilaian proses
3
Penutup
a.       Mengadakan refleksi ( Tanggung jawab)
b.      Menyalin dalil tentang wajib mandi  , di tulis di buku tugas.  ( mandiri, religius, kerja keras, tanggung jawab)
10menit

- Klarifikasi
- Penugasan
Pertemuan kedua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi ( Religius, komunikatif)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran ( Tanggung jawab)
c.       Tadarus ( Religius, gemar membaca, mandiri)
10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami materi  tentang materi  ketentuan-ketentuan perbedaan  Hads dan Najis.( Gemar membaca, ingin tahu)
b.      Secara kelompok Peserta Didik berdiskusi tentang perbedaan  Hads dan Najis. ( Mandiri, toleran)
c.       Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lainnya. ( Tanggung jawab, toleransi, demokratis)
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu. ( Tanggung jawab)
e.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok. ( Menghargai prestasi, jujur)
60 menit












- Inquirry


- Learning community
- Performance


-  Ceramah

- Penilaian proses
3
Penutup
a.       Mengadakan refleksi ( Religius, tanggung jawab)
b.      Menyalin dalil tentang hadas dan najis di buku tugas. ( Mandiri, tanggung jawab)
10 menit

- Klarifikasi
- Penugasan
G. Sumber Belajar                :           1. Fiqih Sunah Sulaiman Rosyid
                                                            2. Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian                           :
a.       Jenis tagihan                :           1. Ulangan harian
                                                     2. Tugas

  1. Tehnik                         :             1. Tes tulis
                                                     2. Tugas individu

  1. Bentuk Instrumen       :               1.  Uraian                                                  2.      Menyalin dalil yang berkaitan dengan Mandi, hadas dan najis

d.      Soal ulangan tulis        :             1.  Jelaskan sbab-sebab wajib mandi
2.      Tulis niat mandi wajib.
3.      Sebutkan syarat dan rukun mndi
4.      Sebutkan  6 rukun wudlu.
5.      Sebutkan 5 hal yang membatalkan wudlu.
6.      Sebutkan 3 macam najis
7.      Jelaskan bagaimana cara mensucikan najis mukhofafah.
8.      Jelaskan bagaimana cara mensucikan najis mutawasitoh.
9.      Jelaskan bagaimana cara mensucikan najis mugholadloh.
10.  Tunjukan contoh najis Mukhofafah,  Mutawsitoh, dan Mugholadloh.

e.     Tugas      :           1.   Salinlah dalil  yang berkaitan dengan Mandi, hadas  dan najis.


Mengetahui,
Kepala Sekolah






...................................................
NIP.
Demak, .........................

Guru PAI,





................................................
NIP.