RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 7 / Ganjil
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (6 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
6. Memahami tata cara sholat.
B. Kompetensi Dasar :
6.1. Menjelaskan ketentuan sholat
wajib.
C. Indikator :
1. Menjelaskan
pengertian sholat wajib.
2. Menyebutkan syarat
dan rukun sholat wajib.
3. Mengartikan
bacaan-bacaan dalam sholat.
4. Menunjukkan, membaca,
mengartikan dan menghafal dalil yang berkaitan dengan sholat wajib.
5. Menyebutkan hal-hal
yang dapat membatalkan sholat.
6. Mempraktekkan sholat
wajib
D. Tujuan Pembelajarn : Peserta Didik dapat
1. Menjelaskan
pengertian sholat wajib.
2. Menyebutkan syarat
dan rukun sholat wajib.
3. Mengartikan
bacaan-bacaan dalam sholat.
4. Menunjukkan, membaca,
mengartikan dan menghafal dalil yang berkaitan dengan sholat wajib.
5. Menyebutkan hal-hal
yang dapat membatalkan sholat.
6. Mempraktekkan sholat
wajib
E. Materi Pokok :
Sholat wajib
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.Melaksanakan appersepsi ( Religius, Disiplin )
b.Menjelaskan kompetensi yang harus
dicapai dalamkegiatan pembelajaran (Tanggung jawab, disiplin )
b. Tadarus (
Religius )
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu Peserta Didik membaca dan
memahami materi tentang materi Sholat wajb (Gemar membaca, cinta ilmu)
b. Secara kelompok
Peserta Didik berdiskusi tentang hal-hal
yang berkaitan dengan sholat wajib ( Gemar membaca dan komunikatif )
c. Secara kelompok
Peserta Didik mengklasifikasikan antara syarat wajib, syarat sah, rukun
sholat, dan hal-hal yang membatalkan
sholat. ( kritis, kreatif, inovatif dan komunikatif )
d. Perwakilan kelopok
mempresentasikan hasil diskusi
kemudian kelompok yang lain memberi tanggapan. ( kritis, kreatif,
inovatif dan komunikatif )
e. Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu ( kritis,
kreatif dan tanggung jawab )
f.
Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing
kelompok ( Menghargai prestasi, dan tanggung jawab )
|
60 menit
|
- Inquirry
- Learning community
- Performance
- Ceramah
- Penilaian proses
dan produk
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama
Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (komunikatif
dan tanggung jawab)
b.
Guru memberi tugas untuk menyalin dan menghafal
dalil sholat Qs.Al Ankabut :45 dan Qs.
Thoha : 132.(tanggung jawab dan kerja keras)
c.
Peserta Didik di minta untuk menghafalkan bacaan
sholat. ( Religius, mandiri dan tanggung jawab )
|
10menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
|
Pertemuan kedua.
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Melaksanakan appersepsi ( Religius, Disiplin )
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran (Tanggung jawab, disiplin )
c. Tadarus ( Religius )
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu Peserta Didik menghafalkan
bacaan Sholat wajib (Gemar membaca, cinta ilmu)
b.
Secara kelompok Peserta Didik mempraktekan
sholat wajib ( komunikatif dan
tanggung jawab)
c.
Peserta Didik melakukan sholat secara bergantian
orang perorang dan di amati teman kelompoknya (Mandiri, disiplin dan
demokratis)
d.
Secra individu dan kelompok Peserta Didik
mengoreksi kesalahan yang dilakukan kemudian langsung membetulkan kesalahan
yang terjadi (kritis, tanggung jawab dan komunikatif).
e.
Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan
hal-hal yang dianggap perlu (Tanggung Jawab dan kritis).
f.
Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing
kelompok (menghargai prestasi dan tanggung jawab).
|
60 menit
|
- Performance
- Performance
- Performance
- Ceramah
- Penilaian proses
dan produk
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap
proses dan hasil belajar (komunikatif dan tanggung jawab ).
b. Guru memberi tugas
untuk memperbaiki kesalahan dalam
sholat (tanggung jawab dan kerjakeras).
c. Peserta Didik di
minta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan sholat (komunikatif,
kritis, kreatif dan inovatif)
|
10 menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
- Tanya jawab
|
Petmuan ke tiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melaksanakan
appersepsi (Religius dan disiplin)
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran(tanggung jawab dan Disiplin)
c. Tadarus (Religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara
individu dalam kelompok Peserta Didik
menghafalkan do’a sesudah Sholat dengan
di amati teman sekelompoknya secara bergatian (mandiri, kerja keras,
komunikatif, tanggung jawab )
b. Secara individu dalam kelompok Peserta Didik
mencatat kesalahan / kekurangan yang
dilakukan yang di amati, kemudian langsung
membetulkan kesalahanya (kritis, komunikatif, logis dan tanggung
jawab)
c. Perwakilan setiap kelompok melaporkan kekurangan teman
yang di amati depan kelas (disiplin, dan tanggug jawab ).
d. Secra individu
Peserta Didik yang di amati memberi tanggapan
atas laporan yang di sasmpaikan oleh temanya (komunikatif, kreatif dan
tanggung jawab).
e. Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu (kritis,
kreatif dan tanggung jawab ).
f. Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok (menghargai prestasi, dan
tanggung jawab ).
|
60 menit
|
- Performance
- Penilaian
- Performance
- Ceramah
- Penilaian proses
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap
proses dan hasil belajar (komunikatif dan tanggung jawab).
b. Guru memberi tugas
untuk menghafal dzikir dan do’a danmenyalin nya di buku tugas (Tanggung
jawab dan kerja keras ).
c. Peserta Didik di
minta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan dzikir dan do’a (Religius,
mandiri dan tanggung jawab) .
|
10 menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
- Tanya jawab
|
G. Sumber Bahan : 1.
Fiqih Sunah
2. Petunjuk Sholat
3.
Buku PAI Kelas
H.
Penilaian :
- Jenis tagihan : 1. Ulangan harian
2.
Tugas
- Tehnik : 1. Tes tulis
2. Tugas individu
- Bentuk
Instrumen 1 . Uraian
2. Praktek
3. Menyalin
- Soal ulangan tulis 1.
Sebutkan 4 syarat wajib
sholat .
2. Sebutkan 13 rukun sholat.
3. Sebutkan 7 hal yang menyebabkan batalnya
sholat.
4. Tuliskan niat sholat maghrib.
5. Tulis do’a pada saat duduk diantara dua
sujud..
- Praktek sholat
Nomor
|
Aspek yang di nilai
|
Sekor hasil penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
Kelengkapan pakaia
sholat
Takbirotul
ikhrom
Do’a Iftitah
Bacaan Fatihah
Bacaan surat
pebdek setelah membaca fatihah
Ruku dan bacaan
tasbih rukuk
I’tidal
Do’a I’tidal
Sujud dan
tasbih sujud
Duduk Iftirosy
Do’a duduk
diantara dua sujud.
Duduk akhir (
Tawaruq)
Do’a Tasahud
akhir.
Salam
|
|||||
.Jumalah secor
|
Nilai = Jumah sekor yang di peroleh X
100 =
Jumlah sekor
maksimal
- Tugas
1. Menyalin dalil yang berkaitan dengan sholat wajib
2.
Menyalin
semua bacaan dalam sholat
3.
Menulis
do’a sesudah sholat
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.
|
Demak,
.........................
Guru PAI,
................................................
NIP.
|