RPP KLS VII KD.06

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Mata Pelajaran          : PAI
                                    Kelas / Semester        : 7 / Ganjil
                                    Alokasi Waktu           : 3 x Pertemuan  (6 jam pelajaran)
 

A. Setandar Kompetensi      :
6.  Memahami tata cara sholat.

B. Kompetensi Dasar                        :
            6.1. Menjelaskan ketentuan sholat wajib.
            6.2. Mempraktekan sholat wajib.
C. Indikator                           :
1.      Menjelaskan pengertian sholat wajib.
2.      Menyebutkan syarat dan rukun sholat wajib.
3.      Mengartikan bacaan-bacaan dalam sholat.
4.      Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil yang berkaitan dengan sholat wajib.
5.      Menyebutkan hal-hal yang dapat membatalkan sholat.
6.      Mempraktekkan sholat wajib

D. Tujuan Pembelajarn        : Peserta Didik dapat
1.      Menjelaskan pengertian sholat wajib.
2.      Menyebutkan syarat dan rukun sholat wajib.
3.      Mengartikan bacaan-bacaan dalam sholat.
4.      Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil yang berkaitan dengan sholat wajib.
5.      Menyebutkan hal-hal yang dapat membatalkan sholat.
6.      Mempraktekkan sholat wajib

E. Materi Pokok                    :  Sholat wajib
           
F. Strategi Pembelajaran      :
     Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.Melaksanakan appersepsi ( Religius, Disiplin )
b.Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran (Tanggung jawab, disiplin )
b.      Tadarus ( Religius )

10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami materi  tentang materi   Sholat wajb (Gemar membaca, cinta ilmu)
b.      Secara kelompok Peserta Didik berdiskusi tentang hal-hal  yang berkaitan dengan sholat wajib ( Gemar membaca dan komunikatif )
c.       Secara kelompok Peserta Didik mengklasifikasikan antara syarat wajib, syarat sah, rukun sholat, dan hal-hal yang  membatalkan sholat. ( kritis, kreatif, inovatif dan komunikatif )
d.      Perwakilan kelopok mempresentasikan hasil diskusi  kemudian kelompok yang lain memberi tanggapan. ( kritis, kreatif, inovatif dan komunikatif )
e.       Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu ( kritis, kreatif dan tanggung jawab )
f.        Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok ( Menghargai prestasi, dan tanggung jawab )

60 menit

- Inquirry

- Learning community



- Performance

- Ceramah

- Penilaian proses dan produk
3
Penutup
a.       Guru bersama  Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (komunikatif dan tanggung jawab)
b.      Guru memberi tugas untuk menyalin dan menghafal dalil sholat  Qs.Al Ankabut :45 dan Qs. Thoha : 132.(tanggung jawab dan kerja keras)
c.       Peserta Didik di minta untuk menghafalkan bacaan sholat. ( Religius, mandiri dan tanggung jawab )
10menit

- Klarifikasi

- Penugasan

Pertemuan kedua.
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.      Melaksanakan appersepsi ( Religius, Disiplin )
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran (Tanggung jawab, disiplin )
c.       Tadarus ( Religius )
10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta Didik menghafalkan bacaan Sholat wajib (Gemar membaca, cinta ilmu)
b.      Secara kelompok Peserta Didik mempraktekan sholat wajib ( komunikatif dan tanggung jawab)
c.       Peserta Didik melakukan sholat secara bergantian orang perorang dan di amati teman kelompoknya (Mandiri, disiplin dan demokratis)
d.      Secra individu dan kelompok Peserta Didik mengoreksi kesalahan yang dilakukan kemudian langsung membetulkan kesalahan yang terjadi (kritis, tanggung jawab dan komunikatif).
e.       Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu (Tanggung Jawab dan  kritis).
f.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok (menghargai prestasi dan tanggung jawab).
60 menit

- Performance

- Performance


- Performance

- Ceramah

- Penilaian proses dan produk
3
Penutup
a.      Guru bersama  Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (komunikatif dan tanggung jawab ).
b.      Guru memberi tugas untuk  memperbaiki kesalahan dalam sholat (tanggung jawab dan kerjakeras).
c.       Peserta Didik di minta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan sholat (komunikatif, kritis,  kreatif dan inovatif)
10 menit

- Klarifikasi

- Penugasan

- Tanya jawab


Petmuan ke tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi (Religius dan disiplin)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran(tanggung jawab dan Disiplin)
c.       Tadarus (Religius)
10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu  dalam kelompok Peserta Didik menghafalkan do’a  sesudah Sholat dengan di amati teman sekelompoknya secara bergatian (mandiri, kerja keras, komunikatif, tanggung jawab )
b.      Secara  individu dalam kelompok Peserta Didik mencatat kesalahan / kekurangan   yang dilakukan  yang di amati, kemudian langsung membetulkan kesalahanya (kritis, komunikatif, logis dan tanggung jawab)
c.       Perwakilan  setiap kelompok melaporkan kekurangan teman yang di amati depan kelas (disiplin, dan tanggug jawab ).
d.      Secra individu Peserta Didik yang di amati memberi tanggapan  atas laporan yang di sasmpaikan oleh temanya (komunikatif, kreatif dan tanggung jawab).
e.       Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu (kritis, kreatif dan tanggung jawab ).
f.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok (menghargai prestasi, dan tanggung jawab ).
60 menit

- Performance


- Penilaian



- Performance




- Ceramah

- Penilaian proses
3
Penutup
a.      Guru bersama  Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (komunikatif dan tanggung jawab).
b.      Guru memberi tugas untuk menghafal dzikir dan do’a danmenyalin nya di buku tugas (Tanggung jawab dan kerja keras ).
c.       Peserta Didik di minta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan dzikir dan do’a (Religius, mandiri dan tanggung jawab) .
10 menit

- Klarifikasi

- Penugasan

- Tanya jawab

G. Sumber Bahan     :           1. Fiqih Sunah
                                                2.  Petunjuk Sholat
                                                3.  Buku PAI Kelas    
H. Penilaian               :
  1. Jenis tagihan    :           1.  Ulangan harian
                                      2.  Tugas
  1. Tehnik             :           1.  Tes tulis
                                          2.  Tugas individu
  1. Bentuk Instrumen       1 . Uraian
                                          2.  Praktek
                                          3.  Menyalin
  1. Soal ulangan tulis        1.   Sebutkan  4 syarat wajib sholat .
                                          2.   Sebutkan 13 rukun sholat.
                                          3.   Sebutkan 7 hal yang menyebabkan batalnya sholat.
                                          4.   Tuliskan niat sholat maghrib.
                                          5.   Tulis do’a pada saat duduk diantara dua sujud..
  1. Praktek sholat
Nomor
Aspek yang di nilai
Sekor hasil penilaian
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Kelengkapan  pakaia  sholat
Takbirotul ikhrom
Do’a Iftitah
Bacaan Fatihah
Bacaan surat pebdek setelah membaca fatihah
Ruku dan bacaan tasbih rukuk
I’tidal
Do’a I’tidal
Sujud dan tasbih sujud
Duduk Iftirosy
Do’a duduk diantara dua sujud.
Duduk akhir ( Tawaruq)
Do’a Tasahud akhir.
Salam






.Jumalah secor


Nilai   =   Jumah sekor yang di peroleh   X  100  =
                          Jumlah sekor  maksimal
  1. Tugas
1.      Menyalin dalil  yang berkaitan dengan sholat wajib
2.      Menyalin semua bacaan dalam sholat
3.      Menulis do’a sesudah sholat      


Mengetahui,
Kepala Sekolah






...................................................
NIP.
Demak, .........................

Guru PAI,





................................................
NIP.