RPP KLS VII KD.07

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Mata Pelajaran          : PAI
                                    Kelas / Semester        : 7 / Ganjil
                                    Alokasi Waktu           : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
 

A. Setandar Kompetensi      :
7.  Memahami tatacara sholat jama’ah dan munfarid.

B. Kompetensi Dasar                        :
            7.1.  Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid.
            7.2.  Mempraktekan sholat ja’ah dan munfarid.
C. Indikator                           :
1.          Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid
2.          Menyebutkan ketentuan sholat jama’ah
3.          Menunjukkan hadits tentang keutamaan sholat jamaah.
4.          Mempraktekkan shalat jamaah dan shalat munfarid dalam kehidupan sehari-hari        

D. Tujuan Pembelajarn        : Peserta Didik dapat
1.      Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid
2.      Menyebutkan ketentuan sholat jama’ah
3.      Menunjukkan hadits tentang keutamaan sholat jamaah.
4.      Mempraktekkan shalat jamaah dan shalat munfarid dalam kehidupan sehari-hari

E. Materi Pokok                    : Sholat jama’ah dan munfarid
           
F. Strategi Pembelajaran      :
     Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran
c.       Tadarus
10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       .Secara individu  dalam kelompok Peserta Didik membaca dan menelaah materi sholat ja’ah dan munfarid.
b.      Msising-masing  kelompok Peserta Didik berdiskusi tentang ketentuan sholaat jama’ah
c.       Masing-masing perwakilan kelompok mepresentasikan di depan kelas dan kelompok lainnya meberikan tanggapan .
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu.
e.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
60 menit

- Inquirry

- Learning qomunity
- Performance


- Ceramah

- Penilaian proses dan produk
3
Penutup
a.       Guru bersama  Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
b.      Guru memberi tugas untuk menyalin dan   menghafal hadits  tentang sholat berjamah.
c.       Peserta Didik di minta untuk mengamati sholat jamaah  di masjid  atau mushola.
10 menit

- Klarifikasi

- Penugasan



Pertemuan ke dua

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran
c.       Tadarus

10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       .Secara individu  dalam kelompok  Peserta Didik memahami tata cara sholat jama’ah dan munf
b.      Msising-masing  kelompok  mepergakan bentuk shof sholat ja’ah
c.       Msising-masing  kelompok  mepraktekan sholat berjama’ah .
d.      Msising-masing  individu dalam kelompok  mepraktekan sholat munfarid. Dan diamati oleh teman sekeompoknya.
e.       Guru memberi penjelasan dan pengarahan  kepada Peserta Didik mengenai sholat jama’ah dan munfarid..
f.       Guru memberikan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
60 menit

- Inquirry

- Performance

- Performance




- Ceramah

- Penilaian proses dan produk
3
Penutup
a.       Guru bersama  Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
b.      Peserta Didik di beri tugas untuk memperbaiki pengalaman  sholat brjama’ah  dan munfarid .
10 menit

- Klarifikasi

- Penugasan
- Tanya jawab

G. Sumber Bahan     :           1. Fiqih Sunah
                                                2..Petunjuk Sholat
                                                3. Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian               :          
  1. Jenis Tagihan   :           1.  Ulangan harian
                                          2.  Tugas

  1. Tehnik             :           1.  Tes tulis
                                          2.  Tugas individu

  1. Bentuk Instrumen       1 . Uraian
                                          2.  Menyalin

  1. Soal ulangan tulis        1.   Sebutkan  4 syarat wajib sholat .
2.      Sebutkan 13 rukun sholat.
3.      Sebutkan 7 hal yang menyebabkan batalnya sholat.
4.      Tuliskan niat sholat maghrib.
5.      Tulis do’a pada saat duduk diantara dua sujud.
  1. Praktek.
       Masing-masing kelom pok mempraktekan sholat berjamaah
Nomor
Aspek yang di nilai
Sekor hasil penilaian
1
2
3
4
5
1
2

3

4

5

Penyusunan shof  sholat berjama’ah
Imam melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan.
Makmum  sesuai  dengan tata cara makmum.
Imam membaca  bacaan sholat dengan fasih
Keseriusan melaksanakan sholat berjama’ah






.Jumalah secor


 Nilai   =   Jumah sekor yang di peroleh   X  100  =
                          Jumlah sekor  maksimal

  1. Tugas   :
1.      Menyalin dalil  yang berkaitan dengan sholat wajib
2.      Menyalin semua bacaan dalam sholat
3.      Menulis do’a sesudah sholay.    


Mengetahui,
Kepala Sekolah






...................................................
NIP.
Demak, .........................

Guru PAI,





................................................
NIP.