RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 7 / Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
7. Memahami tatacara sholat jama’ah dan munfarid.
B. Kompetensi Dasar :
7.1.
Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid.
C. Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid
2.
Menyebutkan ketentuan sholat jama’ah
3.
Menunjukkan hadits tentang keutamaan sholat jamaah.
4.
Mempraktekkan shalat jamaah dan shalat munfarid
dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan Pembelajarn : Peserta Didik dapat
1. Menjelaskan
pengertian sholat jama’ah dan munfarid
2. Menyebutkan ketentuan
sholat jama’ah
3. Menunjukkan hadits
tentang keutamaan sholat jamaah.
4.
Mempraktekkan shalat jamaah dan shalat munfarid
dalam kehidupan sehari-hari
E. Materi Pokok : Sholat jama’ah dan munfarid
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melaksanakan
appersepsi
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran
c. Tadarus
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. .Secara
individu dalam kelompok Peserta Didik
membaca dan menelaah materi sholat ja’ah dan munfarid.
b. Msising-masing kelompok Peserta Didik berdiskusi tentang
ketentuan sholaat jama’ah
c. Masing-masing
perwakilan kelompok mepresentasikan di depan kelas dan kelompok lainnya
meberikan tanggapan .
d. Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan dan hal-hal yang dianggap perlu.
e. Guru memberikan
penilaian terhadap masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
- Inquirry
- Learning qomunity
- Performance
- Ceramah
- Penilaian proses
dan produk
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap
proses dan hasil belajar.
b. Guru memberi tugas
untuk menyalin dan menghafal
hadits tentang sholat berjamah.
c. Peserta Didik di minta
untuk mengamati sholat jamaah di
masjid atau mushola.
|
10 menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
|
Pertemuan ke dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melaksanakan
appersepsi
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalamkegiatan pembelajaran
c. Tadarus
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. .Secara
individu dalam kelompok Peserta Didik memahami tata cara sholat
jama’ah dan munf
b.
Msising-masing kelompok
mepergakan bentuk shof sholat ja’ah
c.
Msising-masing kelompok
mepraktekan sholat berjama’ah .
d.
Msising-masing individu dalam kelompok mepraktekan sholat munfarid. Dan diamati
oleh teman sekeompoknya.
e. Guru memberi
penjelasan dan pengarahan kepada
Peserta Didik mengenai sholat jama’ah dan munfarid..
f. Guru memberikan penilaian terhadap
masing-masing kelompok.
|
60 menit
|
- Inquirry
- Performance
- Performance
- Ceramah
- Penilaian proses
dan produk
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama
Peserta Didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
b.
Peserta Didik di beri tugas untuk memperbaiki
pengalaman sholat brjama’ah dan munfarid .
|
10 menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
- Tanya jawab
|
G. Sumber Bahan : 1. Fiqih Sunah
2..Petunjuk
Sholat
3. Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian :
- Jenis Tagihan : 1. Ulangan harian
2.
Tugas
- Tehnik : 1. Tes tulis
2. Tugas individu
- Bentuk
Instrumen 1 . Uraian
2. Menyalin
- Soal
ulangan tulis 1. Sebutkan 4 syarat wajib sholat .
2. Sebutkan 13 rukun
sholat.
3. Sebutkan 7 hal yang
menyebabkan batalnya sholat.
4. Tuliskan niat sholat
maghrib.
5. Tulis do’a pada saat
duduk diantara dua sujud.
- Praktek.
Masing-masing kelom pok mempraktekan sholat
berjamaah
Nomor
|
Aspek yang di nilai
|
Sekor hasil penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
2
3
4
5
|
Penyusunan
shof sholat berjama’ah
Imam
melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan.
Makmum sesuai
dengan tata cara makmum.
Imam membaca bacaan sholat dengan fasih
Keseriusan melaksanakan sholat berjama’ah
|
|||||
.Jumalah secor
|
Nilai = Jumah sekor yang di peroleh X
100 =
Jumlah sekor
maksimal
- Tugas :
1. Menyalin dalil yang berkaitan dengan sholat wajib
2. Menyalin semua bacaan
dalam sholat
3.
Menulis do’a sesudah sholay.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.
|
Demak,
.........................
Guru PAI,
................................................
NIP.
|