RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 7 / Genap
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (6 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
11. Membiasakan perilaku terpuji.
B. Kompetensi Dasar :
11.1. Menjelaskan
arti kerja keras ,tekun ulet dan teliti.
11.2.
Menampilkan contoh prilaku kerja keras ,
tekun , ulet dan teliti.
C. Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan
teliti .
2.
Menunjukan, membaca dan mengartikan dalil tentang kerja
keras, tekun, ulet dan teliti.
3.
Menjelaskan
manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan
teliti .
5.
Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti
D. Tujuan Pembelajarn :
Peserta Didik dapat
1.
Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan
teliti .
2.
Menunjukan, membaca dan mengartikan dalil tentang kerja
keras, tekun, ulet dan teliti.
3.
Menjelaskan
manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan
teliti .
5.
Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti
E. Materi Pokok : Kerja keras , tekun , ulet dan teliti.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Mengadakan
appersepsi ( Disiplin )
b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai
dalam kegiatan pembelajaran. (Tanggung-jawab )
a.
Tadarus. (Religius )
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan inti
a.
Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami materi tentang Kerja keras dan, tekun, (Gemar membaca)
b.
Secara kelompok Peserta Didik
mendikusikaan tentang Kerja
keras dan tekun ( Kerjasama )
c.
Seorang Peserta Didik perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan. (Menghargai Prestasi )
d.
Guru memberi penjelasan dan
kesimpulan dari pembahasan materi
tentang Kerja keras , dan tekun. ( Tanggung-jawab
)
e.
Guru memberi nilai dari hasil penilaian kelompok. ( Tanggung-jawab )
|
60 menit
|
- Inquirry
- learning comunity
- Performance
- ceramah
- Penilaian proses dan produk
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. ( Kreatif )
b. Guru memberi tugas . (Mandiri )
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
Pertemuan
Kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a Mengadakan
appersepsi. appersepsi ( Disiplin )
b Guru Menjelaskan
kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan
pembelajaran. (Tanggung-jawab )
c.
Tadarus. . ( Religius )
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan inti
a.
Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami materi tentang ulet dan telit.
(Rasa ingin tahu )
b.
Secara kelompok Peserta Didik
mendikusikaan tentang ulet dan
telit . (Demokratis )
c Seorang Peserta Didik perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan. ( Menghargai Prestasi )
d. Guru memberi penjelasan dan kesimpulan
dari pembahasan materi tentang ulet dan teliti. ( Tanggung Jawab )
e.
Guru memberi nilai dari hasil penilaian kelompok. ( Tanggung-jawab )
|
60 menit
|
- Inquirry
- learning comunity
- Performance
- ceramah
- Penilaian proses dan produk
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. ( Kreatif )
b. Guru
memberi tugas . (Mandiri )
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
Pertemuan
ketiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Mengadakan
appersepsi. ( Disiplin )
b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam
kegiatan pembelajaran. (Tanggung-jawab )
c.
Tadarus. (Religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara kelompok Peserta Didik
berdiskusi untuk mengetahui
manfaat Kerja keras , tekun , ulet dan teliti. ( Kerjasama )
b. Seorang Peserta
Didik perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di
depan kelas dan kelompok lain memberi
tanggapan. ( demokratis )
c. Guru memberi penjelasan dan kesimpulan
dari pembahasan materi tentang
ulet dan teliti. . (Kreatif )
d. Guru
memberi nilai dari hasil penilaian kelompok.
(Tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Inquirry
- Performance
- Ceramah
- Penilaian proses
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. ( Kreatif )
b.
Menugaskan
Peserta Didik untuk membuat kesimpulan tentang kerjakeras, ulet dan teliti(Mandiri )
|
10 menit
|
-Refleksi
-Penugasan.
|
G. Sumber Bahan :
1. Materi Akhlak
2.
Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian :
a. Jenis tagihan : 1. Ulangan harian
2.Tugas
b. Tehnik : 1. Tes
tulis
2. Tugas individu
c. Bentuk Instrumen : 1 . Uraian
2. Portopolio
d. Soal ulangan tulis : 1. Jelaskan pengertian Kerja keras , tekun , ulet
dan teliti.
2.
Sebutkan manfaat Kerja
keras , tekun , ulet dan teliti.
3.
Tnjukan ciri -ciri Kerja keras , tekun , ulet dan teliti.
e. Tugas : 1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang
berkaitan dengan
Kerja, ulet keras , tekun danteliti.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.................................................
|
Demak, ..............................
Guru PAI,
………………………………….
|