RPP KLS VII KD.11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Mata Pelajaran          : PAI
                                    Kelas / Semester        : 7 / Genap
                                    Alokasi Waktu           : 3 x Pertemuan  (6 jam pelajaran)
 

A. Setandar Kompetensi      :
11. Membiasakan  perilaku terpuji.

B. Kompetensi Dasar                        :
            11.1.  Menjelaskan arti kerja keras ,tekun ulet dan teliti.
            11.2.  Menampilkan contoh prilaku kerja keras , tekun , ulet dan teliti.
            11.3.  Membiasakan prilaku kerja keras , tekun , ulet dan teliti.

C. Indikator                           :
1.              Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
2.              Menunjukan, membaca dan mengartikan dalil tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
3.              Menjelaskan  manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
4.              Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
5.              Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti

D. Tujuan Pembelajarn        : Peserta Didik dapat
1.                Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
2.                Menunjukan, membaca dan mengartikan dalil tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
3.                Menjelaskan  manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
4.                Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
5.                Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti

E. Materi Pokok                    :  Kerja keras , tekun , ulet dan teliti.

F. Strategi Pembelajaran      :
      Pertemuan  pertama    
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.  Mengadakan appersepsi ( Disiplin )
b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam  kegiatan  pembelajaran. (Tanggung-jawab )
a.       Tadarus. (Religius )
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan inti
a.       Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami  materi tentang  Kerja keras dan, tekun, (Gemar membaca)
b.      Secara kelompok Peserta Didik  mendikusikaan tentang  Kerja keras dan tekun ( Kerjasama )
c.       Seorang  Peserta Didik  perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas  dan kelompok lain memberi tanggapan. (Menghargai Prestasi )
d.      Guru memberi penjelasan dan  kesimpulan  dari pembahasan  materi   tentang  Kerja keras , dan  tekun. ( Tanggung-jawab )
e.       Guru memberi nilai dari hasil penilaian kelompok. ( Tanggung-jawab )
60 menit


-  Inquirry

-  learning comunity
-  Performance


-  ceramah


-  Penilaian proses dan produk

3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta Didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar. ( Kreatif )
b.      Guru memberi tugas . (Mandiri )
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan
Pertemuan Kedua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a  Mengadakan appersepsi. appersepsi ( Disiplin )
b  Guru Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (Tanggung-jawab )
c. Tadarus. . ( Religius )
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan inti
a.       Secara individu Peserta Didik membaca dan memahami  materi tentang   ulet dan telit.
(Rasa ingin tahu )
b.      Secara kelompok Peserta Didik  mendikusikaan tentang   ulet dan telit . (Demokratis )
c   Seorang  Peserta Didik  perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas  dan kelompok lain memberi tanggapan. ( Menghargai Prestasi )
d. Guru memberi penjelasan dan  kesimpulan  dari pembahasan  materi   tentang  ulet dan teliti. ( Tanggung Jawab )
e.       Guru memberi nilai dari hasil penilaian kelompok. ( Tanggung-jawab )
60 menit


-  Inquirry


-  learning comunity
-  Performance



-  ceramah

-  Penilaian proses dan produk
3
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar. ( Kreatif )
b. Guru memberi tugas .  (Mandiri )
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan

Pertemuan ketiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.  Mengadakan appersepsi. ( Disiplin )
b. Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (Tanggung-jawab )
c. Tadarus. (Religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.    Secara kelompok Peserta Didik  berdiskusi  untuk mengetahui manfaat   Kerja keras , tekun , ulet dan teliti. ( Kerjasama )
b. Seorang  Peserta Didik  perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi  di depan kelas  dan kelompok lain memberi tanggapan. ( demokratis )
c. Guru memberi penjelasan dan  kesimpulan  dari pembahasan  materi   tentang  ulet dan teliti. . (Kreatif )
d. Guru memberi nilai dari hasil penilaian kelompok.
    (Tanggung-jawab)
60 menit


-  Inquirry


-  Performance


-  Ceramah

-  Penilaian proses
3
Penutup
a. Guru bersama Peserta Didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar. ( Kreatif )
b.      Menugaskan Peserta Didik untuk membuat kesimpulan tentang kerjakeras, ulet dan teliti(Mandiri ) 
10 menit

-Refleksi

-Penugasan.

G. Sumber Bahan                 :  1. Materi Akhlak
                                 2. Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian                           :
a.       Jenis tagihan                :  1. Ulangan harian
                                             2.Tugas

b.      Tehnik                        :  1.  Tes tulis
                                             2.  Tugas individu               
     
c.       Bentuk Instrumen       :  1 . Uraian
                                             2.  Portopolio

d.      Soal ulangan tulis        :   1.   Jelaskan pengertian   Kerja keras , tekun , ulet dan teliti.
2.       Sebutkan manfaat   Kerja keras , tekun , ulet dan teliti.
3.      Tnjukan ciri -ciri   Kerja keras , tekun , ulet dan teliti.

e.       Tugas                           :  1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang berkaitan dengan
Kerja, ulet keras , tekun danteliti.



Mengetahui,
Kepala Sekolah




.................................................
Demak, ..............................

Guru PAI,




………………………………….