RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 7 / Genap
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (6 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
12. Memahami tatacara sholat jum’at.
B. Kompetensi Dasar :
12.1. Menjelaskan
ketentuan-ketentuan sholat jum’at.
C. Indikator :
1.
Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat
sah mendidrikan sholat jum’at.
2.
Menjelaskan ketentuan khutbah jum’at
3.
Menjelaskan sunnah-sunnah sholat jum’at.
4.
Menyebutkan hal-hal yang menghalangi sholat jum’at.
5.
Menunjukkan dalil naqli tentang sholat Jum’at
6.
Menjelaskan hikmah sholat jum’at.
7.
Mempraktekkan sholat Jum’at .
D. Tujuan Pembelajarn :
Peserta Didik dapat
1.
Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat
sah mendidrikan sholat jum’at.
2.
Menjelaskan ketentuan khutbah jum’at
3.
Menjelaskan sunnah-sunnah sholat jum’at.
4.
Menyebutkan hal-hal yang menghalangi sholat jum’at.
5.
Menunjukkan dalil naqli tentang sholat Jum’at
6.
Menjelaskan hikmah sholat jum’at.
7.
Mempraktekkan sholat Jum’at .
E. Materi Pokok : Sholat Jum’at
F. Strategi Pembelajaran :
Petemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Mengadakan appersepsi(disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam
kegiatan pembelajaran.(Tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu Peserta didik membaca dan menelaah serta memahami materi
ketentuan sholat jum’at (rasa ingin tahu)
b.
Secara kelompok mendiskusikan
tentang ketentuan sholat jum’at. (kerjasama)
c.
Setiap kelompok mempresentaikan
hasil diskusi di depan kelas, Dan kelompok lain memberi tanggapan . (menghargai
prestasi)
d.
Guru memberi penjelasan dan
kesimpulan dari pembahasan ketentuan shoalat jum’at (kreatif)
e.
Guru memberi nilai terhadap
masing-masing kelompok . (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Inquirry
- Performance
- Ceramah
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
b.
Peserta didik di tugasi menyalin dalil sholat jm’at. (religius)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
Pertemuan kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam
kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu Peserta didik membaca dan menelaah serta memahami materi tentang halangan
dan hikmah sholat jum’at. (gemar membaca)
b.
Secara kelompok mendiskusikan
tentang halangan da hikmah sholat jum’at. (kerjasama,)
c.
Setiap kelompok mempresentaikan
hasil diskusi di depan kelas, Dan kelompok lain memberi tanggapan (demokratis)
d.
Guru memberi penjelasan dan
kesimpulan dari pembahasan ketentuan sholat jum’at (kreatif)
e.
Guru memberi nilai terhadap
masing-masingh kelompok . (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Inquirry
- Learning community
- Performance
- Ceramah
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar. (kreatif)
b.
Menugaskan Peserta didik untuk menghafalkan bilal jum’at (kerja keras)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
Pertemuan ke
tiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik di bagi dua kelompok untuk mempersiapkan diri mempraktekan sholat jum’at.di bawah
bimbingan guru. (tanggung-jawab)
b.
Pada saat kelompok yang satu
mempraktekan sholat jum’at kelompok yang lain
mengamati dan memberi nilai. (menghargai prestasi)
c.
Masing-masing Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan penilaiannya
kepada guru (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Demonstrasi
- Penilaian
- proses
|
3
|
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Menugaskan Peserta didik untuk membaca khutbah
jum’ah (mandiri)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
G. Sumber Bahan : 1. Fiqih
sunah
2.
Tuntunan Shalat Lengkap
3. Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian :
a.
Jenis tagihan : 1. Ulangan harian
2. Tugas
b.
Tehnik :
1. Tes tulis
2. Tugas individu
c.
Bentuk Instrumen : 1 . Uraian
2.
Portopolio
d.
Soal ulangan tulis : 1. Jelaskan
pengertian sholat jum’at.
2.
Bagaimana hukum sholat jum’at.
3.
Sebutkan syarat
sah mendirikan sholat jum’at.
4.
Sebutkan 5 halangan mekaksanakan sholat jum’at
5. sebutkan hikmah sholat jum’at.
e.
Tugas : 1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang
berkaitan dengan
sholat jum’at.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.................................................
|
Demak, ..............................
Guru PAI,
………………………………….
|