RPP KLS VII KD.12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Mata Pelajaran          : PAI
                                    Kelas / Semester        : 7 / Genap
                                    Alokasi Waktu           : 3 x Pertemuan (6 jam pelajaran)
 

A. Setandar Kompetensi      :
12. Memahami tatacara sholat jum’at.

B. Kompetensi Dasar                        :
            12.1.  Menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat jum’at.
            12.1.  Mempraktekan sholat jum’at.

C. Indikator                           :
1.              Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat sah  mendidrikan sholat jum’at.
2.              Menjelaskan ketentuan khutbah jum’at
3.              Menjelaskan sunnah-sunnah sholat jum’at.
4.              Menyebutkan hal-hal yang menghalangi  sholat jum’at.
5.              Menunjukkan dalil naqli tentang sholat Jum’at
6.              Menjelaskan hikmah sholat jum’at.
7.              Mempraktekkan sholat Jum’at .

D. Tujuan Pembelajarn        : Peserta Didik dapat
1.              Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat sah  mendidrikan sholat jum’at.
2.              Menjelaskan ketentuan khutbah jum’at
3.              Menjelaskan sunnah-sunnah sholat jum’at.
4.              Menyebutkan hal-hal yang menghalangi  sholat jum’at.
5.              Menunjukkan dalil naqli tentang sholat Jum’at
6.              Menjelaskan hikmah sholat jum’at.
7.              Mempraktekkan sholat Jum’at .

E. Materi Pokok                    :  Sholat  Jum’at

F. Strategi Pembelajaran      :
      Petemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
Mengadakan appersepsi(disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran.(Tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta didik membaca dan menelaah  serta memahami  materi  ketentuan  sholat jum’at  (rasa ingin tahu)
b.      Secara kelompok mendiskusikan  tentang ketentuan sholat jum’at. (kerjasama)
c.       Setiap kelompok mempresentaikan  hasil diskusi di depan kelas, Dan kelompok lain memberi tanggapan . (menghargai prestasi)
d.      Guru memberi penjelasan  dan kesimpulan  dari pembahasan  ketentuan shoalat jum’at (kreatif)
e.       Guru memberi nilai  terhadap masing-masing kelompok . (tanggung-jawab)
60 menit


-  Inquirry


-  Performance


-  Ceramah

-  Penilaian
-  Proses
3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
b.      Peserta didik di tugasi menyalin dalil sholat jm’at. (religius)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

Pertemuan kedua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta didik membaca dan menelaah  serta memahami  materi tentang  halangan  dan hikmah sholat jum’at. (gemar membaca)
b.       Secara kelompok mendiskusikan  tentang  halangan da hikmah  sholat jum’at. (kerjasama,)
c.       Setiap kelompok mempresentaikan  hasil diskusi di depan kelas, Dan kelompok lain memberi tanggapan  (demokratis)
d.      Guru memberi penjelasan  dan kesimpulan  dari pembahasan  ketentuan sholat jum’at (kreatif)
e.       Guru memberi nilai  terhadap masing-masingh kelompok . (tanggung-jawab)

60 menit


-  Inquirry


-  Learning community
-  Performance

-  Ceramah

-  Penilaian
-  Proses
3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasil  belajar. (kreatif)
b.      Menugaskan Peserta didik untuk menghafalkan  bilal jum’at (kerja keras)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.
  
      Pertemuan ke tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.       Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.       Peserta didik di bagi  dua  kelompok untuk mempersiapkan diri  mempraktekan sholat jum’at.di bawah bimbingan guru. (tanggung-jawab)
b.       Pada  saat kelompok yang satu mempraktekan sholat jum’at kelompok yang lain  mengamati dan memberi nilai. (menghargai prestasi)
c.       Masing-masing Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan penilaiannya kepada  guru (tanggung-jawab)
60 menit




-  Demonstrasi


-  Penilaian
-  proses
3
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar.  (kreatif)
Menugaskan Peserta didik untuk membaca khutbah jum’ah   (mandiri)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

G. Sumber Bahan     :             1.  Fiqih sunah
        2.  Tuntunan Shalat Lengkap
        3.  Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian               :
a.        Jenis tagihan             :  1.  Ulangan harian
                                             2.  Tugas

b.      Tehnik                       :  1.  Tes tulis
                                             2.  Tugas individu               
     
c.       Bentuk Instrumen     :  1 . Uraian
                                             2.  Portopolio

d.      Soal ulangan tulis      :   1.   Jelaskan   pengertian sholat jum’at.
2.      Bagaimana hukum sholat jum’at.
3.      Sebutkan syarat  sah mendirikan sholat jum’at.
4.      Sebutkan 5 halangan mekaksanakan sholat jum’at
5.      sebutkan hikmah  sholat jum’at.


e.       Tugas                           :  1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang berkaitan dengan
sholat jum’at.



Mengetahui,
Kepala Sekolah




.................................................
Demak, ..............................

Guru PAI,




………………………………….