RPP KLS VII KD.13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Mata Pelajaran          : PAI
                                    Kelas / Semester        : 7 / Genap
                                    Alokasi Waktu           : 3 x Pertemuan (6 jam pelajaran)
 

A. Setandar Kompetensi      :
13. Memahami  tatacara sholat jamak dan qoshor.

B. Kompetensi Dasar                        :
            13.1.  Menjelaskan pengertian sholat jamak dan qoshor .
            13.2.  Mempraktekan  sholat jamak dan qoshor.

C. Indikator                           :
1.              Jelaskan pengertian sholat Jama’ dan Qashar !
2.              Bacalah dalil naqli tentang sholat jama’ dan qashar !
3.              Sebutkan shalat yang boleh di Jama’ dan di Qashar
4.              Jelaskan pengertian Jama’ taqdim dan Ta’khir
5.              Praktekkan sholat jama’ dan qashar !
6.              Praktikkan sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir

D. Tujuan Pembelajarn        : Peserta Didik dapat
1.              Jelaskan pengertian sholat Jama’ dan Qashar !
2.              Bacalah dalil naqli tentang sholat jama’ dan qashar !
3.              Sebutkan shalat yang boleh di Jama’ dan di Qashar
4.              Jelaskan pengertian Jama’ taqdim dan Ta’khir
5.              Praktekkan sholat jama’ dan qashar !
6.              Praktikkan sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir

E. Materi Pokok        :   sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir

F. Strategi Pembelajaran      :
     Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta didik membaca dan menelaah  serta memahami  materi  ketentuan  sholat jamak dan qoshor. (ingin tahu)
b.      Secara kelompok mendiskusikan  tentang ketentuan sholat jamak dan qoshor. (kerjasama)
c.       Setiap kelompok mempresentaikan  hasil diskusi di depan kelas, Dan kelompok lain memberi tanggapan . (menghargai prestasi)
d.      Guru memberi penjelasan  dan kesimpulan  dari pembahasan  ketentuan sholat jamak dan qoshor (kreatif)
e.       Guru memberi nilai  terhadap masing-masing kelompok . (tanggung-jawab)
60 menit


-  Inquirry


-  Performance


-  Ceramah

-  Penilaian
-  Proses
3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasil  belajar. (kreatif)
b.      Peserta didik di tugasi menyalin  niat sholat jamak dan qoshor (mandiri)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.
       
       Pertemuan ke dua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.        Peserta didik di bagi  dua  kelompok untuk mempersiapkan diri  mempraktekan sholat jamak .di bawah bimbingan guru.  (kerja keras)
b.        Pada  saat kelompok yang satu mempraktekan sholaat jamak  kelompok yang lain  mengamati dan memberi nilai. (menghargai prestasi)
c.        Masing Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan penilaiannya kepada  guru (tanggung-jawab)
60 menit


-  Demonstrasi





-  Penilaian
-  proses

3
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Menugaskan Peserta didik untuk menghafalkan  bilal jum’at (kerja keras)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

        Pertemuan ke tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.       Peserta didik di bagi  dua  kelompok untuk mempersiapkan diri  mempraktekan sholat qoshor.di bawah bimbingan guru. (tanggung-jawab)
b.      Pada  saat kelompok yang satu mempraktekan sholaat qoshor kelompok yang lain  mengamati dan memberi nilai. (menghargai prestasi)
c.       Masing Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan penilaiannya kepada  guru (tanggung-jawab)
60 menit


-  Demonstrasi


-  Penilaian
-  Proses

3
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar.  (kreatif)
Menugaskan Peserta didik untuk membaca hutbah jum’ah   (mandiri)

10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.


G. Sumber Bahan                 :  1.Fiqih sunah
                                     2.   Tuntunan Shalat Lengkap
                                     3.   Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian                           :
a.       Jenis tagihan              :  1. Ulangan harian
                                             2.Tugas

b.      Tehnik                       :  1.  Tes tulis
                                             2.  Tugas individu   
                                     
c.       Bentuk Instrumen     :  1 . Uraian
                                             2.  Portopolio

d.      Soal ulangan tulis      :  1.   Jelaskan  pengertian sholat jamak dan qoshor
2.     Bagaimana hukum sholat jamak dan qoshor.
3.     Sebutkan syarat  sah mendirikan sholat jamak dan qoshor.
4.     Sebutkan  sholat yang boleh di jamak dan di qoshor.
5.     Tulis niat sholat jamak qoshor  takdim dluhur dan asar.

e.       Tugas                         :   1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang berkaitan dengan
sholat jamak dan qoshor.



Mengetahui,
Kepala Sekolah




.................................................
Demak, ..............................

Guru PAI,




………………………………….