RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 7 / Genap
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (6 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
13. Memahami
tatacara sholat jamak dan qoshor.
B. Kompetensi Dasar :
13.1. Menjelaskan pengertian sholat jamak dan qoshor
.
C. Indikator :
1.
Jelaskan pengertian sholat Jama’ dan Qashar !
2.
Bacalah dalil naqli tentang sholat jama’ dan qashar !
3.
Sebutkan shalat yang boleh di Jama’ dan di Qashar
4.
Jelaskan pengertian Jama’ taqdim dan Ta’khir
5.
Praktekkan sholat jama’ dan qashar !
6.
Praktikkan sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir
D. Tujuan Pembelajarn :
Peserta Didik dapat
1.
Jelaskan pengertian sholat Jama’ dan Qashar !
2.
Bacalah dalil naqli tentang sholat jama’ dan qashar !
3.
Sebutkan shalat yang boleh di Jama’ dan di Qashar
4.
Jelaskan pengertian Jama’ taqdim dan Ta’khir
5.
Praktekkan sholat jama’ dan qashar !
6.
Praktikkan sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir
E.
Materi Pokok : sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam
kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu Peserta didik membaca dan menelaah serta memahami materi
ketentuan sholat jamak dan qoshor. (ingin tahu)
b.
Secara kelompok mendiskusikan
tentang ketentuan sholat jamak
dan qoshor. (kerjasama)
c.
Setiap kelompok mempresentaikan
hasil diskusi di depan kelas, Dan kelompok lain memberi tanggapan . (menghargai
prestasi)
d.
Guru memberi penjelasan dan
kesimpulan dari pembahasan ketentuan sholat jamak dan qoshor (kreatif)
e.
Guru memberi nilai terhadap
masing-masing kelompok . (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Inquirry
- Performance
- Ceramah
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar. (kreatif)
b.
Peserta didik di tugasi menyalin
niat sholat jamak dan qoshor (mandiri)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
Pertemuan ke dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam
kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik di bagi dua kelompok untuk mempersiapkan diri mempraktekan sholat jamak .di bawah bimbingan guru.
(kerja keras)
b.
Pada saat kelompok yang satu
mempraktekan sholaat jamak kelompok yang lain mengamati dan memberi nilai. (menghargai
prestasi)
c.
Masing Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan penilaiannya
kepada guru (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Demonstrasi
- Penilaian
- proses
|
3
|
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Menugaskan Peserta didik untuk menghafalkan bilal jum’at (kerja keras)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
Pertemuan ke tiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
Mengadakan appersepsi (disiplin)
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam
kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik di bagi dua kelompok untuk mempersiapkan diri mempraktekan sholat qoshor.di bawah bimbingan guru. (tanggung-jawab)
b.
Pada saat kelompok yang satu
mempraktekan sholaat qoshor
kelompok yang lain mengamati dan
memberi nilai. (menghargai prestasi)
c.
Masing Peserta didik melaporkan hasil pengamatan dan penilaiannya
kepada guru (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Demonstrasi
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Menugaskan Peserta didik untuk membaca hutbah
jum’ah (mandiri)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
G. Sumber Bahan : 1.
.Fiqih sunah
2. Tuntunan Shalat Lengkap
3. Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian :
a.
Jenis tagihan : 1.
Ulangan harian
2.Tugas
b.
Tehnik : 1. Tes
tulis
2.
Tugas individu
c.
Bentuk
Instrumen : 1 . Uraian
2. Portopolio
d.
Soal ulangan tulis : 1.
Jelaskan pengertian sholat jamak dan qoshor
2.
Bagaimana
hukum sholat jamak dan qoshor.
3.
Sebutkan syarat
sah mendirikan sholat jamak dan qoshor.
4.
Sebutkan sholat
yang boleh di jamak dan di qoshor.
5. Tulis niat sholat jamak qoshor takdim dluhur dan asar.
e.
Tugas : 1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang berkaitan
dengan
sholat jamak dan qoshor.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.................................................
|
Demak, ..............................
Guru PAI,
………………………………….
|