RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS : 8 / Ganjil
KELAS : 8 / Ganjil
ALOKASI WAKTU : 2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
A. Standar Kompetensi :
1. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah, Lam, dan Ra’
B. Kompetensi Dasar :
1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qolqolah, Lam, dan Ra’
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qolqolah Lam, dan Ra
C. Indikator :
2. Menyebutkan huruf qolqolah
3. Menunjukan contoh bacaan qolqolqh sughro dan kubro
4. Menjelaskan hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf Lam dan Ro’
5. Menunjukan contoh bacaan Lam tarqiq dan Lam tafkhim.
6. Menunjukan contoh bacaan Ro tarqiq dan Ro tafkhim
7. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah sughro dan kubro dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
8. Menerapkan hukum bacaan Lam tarqiq dan Lam tafkhim dalam bacaan surat-surat AlQur’an.
9. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah, Lam dan Ro dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
1. Menjelaskan hukum bacaan Qolqolah
2. Menyebutkan huruf qolqolah
3. Menunjukan contoh bacaan qolqolqh sughro dan kubro
4. Menjelaskan hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf Lam dan Ro’
5. Menunjukan contoh bacaan Lam tarqiq dan Lam tafkhim.
6. Menunjukan contoh bacaan Ro tarqiq dan Ro tafkhim
7. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah sughro dan kubro dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
8. Menerapkan hukum bacaan Lam tarqiq dan Lam tafkhim dalam bacaan surat-surat AlQur’an.
9. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah, Lam dan Ro dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
F. Strategi Pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.salam hangat presensi (religius,disiplin,antusias)
b. Melakukan Appersepsi(berfikir
kritis,ingin tahu,
kreatif)
c. Menjelaskan Kompetensi yang harus
dicapai da-
lam
kegiatan pembelajaran (hormat kepad guru)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu PD membaca dan memahami materi hukum bacaan
Qolqolah(percaya diri,taat,berfikir kritis dan kreatif)
b. Secara
individu, Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami (ingin
tahu,berfikir kritis)
c. Bersama
dengan kelompok, Peserta didik menemukan dan menuliskan hukum bacaan Qolqolah
dalam Surat Al Qodar, Al Ikhlas, dan Al Lahab(kerjasama,disiplin,demokratis,percaya
diri)
d. perwakilan
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas(percaya
diri)
e. guru
mengklarifikasi dan mengadakan penilaian terhadap masing-masing kelompok(taat
pada peraturan,disiplin)
|
70 menit
|
- Inquiry
- Praktik Lisan
- Learning Community
|
f.
Guru memberikan tugas kepada Peserta didik bersama kelompoknya
untuk mencari bacaan Qoqolah pada Q. S Al Qodar, Al Ikhlas, dan Al Lahab (
tanggung jawab,taat aturan,kerjasama)
|
- Penilaian Proses
|
||
3
|
Penutup
a.
Melakukan refleksi (religious)
b.
Menugaskan Peserta didik
untuk merangkum tentang sejarah perkembangan ilmu pengetahuan masa
Abbasiyah (taat aturan)
c.
salam penutup(religious)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.salam hangat presensi (religius,disiplin,antusias)
b. Melakukan Appersepsi (berfikir kritis,kreatif,
ingin
tahu)
c.Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai
dalam kegiatan pembelajaranqalqalah,lam dan ra tafkhim dan Tarqiq dalam Q.S Al Qodar, Al Ikhlas,
dan Al Lahab (hormat pada guru)
d. Secara individu, Peserta didik
menanyakan hal-hal yang belum dimengerti (ingin tahu,percaya diri)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara
individu Peserta didik membaca dan
memahami uraian materi tentang Tafkim dan Tarqiq pada huruf Lam dan Ra’(percaya
diri dan taat)
b. Bersama
kelompoknya Peserta didik menemukan dan menuliskan hukum bacaan Tafkim (kerja
sama dan saling menghormati,demokratis)
|
70 menit
|
- Inquire
- Tanya Jawab
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama Peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses
dan hasil belajar(Religius)
b.
Guru memberikan tugas kepada Peserta didik bersama kelompoknya
untuk mencari bacaan Tafkim dan Tarqiq pada
c.
salam penutup(religious)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
2. Jelaskan pengertian bacaan Tafkhim dan Tarqiq
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
........................................
|
Demak,
.............................
Guru PAI,
...............................................
|