RPP KLS VIII KD.04


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN       :  Pendidikan Agama Islam
KELAS                             :  8 / Ganjil
ALOKASI WAKTU        :  2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
A.       Standar Kompetensi           :  
           4.      Menghindari sifat tercelaB.        Kompetensi Dasar               :   
  1. Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah
  2. Menyebutkan contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namama
  3. Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah

C.        Indikator                             :           
1.   Menjelaskan pengertian                   
a.       Ananiah  ( egois ).
b.      Ghodlob  ( marah ).
c.       Hasud  ( dengki ).
d.      Ghibah  (mengumpat ).
e.       Namimah  ( adu domba )
2.   Menunjukan contoh perilaku
a.       Ananiah  ( egois ).
b.      Ghodlob  ( marah ).
c.       Hasud  ( dengki ).
d.      Ghibah  (mengumpat ).
e.       Namimah  ( adu domba )
3.   Menghindari perilaku
a.       Ananiah  ( egois ).
b.      Ghodlob  ( marah ).
c.        Hasud  ( dengki ).
d.      Ghibah  (mengumpat)
e.       Namimah  ( adu domba ). 

D.       Tujuan Pembelajaran              :Peserta didik dapat

1.      Menjelaskan pengertian                   
a.       Ananiah  ( egois ).
b.      Ghodlob  ( marah ).
c.       Hasud  ( dengki ).
d.      Ghibah  (mengumpat ).
e.       Namimah  ( adu domba )
2.      Menunjukan contoh perilaku
a.       Ananiah  ( egois ).
b.      Ghodlob  ( marah ).
c.       Hasud  ( dengki ).
d.      Ghibah  (mengumpat ).
e.       Namimah  ( adu domba )
3.   Menghindari perilaku
a.       Ananiah  ( egois ).
b.      Ghodlob  ( marah ).
c.        Hasud  ( dengki ).
d.      Ghibah  (mengumpat)
e.       Namimah  ( adu domba ).

E.        Materi Pokok                      :  Sifat-sifat tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah)

F.         Strategi Pembelajaran         :

Pertemuan Pertama

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
10 menit
-    Pemodelan




2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta didik membaca dan memahami uraian materi tentang sifat ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah (kritis)
b.      Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok membahas salah satu sub materi (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) menghargai keberagaman
c.       Masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pembahasannya di sepan kelas secara bergantian (antusias, demokratis)
d.      Guru memberikan klarifikasi dan penialaian pada masing-masing kelompok
     (kerja keras,berfikir kreatif,saling menghargai)
70 menit

-    Inquiry

-    Learning Community


-    Penilaian Proses
3
Penutup
a.       Melakukan refleksi
b.      Menugaskan Peserta didik untuk menyalin dalil naqli tentang sifat ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah
10 menit
-    Refleksi
-    Penugasan

Pertemuan Ke Dua

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( antusia)
c.       Peserta didik membaca dalil naqli tentang sifat ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah
( teliti, percaya diri)
10 menit

-    Pemodelan

2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu, Peserta didik membaca dalil naqli tentang ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah ( percaya diri, taat, disiplin)
b.      Peserta didik dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing berdiskusi tentang ciri-ciri, dan bahaya berperilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namamah serta cara menghindarinya dalam kehidupan ( bekerja sama, demokratis)
c.       Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas ( saling menghargai)
70 menit

-    Inquiri

-    Learning Community


-    Penilaian Proses dan Produk
3
Penutup
a.       Melakukan refleksi
b.      Menugaskan Peserta didik untuk mengerjakan latihan
10 menit

-    Refleksi
-    Penugasan
G.       Sumber Belajar                    :  
          1.   Buku materi PAI kelas 8, Tiga Serangkai
          2.   Buku materi PAI kelas 8, Cempaka Putih
          3.   Akhlak Seorang muslim, Imam Ghozali, terjemah

H.       Penilaian                              :

         1.      Jenis tagihan                 :  Ulangan Harian
         2.      Tehnik                         :  Tes Tulis
         3.      Bentuk instrumen         :  Uraian Singkat
         4.      Soal                             : 1.  Animah menurut bahasa artinya adalah ....
2.   Orang yang selalu membicarakan kejelekan orang lain tanpa adanya bukti termasuk orang yang memiliki sifat ….
3.   Dalil naqli tentang larangan ghadab terdapat di dalam ...
4.   Sebutkan salah satu bahaya perilaku hasad bagi diri sendiri!
5.  Salah satu cara yang paling baik untuk menghindari sifat namimah adalah ...


Mengetahui,
Kepala Sekolah




........................................
Demak, .............................

Guru PAI,




...............................................