RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah :
SMP....
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit
A.Standart
Kompetensi :
6. Memahami macam-macam sujud
B.Kompetensi
Dasar :
6.1. Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2. Menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.3. Mempraktikan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
1. Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
beserta dasar hukumnya
2. Menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
3. Mempraktikan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
D.Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
2.
Siswa
dapat menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
3.
Siswa
dapat mempratikkan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
E. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian sujud SYUKUR
Sujud syukur yaitu sujud terima kasih karena mendapat nikmat atau
terhindar dari bahaya yang besar. Sujud syukur hukumnya : SUNAT
Dasar hukumnya :
Dari Abu Bakrah : “ sesungguhnya apabila datang kepada Nabi SAW sesuatu
yang mengembirakan, atau kabar suka, beliu terus sujud berterima kasih kepada
Allah’’
(HR. Abu Dawud)
Tata Cara Sujus Syukur
a.
Dilakukan
1 kali sujud diluar solat
b.
Niat
dan menghadap kiblat
c.
Takbir
sambil bergerak sujud
d.
Bacaan
seperti sujud dalam solat
e.
Duduk,
lalu salam seperti selesai solat (sebagian ulama tidak melakukan salam)
2. Pengertian Sujud SAHWI
Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena kelupaan atau ragu-ragu
dalam solat.
Dasar hukumnya :
Dari Said Al Khudri : bahwa Rosulullah SAW, bersabda : “ Jika salah
seorang diantara kamu ragu-ragu dalam solatnya, sehingga tidak tahu berapa
rokaat yang telah dikerjakanya, apakah 3 atau 4, maka hendaklah ia hilangkan
keraguannya, dan menetapkan mana yang ia yakini, lalu sujud 2 kali, sebelum
salam’’ (HR. Muslim)
Tata cara sujud SAHWI
a.
Sujud
sahwi dilakukan 2 kali sebelum salam atau sesudah salam
b.
Jika
kelupaan itu ingat masih didalam solat maka sujud sahwi dilakukan sebelum salam
c.
Jika
kelupaan itu ingat sesudah solat maka sujud sahwi dilakukan sesudah salam.
Misalnya : Jika ia solat Asyar 2 rokaat lalu salam lalu ia ingat
kekurangannnya, maka tambahlah 2 rokaat lagi, lalu salam. Kemudian sujud sahwi
2 kali, (tanpa salam lagi)
d.
Jika
imam sujud sahwi, maka makmum harus ikut
sujud sahwi
e.
Tidak
boleh makmum sujud sahwi sendirian
f.
Bacaan
sujud sahwi sama dengan sujus dalam solat
Sebab-sebab sujud sahwi
a. Memberi salam sebelum sempurna
solat.
(Tambahlah kekuranganya, lalu salam lalu
sujud sahwi 2 kali, tanpa salam)
b. Apabila kelebihan rokaatnya
(sujudlah 2 kali setelah salam)
c. Kelupaan tasyahud awal.
Jika belum sempurna berdiri, maka duduklah maka tidak perlu sujud sahwi.
Jika sudah berdiri sempurna maka jangan duduk, nanti sujud sahwi sebelum salam
d. Ragu-ragu dalam solat
Sujud
sahwi dilakukan sesudah tahiyat akhir, sebelum salam.
Ragu-ragu dalam jumlah rokaat, maka tetapkan bilangan yang sedikit.
3. Pengertian
sujud TILAWAH
Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan 1 kali karena membaca atau
mendengar ayat sajdah. Apabila yang membaca sujud maka yang mendengan atau
makmum sujud pula. Tetapi apabila yang membaca tidak sujud, maka yang mendengar
tidak
disunahkan sujud.
Dasar hukum :
Dari Abu Huroirah, telah bersabda Nabi SAW : “ Apabila manusia membaca ayat
sajdah, lalu ia sujud, maka menghindarlah setan sambil menangis dan berkata :
celaka anak adam disuruh sujud lalu ia sujud maka baginya surga. Dan saya
disuruh sujud tapi tidak mau maka bagi saya neraka” (HR. MUSLIM)
Tata Cara Sujud Tilawah
a.
Jika
dilakukan didalam solat jama’ah maka makmum harus mengikuti imam. Jika imam
sujud maka makmum sujud. Jika imam berdiri makmum pun berdiri.
b.
Jika
dilakukan diluar solat maka hendaklah ia niat dalam hati, mengahdap kiblat,
bertakbir, lalu sujud 1 kali, di akhiri salam.(Ada yang tidak pakai salam)
c.
Bacaan
dalam sujud tilawah sbb :
“ Sajada wahji, lilladzi kholaqohu, wa sowwarohu, wa
syaqqo sam’ahu, wa basorohu, bihaulihi, wa quwwatihi. Tabarokollahu ahsanal
kholiqin.’’
Artinya :
Wajahku sujud kepada Dzat yang menjadikanya, merupakanya, membuka
pendengarangya,dan penglihatanya dengan daya upaya dan kekuatan Nya. Penuh
berkah Allah, dialah sebagus-bagus pencipta.
F. Metode
Pembelajaran :
1.
Diskusi
kelompok Metode Jigsaw
2.
Praktik
( tutor sebaya )
G. Langkah-langkah pembelajaran :
I. Pertemuan Pertama (Indikator
1,2)
1. Kegiatan
Pendahuluan (+ 10 menit)
Ø Beri salam, berdoa bersama ( karakter : religius
)
Ø Mengecek kehadiran siswa ( karakter : disiplin )
Ø Membaca 5 surat pendek dari juz amma’ ( religius,gemar
membaca )
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan
motivasi dengan menyampaikan keutamaan sujud
2. Kegiatan inti (+ 60
menit)
Ø Membentuk kelompok diskusi 6 kelompok ( sebagai tim
ahli)
Ø Memberi tugas yang berbeda setiap 2 kelompok tim
ahli
Ø Masing-masing kelompok berdiskusi tentang materi
yang telah diberikan oleh guru ( kelp.1
,2 pengertian dan tata cara melakukan sujud syukur, kelp.3,4 pengertian dan
tatacara sujud sahwi,kelp.5.6 pengertian dan tatacara sujud tilawah).Karakter :
demokrasi,toleransi,tanggungjawab
Ø Perwakilan kelp.mempresentasikan hasil diskusi pada
kelompoknya dan ditanggapi anggota lainnya. Karakter : disiplin,percayadiri,
kreatif
Ø Masing-masing anggota kelp. Ahli kembali pada
kelp.awal
Ø Masing-masing anggota kelp.mempresentasikan hasil
diskusi pada kelp.ahli di kelp.masing-masing. Karakter : Tanggungjawab,
mandiri, kreatif
Ø Perwakilan masing-masing kelp. Mempresentasikan
hasil diskusi didepan kelas
Ø Guru dan siswa memberikan komentar dan penilaian
atas hasil kerja diskusi tiap kelp. Karakter : menghargai prestasi
3. Kegiatan
Penutup (+ 10 menit)
Ø Guru memberikan penguatan, penegasan dan penilaian
terhadap hasil diskusi
Ø Guru memberi tugas siswa mengahafalkan bacaan sujud
tilawah ( Karakter : tanggung jawab )
Ø Doa penutup, salam ( Karakter : Religius )
II. Pertemuan Kedua (Indikator 3)
1. Kegiatan Pendahuluan (+ 10 menit)
Ø Salam dan berdoa bersama (
Karakter : Religius )
Ø Mengecek kehadiran siswa ( karakter : disiplin
)
Ø Membaca 5 surat pendek dari juz amma’
Ø Memberi motivasi dengan menjelaskan tentang keutamaan
syukur nikmat
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
Ø Menyiapkan siswa untuk melaksanakan praktek sujud,
dibagi 6 kelp.
Ø Guru memberi contoh cara melakukan sujud syukur
Ø Guru meminta beberapa siswa dari masing masing kelp.
bergantian praktik sujud syukur ( karakter : tanggungjawab, percaya diri
)
Ø Guru Memberi contoh praktik sujud sahwi karena lupa
tidak duduk tahiyat awal
Ø Beberapa siswa dari masing masing kelp.ditunjuk
untuk praktek sujud sahwi.( karakter : tanggungjawab, percaya diri )
Ø Guru memberi contoh praktik sujud tilawah setelah
membaca ayat sajdah diluar solat.
Ø
Meminta
siswa dari masing-masing kelp.untuk praktik sujud tilawah diluar solat. (
karakter : tanggungjawab, percaya diri )
Ø Masing;masing kelompok menelaah dan mempraktekkan
sujud syukur,sahwi dan tilawah secara bergantian dan yang lainnya mengingatkan
jika temannya masih belum benar dalam melakukan praktek
Ø Masing-masing siswa membuat rubrik penilaian pratek
sujud
Ø
Secara
individu dalam kelp. Siswa mempraktikkan sujud dan diberi penilaian oleh teman
yang lain.( karakter : tanggungjawab, jujur, disiplin menghargai prestasi )
Ø Guru mengamati pekerjaan siswa dan memberikan nilai
3. Kagiatan
Penutup (+ 10 menit)
Ø Memberikan kesimpulan perbedaan sujud syukur, sujud
sahwi dan sujud Tilawah dari cara pelaksanaannya
Ø Tugas kepada siswa mengerjakan soal-soal
Ø Doa penutup dan salam
E. Alat /
Sumbar Belajar
1.
Buku
PAI kelas 8, tim Abdi guru, Erlangga, Surabaya
2.
Fiqih
Islam, Sulaiman Rasyid
3.
Buku
tuntunan Shalat
4.
LKS
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian sujud syukur,sahwi dan tilawah
2.Siswa
dapat menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
3.Siswa
dapat mempratikkan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
|
Tes
tulis
Praktik
|
Uraian
singkat
Unjuk
kerja
|
1.
Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan karena …….
2.
Jika kita lupa melakukan sunah shalat sebaiknya ….
3.Sujud
tilawah dilakukan apabila ….
4.Bagaimanakah
cara melakukan sujud sahwi ?
5.Jelaskan
tatacara melakukan sujud syukur !
5.Praktekkan
sujud syukur dengan benar
|
Rubrik Penilaian Praktek
No
|
Aspek yang dinilai
|
Hasil perolehan nilai
|
|||||
1
|
Melakukan gerakan sujud dengan benar
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
2
|
Melafadkan bacaan sujud dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Percaya diri dalam melakukan praktek
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
Demak, ..................................
Mengetahui Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala Sekolah,
....................................................... .......................................................
NIP. NIP.