RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN :
Pendidikan Agama Islam
KELAS :
8 / Ganjil
ALOKASI WAKTU :
2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
A.
Standar
Kompetensi :
7. Memhami
Tata Cara Puasa
B.
Kompetensi Dasar :
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa
wajib
7.2
Mempraktekkan puasa wajib
7.3
Menjelaskan
ketentuan puasa sunnah Senin Kamis, Syawal dan Arofah
7.4
Mempraktekkan
puasa sunnah Senin Kamis, Syawal dan Arofah
1.
Menjelaskan pengertian, hukum, syarat dan
rukun puasa secara mandiri dan benar
2.
Membaca dan mengartikan
dalil naqli tentang puasa secara religious, mandiri dan kreatif
3.
Menjelaskan macam-macam
puasa wajib
4.
Menyebutkan
amalan-amalan sunah pada saat puasa secara mandiri dan kreatif
5.
Menjelaskan hal-hal yang
membatalkan puasa secara mandiri dan kreatif
6.
Menjelaskan tatacara
melaksanakan puasa wajib. secara mandiri dan kreatif
7. Menjelaskan orang-orang
yang boleh tidak berpuasa dan cara menggantinya secara mandiri dan kreatif.
8.
Mempraktikkan puasa wajib secara jujur dan
tanggung jawab
9.
Menjelaskan hikmah puasa dalam kehidupan
sehari-hari secara mandiri dan benar
10. Menjelaskan pengertian
dan tata cara melaksanakan puasa asunah Senin, Kamis, Syawal dan Arafah secara mandiri dan benar
11. Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang
puasa sunah Senin, Kamis, Syawal dan Arafah. secara religious, mandiri dan
kreatif
12. Menyebutkan hikmah
melakukan puasa sunah Senin, Kamis, Syawal dan Arafah secara mandiri dan benar
13. Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal,
dan Arafah pada waktunya. secara jujur dan tanggung jawab
D.
Tujuan
Pembelajaran : Siswa dapat
1.
Menjelaskan pengertian, hukum, syarat dan
rukun puasa secara mandiri dan benar
2.
Membaca dan mengartikan
dalil naqli tentang puasa secara religious, mandiri dan kreatif
3.
Menjelaskan macam-macam
puasa wajib
4.
Menyebutkan
amalan-amalan sunah pada saat puasa secara mandiri dan kreatif
5.
Menjelaskan hal-hal yang
membatalkan puasa secara mandiri dan kreatif
6.
Menjelaskan tatacara
melaksanakan puasa wajib. secara mandiri dan kreatif
7. Menjelaskan orang-orang
yang boleh tidak berpuasa dan cara menggantinya secara mandiri dan kreatif.
8.
Mempraktikkan puasa wajib secara jujur dan
tanggung jawab
9.
Menjelaskan hikmah puasa dalam kehidupan
sehari-hari secara mandiri dan benar
10. Menjelaskan pengertian
dan tata cara melaksanakan puasa asunah Senin, Kamis, Syawal dan Arafah secara mandiri dan benar
11. Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang
puasa sunah Senin, Kamis, Syawal dan Arafah. secara religious, mandiri dan
kreatif
12. Menyebutkan hikmah
melakukan puasa sunah Senin, Kamis, Syawal dan Arafah secara mandiri dan benar
13. Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal,
dan Arafah pada waktunya. secara jujur dan tanggung jawab
E.
Materi
Pokok : Puasa Wajib dan Puasa Sunnah
F. Strategi Pembelajaran :
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Mengadakan
Appersepsi
b.
Menjelaskan Kompetensi
yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan
puasa wajib. ( kreatif, kritis, ingin tahu)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu siswa
membaca dan memahami uraian materi tentang puasa wajib
(teliti, demokratis, logis)
b.
Secara kelompok siswa
mendiskusikan tentang pengertian, hukum, syarat, rukun dan hal-hal yang
membatalkan puasa wajib ( kerja sama)
c.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di sepan kelas secara bergantian ( saling menghar gai,
teliti)
d. Guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
|
70 menit
|
- Diskusi
Kelompok
|
3
|
Penutup
a. Guru
bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil
belajar
b. Guru
memberikan tugas pada siswa supaya menghafalkan dalil naqli tentang puasa
wajib
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
Pertemuan Ke Dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan
Appersepsi
b.
Menjelaskan Kompetensi
yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.
Siswa diberikan
kesempatan bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan
puasa sunnah Senin Kamis, Ssyawal dan Arofah
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Secara individu, siswa
membaca dan memahami materi puasa sunnah Senin Kamis, Ssyawal dan Arofah
b.
Secara kelompok siswa
mendiskusikan tentang pengertian, hukum, syarat, rukun dan hal-hal yang
membatalkan puasa sunnah serta hikmahnya puasa sunnah
c.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian
d. Guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok
|
70 menit
|
- Diskusi
Kelompok
|
3
|
Penutup
a. Guru
bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil
belajar
b. Guru
memberikan tugas pada siswa supaya menghafalkan dalil naqli tentang
puasa sunnah Senin Kamis, Ssyawal dan
Arofah
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
G. Sumber Belajar : 1. Buku materi PAI,
2. Buku Fikih
3. Buku Penunjang lainnya
H.Penilaian :
1.Jenis tagihan : Tugas Individu
2. Tehnik : Tes Tertulia
3. Bentuk instrumen : Uraian
4. Soal : a. Jelaskan pengertian puasa romadlon dan Nazar !
b. Jelaskan hikmahnya puasa sunnah Syawal dan Arofah!
2. Buku Fikih
H.Penilaian :
1.Jenis tagihan : Tugas Individu
2. Tehnik : Tes Tertulia
3. Bentuk instrumen : Uraian
4. Soal : a. Jelaskan pengertian puasa romadlon dan Nazar !
b. Jelaskan hikmahnya puasa sunnah Syawal dan Arofah!
Demak,
..................................
Mengetahui Guru
Pendidikan Agama Islam,
Kepala
Sekolah,
....................................................... .......................................................
NIP.
NIP.