RPP KLS VIII KD.08

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MATA PELAJARAN            :  Pendidikan Agama Islam
                        KELAS                                :  8 / Ganjil
ALOKASI WAKTU               :  2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
A.         Standar Kompetensi               :  
        8.       Memahami Zakat
B.         Kompetensi Dasar                 :  
        8.1     Menjelaskan pengertian Zakat Fitrah dan Zakat Mal
        8.2          Membedakan antara Zakat Fitrah dengan Zakat Mal
        8.3          Menjelaskan orang yang berhak menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal
        8.4          Mempraktekkan pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal
C.        Indikator                                :
1.              Menjelaskan pengertian, hukum, syarat dan rukun zakat fitrah secara mandiri dan kreatif2.              Membaca dan mengartikan dalil naqlI tentang zakat fitrah secara religious, mandiri dan kreatif
3.              Menjelaskan waktu  mengeluarkan zakat fitrah secara mandiri4.              Membedakan antara zakat fitrah dan zakat  mal secara mandiri dan kreatif
5.              Menjelaskan manfaat zakat fitrah dalam kehidupan secara mandiri dan kreatif
6.              Menjelaskan pengertian, hukum, syarat dan rukun zakat Mal secara mandiri dan kreatif
7.              Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang zakat mal secara religious, mandiri dan kreatif
8.              Menjelaskan manfaat zakat dalam kehidupan secara mandiri dan kreatif
9.              Menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat secara mandiri dan kreatif
10.          Menjelaskan manfaat zakat dalam kehidupan secara mandiri dan kreatif11.          Mempraktekkan zakat fitrah dan zakat mal dalam kehidupan secara mandiri dan peduli sosial



D.        Tujuan Pembelajaran              :  Siswa dapat
1.              Menjelaskan pengertian, hukum, syarat dan rukun zakat fitrah secara mandiri dan kreatif2.              Membaca dan mengartikan dalil naqlI tentang zakat fitrah secara religious, mandiri dan kreatif
3.              Menjelaskan waktu  mengeluarkan zakat fitrah secara mandiri4.              Membedakan antara zakat fitrah dan zakat  mal secara mandiri dan kreatif
5.              Menjelaskan manfaat zakat fitrah dalam kehidupan secara mandiri dan kreatif
6.              Menjelaskan pengertian, hukum, syarat dan rukun zakat Mal secara mandiri dan kreatif
7.              Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang zakat mal secara religious, mandiri dan kreatif
8.              Menjelaskan manfaat zakat dalam kehidupan secara mandiri dan kreatif
9.              Menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat secara mandiri dan kreatif
10.          Menjelaskan manfaat zakat dalam kehidupan secara mandiri dan kreatif
11.          Mempraktekkan zakat fitrah dan zakat mal dalam kehidupan secara mandiri dan peduli sosial

E.         Materi Pokok                         :  Zakat Fitrah dan Zakat Mal

F.         Strategi Pembelajaran            :
         Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi
b.       Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.       Siswa diminta  menanyakan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Zakat Fitrah dan Zakat Mal
10 menit

-    Pemodelan




2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu siswa membaca dan memahami materi tentang Zakat Fitrah dan Zakat Mal (ingin tahu, logis )
b.       Secara berkelompok siswa menyampaikan dan menjelaskan ketentuan Zakat Fitrah, Zakat Mal, menunnjukkan dan mengartikan dalil naqlinya serta menyebutkan jenis harta yang wajib dizakatkan (menghargai sesama, taat aturan dan disiplin)
c.       Secara individu, siswa memberikan tanggapan terhadap laporan tiap kelompok dengan bimbingan guru ( teliti, kerja keras, kerja sama)
d.       Guru memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok
70 menit

-    Lerning Community


3
Penutup
a.       Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
a.       Guru memberikan tugas pada siswa bersama kelompoknya supaya menuliskan kesimpulan tentang Zakat Fitrah dan Zakat Mal
10 menit

-    Penugasan

         Pertemuan Ke Dua

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi
b.       Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
10 menit

-    Pemodelan

2
Kegiatan Inti
a.       Secara kelompok siswa menjelaskan macam-macam harta dan nisabnya, orang yang berhak menerima zakat (asnab dan pengetiannya) serta menjelaskan manfaat Zakat dalam kehidupan (teliti, logis)
b.       Secara berkelompok, siswa menanggapi penjelasan materi dari kelompok lain (menghargai sesama, taat aturan dan disiplin)
c.       Guru memberikan penilaian kepada siswa secara kelompok
70 menit

-    Lerning Community

3
Penutup
a.       Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.       Guru menugaskan siswa secara individu untuk menyimpulkan materi tentang Zakat dalam kehidupan
10 menit

-    Refleksi

-    Penugasan
G.       Sumber Belajar                        :  Buku materi PAI, Fiqih Islam
H.        Penilaian                               :
       1.       Jenis tagihan                       :  Tugas Individu
       2.       Tehnik                                 :  Tes Tertulia
       3.       Bentuk instrumen                 :  Uraian
       4.   Soal                                     :  Jelaskan manfaat Zakat Fitrah


                                                                                    Demak, ..................................
            Mengetahui                                                       Guru Pendidikan Agama Islam,
            Kepala Sekolah,



            .......................................................                 .......................................................
            NIP.                                                                 NIP.