RPP KLS VIII KD.09

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                         :  Pendidikan Agama Islam
                        Kelas                                       :  8 / Ganjil
Alokasi Waktu                          :  2 X 40 menit
A.       Standar Kompetensi           :  
       9.      Memahami Sejarah Nabi (Tarikh dan Kebudayaan Islam)
B.        Kompetensi Dasar               :  
        9.1    Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan  
                 ekonomi dan perdagangan
        9.2         Memahami perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
C.        Indikator                             :          
1.            Menceritakan sejarah Nabi  Muhammad SAW dalam membangun masyarakat  melalui kegiatan ekonomi .
2.            Menceritakan sejarah Nabi  Muhammad SAW dalam membangun masyarakat  melalui kegiatan perdagangan
3.            Menceritakan perjuangan Nabi dan  para Sahabatnya  di Madinah.
4.            Meniru kegigihan Nabi dan para sahabatnya di dalam perjuangan untuk menegakan kebenaran dan meraih cita-cita.
 D.       Tujuan Pembelajaran           :  Siswa Dapat
1.            Menceritakan sejarah Nabi  Muhammad SAW dalam membangun masyarakat  melalui kegiatan ekonomi .
2.            Menceritakan sejarah Nabi  Muhammad SAW dalam membangun masyarakat  melalui kegiatan perdagangan
3.            Menceritakan perjuangan Nabi dan  para Sahabatnya  di Madinah.
4.            Meniru kegigihan Nabi dan para sahabatnya di dalam perjuangan untuk menegakan kebenaran dan meraih cita-cita.

E.        Materi Pokok                      :  Sejarah Nabi Muhammad
F.         Strategi Pembelajaran         :

Pertemuan Pertama

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.      Melakukan Appersepsi
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
10 menit

-    Pemodelan


2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu siswa membaca dan memahami materi tentang sejarah Nabi Muhammad (cinta ilmu, rasa ingin tahu, kerja keras,)
b.      Secara berkelompok siswa mendiskusikan materi tentang sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan serta perjuangan yang telah dilakukan Nabi dan para sahabat di Madinah (demokratis, menghargai sesama)
c.       Guru memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok (menghargai prestasi)
70 menit

-    Lerning Community

3
Penutup
a.       Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.      Guru menyimpulkan hasil diskusi secara komprehenaif
10 menit

-    Refleksi

-    Penugasan
 
G.   Sumber Belajar                    :  1.  Buku materi PAI  2.  Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
 
H.   Penilaian                              :
       1.   Jenis tagihan                 :    Tugas
       2.   Tehnik                           :  Tugas Individu
       3.   Bentuk instrumen         :     Uraian Kerja
       4.   Contoh Instrumen         :  Terangkan dengan singkat di sepan temanmu tentang perjuangan Nabi  
                                                    Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan 
                                                    perdagangan !

Mengetahui,
Kepala Sekolah


.............................................
NIP......................................
Demak, ............................

Guru PAI,


...............................................
NIP. ......................................