RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas :
8 / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
9. Memahami Sejarah Nabi (Tarikh dan
Kebudayaan Islam)
B.
Kompetensi Dasar :
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan
9.2
Memahami perjuangan Nabi
dan para sahabat di Madinah
C.
Indikator :
1.
Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi .
2.
Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan perdagangan
3.
Menceritakan perjuangan Nabi dan para Sahabatnya di Madinah.
4.
Meniru kegigihan Nabi dan para sahabatnya di
dalam perjuangan untuk menegakan kebenaran dan meraih cita-cita.
D. Tujuan
Pembelajaran : Siswa Dapat
1.
Menceritakan sejarah Nabi
Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi .
2.
Menceritakan sejarah Nabi
Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan perdagangan
3.
Menceritakan perjuangan Nabi dan para Sahabatnya di Madinah.
4.
Meniru kegigihan Nabi dan para sahabatnya di
dalam perjuangan untuk menegakan kebenaran dan meraih cita-cita.
E.
Materi Pokok : Sejarah Nabi Muhammad
F. Strategi Pembelajaran :
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Melakukan Appersepsi
b. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
-
Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara
individu siswa membaca dan memahami materi tentang sejarah Nabi Muhammad (cinta
ilmu, rasa ingin tahu, kerja keras,)
b. Secara
berkelompok siswa mendiskusikan materi tentang sejarah Nabi Muhammad dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan serta
perjuangan yang telah dilakukan Nabi dan para sahabat di Madinah (demokratis,
menghargai sesama)
c. Guru
memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok (menghargai prestasi)
|
70 menit
|
-
Lerning Community
|
3
|
Penutup
a.
Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan
refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru menyimpulkan hasil diskusi secara
komprehenaif
|
10 menit
|
-
Refleksi
-
Penugasan
|
G. Sumber Belajar : 1. Buku materi PAI 2. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
H. Penilaian :
1. Jenis tagihan : Tugas
2. Tehnik : Tugas Individu
3. Bentuk instrumen : Uraian Kerja
4. Contoh Instrumen : Terangkan dengan singkat di sepan temanmu tentang perjuangan Nabi
Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan !
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.............................................
NIP......................................
|
Demak, ............................
Guru PAI,
...............................................
NIP.
......................................
|