RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas
: 8 / Genap
Alokasi Waktu : 3 X
Pertemuan (6 Jam Pelajaran)
A. Standar Kompetensi :
11. Meningkatkan keimanan kepada Rosul Allah
B.
Kompetensi Dasar :
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rosul Allah
11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rosul Allah
11.3 Meneladani sifat-sifat Rosul Allah
C.
Indikator : 11.3 Meneladani sifat-sifat Rosul Allah
1.
Menjelaskan pengertian nabi dan rasul
2.
Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
3.
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang iman
kepada rasul Allah
4.
Menjelaskan tugas nabi dan rasul Allah
5.
Menyebutkan nama-nama nabi dan rasul Allah
6.
Menyebutkan sifat-sifat wajib nabi dan rasul Allah
7.
Menjelaskan keistimewaan rasul Ulul Azmi
8.
Menjelaskan fungsi beriman kepada nabi dan rasul
Allah
9.
Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah
saw.
10.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam
beribadah
11.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam
bermuamalah.
D. Tujuan
Pembelajaran : Melalui proses
pembelajaran ini peserta didik dapat
1.
Menjelaskan
pengertian nabi dan rasul
2.
Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
3.
Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang iman
kepada rasul Allah
4.
Menjelaskan tugas nabi dan rasul Allah
5.
Menyebutkan nama-nama nabi dan rasul Allah
6.
Menyebutkan sifat-sifat wajib nabi dan rasul Allah
7.
Menjelaskan keistimewaan rasul Ulul Azmi
8.
Menjelaskan fungsi beriman kepada nabi dan rasul
Allah
9.
Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah
saw.
10.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam
beribadah
11.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam
bermuamalah.
E.
Materi Pembelajaran : Iman
Kepada Rasul
- Nabi
menerima untuk dirinya sendiri sedang
rasul menerima wahyu untuk disampaikan
umatnya.
-
Pengertian Iman kjepada rasul Allah : Menyakini dengan sepenuh hati
bahwa Allah telah
mengutus pada rasul untuk
menyampikan wahyu kepada umatnya.
-
Dalil naqli tentang Iman kepada rasul : Al Qur’an surat Al Hasyr ayat 7 yang artinya :
” Apa saja yang rasul datangkan
untuk kamu maka ambilah dan apa yang dilarangnya maka
ambilah ”.
F. Metode Pembelajaran : - Inguiri -Quitioning
-
Modeling - CTL
-
Learning community
G.
Strategi Pembelajaran :
Pertemuan
Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan
Appersepsi (Religius, disiplin)
b. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( Bertanggung
jawab)
c. Peserta didik diminta
menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Rosul Allah (
Ingin tahu, cinta Ilmu )
|
10
menit
|
Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara
individu peserta didik membaca dan memahami materi iman kepada Rosul Allah (
percaya diri, ingin tahu, cinta ilmu )
b. Secara Kelompok peserta didik berdiskusi
tentang pengertian nabi dan Rasul, Iman kepada nabi dan rasul,dalil naqli
serta tugas nabi dan rasul ( kerja sama,bertanggung jawab, disiplin,
menghargai keberagaman)
c. Masing – masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelompok, sedang kelompok lain
menanggapi.( percaya diri, tanggung jawab, kerja keras menghargai
keberagaman )
d. Dengan bimbingan guru peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi kelompok.( bertanggung jawab )
e. Guru mengklarifikasi terhadap hasil belajar,
serta mengadakan penilaian.( bertanggung jawab )
|
70
menit
|
Inquire
Learning
community
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama peserta
didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar ( religius,
disiplin, bertanggung jawab )
b. Guru menugaskan
siswa untuk menuliskan hasil
belajar tentang materi iman kepada Rasul
Allah ( bertanggung jawab, disiplin kerja keras )
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
Pertemuan
Ke Dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan Appersepsi ( religius, disiplin )
b. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( bertanggung jawab
)
c. Peserta didikdiminta
menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Rasul Allah (
Ingin tahu, cinta ilmu )
|
10
menit
|
Pemodelan
Tanya jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara individu Peserta didik membaca dan memahami materi perbedaan antara
nabi dan Rasul, pengertian Ulul Azmi
Serta tugas nabi dan rasul ( Percaya diri,
disiplin, cinta ilmu, kerja keras )
b. Bersama
kelompoknya peserta didik berdiskusi tentang, nama-nama, sifat-sifat nabi dan
rasul, rasul Ulul Azmi, serta tugas nabi dan rasul (Bertanggung jawab,
disiplin, percaya diri menghargai keberagaman )
c. Masing –
masing perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok, sedang kelompok
lain menanggapi.( Bertanggung jawab, menghargai keberagaman, percaya diri )
d. Guru mengadakan penilaian pada masing-masing
kelompok, serta mengklarifikasi hasil belajar Peserta didik.( Bertanggung
jawab )
|
70
menit
|
Inquire
Diskusi Kelompok
Learning
community
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta didik mengadakan
refleksi terhadap proses dan hasil belajar( Religius, disiplin )
b. Guru menugaskan Peserta didik bersama
kelompoknya untuk membuat kesimpulan mengenasi iman kepada Rosul Allah( Bertanggung
jawab, cintz ilmu, kerja keras )
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
Pertemuan
Ketiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan Appersepsi ( religius
dan disiplin )
b. Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam
kegiatan pembelajaran ( Bertanggung
jawab )
c. Peserta didik diminta menanyakan segala
sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Rasul Allah ( Cinta Ilmu, Ingin
Tahu )
|
10
menit
|
Pemodelan
Tanya jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara individu Peserta didik membaca dan memahami
materi keistimewaan Rasulullah Saw.( Cinta ilmu, ingin tahu )
b.
Bersama kelompoknya peserta didik berdiskusi tentang, keistimewaan Rasulullah Saw. ( Bertanggung
jawab, menghargai keberagaman, kerja keras )
c. Secara individu peserta didik mampu
meneladani Rasulullah Saw. dalam
kehidupan sehari-hari ( Ingin tahu , cinta ilmu, kerja keras )
d. Guru mengadakan
penilaian pada masing-masing kelompok, serta mengklarifikasi hasil belajar peserta
didik ( Bertanggung jawab )
|
70
menit
|
Inquire
Diskusi Kelompok
Praktik
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama peserta
didik mengadakan refleksi terhadap
proses dan hasil belajar ( Religius,
disiplin )
b. Guru menugaskan peserta didik bersama
kelompoknya untuk membuat kesimpulan
mengenasi iman kepada Rasul Allah ( Bertanggung
jawab, menghargai keberagaman, kerja keras, disiplin )
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
H.
Sumber Belajar : 1. Buku
PAI 2. Buku
Akhlak
3. Materi penunjang lainnya
I. Penilaian :
1. Jenis tagihan : - Ulangan harian
2. Tehnik : - Tes Tulis
3. Bentuk instrumen : - Uraian
4. Instrumen Soal : 1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Nabi dan Rasul
I. Penilaian :
1. Jenis tagihan : - Ulangan harian
2. Tehnik : - Tes Tulis
3. Bentuk instrumen : - Uraian
4. Instrumen Soal : 1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Nabi dan Rasul
2. Jelaskan yang dimaksud rasul ulul Azmi !
4. Sebutkan fungsi beriman kepada rasul Allah
5. Jelaskan keistimewaan Rasulullah saw. !
5. Tugas !
1. Tulislah dalil naqli yang
berkaitan dengan iman kepada rasul allah saw.
2. Amatilah teman-teman mu sudahkah
mereka mampu meneladani perilaku Rasulullah Saw,
dan bagimana dengan dirimu
sendiri !. Lakukan sel;ama satu minggu kemudian laporkan
hasilnya !
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Demak, ........................
Guru PAI,
|