HUKUM BACAAN MAD DAN WAQOF

A. Hukum Bacaan Mad dan Macam-Macamnya
1.      Pengertian Mad:
Mad ialah memanjangkan bunyi huruf (bacaan) karena di dalamnya terdapat salah satu huruf mad.
Sedangkan huruf mad ada tiga macam yaitu: a. alif (ا ) b. wawu ( و) c. ya ( ي)
Penjelasan:
  1. Huruf alif (ا ) menjadi huruf mad, apabila huruf alif tidak berharakat dan huruf sebelumnya berharakat fathah.
Contoh:   اَفْوَاجًا            غَاسِقٍ         حَاسِدٍ
  1. Huruf wawu (و ) menjadi huruf mad, apabila huruf wawu sukun dan huruf sebelumnya berharakat dhamah.
Contoh:   يَدْ خُلُوْنَ              صُدُوْرٌ          يُوْلَدُ 
  1. Huruf ya (ي ) menjadi huruf mad, apabila huruf ya sukun dan huruf sebelumnya berharakat kasrah.
Contoh:   فِيْهِ                   قَدِيْرٌ           عَلِيْمٌ
2.  Macam-macam Mad:
Mad dalam ilmu tajwid di bagi dalam dua macam, yaitu:
  1. Mad Thabi’i (Mad asli)
     Cara membaca Mad Thabi’i adalah dengan memanjangkan bacaan dua harakat atau   satu  alif.     

  1. Mad Far’i.
Mad Far’i adalah  mad yang merupakan hukum tambahan dari Mad Thabi’i yang  disebabkan oleh hamzah, sukun, waqaf, tasydid, dan sebab-sebab lain yang berfungsi membedakan panjang atau pendeknya suatu bacaan.


Mad far’i terbagi menjadi beberapa  macam, diantaranya  sebagai berikut:

  1. Mad Wajib Muttasil
Mad Wajib Muttasil adalah apabila ada mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah ( ء ) dalam satu perkataan.
Contoh:
#sŒÎ) uä!$y_             y7Í´¯»s9'ré&
  1. Mad Jaiz Munfasil.
Mad jaiz munfasil adalah pemanjangan suara karena adanya huruf mad asli bertemu dengan hamzah dalam kalimat terpisah. Dibaca 2-5 harakat.
Contoh:
!$¯RÎ) š»oYøsÜôãr&               (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr&
  1. Mad ‘Arid Lissukun.
Mad ‘Arid Lissukun adalah pemanjangan suara karena adanya mad asli diikuti oleh huruf yang dimatikan karena waqaf. Dibaca panjang 2-6 harakat.
Contoh:
لِرUuِّ šúüÏJn=»yèø9$#     مُشْتَرِكُوْنَ         بِالْمُجْرِمِيْنَ

  1. Mad Badal
Mad Badal adalah pemanjangan suara karena adanya hamzah bertemu dengan mad asli. Dibaca panjang 2 harakat.
Contoh:
اِيْمَانًا   asalnya  اِئْمَانًا                   اُوْتُوْا  asalnya   اُ ؤْتُوْا



  1. Mad ‘Iwad
Mad ‘Iwad adalah pemanjangan suara karena huruf yang bertanwin fathah diwaqafkan. Dibaca panjang 2 harakat, terkecuali pada    (ta’marbuthah), karena bila diwaqafkan tetap menjadi ha’ sukun.
Contoh:
وَلاَ شُكُوْرًا             وَسَعِيْرًا            تَفْجِيْرًا

  1. Mad lazim Mutsaqal Kalimi
Mad lazim Mutsaqal Kalimi adalah pemanjangan suara karena adanya huruf mad bertemu dengan huruf bertasydid dalam satu kalimat. Dibaca panjang 6 harakat.
Contoh:
Ÿwur tûüÏj9!$žÒ9$#          Èb$tG¨B!$ydôãB
  1. Mad Lazim Mukhaffaf Kalimi
Mukhaffaf artinya diringankan, sedangkan pengertian Mad Lazim Mukhaffaf Kalimi adalah apabila ada mad thabi’i bertemu dengan huruf yang berharakat sukun tidak di akhir perkataan. Membacanya dipanjangkan sampai tiga alif atau enam harakat.hanya ada satu tempat.
Contoh:
z`»t«ø9!#uä ôs%ur LäêYä. ¾ÏmÎ/ tbqè=ÉÚ÷ètGó¡n@                 z`»t«ø9!#uä ôs%ur |MøŠ|Átã  .........
  1. Mad Lazim Harfi Musyba’ Mustaqal
Mad Lazim Harfi Musyba’ Mustaqal adalah pemanjangan suara yang terdapat pada huruf-huruf permulaan surat-surat yang bertasydid. Dibaca panjang 6 harakat. Cara membacanya sesuai dengan nama asal dari masing-masing  huruf tersebut. Sedangkan hurufnya ada 8, yaitu:
                                                         ن   ق   ص   ع   س   ل   ك   م
Huruf-huruf tersebut dikumpulkan dalam kalimat نقص عسلكم   
Contoh:     
úc 4 ÉOn=s)ø9$#ur $tBur tbrãäÜó¡o               $O!9#
  1. Mad Lazim Harfi Musyba’Mukhaffaf
Mad Lazim Harfi Musyba’Mukhaffaf adalah pemanjangan suara yang terdapat pada huruf-huruf permulaan surat-surat yang tidak bertasydid. Dibaca panjang 2 harakat. Huruf-hurufnya ada lima yaitu:
ح    ي    ط    ه    ر                                                              
Huruf-huruf tersebut dikumpulkan dalam kalimat   حي    طهر          
Contoh:
û       mÛ         üÈýJ!9#
  1. Mad Layyin
Mad Layyin adalah pemanjangan suara karena melakukan waqaf pada huruf yang sebelumnya ada wawu atau ya’ sukun dengan didahului harakat fathah. Dibaca panjang 2-6 harakat.
Contoh:
É#»n=ƒ\} C·÷ƒtè% ÇÊÈ öNÎgÏÿ»s9¾Î) s's#ômÍ Ïä!$tGÏe±9$# É#ø¢Á9$#ur ÇËÈ

  1. Mad Shilah
Mad Shilah dibagi menjadi dua macam, yaitu:
a.       Mad Shilah Qashirah
Mad Shilah Qashirah adalah pemanjangan suara karena adanya ha’ berharakat dhamir bertemu selain hamzah. Dibaca panjang 2 harakat.
Contoh: 
¼çm¯RÎ) tb%Ÿ2 $R/#§qs?    لَهُ مَا فِى السَّمَاوَاتِ
b.      Mad Shilah Thawilah
Mad Shilah Thawilah adalah pemanjangan suara karena adanya ha’ berharakat dhamir bertemu dengan hamzah dalam kalimat terpisah. Dibaca panjang 2-6 harakat.
Contoh:
ßìxÿô±o ÿ¼çnyYÏã žwÎ) ÏmÏRøŒÎ*Î/         Ü=|¡øts ¨br& ÿ¼ã&s!$tB ¼çnt$s#÷{r&
3.  Mempraktikkan Bacaan Mad
          Setelah kamu mempelajari tentang mad dengan baik, praktikkan bacaan mad tersebut ke dalam ayat-ayat pilihan dengan memperhatikan tahapan-tahapan berikut:

  1. Pelajari dan pahami kembali bacaan mad yang telah dijelaskan oleh gurumu.
  2. Bacalah dengan tajwid yang benar surat Al Fatihah dan Al Kafirun

ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# ÇÊÈ ßôJysø9$# ¬! Å_Uu šúüÏJn=»yèø9$# ÇËÈ Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# ÇÌÈ Å7Î=»tB ÏQöqtƒ ÉúïÏe$!$# ÇÍÈ x$­ƒÎ) ßç7÷ètR y$­ƒÎ)ur ÚúüÏètGó¡nS ÇÎÈ $tRÏ÷d$# xÞºuŽÅ_Ç9$# tLìÉ)tGó¡ßJø9$# ÇÏÈ xÞºuŽÅÀ tûïÏ%©!$# |MôJyè÷Rr& öNÎgøn=tã ÎŽöxî ÅUqàÒøóyJø9$# óOÎgøn=tæ Ÿwur tûüÏj9!$žÒ9$# ÇÐÈ

ö@è% $pkšr'¯»tƒ šcrãÏÿ»x6ø9$# ÇÊÈ Iw ßç6ôãr& $tB tbrßç7÷ès? ÇËÈ Iwur óOçFRr& tbrßÎ7»tã !$tB ßç7ôãr& ÇÌÈ Iwur O$tRr& ÓÎ/%tæ $¨B ÷Lnt6tã ÇÍÈ Iwur óOçFRr& tbrßÎ7»tã !$tB ßç6ôãr& ÇÎÈ ö/ä3s9 ö/ä3ãYƒÏŠ uÍ<ur ÈûïÏŠ ÇÏÈ


  1. Kelompokkan macam-macam bacaan mad yang terdapat dalam surat tersebut ke dalam tabel penerapan bacaan mad di bawah ini :

B. Tabel Penerapan Bacaan Mad

No
Bacaan ayat
Panjang harakat
Nama Mad
Keterangan














































C. Hukum Bacaan Waqaf
1.   Pengertian Waqaf
Waqaf menurut bahasa artinya berhenti. Sedangkan menurut istilah ilmu tajwid waqaf adalah menghentikan pembacaan ayat Al-Qur’an, baik untuk sementara pada pertengahan ayat untuk mengambil nafas agar dapat meneruskan pembacaan selanjutnya atau untuk menghentikan bacaan pada akhir ayat dan tidak diteruskan.

2.      Macam tanda waqaf
      Macam-macam tanda waqaf antara lain:

No
Tanda Waqaf
Nama
Keterangan
1.
م

Lazim
Harus berhenti, seperti:

2.
لا

Mamnu’
Larangan waqaf (tidak boleh berhenti, kecuali jika dibawahnya terdapat tanda awal ayat yang membolehkan waqaf secara mutlak, maka boleh berhenti tanpa diulangi lagi, seperti:
(#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$#   Mçlm; ×otÏÿøó¨B íô_r&ur ÒOŠÏàtã

3.
ج
Jaiz
Boleh berhenti pada kata yang terdapat tanda tersebut dan boleh juga disambung dengan kata berikutnya, seperti:
öNÎgÏdºuqøùr& 4 bÎ) šcqä9qà)tƒ žwÎ) $\/Éx.
4.
قلى
Waqfu ula
Lebih utama berhenti, tetapi tidak salah bila disambung dengan suku kata berikutnya, seperti:

5.
صلى
Washlu ula
Lebih utama diteruskan, seperti:
7Í´¯»s9'ré& 4n?tã Wèd `ÏiB öNÎgÎn/§ ( y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd šcqßsÎ=øÿßJø9$#
6.


¡               ¡
Mu’anaqoh
Boleh berhenti pada salah satu kata yang ada tanda tersebut di atasnya, seperti:
y7Ï9ºsŒ Ü=»tGÅ6ø9$# Ÿw |=÷ƒu ¡ ÏmÏù ¡ Wèd z`ŠÉ)­FßJù=Ïj9
7.
سكتة ∕ س
Saktah
Tanda berhenti sejenak tanpa mengeluarkan nafas (tidak bernafas), seperti:
2%y`uqÏã ÇÊÈ $VJÍhŠs%

3. Mempraktikkan Bacaan Waqaf

Setelah kamu mempelajari tentang waqaf dengan baik, praktikkan bacaan waqaf tersebut ke dalam ayat-ayat pilihan dengan memperhatikan tahapan-tahapan berikut:
  1. Pelajari dan pahami kembali bacaan waqaf yang telah dijelaskan oleh gurumu.
  2. Bukalah dengan tajwid yang benar surat Al Ikhlash dan Al Baqarah ayat 1 – 10
ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ öNs9 ô$Î#tƒ öNs9ur ôs9qムÇÌÈ öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ
$O!9# ÇÊÈ y7Ï9ºsŒ Ü=»tGÅ6ø9$# Ÿw |=÷ƒu ¡ ÏmÏù ¡ Wèd z`ŠÉ)­FßJù=Ïj9 ÇËÈ tûïÏ%©!$# tbqãZÏB÷sムÍ=øtóø9$$Î/ tbqãKÉ)ãƒur no4qn=¢Á9$# $®ÿÊEur öNßg»uZø%yu tbqà)ÏÿZムÇÌÈ tûïÏ%©!$#ur tbqãZÏB÷sム!$oÿÏ3 tAÌRé& y7øs9Î) !$tBur tAÌRé& `ÏB y7Î=ö7s% ÍotÅzFy$$Î/ur ö/ãf tbqãZÏ%qムÇÍÈ y7Í´¯»s9'ré& 4n?tã Wèd `ÏiB öNÎgÎn/§ ( y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd šcqßsÎ=øÿßJø9$# ÇÎÈ ¨bÎ) šúïÏ%©!$# (#rãxÿx. íä!#uqy óOÎgøŠn=tæ öNßgs?öxRr&uä ÷Pr& öNs9 öNèdöÉZè? Ÿw tbqãZÏB÷sムÇÏÈ zNtFyz ª!$# 4n?tã öNÎgÎ/qè=è% 4n?tãur öNÎgÏèôJy ( #n?tãur öNÏd̍»|Áö/r& ×ouq»t±Ïî ( öNßgs9ur ë>#xtã ÒOŠÏàtã ÇÐÈ z`ÏBur Ĩ$¨Y9$# `tB ãAqà)tƒ $¨YtB#uä «!$$Î/ ÏQöquø9$$Î/ur ̍ÅzFy$# $tBur Nèd tûüÏYÏB÷sßJÎ/ ÇÑÈ šcqããÏ»sƒä ©!$# tûïÏ%©!$#ur (#qãZtB#uä $tBur šcqããyøƒs HwÎ) öNßg|¡àÿRr& $tBur tbráãèô±o ÇÒÈ Îû NÎgÎ/qè=è% ÖÚz£D ãNèdyŠ#tsù ª!$# $ZÊttB ( óOßgs9ur ë>#xtã 7OŠÏ9r& $yJÎ/ (#qçR%x. tbqç/Éõ3tƒ ÇÊÉÈ