CONTOH RPP PAI SMP KURIKULUM 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                     SMP Negeri 1 Bonang        
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Agama Islam
Kelas/ Semester        :  VII/Satu
Materi Pokok            :  Semangat Menuntut Ilmu
Alokasi Waktu         :  3 pertemuan (9 JP)

A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
2.
2.7  Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait
3.
3.3  Memahami isi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
3.3.1 Menerjemahkan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis tentang menuntut ilmu
3.3.2 Menjelaskan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.3.3 Menunjukkan  cara menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis terkait.
3.3.4 Menampilkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagaimana terkandung dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis terkait.
4.
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan tartil
4.3.1.1   Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan baik dan benar.
4.3.1.2   Mendemonstrasikan pembacaan Q.S. Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan tartil.
4.3.1.3   Menjelaskan hukum bacaan mad sebagaimana terkandung dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan benar.
4.3.1.4   Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33
5.
4.3.2  Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan lancar
4.3.2.1 Menghafal Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 secara bertahap.
4.3.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan lancar.

C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan baik dan benar.
b.      Mendemonstrasikan pembacaan Q.S. Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan tartil.
c.       Menjelaskan hukum bacaan mad sebagaimana terkandung dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan benar.
d.      Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33

2.      Pertemuan 2
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       Menghafal Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 secara bertahap.
b.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan lancar.

3.      Pertemuan 3
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
a.       menerjemahkan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis tentang menuntut ilmu.
b.      menjelaskan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis tentang menuntut ilmu.
c.       menunjukkan cara menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis terkait.
d.      menampilkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagaimana terkandung dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadis terkait.

D.    Materi Pembelajaran
1.         Pertemuan 1
a.      Bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
b.      Pengertian Hukum Bacaan Mad.
c.       Macam-Macam Hukum Bacaan Mad.
2.         Pertemuan 2
a.       Bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33
3.         Pertemuan 3
a.      Terjemahan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33
b.      Kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33

E.     Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Model Pembelajaran Problem Solving
3.         Model Pembelajaran Diskoveri

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
             1.          Media
a.  Video Pembelajaran Al-Quran
b.  CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
c.  Power Point
             2.          Alat dan Bahan
                               a.      Laptop
                               b.      LCD Projector
                               c.      Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya
             3.          Sumber Belajar
a.       Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas VII. Jakarta: ESIS Erlangga.
b.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran   
1.      Pertemuan 1
                       a.     Pendahuluan  (15 menit)
1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)        Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah dan ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)        Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)        Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)        Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)        Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)        Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)      Peserta didik menyimak contoh pembacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 oleh guru atau peserta didik yang fasih atau yang ditayangkan atau diperdengarkan oleh media.
b)     Peserta didik memperhatikan audio visual pada layar LCD tentang contoh bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 secara tartil.
c)      Peserta didik dalam satu kelompok saling menyimak bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 yang dibaca anggota kelompoknya secara bergantian.
d)     Secara berkelompok peserta didik mengkaji berbagai literatur yang telah disiapkan untuk memahami hukum bacaan mad, yang berkaitan dengan pengertian, cara membaca, dan contohnya.
e)      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru sebagai penguatan pemahaman tentang hukum bacaan mad melalui media tayangan audio visual atau demonstrasi guru sendiri.
2)      Menanya:
a)      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan yang telah disimak atau tayangan audio visual yang telah disaksikan.
b)      Peserta didik saling mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
3)      Mengeksplorasi:
a)      Setiap kelompok berdiskusi tentang pertanyaan-pertanyaan pilihan (yang telah ditentukan oleh siswa dan guru) yang berkaitan dengan bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
b)      Setiap kelompok berdiskusi dengan pertanyaan-pertanyaan pilihan yang berkaitan dengan hukum bacaan mad.
4)      Mengasosiasi:
a)      Peserta didik menunjukkan solusi atas pertanyaan atau masalah yang diajukan oleh peserta didik.
b)     Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan tentang bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
5)      Mengkomunikasikan:
a)   Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya.
b)  Setiap kelompok memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lainnya.

                       c.     Penutup (15 menit)
                                    1)     Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    3)     Guru memberikan reward kepada “kelompok peserta didik terbaik”.
                                    4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

2.    Pertemuan 2
                            a.     Pendahuluan (15 menit )
1)   Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.     Kegiatan inti (90 menit)
1)      Mengamati:
a)      Peserta didik memperhatikan audio visual pada layar LCD tentang hafalan bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
b)     Peserta didik memperhatikan hafalan dari salah satu peserta didik yang sudah hafal Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
2)      Menanya:
a)      Peserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan yang dihafalkan.
b)      Peserta didik saling mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
3)      Mengeksplorasi:
a)      Peserta didik mampu menghafalkan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dari berbagai sumber.
b)      Peserta didik mendemontrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 kepada teman sebayanya.
4)      Mengasosiasi:
a)      Peserta didik menganalisis tingkat kesulitan dalam menghafalkan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
b)     Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan tentang hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
5)      Mengkomunikasikan:
a)      Peserta didik mempresentasikan atau mendemontrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 di hadapan peserta didik yang lain lain.
b)     Peserta didik memberikan tanggapan terhadap presentasi teman-temannya.

c.   Penutup (15 menit)
                                    1)            Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    3)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
                                    4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

3.    Pertemuan 3
                       a.        Pendahuluan  (15 menit)
1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)   Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surahzayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
3)   Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.
4)   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pembelajaran.
5)   Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6)   Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.
7)   Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

                       b.        Kegiatan inti (90 menit)
1)    Mengamati:
a)      Peserta didik menyimak dan memperhatikan terjemahan dari Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
b)     Atau peserta didik memperhatikan tayangan audio visual pada layar LCD tentang semangat menuntut ilmu.
2)         Menanya:
a)      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan terjemahan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan cara menghafal atau memahaminya dengan mudah.
b)     Setiap kelompok mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
c)      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan semangat dan perilaku menuntut ilmu.
3)         Mengeksplorasi:
a)      Setiap kelompok berdiskusi tentang pertanyaan-pertanyaan pilihan (yang telah ditentukan oleh siswa dan guru) yang berkaitan dengan terjemahan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
b)      Setiap kelompok berdiskusi tentang pertanyaan-pertanyaan pilihan (yang telah ditentukan oleh siswa dan guru) yang berkaitan dengan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33
c)      Setiap kelompok berdiskusi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan semangat dan perilaku menuntut ilmu.
4)         Mengasosiasi:
a)      Setiap peserta didik berlatih menghafal menerjemahkan ayat-ayat Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan berbagai cara yang dipraktikkan oleh teman-temannya.
b)      Setiap kelompok berdiskusi untuk menemukan cara-cara teknis yang memudahkan dalam menghafal terjemahan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33.
c)      Peserta didik menunjukkan solusi atas pertanyaan atau masalah yang diajukan oleh peserta didik.
d)     Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan tentang terjemahan dan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta perilaku menuntut ilmu
5)   Mengkomunikasikan:
a)      Secara bergiliran masing-masing kelompok mendemonstrasikan terjemahan dan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan benar.
b)     Satu persatu peserta didik mendemonstrasikan terjemahan dan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dengan benar.
c)      Para peserta didik yang dibimbing guru membuat kesimpulan tentang terjemahan, kandungan, dan semangat perilaku menuntut ilmu.

                       b.          Penutup
                                    1)      Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
                                    2)     Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                                    3)     Guru memberikan reward kepada “peserta didik terbaik”.
                                    4)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    5)     Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
                                    6)     Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.


H.      Penilaian
1.    Sikap
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Instrumen                         :


No

Pernyataan
Kebiasaan
selalu
sering
jarang
skor 3
skor 2
skor 1
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah belajar



2
Saya dapat merasakan keberadaan dan kebesaran Allah swt saat mempelajari ilmu pengetahuan



3
Saya berusaha tidak menyombongkan diri karena ilmu yang diamanatkan kepada saya



4
Saya tidak pelit ketika teman-teman meminjam buku pelajaran kepada saya



5
Saya berbagi ilmu pengetahuan kepada teman-teman yang belum mengetahuinya



6
Setiap pulang sekolah saya mengulangi pelajaran.



7
Ketika diajar oleh guru, saya memperhatikan.



8
Jika ada materi yang sulit, saya berusaha terus mempelajarinya.



9
Jika menemui kesulitan belajar, saya bertanya kepada orang tua, guru, atau teman.



10
Saya berharap dapat terus belajar sampai perguruan tinggi.




Pedoman penskoran :  Skor yang diperoleh
                                                            -----------------------------  X  100  =   ---------   
Skor maksimal


2.    Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian   : Tes tertulis
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar tes tertulis
                            c.     Instrumen             :
1.       Bagaimana caranya agar manusia diangkat derajatnya oleh Allah swt?
2.       Jelaskan bahwa sesungguhnya manusia mampu menembus gugusan langit dan bumi!
3.       Lengkapilah skema berikut ini !
4.       Bagaimana hukumnya orang Islam yang enggan menuntut ilmu ?
5.       Apa yang harus dilakukan umat Islam agar tidak kalah dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bila dibandingkan bangsa Barat ?

Pedoman penskoran :  Setiap soal nilainya 20 (jawaban betul x 20 = ....)



3.    Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian               : Performance
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Observasi
                            c.     Instrumen                         :
QS. Al-Mujadilah ayat 11:
QS. Ar-Rahman ayat 33:
Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
Paraf Guru
·  Kelancaran dalam membaca ayat Al-Qur’an dan hadits
·  Tajwid
·  Makhraj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhraj
100

·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-5 kesalahan tajwid dan makhraj
90

·   Melakukan 6-10 kesalahan tajwid dan mahraj
80

·   Melakukan 11-15 kesalahan tajwid dan makhraj
70

·   Melakukan 16-20 kesalahan tajwid dan makhraj
60

·   Melakukan  lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhraj
50


                                                                                                Bonang, 12 Juli 2014
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                                                       



Ali Akhmadi, S.Pd. M.Pd                                                         Mushonef, S.Ag. M.Pd.I
NIP.195906161979111 002                                                   NIP. 196507271999031005