RPP KLS IX KD.04

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                       Sekolah                        : SMP.....
                       Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
                       Kelas/Semester             : IX / 1
                       Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
I.    Standar Kompetensi          :
4.1     Membiasakan perilaku terpuji.
II.  Kompetensi Dasar  :
      4.1. Mejelaskan pengertian qona’ah dan tasamuh.
4.2. Menampilkan contoh perilaku qona’ah dan tasamuh.
4.3. Membiasakan perilaku qona’ah dan tasamuh.
III.  Indikator    :
  1. Menjelaskan pengertian qona’ah. (kreatif)
  2. Menjelaskan pengertian tasamuh ( toleransi )( kreatif)
  3. Menunjukan,membaca,mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang qona’ah dan tasamuh (kreatif, gemar membaca)
  4. Menunjukkan contoh perilaku atau sikap qona’ah.
  5. Menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh.
  6. Menjelaskan fungsi qonaah dan tasamuh ( toleransi ) (kreatif)
  7. Membiasakan perilaku qona’ah dalam kehidupan sehari-hari. (religius)
  8. Membiasakan perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari (religius)
IV. Tujuan Pembelajaran        :
     Siswa dapat  :
  1. Menjelaskan pengertian qona’ah.
  2. Menjelaskan pengertian tasamuh ( toleransi )
  3. Menunjukan,membaca,mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang qona’ah dan tasamuh
  4. Menunjukkan contoh perilaku atau sikap qona’ah.
  5. Menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh.
  6. Menjelaskan fungsi qonaah dan tasamuh ( toleransi )
  7. Membiasakan perilaku qona’ah dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Membiasakan perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
V.  Materi Pokok  : 
     Qona’ah dan Tasamuh
VI. Metode Pembelajaran  :
1.      Tanya jawab
Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian qana’ah dan tasamuh
2.      Drill ( latihan )
Siswa berlatih untuk membuat contoh perilaku qana’ah dan tasamuh.
3.       Praktek 
Siswa mempraktekkan qana’ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.
VII.Strategi Pembelajaran  :
      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi(rasa ingin tahu)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran(rasa ingin tahu)
c.       Tadarus (gemar membaca)
2.      Kegiatan inti :
a.       Siswa secara kelompok membaca dan memahami pengertian qona’ah.(rasa ingin tahu dan gemar membaca)
b.      Siswa secara kelompok membaca dan menelaah dalil yang berkaitan dengan qona’ah.
(kerjasama dan gemar membaca)
c.   Setiap kelompok secara individu membaca dalil  yang berkaitan  dengan  qona’ah secara bergantian ,yang lain mengamati dan memberi penilaian (toleransi dan menghargai prestasi)
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan qona’ah (kreatif)
e.       Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok.(menghargai prestasi)
3.      Kegiatan penutup :
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (kerjasama)
b.      Menugaskan siswa untuk menunjukan contoh perilaku qona’ah dalam kehidupan bemasyarakat (tanggungjawab dan mandiri)
      Pertemuan kedua
1.      Kegiatan pendahuluan  :
a.       Mengadakan appersepsi (rasa ingin tahu)
a.       Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu)
b.      Tadarus (gemar membaca)
2.      Kegiatan inti :
a.     Siswa secara kelompok membaca dan memahami  pengertian tasamuh  (toleransi )(rasa ingin tahu dan gemar membaca)
b.      Siswa secara kelompok membaca dan menelaah dalil yang berkaitan dengan tasamuh(kerjasama dan gemar membaca)
c.   Setiap kelompok  secara individu membaca dalil  yang berkaitan dengan  tasamuh secara bergantian, yang lain mengamati dan memberi penilaian (toleransi dan menghargai prestasi)
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan tasamuh (tanggungjawab, kreatif)
e.    Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok (menghargai prestasi, tanggungjawb)
3.      Kegiatan penutup :
a.   Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil  belajar (komunikatif dan kerjasama)
b.     Menugaskan siswa menyalin dalil yang berkaitan dengan qona’ah dan tasamuh (tanggung jawab dan mandiri) 
  VIII.Sumber /  Bahan  : 
  1. Buku PAI Kelas IX
IX. Penilaian  :   
      Jenis tagihan                      : Ulangan harian,tugas
Tehnik                               : Tes tulis ,tugas individu
Bentuk Instrumen              : Uraian,unjuk kerja.
  1. Aspek penguasaan konsep ( kognitif ) : 
1.      Jelaskan pengertian qona’ah.
2.      Sebutkan contoh perilaku qona’ah
3.      Jelaskan pengertian tasamuh

Mengetahui                                                                 Demak, ..............................
Kepala Sekolah                                                           Guru PAI,


.............................................                                       ............................................
NIP. ......................................                                                 NIP............................................