RPP KLS IX KD.08

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Genap
                                    Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
8.          Memahami Al Qur’an  surat  Al Insyiroh.
B. Kompetensi Dasar              :
8.1.    Menampilkan bacaan Qs. Al Insyiroh  dengan tartil dan benar.
8.2.    Menyebutkan arti Qs. Al Insyiroh.
8.3.    Mempraktekan perilaku dalam bekerja  selalu berserah diri kepada Allah
        seperti dalam  Qs. Al Insyiroh.
C. Indikator                            :
1.          Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil    dan lancar.
2.          Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan  baik dan benar.
3.          Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar.
4.      Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin  sampai tuntas dengan ihlas di  bidang apapun, kemudian apabila telah selesai  baru pindah untuk melakukan  pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas  dengan ikhlas pula.
5.          Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan  sehingga apabila
       berhasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa.
D. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.          Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil    dan lancar.
2.          Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan  baik dan benar.
3.          Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar.
4.      Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin  sampai tuntas dengan ihlas di  bidang apapun, kemudian apabila telah selesai  baru pindah untuk melakukan  pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas  dengan ihlas pula.
5.          Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan  sehingga apabila
       berhasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa
E. Materi Pokok                      :   Al Qur’an  Surat Al Insyiroh
F. Strategi Pembelajaran         :
     Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.            Guru mengajak untuk tadarus bersama.
b.            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.            Guru membagi kelompok diskusi.
d.           Guru mengadakan pre test.
8 menit

-  Pemodelan


- Tanya Jawab
2.
Kegiatan Inti
a.           Siswa membaca lafadz Q.S Al Insyirah dengan tartil secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
b.          Siswa mengartikan Q.S Al Insyirah secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
c.           Siswa menunjukkan contoh bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti dalam Q.S Al Insyirah yang lain mengamati
d.          Guiru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
64 menit

- Refleksi


- Refleksi


- Unjuk kerja


-Penilaian proses

Penutup
a.           Guru menyempurnakan bacaan lafadz dan arti Q.S Al Insyirah.
b.          Guru mengadakan Post test
c.           Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Q.S Al Insyirah beserta artinya.
8 menit

- Ceramah

- Tanya Jawab
- Penugasan


Pertemuan ke dua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.                       Guru mengajak untuk tadarus bersama.
b.                      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.                       Guru membagi kelompok diskusi.
d.                      Guru mengadakan pre test.
8 menit

- Pemodelan

- Tanya Jawab
2.
Kegiatan Inti
a.    Siswa menghafal lafadz Q.S Al Insyirah dengan tartil secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
b.      Siswa menghafalkan arti Q.S Al Insyirah secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
c. Guiru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
64 menit

- Refleksi



- Unjuk kerja

-Penilaian proses

Penutup
a.       Guru menyempurnakan bacaan lafadz dan arti Q.S Al Insyirah.
b.      Guru mengadakan Post test
c.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan PR.
8 menit

- Ceramah

- Tanya Jawab
- Penugasan


G. Sumber / Media / Alat        : 1. Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai
  2. Buku PAI kelas IX Cempaka Putih
1.  Buku Al Qur’an dan Juz Amma
H. Penilaian                             :

No
Indikator
Teknik penilain
Bentuk Penilaian
Contoh soal
1
Membaca Qs. Al Insyiroh dengan benar Tartil    dan lancar.

Tes Lisan
Unjuk Kerja
1.   Bacalah QS. Al Insyirah !
2
Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.Al Insyiroh dengan  baik dan benar.
Tes Tulis

Uraian Singkat
2.   Salinlah QS. Al Insyirah ayat 5 !
3
Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar
Tes Tulis

Uraian Singkat
3.      Artikan QS. Al Insyirah ayat 5 !
4
Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin  sampai tuntas dengan ikhlas di  bidang apapun, kemudian apabila telah selesai  baru pindah untuk melakukan  pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas  dengan ikhlas pula
Tes Tulis

Uraian Singkat
4.      Sebutkan contoh prilaku terpuji yang terdapat dalam Qur’an surat Al Insyirah
5
Berjiwa tawakal jika telahselesai melakukan pekerjaan  sehingga apabila berhasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa
Tes Tulis

Uraian Singkat
5.      Tulislah salah satu Ayat yang mencerminkan sikap tawakal

I.       Tugas
1.                Tulislah lafadz beserta artinya Q.S Al Insyirah !
2.                Hafalkan di rumah lafadz QS.Al Insyirah !
3.                Hafalkan di rumah arti QS. Al Insyirah !


Mengetahui:
Kepala Sekolah,




____________________
NIP.

Demak, ............................

Guru Mata Pelajaran,




.......................................
NIP.