RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP.....
Mata
Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 9 / Genap
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (2 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.
B. Kompetensi Dasar :
13.1. Menceritakan
sejarah budaya lokal sebagai bagian dari
tradisi Islam.
13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
1.
Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal
sebagai bagian dari tradisi Islam.
2.
Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai
bagian dari tradisi Islam
3.
Mengapresiasikan terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara.
4.
Melakukan cara menghargai terhadap tradisi dan upacara
adat Kesukuann Nusantara
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa
dapat
1.
Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal
sebagai bagian dari tradisi Islam.
2.
Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai
bagian dari tradisi Islam
3.
Mengapresiasikan terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara.
4.
Melakukan cara menghargai terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara
E. Materi Pokok : Sejarah tradisi Islam Nusantar.
F. Strategi Pembelajaran :
Petemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
1
|
Penuludahan
|
10 menit
|
- Pemodelan
- Tanya jawab
|
Relegius
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Siwa secara individu membaca dan memahami materi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari
tradisi Nusantara.
b.
Siswa secara kelompok berdiskusi tentang mana yang termasuk seni budaya lokal
yang merupakan tradisi
Islam
c.
Setiap kelompok mempresentaskan hasi diskusi di
depan kelas . kemudian kelompok lain meberi tanggapan .
d.
Guru memberi penjelasan dan kesimpulan
terhadap pembahasan takabur
e.
Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam
kelompok.
|
60 menit
|
- Inquiri
- Learning community
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Penilaian
|
Rasa ingin tahu, gemar membaca, kerjakeras, kreatif, cinta tanah air,
menghargai prestasi
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama siswa mengadakan
refleksi terhadap proses dan hasil belajar
b.
Guru mengadakan post tes
c.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk Mencari contoh seni budaya lokal yang merupakan tradisi Islam.
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
G. Sumber Bahan : 1. Buku sejarah kebudayaan Islam.
2. Buku PAI Kelas IX
H. Penilaian :
Penilaian :
Jenis Tagiahan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Soal / Instrumen
Tugas
|
:
:
:
:
:
|
- Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu
- Tes Harian
- Jawaban singkat, Porto polio
1. Jelaskan pengertian seni budaya Islam.
2. Sebutkan 2 macam seni budaya yang merupakan tradisi
Islam. yang berada di sekitar tempat
tingalmu .
3. Sebutkan 3 contoh seni budaya yang merupakan tradisi
Islam yang ada di pulau jawaa .
4. Jelaskan manfaat seni budaya
yang merupakan tradisi Islam di dalam
siar perkembangan Islam
5. Sebutkan 2 contoh seni
budaya yang bukan termasuk seni budaya
Islam .
1. Sebutkan 2 contoh seni
budaya tradisi Islam yang ada di sekitar tempat tinggalmu.
2. Sebutkan 2 contoh seni budaya tradisi Islam yang ada di pulau jawa.
3. sebutkan 2 contoh seni budaya tradisi Islam di luar jawa.
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP. ...................................
|
Demak, .....................
Guru PAI
____________________
NIP. ..........................
|