RPP KLS VIII KD.11


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
   (RPP)

Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Islam
                        Kelas                                 :  8 / Genap
Alokasi Waktu                  :  3 X Pertemuan (6 Jam Pelajaran)
A.     Standar Kompetensi            :
      11. Meningkatkan keimanan kepada Rosul Allah
B.      Kompetensi Dasar               :
      11.1  Menjelaskan pengertian beriman kepada Rosul Allah
      11.2  Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rosul Allah
      11.3  Meneladani sifat-sifat Rosul Allah
C.      Indikator                              : 
1.            Menjelaskan pengertian nabi dan rasul
2.            Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
3.            Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang iman kepada rasul Allah
4.            Menjelaskan tugas nabi dan rasul Allah
5.            Menyebutkan nama-nama nabi dan rasul Allah
6.            Menyebutkan sifat-sifat wajib nabi dan rasul Allah
7.            Menjelaskan keistimewaan rasul Ulul Azmi
8.            Menjelaskan fungsi beriman kepada nabi dan rasul Allah
9.            Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah saw.
10.        Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam beribadah
11.        Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam bermuamalah.
D.     Tujuan Pembelajaran              : Melalui proses pembelajaran ini peserta didik dapat
1.       Menjelaskan pengertian nabi dan rasul
2.      Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
3.      Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang iman kepada rasul Allah
4.      Menjelaskan tugas nabi dan rasul Allah
5.      Menyebutkan nama-nama nabi dan rasul Allah
6.      Menyebutkan sifat-sifat wajib nabi dan rasul Allah
7.      Menjelaskan keistimewaan rasul Ulul Azmi
8.      Menjelaskan fungsi beriman kepada nabi dan rasul Allah
9.      Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah saw.
10.  Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam beribadah
11.  Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw, dalam bermuamalah.

E.      Materi Pembelajaran            :  Iman Kepada Rasul
-  Nabi menerima untuk  dirinya sendiri sedang rasul menerima wahyu untuk disampaikan
   umatnya.
-  Pengertian Iman kjepada rasul Allah : Menyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah
           mengutus pada rasul untuk menyampikan wahyu kepada umatnya.
       -  Dalil naqli tentang Iman kepada rasul : Al Qur’an surat Al Hasyr ayat 7 yang artinya :
           ” Apa saja yang rasul datangkan untuk kamu maka ambilah dan apa yang dilarangnya maka
              ambilah ”.
F. Metode Pembelajaran :                   - Inguiri           -Quitioning
                                                            - Modeling      - CTL
                                                            - Learning community
G.    Strategi Pembelajaran        :

Pertemuan Pertama

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi (Religius, disiplin)
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( Bertanggung jawab)
c.       Peserta didik diminta menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Rosul Allah ( Ingin tahu, cinta Ilmu )
10 menit

Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu peserta didik membaca dan memahami materi iman kepada Rosul Allah ( percaya diri, ingin tahu, cinta ilmu )
b.      Secara Kelompok peserta didik berdiskusi tentang pengertian nabi dan Rasul, Iman kepada nabi dan rasul,dalil naqli serta tugas nabi dan rasul ( kerja sama,bertanggung jawab, disiplin, menghargai keberagaman)
c.       Masing – masing perwakilan kelompok      mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok, sedang kelompok lain  menanggapi.( percaya diri, tanggung jawab, kerja keras menghargai keberagaman )
d.      Dengan bimbingan guru peserta didik menyimpulkan hasil diskusi kelompok.( bertanggung jawab )
e.       Guru mengklarifikasi terhadap hasil belajar, serta mengadakan penilaian.( bertanggung jawab )

70 menit

Inquire

Learning community


3
Penutup
a.  Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar ( religius, disiplin, bertanggung jawab )
     b.  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan hasil
     belajar tentang materi iman kepada Rasul Allah ( bertanggung jawab, disiplin kerja keras )
10 menit

Refleksi

Penugasan

Pertemuan Ke Dua

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi ( religius, disiplin )
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( bertanggung jawab )
c.       Peserta didikdiminta menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Rasul Allah ( Ingin tahu, cinta ilmu )
10 menit

Pemodelan


Tanya jawab

2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu Peserta didik  membaca dan memahami materi perbedaan antara nabi dan Rasul, pengertian Ulul Azmi
Serta tugas nabi dan rasul ( Percaya diri, disiplin, cinta ilmu, kerja keras )
b.      Bersama kelompoknya peserta didik berdiskusi tentang, nama-nama, sifat-sifat nabi dan rasul, rasul Ulul Azmi, serta tugas nabi dan rasul (Bertanggung jawab, disiplin, percaya diri menghargai keberagaman )
c.       Masing – masing perwakilan kelompok      mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok, sedang kelompok lain  menanggapi.( Bertanggung jawab, menghargai keberagaman, percaya diri )
d.      Guru mengadakan penilaian pada masing-masing kelompok, serta mengklarifikasi hasil belajar Peserta didik.( Bertanggung jawab )

70 menit

Inquire


Diskusi Kelompok

Learning community
3
Penutup
a.       Guru bersama Peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar( Religius, disiplin )
b.      Guru menugaskan Peserta didik bersama kelompoknya untuk membuat kesimpulan mengenasi iman kepada Rosul Allah( Bertanggung jawab, cintz ilmu, kerja keras )
10 menit

Refleksi

Penugasan

Pertemuan Ketiga

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.   Melakukan Appersepsi  ( religius dan disiplin )
 b.  Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam
      kegiatan pembelajaran ( Bertanggung jawab )
c.        Peserta didik diminta menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Rasul Allah ( Cinta Ilmu, Ingin Tahu )
10 menit

Pemodelan


Tanya jawab

2
Kegiatan Inti
a.   Secara individu Peserta didik membaca dan memahami materi keistimewaan Rasulullah Saw.( Cinta ilmu, ingin tahu )
b.   Bersama kelompoknya peserta didik berdiskusi  tentang, keistimewaan Rasulullah Saw. ( Bertanggung jawab, menghargai keberagaman, kerja keras )
c.   Secara individu peserta didik mampu meneladani Rasulullah  Saw. dalam kehidupan sehari-hari ( Ingin tahu , cinta ilmu, kerja keras )
d.      Guru mengadakan penilaian pada masing-masing kelompok, serta mengklarifikasi hasil belajar peserta didik ( Bertanggung jawab )
70 menit

Inquire

Diskusi Kelompok

Praktik
3
Penutup
a.   Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap
      proses dan hasil belajar ( Religius, disiplin )
b.   Guru menugaskan peserta didik bersama kelompoknya  untuk membuat kesimpulan mengenasi iman kepada Rasul Allah ( Bertanggung jawab, menghargai keberagaman, kerja keras, disiplin )
10 menit

Refleksi

Penugasan

H.    Sumber Belajar                   :  1.  Buku PAI                                                     2.  Buku Akhlak
                                                     3.  Materi penunjang lainnya
I.     Penilaian                              :
       1.      Jenis tagihan                  :  - Ulangan harian
       2.      Tehnik                            :  - Tes Tulis
       3.      Bentuk instrumen          :  - Uraian
       4.      Instrumen Soal               :  1.  Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Nabi dan Rasul
                                                     2.  Jelaskan yang dimaksud rasul ulul Azmi !
                                                     3.  Jelasakan sifat –sifat wajib bagi rasul !
                                                     4.  Sebutkan fungsi beriman kepada rasul Allah
                                                     5. Jelaskan keistimewaan Rasulullah saw. !
       5. Tugas !       
            1. Tulislah dalil naqli yang berkaitan dengan iman kepada rasul allah saw.
            2. Amatilah teman-teman mu sudahkah mereka mampu meneladani perilaku Rasulullah Saw,
                dan bagimana dengan dirimu sendiri !. Lakukan sel;ama satu minggu kemudian laporkan
                hasilnya !
      

Mengetahui,
Kepala Sekolah





Demak, ........................

Guru PAI,