RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri 1 Bonang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester :
VIII (Delapan) / I
Materi Pokok : Iman Kepada Kitab-kitab Allah
swt
Alokasi Waktu : (2 x 3 JP)
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya;
(KI-3) Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata;
(KI-4) Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
A.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman
rukun iman
|
|
2
|
1.2
|
Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup
sehari-hari
|
-
|
3
|
3.4
|
Memahami makna
beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt
|
3.4.1
Menjelaskan pengertian Iman
kepada Kitab-kitab Allah.
3.4.2
Menyebutkan kitab-kitab yang
wajib diimani
3.4.3
Menyebutkan nama-nama nabi yang
menerima kitab-kitab Allah
3.4.4
Menjelaskan isi kitab-kitab Allah
3.4.5
Menjelaskan hikmah iman kepada
kitab-kitab Allah
|
4
|
4.4
|
Menyajikan
dalil naqli tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt
|
1.4.1. Menunjukkan ayat-ayat yang menjadi dasar
iman kepada kitab Allah
1.4.2. Membacakan
ayat-ayat yang menjadi dasar Iman kepada kitab-kitab
Allah
1.4.3. Menyalin
ayat-ayat yang menjadi dasar iman kepada kitab-kitab Allah
1.4.4. Menghafal
ayat-ayat tentang iman kepada kitab-kitab
Allah
|
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan I:
1. Setelah melalui pembelajaran dengan metode diskusi dan teknik NHT siswa dapat menjelaskan pengertian iman kepada Kitab-kitab
Allah swt
2. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode diskusi dan
teknik NHT siswa dapat menyebutkan nama kitab-kitab
Allah yang wajib diimani
3. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode metode diskusi
dan teknik NHT siswa dapat menyebutkan nama-nama nabi penerima kitab-kitab Allah
4. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode ... dan teknik .... siswa dapat Diberikan
kesempatan untuk menjelaskan isi kitab-kitab
Allah.
5. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode diskusi dan
teknik NHT siswa dapat menjelaskan
hikmah iman
kepada kitab-kitab
Allah.
Pertemuan II:
1. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode diskusi dan teknik matching card siswa dapat menunjukkan ayat-ayat
yang menjadi dasar iman kepada kitab Allah
2. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode diskusi dan
teknik NHT siswa dapat membacakan ayat-ayat yang menjadi dasar Iman kepada Allah
3. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode resitasi siswa dapat menyalin ayat-ayat
yang menjadi dasar iman kepada kitab-kitab Allah
4. Setelah melalui
pembelajaran dengan metode drill dan teknik macthing card. siswa dapat
menghafal ayat-ayat
tentang iman kepada Allah
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan I:
- 1. Pengertianberiman kepada Kitab-kitab Allah;
- 2. Nama kitab-kitab Allah,
- 3. Nama-nama para nabi penerima kitab-kitab Allah
- 4. Isi kitab-kitab Allah
- 5. Hikmah iman kepada kitab-kitab Allah
Pertemuan II:
1. Dalil naqli tentang
beriman kepada Kitab-kitab Allah,
D. METODE PEMBELAJARAN:
Pertemuan I :
1.
Metode diskusi, drill, resitasi/penugasan dan
demontrasi
2.
Teknik matching
card dan NHT
Pertemuan II :
1.
Metode diskusi, drill,
resitasi/penugasan dan demontrasi
2.
Teknik matching
card dan NHT
E.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
CD Pembelajaran Iman kepada Kitab-kitab Allah
2.
Alat
a.
Komputer/Laptop
b.
LCD Projector
c.
Kartu berpasangan (matching
card)
3. Sumber
a. Al-Qur’an dan terjemahnya.
b. Al-Qur’an digital
c. Buku Siswa Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas VIII
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
a. Mengamati
b. Menanya
c. Eksperimen/explore
d. Asosiasi
e. Komunikasi
3.
Penutup
( 10 menit )
G.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
2.
Pengetahuan
3.
Keterampilan
Bonang, 12 Juli 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI dan Budi Pekerti,
Ali Akhmadi, S.Pd. M.Pd Mushonef, S.Ag.
M.Pd.I
NIP.195906161979111 002 NIP. 196507271999031005
Lampiran Instrumen Penilaian:
1.
Instrumen Penilaian ( Aspek Sikap Spiritual )
Nama Siswa : Mohamad Aveceinna
Ardelia Thoriq
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Teknik penilaian : Penilaian Diri
Penilai : Siswa
2.
Instrumen Penilaian ( Aspek Sikap Sosial )
Nama
Siswa : Mohamad
Aveceinna Ardelia Thoriq
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Teknik
penilaian : Penilaian
Antar Teman
Penilai : Siswa
Petunjuk :
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilian untuk
tiap-tiap peserta didik
3.
Instrumen Penilaian ( Aspek Pengetahuan
)
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Kompetensi Dasar :
3.4. Memahami makna beriman kepada kitab-kitab Allah.
4.4. Menyajikan dalil naqli tentang beriman
kepada kitab-kitab Allah.
Indikator : Menjelaskan pengertian Iman kepada
Kitab-kitab Alloh.
Menyebutkan kitab-kitab yang
wajib diimani
Menyebutkan
nama-nama nabi yang menerima kitab-kitab Alloh
Menjelaskan hikmah iman kepada kitab-kitab
Allloh
Teknik penilaian : Tes tertulis
Penilai : Guru
NO
|
INDIKATOR
|
INTRUMEN
|
1
|
Menjelaskan
pengertian Iman kepada Kitab-kitab Alloh.
|
Jelaskan
pengertian iman kepada kitab-kitab Alloh
|
2
|
Menyebutkan
kitab-kitab yang wajib diimani
|
Sebutkan
kitab-kitab yang wajib kita imani
|
3
|
Menyebutkan
nama-nama nabi yang menerima kitab-kitab Alloh
|
Sebutkan
nama-nama nabi yang menerima kitab-kitab Alloh
|
4
|
Menjelaskan
hikmah iman kepada kitab-kitab Allloh
|
Jelaskan
hikmah iman kepada kitab-kitab Allloh
|
NO
|
JAWABAN
|
1
|
Meyakini
dengan sepenuh hati bahwa Alloh SWT telah menurunkan kitab-kitabNya kepada
Rosul pilihanya.
|
2
|
Tauraot,
Zabur, Injil, Al Qur’an
|
3
|
Musa
AS, Dawud AS, Isa AS, Muhammad SAW
|
4
|
Bertambah
imanya
Wawasan
keilmuanya bertambah
Semakin
dekat dengan Alloh SWT
Mencintai
Rosulnya
|
Bonang, 12 Juli 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI dan Budi Pekerti,
Ali Akhmadi, S.Pd. M.Pd Mushonef, S.Ag.
M.Pd.I
NIP.195906161979111 002 NIP. 196507271999031005