Jumat

RPP KLS IX KD.01

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                       Sekolah                        :  SMP.......
                       Mata Pelajaran             :  Pendidikan Agama Islam
                       Kelas/Semester             : IX / 1
                       Alokasi Waktu              : 8 x 40 menit ( 4 x pertemuan )
I.   Standar Kompetensi          :
1.      Memahami ajaran Al qur’an surat At Tiin.
II.  Kompetensi Dasar  :
1.1   Membaca QS.At Tiin dengan tartil
1.2   Menyebutkan QS.At Tiin.
1.3   Menjelaskan makna QS.At Tiin
III. Indikator     :
      1. Membaca QS. At Tiin dengan benar ,tartil dan lancar.( gemar membaca, mandiri,religius)
2.  Menyalin QS.At Tiin dengan baik dan benar.(,kreatif)
3. Menghafal QS. At Tiin dengan benar,fasih dan lancar(Kreatif,gemar membaca).
4. Mengartikan QS. At Tiin setiap suku kata dengan benar. (Kreatif,gemar membaca,Mandiri)
5. Mengartikan QS. At Tiin setiap kalimat dengan benar.(kreatif,gemar membaca,Mandiri)
6.  Mengartikan QS. At Tiin setiap ayat  (kreatif,mandiri,gemar membaca )
7.  Menjelaskan makna yang terkandung  dalam QS At Tiin (Rasa ingin tahu,kreatif).
8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam  QS. At Tiin dalam kehidupan  sehari-hari. 
    (Nilai Religius, Mandiri,tanggung jawab)
IV. Tujuan Pembelajaran  :
     Siswa dapat  :
  1. Membaca QS.At Tiin dengan benar ,tartil dan lancar. mandiri,religius
  2. Menyalin QS. At Tiin dengan baik dan benar. kreatif,Mandiri
  3. Menghafal QS. At Tiin dengan benar,fasih dan lancar. Kreatif,gemar membaca
  4. Mengartikan QS. At Tiin setiap suku kata dengan benar. . Kreatif,gemar membaca,Mandiri
  5. Mengartikan QS. At Tiin setiap kalimat dengan benar. kreatif,gemar membaca,Mandiri
  6. Mengartikan QS. At Tiin setiap ayat,kreatif,mandiri,gemar membaca
  7. Menjelaskan makna yang terkandung  dalam QS At Tiin Rasa ingin tahu,kreatif.
  8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam  QS. At Tiin dalam kehidupan  sehari-hari (Nilai Religius,Mandiri,tanggung jawab)
V.   Materi Pokok  : 
      Al qur’an surat At Tiin
VI. Metode Pembelajaran  :
1.      Tanya jawab
Siswa mengadakan tanya jawab untuk mengetahui arti dan makna yang terkandung dalam surat At Tiin.
2.      Drill ( latihan )
Siswa membaca Al qur’an surat At Tiin dengan benar dan lancar sebagai sikap mencintai Al qur’an
3.      Praktek 
Siswa mempraktekkan sifat- sifat yang terkandung dalam surat At Tiin dalam kehidupan sehari-hari.
VII.Strategi Pembelajaran :
      Pertemuan pertama
  1. Kegiatan pendahuluan :
a.       Mengadakan appersepsi
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c.       Tadarus
  1. Kegiatan Inti :
a.       Secara kelompok siswa membaca dan memahami  bacaan QS. At Tiin
b.      Secara individu dalam kelompok siswa membaca QS.At Tiin secara bergantian dan yang lain mengamati dan memberi penilaian
c.       Masing masing individu dalam kelompok melaporkan hasil penilaian temannya kepada guru .
d.      Guru memberikan penjelasan arti bacaan QS. At Tiin dengan benar .
  1. Kegiatan penutup :
a.       Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil  belajar.
b.      Menugaskan siswa untuk menyalin QS.At Tiin dengan benar.
c.       Memberikan Tanya jawab tentang Q.S At-Tiin.
d.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan baca,an Hamdalah.

VIII.Sumber Bahan    :                       
  1. Departemen Agama, Al qur’an dan terjemahnya, Semarang
  2. Buku PAI kelas IX
  3. A.Sunarto, Pelajaran ilmu Tajwid, Jakarta
IX. Penilaian  :
Jenis tagihan                      : Ulangan harian, tugas
Tehnik                               : Tes tulis,tugas individu
Bentuk Instrumen : Uraian,portofolio
      a.  Soal ulangan tulis         :          
1.      At Tiin termasuk surat apa ?
2.      Dimana surat At Tiin diturunkan ?
3.      Berapa jumlah ayat dalam surat  At Tiin ?
4.      Surat At Tiin menjelaskan tentang apa ?
5.      Tulislah Al qur’an surat At Tiin ayat ke 4 ?

Kreteria Penilaian Individu
Kelas                                :  IX
Standart Kompetensi        : Memahami ajaran Q.S At-tiin        Sem: Ganjil

No
Aspek
Kriteria
Skor
Bobot
Nilai
1
Makhorijul huruf
a.Sangat tepat.
b.Tepat.
c.Cukup tepat
d.Kurang tepat.
e.Tidak tepat.  
5
4
3
2
1
40
40
32
24
16
8
2
Tajwid
A,Tidak pernah salah,sangat jelas.
b.Kadang-kadang salah tapi jelas.
c.Sering salah tapi jelas.
d.Pengucapan tidak jelas.
4
3
2
1
30
30
22,5
15
7,5
3
Kelancaran
a.Sangat lancar.
b.Lancar.
c.Cukup lancar
d.Kurang lancar.
e.Tidak lancar.
5
4
3
2
1
30
30
24
18
12
6

Mengetahui                                                                 Demak, ..............................
Kepala Sekolah                                                           Guru PAI,


.............................................                                       .................................................
NIP. ......................................                                     NIP. .........................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar Anda