Jumat

RPP KLS IX KD.05

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP ................
Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Ganjil
                                    Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
5. Memahami hukum Islam tentang  penyembelihan  hewan .
B. Kompetensi Dasar              :
            5.1.  Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan.
            5.2.  Menjelaskan ketentuan Aqiqoh dan qurban.
            5.3.  Memperagakan cara peneyembelihan hewan  Aqiqoh dan  hewan Qurban .
C. Indikator                            :
1.          Menyebutkan syarat orang yang sah  menyembelih  hewan secara benar dan jujur
2.          Menyebutkan syarat binatang yang disembelih dengan benar dan teliti
3.          Menyebutkan  syarat  alat yang  boleh digunakan untuk menyembelih hewan secara benar.
4.          Menyebutkan sunnah dalam menyembelih hewan
5.          Menjelaskan pengertian aqiqah dan kurban.
6.          Menjelaskan hukum dan syarat  aqiqoh dan kurban.
7.          Menjelaskan ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban.
8.          Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah.
9.          Menjelaskan fungsi aqiqoh dan kurban dengan memperhatikan kepedulian terhadap Sosial
10.     Mempraktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban tanggung jawab dan cinta damai.
D. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.          Menyebutkan syarat orang yang sah  menyembelih  hewan.
2.          Menyebutkan syarat binatang yang disembelih.
3.          Menyebutkan  syarat  alat yang  boleh digunakan untuk menyembelih hewan.
4.          Menyebutkan sunnah dalam menyembelih hewan
5.          Menjelaskan pengertian aqiqah dan kurban.
6.          Menjelaskan hukum dan syarat  aqiqoh dan kurban.
7.          Menjelaskan ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban.
8.          Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah.
9.          Menjelaskan fungsi aqiqoh dan kurban
10.      Mempraktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban
E. Materi Pokok                      :   Penyembelihan hewan Aqiqoh dan hewan Qurban      
F. Strategi Pembelajaran         :
     Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Salam dan Do’a
b.      Program Tadarus
c.    Guru menjelaskan kompetensi yang harus di   capai dalam kegiatan pembelajaran
d.       Guru mengadakan Pre Test
10 menit

 Klasikal


-  Tanya Jawab
2.
Kegiatan Inti
a.         Semua siswa secara individu mambaca dan menelaah uraian materi tentang hal – hal yang berhubungan dengan Aqiqoh
b.          Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan Aqiqoh
c.          Secara kelompok siswa membaca, mengartikan dan menelaah dalil naqli yang berhubungan dengan Aqiqoh
d.        Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan Aqiqoh
e. Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
70 menit
-  Iquire (Menemukan)

-  Learning Community
-  Unjuk kerja



-  Ceramah

-Penilaian proses
3.
Penutup
  1. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
  2. Guru mengadakan post tes
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan Aqiqoh
  4. Kesimpulan
  5. Salam dan Do’a
 10 menit

-  Refleksi

-  Tanya Jawab
-  Penugasan

Pertemuan ke dua


No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.        Salam dan Do’a
b.       Program Tadarus
c.    Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
d.         Guru mengadakan Pre Test

10 menit

Klasikal


-  Tanya Jawab
2.
Kegiatan Inti
a.          Secara individu siswa membaca dan menelaah uraian materi tentang hal - hal yang berhubungan dengan Qurban
b.         Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan Qurban
c.          Secara kelompok siswa membaca, mengartikan dan menelaah dalil naqli yang berhubungan dengan Qurban.
d.       Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan Qurban
e. Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.

70 menit

-   Inquirry


-Learning comununity

-  Unjuk kerja
-  Ceramah

-Penilaian proses
3.
Penutup
  1. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
  2. Guru mengadakan post tes
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan Qurban
  4. Kesimpulan
  5. Salam dan Do’a

10 menit

-   Refleksi

-  Tanya Jawab
-  Penugasan


 G.

Sumber /Media/Alat






H.


Sumber Belajar

:
1.      Buku PAI kelas IX
2.      Kitab Al Qur’an terjemah
3.      Fiqh Islam oleh Sulaiman Rasyid
4.      CD Pembelajaran



I.
Penilaian :
Jenis Tagiahan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Soal / Instrumen















Tugas

:
:
:






:

Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu
Tes Harian dan Praktek
Jawaban singkat, Unjuk kerja
1.         Sebutkan syarat -syarat orang yang sah  menyembelih  hewan
2.         Sebutkan syarat - syarat binatang yang disembelih
3.   Sebutkan syarat  alat yang  boleh digunakan untuk menyembelih hewan
4.         Sebutkan sunnah sunnah dalam menyembelih hewan
5.         Jelaskan pengertian aqiqah dan kurban.
6.         Jelaska hukum dan syarat  aqiqoh dan kurban.
7.         Jelaskan  ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban.
8.         Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah.
9.         Jelaskan fungsi aqiqoh dan kurban
10.  Praktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban
Tulis dan artikan dalil naqli tentang AQiqoh dan Qurban !


Mengetahui                                                                 Demak, ..............................
Kepala Sekolah                                                           Guru PAI,


.............................................                                       .................................................
NIP. ......................................                                      NIP...........................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar Anda