RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Sekolah                       : SMP......
Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas
/ Semester          : 9 / Ganjil
                                    Alokasi
Waktu            : 2 x Pertemuan (4 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
7.               Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
B. Kompetensi Dasar              :
7.1.    Menceritakan masuknya
Islam  di Nusantara melalui perdagangan ,
sosial dan pengajara
7.2.    Menceritakan  sejarah beberapa kerajaan Islam  di Pulau Jawa, Pulau 
       Sumatra dan Pulau  Sulawesi.
1.      Menceritakan sejarah masuknya
Islam  di Nusantara melalui perdagangan
2.      Menceritakan sejarah masuknya
Islam  di Nusantara melalui sosial.
3.      Menceritakan sejarah masuknya
Islam  di Nusantara melalui pengajaran
4.      Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa.
5.      Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di  Sumatra .
6.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .
D. Tujuan Pembelajarn            :
Siswa dapat
1.      Menceritakan sejarah masuknya
Islam  di Nusantara melalui perdagangan
2.      Menceritakan sejarah masuknya
Islam  di Nusantara melalui sosial.
3.      Menceritakan sejarah masuknya
Islam  di Nusantara melalui pengajaran
4.      Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa.
5.      Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di  Sumatra .
6.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .
E. Materi Pokok                      :   Sejarah perkembangan  Islam di Nusantara.
F. Strategi Pembelajaran         :
      Pertemuan pertama      
| 
No | 
Kegiatan | 
Waktu | 
Metode | 
| 
1. | 
Pendahuluan  
a.      
  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
b.     
  Guru membagi kelompok diskusi. 
c.      
  Guru mengadakan pra test. | 
8 menit | 
- 
  Pemodelan 
- 
  Tanya Jawab | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti  
a.      
  Semua siswa secara individu membaca dan menelaah uraian materi tentang
  Perkembangan Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
  (Gemar membaca dan rasa ingin tahu).  
b.     
   Secara kelompok siswa
  mendiskusikan tentang Perkembangan Islam di Nusantara melalui perdagangan,
  sosial, dan pengajaran (Komunikatif). 
c.      
   Melalui perwakilan kelompok diskusi, siswa
  mempresentasikan hasil diskusi (Kreatif). 
d.     
   Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran
  berlangsung. | 
64 menit | 
-Learning Community 
- 
  Diskusi 
- 
  Unjuk kerja 
- 
  Penilaian Proses | 
|  | 
Penutup 
a.      
  Guru membetulkan dan menyempurnakan hasil diskusi siswa. 
b.      
  Guru mengadakan post test.  
c.       Guru memberi tugas kepada
  siswa untuk menjelaskan mengapa Islam bisa berkembang pesat di Nusantara. | 
8 menit | 
- 
  Ceramah  
- 
  Tanya Jawab  
- 
  Penugasan  | 
Pertemuan Kedua
| 
No | 
Kegiatan | 
Waktu | 
Metode | 
| 
1. | 
Pendahuluan  
 | 
8 menit | 
- Pemodelan  
- Tanya jawab  | 
| 
2.  | 
Kegiatan Inti  
 | 
64 menit | 
-Learning Community 
-Learning Community  
- Unjuk kerja  
-Penilaian proses | 
| 
3. | 
Penutup 
 | 
8 menit | 
- Ceramah  
- Tanya jawab 
- Penugasan  | 
G. Sumber / Media / Alat        : 1.
Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai 
2. Buku PAI kelas IX Cempaka Putih
3. Buku – buku yang relevan
4. Wawancara dengan tokoh masyarakat
H. Penilaian :
| 
No | 
Indikator | 
Teknik penilain | 
Bentuk Penilaian | 
Contoh soal | 
| 
1 | 
Menceritakan sejarah masuknya
  Islam  di Nusantara melalui perdagangan | 
Tes Tulis | 
Uraian Singkat | 
1.     Sebutkan contoh masuknya
  Islam di Nusantara melalui perdagangan ! | 
| 
2 | 
Menceritakan sejarah masuknya
  Islam  di Nusantara melalui sosial | 
Tes Tulis | 
Uraian Singkat | 
2.     Sebutkan contoh masuknya Islam di Nusantara
  melalui sosial ! | 
| 
3 | 
Menceritakan sejarah masuknya
  Islam  di Nusantara melalui pengajaran | 
Tes Tulis | 
Uraian Singkat | 
3.     Sebutkan contoh masuknya
  Islam di Nusantara melalui pengajaran ! | 
| 
4 | 
Menceritakan sejarah beberapa
  kerajaan Islam di Jawa. | 
Tes Tulis | 
Uraian Singkat | 
4.     Sebutkan 2 Kerajaan Islam di
  Jawa ! | 
| 
5 | 
Menceritakan sejarah beberapa
  kerajaan Islam di  Sumatra . | 
Tes Tulis | 
Uraian Singkat | 
5.     Sebutkan 2 Kerajaan Islam di
  Sumatra ! | 
| 
6 | 
Menceritakan sejarah beberapa
  kerajaan Islam di  Sulawesi . | 
Tes Tulis | 
Uraian Singkat | 
6.   Sebutkan 2 Kerajaan Islam di
  Sulawesi | 
I.       Tugas         :
1.        
Mengapa Islam bisa berkembang pesat di Nusantara
?
2.        
Sebutkan nama – nama Raja Islam di Jawa, Sumatra, dan Bali !
| 
Mengetahui: 
Kepala Sekolah, 
____________________ 
NIP. |  | 
Demak, ............................ 
Guru Mata Pelajaran, 
....................................... 
NIP.  | 
