RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP......
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 9 / Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam
pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
B. Kompetensi Dasar :
7.1. Menceritakan masuknya
Islam di Nusantara melalui perdagangan ,
sosial dan pengajara
7.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Pulau Jawa, Pulau
Sumatra dan Pulau Sulawesi.
1. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui perdagangan
2. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui sosial.
3. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui pengajaran
4. Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa.
5. Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Sumatra .
6. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi .
D. Tujuan Pembelajarn :
Siswa dapat
1. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui perdagangan
2. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui sosial.
3. Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui pengajaran
4. Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa.
5. Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Sumatra .
6. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi .
E. Materi Pokok : Sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Guru membagi kelompok diskusi.
c.
Guru mengadakan pra test.
|
8 menit
|
-
Pemodelan
-
Tanya Jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Semua siswa secara individu membaca dan menelaah uraian materi tentang
Perkembangan Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
(Gemar membaca dan rasa ingin tahu).
b.
Secara kelompok siswa
mendiskusikan tentang Perkembangan Islam di Nusantara melalui perdagangan,
sosial, dan pengajaran (Komunikatif).
c.
Melalui perwakilan kelompok diskusi, siswa
mempresentasikan hasil diskusi (Kreatif).
d.
Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran
berlangsung.
|
64 menit
|
-Learning Community
-
Diskusi
-
Unjuk kerja
-
Penilaian Proses
|
|
Penutup
a.
Guru membetulkan dan menyempurnakan hasil diskusi siswa.
b.
Guru mengadakan post test.
c. Guru memberi tugas kepada
siswa untuk menjelaskan mengapa Islam bisa berkembang pesat di Nusantara.
|
8 menit
|
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
|
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
|
8 menit
|
- Pemodelan
- Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
64 menit
|
-Learning Community
-Learning Community
- Unjuk kerja
-Penilaian proses
|
3.
|
Penutup
|
8 menit
|
- Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
|
G. Sumber / Media / Alat : 1.
Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai
2. Buku PAI kelas IX Cempaka Putih
3. Buku – buku yang relevan
4. Wawancara dengan tokoh masyarakat
H. Penilaian :
No
|
Indikator
|
Teknik penilain
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh soal
|
1
|
Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui perdagangan
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
1. Sebutkan contoh masuknya
Islam di Nusantara melalui perdagangan !
|
2
|
Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui sosial
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
2. Sebutkan contoh masuknya Islam di Nusantara
melalui sosial !
|
3
|
Menceritakan sejarah masuknya
Islam di Nusantara melalui pengajaran
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
3. Sebutkan contoh masuknya
Islam di Nusantara melalui pengajaran !
|
4
|
Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Jawa.
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
4. Sebutkan 2 Kerajaan Islam di
Jawa !
|
5
|
Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Sumatra .
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
5. Sebutkan 2 Kerajaan Islam di
Sumatra !
|
6
|
Menceritakan sejarah beberapa
kerajaan Islam di Sulawesi .
|
Tes Tulis
|
Uraian Singkat
|
6. Sebutkan 2 Kerajaan Islam di
Sulawesi
|
I. Tugas :
1.
Mengapa Islam bisa berkembang pesat di Nusantara
?
2.
Sebutkan nama – nama Raja Islam di Jawa, Sumatra, dan Bali !
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
____________________
NIP.
|
|
Demak, ............................
Guru Mata Pelajaran,
.......................................
NIP.
|