RPP KLS IX KD.07

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP......
Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Ganjil
                                    Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
7.               Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
B. Kompetensi Dasar              :
7.1.    Menceritakan masuknya Islam  di Nusantara melalui perdagangan , sosial dan pengajara
7.2.    Menceritakan  sejarah beberapa kerajaan Islam  di Pulau Jawa, Pulau
       Sumatra dan Pulau  Sulawesi.
C. Indikator                            :
1.      Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui perdagangan
2.      Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui sosial.
3.      Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui pengajaran
4.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa.
5.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sumatra .
6.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .
D. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.      Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui perdagangan
2.      Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui sosial.
3.      Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui pengajaran
4.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa.
5.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sumatra .
6.      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .
E. Materi Pokok                      :   Sejarah perkembangan  Islam di Nusantara.
F. Strategi Pembelajaran         :
      Pertemuan pertama     
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
a.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Guru membagi kelompok diskusi.
c.       Guru mengadakan pra test.
8 menit

-  Pemodelan

-  Tanya Jawab
2.


Kegiatan Inti
a.       Semua siswa secara individu membaca dan menelaah uraian materi tentang Perkembangan Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran (Gemar membaca dan rasa ingin tahu).
b.       Secara kelompok siswa mendiskusikan tentang Perkembangan Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran (Komunikatif).
c.        Melalui perwakilan kelompok diskusi, siswa mempresentasikan hasil diskusi (Kreatif).
d.       Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.

64 menit











-Learning Community

-  Diskusi


-  Unjuk kerja

-  Penilaian Proses

Penutup
a.       Guru membetulkan dan menyempurnakan hasil diskusi siswa.
b.       Guru mengadakan post test.
c.       Guru memberi tugas kepada siswa untuk menjelaskan mengapa Islam bisa berkembang pesat di Nusantara.
8 menit

-  Ceramah

-  Tanya Jawab
-  Penugasan

Pertemuan Kedua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
  1. Guru membetulkan dan menyempurnakan hasil diskusi siswa.
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  3. Guru membagi kelompok diskusi.
  4. Guru mengadakan pre test.           

8 menit



- Pemodelan

- Tanya jawab
2.
Kegiatan Inti
  1. Semua siswa secara individu membaca, dan menelaah uraian materi tentang beberapa Kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan di Sulawesi (Gemar membaca dan Rasa Ingin Tahu).
  2. Secara kelompok siswa mendiskusikan tentang beberapa Kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan di Sulawesi (Komunikatif).
  3. Melalui perwakilan kelompok diskusi, siswa mempresentasikan hasil diskusi (Kreatif).
  4. Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung

64 menit

-Learning Community


-Learning Community

- Unjuk kerja

-Penilaian proses
3.
Penutup
  1. Guru membetulkan dan menyempurnakan hasil diskusi siswa.
  2. Guru mengadakan post test
  3. Guru memberi tugas menyebutkan nama – nama Raja Islam di Jawa, Sumatra, dan di Sulawesi.

8 menit

- Ceramah

- Tanya jawab
- Penugasan

G. Sumber / Media / Alat        : 1. Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai
2. Buku PAI kelas IX Cempaka Putih
3. Buku – buku yang relevan
4. Wawancara dengan tokoh masyarakat
H. Penilaian :

No
Indikator
Teknik penilain
Bentuk Penilaian
Contoh soal
1
Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui perdagangan

Tes Tulis
Uraian Singkat
1.     Sebutkan contoh masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan !

2
Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui sosial
Tes Tulis
Uraian Singkat
2.     Sebutkan contoh masuknya Islam di Nusantara melalui sosial !

3
Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui pengajaran
Tes Tulis
Uraian Singkat
3.     Sebutkan contoh masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran !

4
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa.

Tes Tulis
Uraian Singkat
4.     Sebutkan 2 Kerajaan Islam di Jawa !

5
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sumatra .

Tes Tulis
Uraian Singkat
5.     Sebutkan 2 Kerajaan Islam di Sumatra !

6
Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .
Tes Tulis
Uraian Singkat
6.   Sebutkan 2 Kerajaan Islam di Sulawesi

I.       Tugas         :
1.         Mengapa Islam bisa berkembang pesat di Nusantara ?
2.         Sebutkan nama – nama Raja Islam di Jawa, Sumatra, dan Bali !



Mengetahui:
Kepala Sekolah,




____________________
NIP.

Demak, ............................

Guru Mata Pelajaran,




.......................................
NIP.