RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP..............
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas
/ Semester : 9 / Genap
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
9. Memahami ajaran Al Hadits tentang kebersihan.
B. Kompetensi Dasar :
9.1 Membaca Hadits tentang kebersihan.
9.2. Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan.
9.3. Menampilkan
perilaku bersih seperti dalam Hadits.
1.Membaca Hadits tentang kebersihan benar,
tartil dan lancar.
2.Menyalin Hadits tentang kebersihan dengan baik dan benar.
3.Menghafal Hadits tentang kebersihan dengan benar,
fasih dan lancar.
4.Mengartikan Hadits tentang
kebersihan setiap suku kata dengan benar.
5.Mengartikan Hadits tentang
kebersihan setiap kalimat dengan benar.
6.Mengartikan Hadits tentang
kebersihan secara keseluruhan dengan
benar.
7.Menjelaskan makna yang
terkandung dalam Hadits tentang kebersihan.
8.Menerapkan ajaran yang
terkandung dalam Hadits dalam kehidupan.
D. Materi Pokok : Al Hadits tentang kebersihan.
A. RINGKASAN
MATERI
MEMBACA, MENGARTIKAN DAN
MENYALIN HADITS TENTANG KEBERSIHAN
ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋـﻨﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ׃
ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻧﻈﻴﻒ ﻓـﺘـﻨﻈﻔـﻮﺍﻓﺎﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺍﻻﻧﻈـﻴﻒ
﴿ﺭﻭﺍﻩﺍﻟﺤﺎﻛﻢ﴾
Artinya : “Dari Aisyah R.A. dari Nabi Shallallahu
‘Alayhi Wasallam bersabda : “Islam itu bersih, maka bersihkanlah (dirimu),
karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih”. (HR Al-Hakim)
Hadits yang lain :
ﺍِﻥَّﺍﻟﻠّﻪَ ﺗَﻌَـﺎﻟٰﻰ ﻃﻴّﺐ ﻳﺤـﺐ ﺍﻟﻂـﻴﺐ ﻧﻈﻴﻒ
ﻳﺤـﺐﺍﻟﻨﻆﺎﻓﺔ ﻛﺮﻳﻢ ﻳﺤﺐﺍﻟﻜـﺮﻡ
ﺟـﻮﺍﺩ ﻳﺤـﺐ ﺍﻟﺠـﻮﺩ ﻓـﻨـﻈﻔﻮﺍ ﺍﻓـﻨـﻴـﺘـﻜـﻢ ﴿ﺭﻭﺍ
ﻩﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻯ﴾
Artinya : “Sesungguhnya Allah itu baik dan suka kepada yang baik. Dia
suci dan suka kepada yang bersih, Dia Mulia dan senang kepada kemuliaan. Dia
Pemurah dan suka kepada orang yang pemurah. Oleh sebab itu bersihkanlah
lingkunganmu”. (HR Al-Hakim)
Dari Hadits-hadits di atas mengajarkan bahwa
ajaran agama Islam tentang kebersihan ini merupakan ajaran yang sangat penting.
Agama Islam adalah agama suci dan bersih, karena agama Islam berasal dari Allah
Yang Maha Suci. Allah berfirman:
Artinya :
Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai
orang-orang yang mensucikan diri. (Al-Baqarah : 222)
Ajaran-ajarannya menganjurkan kebersihan dan kesucian. Kebersihan yang
harus diperhatikan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik
manusia sebagai individu, anggota masyarakat dan warga negara.
Begitu pentingnya arti kebersihan dalam kehidupan manusia sehingga dalam
kegiatan ibadah, kebersihan dan kesucian menyertainya bahkan menjadi tidak
sahnya pelaksanaan ibadah tanpa adanya kebersihan dan kesucian.
Dari hadits-hadits
tersebut di atas menunjukkan bahwa Nabi Muhammad mendidik kita untuk :Menjaga
kebersihan lahir dan batin.
1.
Menjaga kebaikan, kesucian, kemuliaan dan bejiwa
pemurah.
2.
Menjaga kebersihan lingkungan.
Kita sadar bahwa lebih mudah dan lebih baik kita menjauhi penyakit dari pada
kita mengobatinya. Berhubung dengan hal itu, Agama Islam memberikan tuntunan
kepada kita untuk melaksanakan kebersihan dan kesucian. Baik kebersihan itu
untuk diri sendiri, termasuk pakaian, tempat tinggal, lingkungan sekolah,
tempat ibadah maupun temat-tempat umum lainnya.
Adapun hal-hal lain yang
dilakukan untuk menjaga kebrsihan diantaranya adalah :
1. Menggosok
gigi.
Menggosok gigi adalah
perbuatan yang berarti dan mempunyai manfaat yang banyak.
Dalam Hadits disebutkan:
Artinya :
Bahwa Rasulullah SAW bersabda
: “Menggosok gigi itu membersihkan mulut dan disayangi Tuhan. (Hadits Riwayat
Ahmad, Nasa’i dan Turmudzi)
2. Mandi
Mandi dengan teratur
agar tubuh meanjadi bersih dan segar. Bahkan untuk keseluruhan badan paling
tidak seminggu sekali. Sebagaimana dalam hadits :
Artinya
:
Bahwa Nabi SAW
bersabda : “Menjadi kewajiban bagi setiap muslim buat mandi satu kali dalam
seminggu, di mana ia akan mencuci kepala dan badannya”. (H. R. Bukhari dan
Muslim).
3. Memakai
pakaian yang bersih.
Berpakaian hendaknya
memperhatikan kebersihan dan kesucian disamping menutup aurat. Pakaian tidak
harus mengutamakan bagus yang penting bersih dan suci. Dalam Hadits disebutkan
Rasulullah bersabda :
Artinya
:
“Siapa yang memakai
pakaian hendaklah yang bersih”. (HR.
Aththahawi).
4. Dan
kebersihan-kebersihan lainnya.
Keadaan lingkungan
sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang dan masyarakat sekitar. Jika
lingkungan bersih maka pribadi seseorang maupun masyarakat menjadi baik,
bersih/suci, mulia dan teratur. Hadits-hadits Nabi menyebutkan diantaranya :
Artinya :
“Kebersihan itu mengajak
iman”. (HR. Aththabrani).
Artinya
:
“Kebersihan
itu separuh dari iman”. (HR. Muslim).
Artinya :
“Kebersihan itu sebagian
dari iman”. (H. R. Bukhari dan Muslim).
PENGETAHUAN RINGKAS TENTANG ISTILAH HADITS
|
1.
Hadits adalah segala sesuatu yang disandarkan
kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan, sikap (taqrir) maupun sifat beliau.
2.
Sunnah sama dengan Hadits untuk sebagian ulama.
Namun pendapat yang lain mengatakan bahwa hadits dikhususkan pada perkataan
dan perbuatan Rasulullah sedangkan Sunnah lebih umum meliputi perkataan,
perbuatan, sikap (taqrir) maupun sifat
beliau.
3.
Matan adalah bunyi suatu hadits / materi berita
yang disampaikan oleh sanad.
4.
Sanad adalah jalan yang menyampaikan matan hadits
kepada Rasulullah.
5.
Perawi Hadits : orang yang meriwayatkan hadits
|
E. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan I
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa (menanamkan nilai relegius)
b.
Membaca dengan tartil ayat-ayat Al-Qur’an selama + 5 menit.
c.
Guru membagi kelompok diskusi.
d.
Guru mengadakan pre test.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Siswa membaca lafadz Hadits tentang kebersihan secara bergiliran, yang
lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. (gemar membaca)
b. Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan secara bergiliran yang lain
menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. (tekun dan sabar)
c. Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti dalam hadits (keteladanan)
d. Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. (tanggungjawab)
|
60 menit
|
|
|
Penutup
a.
Guru menyempurnakan bacaan lafadz Hadits
dan artinya tentang kebersihan
b.
Guru mengadakan Post test
c.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan
Hadits tentang kebersihan beserta artinya.
|
10 menit
|
Pertemuan II
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
a. Pendahuluan
b. Memberi salam dan memulai
pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa (menanamkan nilai relegius)
c. Membaca dengan tartil
ayat-ayat Al-Qur’an selama + 5 menit.
d. Guru membagi kelompok
diskusi.
e. Guru mengadakan pre test.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang
kebersihan dengan benar. (rasa ingin
tahu, kerja keras, dan kreaktif)
b. Siswa menampilkan perilaku bersih seperti dalam
al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga. (peduli lingkungan)
c. Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti
dalam hadits (Keteladanan)
d. Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran
berlangsung. (tanggungjawab)
|
60 menit
|
|
|
Penutup
a. Guru
menyempurnakan bacaan lafadz Hadits dan artinya tentang kebersihan
b. Guru mengadakan Post test
c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis
dan menghafalkan Hadits tentang kebersihan beserta artinya.
|
10 menit
|
Pertemuan III
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca
basmalah dan berdoa (menanamkan nilai
relegius)
b. Membaca dengan tartil
ayat-ayat Al-Qur’an selama + 5 menit.
c. Guru membagi kelompok
diskusi.
d. Guru mengadakan pre test.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Siswa menjelaskan makna kebersihan seperti
terkandung dalam al-Hadits. (peduli
lingkungan)
b. Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan secara
bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
c. Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti
dalam hadits
d. Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran
berlangsung.
|
60 menit
|
|
|
Penutup
a. Guru
menyempurnakan bacaan lafadz Hadits dan artinya tentang kebersihan
b. Guru mengadakan Post test
c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan
menghafalkan Hadits tentang kebersihan beserta artinya.
|
10 menit
|
F.
G.
|
Sumber / Media / Alat
Penilaian
|
:
:
|
1. Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai
2. Buku PAI kelas IX Cempaka
Putih
|
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Soal
|
1. Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan
benar:
الطُّهُورُ
شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ
لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
|
2. Membaca
keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1. Bacalah bagian dari hadits tentang kebersihan
di bawah ini:
الطُّهُورُ
شَطْرُ الْإِيْمَانِ
|
1. Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1. Terjemah dari kata شَطْرُ
الْإِيْمَانِ adalah
...
|
2.
Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Arti yang tepat dari potongan haditsﺍﻹﺴﻻﻢﻨﻇﻳﻑ ٌ adalah:
a. Islam
itu bersih
b.
kesabaran itu bersinar
c.
kekayaan itu bermanfaat
d.
kebersihan itu adalah iman
|
1.Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Apa makna kebersihan sebagaimana tercermin
dalam hadits Nabi?
ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋـﻨﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺳﻠﻢ׃
ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻧﻈﻴﻒ ﻓـﺘـﻨﻈﻔـﻮﺍﻓﺎﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺍﻻﻧﻈـﻴﻒ
﴿ﺭﻭﺍﻩﺍﻟﺤﺎﻛﻢ﴾
|
2.
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan keluarga.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Cobalah kalian mengidentifikasi aktivitas
kalian di rumah yang terkait dengan perilaku bersih, lalu buatkan laporannya!
|
3.
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Tunjukkan perilaku bersih di kelas di saat
proses pembelajaran mata pelajaran PAI!
|
|
Self assessment
|
Skala Likert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik
kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah:
1 untuk BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian.
1.Pemahaman kalian tentang Hadits Kebersihan.
1 2 3
4
2.Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat.
1 2
3 4
3.Kemandirian kalian dalam berdiskusi.
1 2
3 4
4.Kesantunan dalam mengemukakan
pendapat.
1 2
3 4
5. Berpikir logis dan kritis.
1 2
3 4
|
I. Tugas :
|
1.
Tulislah Hadits tentang
kebersihan beserta artinya!
2. Hafalkan hadits tentang kebersihan
beserta artinya hadits !
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
____________________
NIP.
|
|
Demak, ............................
Guru Mata Pelajaran,
.......................................
NIP.
|