RPP KLS IX KD.09

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP..............
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
                                    Kelas / Semester          : 9 / Genap
                                    Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan  (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
9.      Memahami ajaran Al Hadits tentang kebersihan.
B. Kompetensi Dasar              :
            9.1   Membaca Hadits tentang kebersihan.
            9.2.  Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan.
            9.3.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam Hadits.
C. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.Membaca Hadits tentang kebersihan benar, tartil   dan lancar.
2.Menyalin Hadits tentang kebersihan dengan  baik dan benar.
3.Menghafal Hadits tentang kebersihan dengan benar, fasih dan lancar.
4.Mengartikan Hadits tentang kebersihan setiap suku kata dengan benar.
5.Mengartikan Hadits tentang kebersihan  setiap kalimat dengan benar.
6.Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan  dengan benar.
7.Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Hadits tentang  kebersihan.
8.Menerapkan  ajaran yang terkandung  dalam  Hadits dalam kehidupan.
D. Materi Pokok                     :   Al Hadits tentang kebersihan.
A.    RINGKASAN MATERI
            MEMBACA, MENGARTIKAN DAN MENYALIN HADITS TENTANG KEBERSIHAN
ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋـﻨﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ׃
ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻧﻈﻴﻒ ﻓـﺘـﻨﻈﻔـﻮﺍﻓﺎﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺍﻻﻧﻈـﻴﻒ ﴿ﺭﻭﺍﻩﺍﻟﺤﺎﻛﻢ﴾
Artinya : “Dari Aisyah R.A. dari Nabi Shallallahu ‘Alayhi Wasallam bersabda : “Islam itu bersih, maka bersihkanlah (dirimu), karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang yang bersih”. (HR Al-Hakim)
Hadits yang lain :
ﺍِﻥَّﺍﻟﻠّﻪَ ﺗَﻌَـﺎﻟٰﻰ ﻃﻴّﺐ ﻳﺤـﺐ ﺍﻟﻂـﻴﺐ ﻧﻈﻴﻒ ﻳﺤـﺐﺍﻟﻨﻆﺎﻓﺔ ﻛﺮﻳﻢ ﻳﺤﺐﺍﻟﻜـﺮﻡ
ﺟـﻮﺍﺩ ﻳﺤـﺐ ﺍﻟﺠـﻮﺩ ﻓـﻨـﻈﻔﻮﺍ ﺍﻓـﻨـﻴـﺘـﻜـﻢ ﴿ﺭﻭﺍ ﻩﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻯ﴾
Artinya : “Sesungguhnya Allah itu baik dan suka kepada yang baik. Dia suci dan suka kepada yang bersih, Dia Mulia dan senang kepada kemuliaan. Dia Pemurah dan suka kepada orang yang pemurah. Oleh sebab itu bersihkanlah lingkunganmu”. (HR Al-Hakim)
Dari Hadits-hadits di atas mengajarkan bahwa ajaran agama Islam tentang kebersihan ini merupakan ajaran yang sangat penting. Agama Islam adalah agama suci dan bersih, karena agama Islam berasal dari Allah Yang Maha Suci.  Allah berfirman:

Artinya :
Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (Al-Baqarah : 222)
Ajaran-ajarannya menganjurkan kebersihan dan kesucian. Kebersihan yang harus diperhatikan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik manusia sebagai individu, anggota masyarakat dan warga negara.
Begitu pentingnya arti kebersihan dalam kehidupan manusia sehingga dalam kegiatan ibadah, kebersihan dan kesucian menyertainya bahkan menjadi tidak sahnya pelaksanaan ibadah tanpa adanya kebersihan dan kesucian.
Dari hadits-hadits tersebut di atas menunjukkan bahwa Nabi Muhammad mendidik kita untuk :Menjaga kebersihan lahir dan batin.
1.      Menjaga kebaikan, kesucian, kemuliaan dan bejiwa pemurah.
2.      Menjaga kebersihan lingkungan.
Kita sadar bahwa lebih mudah dan lebih baik kita menjauhi penyakit dari pada kita mengobatinya. Berhubung dengan hal itu, Agama Islam memberikan tuntunan kepada kita untuk melaksanakan kebersihan dan kesucian. Baik kebersihan itu untuk diri sendiri, termasuk pakaian, tempat tinggal, lingkungan sekolah, tempat ibadah maupun temat-tempat umum lainnya.
Adapun hal-hal lain yang dilakukan untuk menjaga kebrsihan diantaranya adalah :
1.     Menggosok gigi.
Menggosok gigi adalah perbuatan yang berarti dan mempunyai manfaat yang banyak.
Dalam Hadits disebutkan:
Artinya :
Bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Menggosok gigi itu membersihkan mulut dan disayangi Tuhan. (Hadits Riwayat Ahmad, Nasa’i dan Turmudzi)
2.     Mandi
Mandi dengan teratur agar tubuh meanjadi bersih dan segar. Bahkan untuk keseluruhan badan paling tidak seminggu sekali. Sebagaimana dalam hadits :
Artinya :
Bahwa Nabi SAW bersabda : “Menjadi kewajiban bagi setiap muslim buat mandi satu kali dalam seminggu, di mana ia akan mencuci kepala dan badannya”. (H. R. Bukhari dan Muslim).
3.     Memakai pakaian yang bersih.
Berpakaian hendaknya memperhatikan kebersihan dan kesucian disamping menutup aurat. Pakaian tidak harus mengutamakan bagus yang penting bersih dan suci. Dalam Hadits disebutkan Rasulullah bersabda :
Artinya :
“Siapa yang memakai pakaian hendaklah yang bersih”. (HR. Aththahawi).
4.     Dan kebersihan-kebersihan lainnya.
Keadaan lingkungan sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang dan masyarakat sekitar. Jika lingkungan bersih maka pribadi seseorang maupun masyarakat menjadi baik, bersih/suci, mulia dan teratur. Hadits-hadits Nabi menyebutkan diantaranya :
Artinya :
“Kebersihan itu mengajak iman”. (HR. Aththabrani).
Artinya :
“Kebersihan itu separuh dari iman”. (HR. Muslim).

Artinya :
“Kebersihan itu sebagian dari iman”. (H. R. Bukhari dan Muslim).


PENGETAHUAN RINGKAS TENTANG ISTILAH HADITS

1.       Hadits adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan,  sikap (taqrir) maupun sifat beliau.
2.       Sunnah sama dengan Hadits untuk sebagian ulama. Namun pendapat yang lain mengatakan bahwa hadits dikhususkan pada perkataan dan perbuatan Rasulullah sedangkan Sunnah lebih umum meliputi perkataan, perbuatan,  sikap (taqrir) maupun sifat beliau.
3.       Matan adalah bunyi suatu hadits / materi berita yang disampaikan oleh sanad.
4.       Sanad adalah jalan yang menyampaikan matan hadits kepada Rasulullah.
5.       Perawi Hadits : orang yang meriwayatkan hadits

E. Strategi Pembelajaran         :
Pertemuan I
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa (menanamkan nilai relegius)
b.          Membaca dengan tartil ayat-ayat Al-Qur’an selama + 5 menit.
c.          Guru membagi kelompok diskusi.
d.          Guru mengadakan pre test.
10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.        Siswa membaca lafadz Hadits tentang kebersihan secara bergiliran, yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. (gemar membaca)
b.    Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. (tekun dan sabar)
c.   Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti dalam hadits (keteladanan)
d.  Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. (tanggungjawab)
60 menit

Penutup
a.           Guru menyempurnakan bacaan lafadz Hadits dan artinya tentang kebersihan
b.          Guru mengadakan Post test
c.           Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Hadits tentang kebersihan beserta artinya.
10 menit

Pertemuan II
No
Kegiatan
Waktu
1.
a.       Pendahuluan
b.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa (menanamkan nilai relegius)
c.       Membaca dengan tartil ayat-ayat Al-Qur’an selama + 5 menit.
d.      Guru membagi kelompok diskusi.
e.       Guru mengadakan pre test.
10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Siswa mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar. (rasa ingin tahu, kerja keras, dan kreaktif)
b.      Siswa menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga. (peduli lingkungan)
c. Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti dalam hadits (Keteladanan)
d. Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. (tanggungjawab)
60 menit

Penutup
a.       Guru menyempurnakan bacaan lafadz Hadits dan artinya tentang kebersihan
b.      Guru mengadakan Post test
c.     Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Hadits tentang kebersihan beserta artinya.
10 menit

Pertemuan III
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa (menanamkan nilai relegius)
b.      Membaca dengan tartil ayat-ayat Al-Qur’an selama + 5 menit.
c.       Guru membagi kelompok diskusi.
d.      Guru mengadakan pre test.
10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits. (peduli lingkungan)
b.      Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya.
c.       Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti dalam hadits
d.      Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.

60 menit

Penutup
a.       Guru menyempurnakan bacaan lafadz Hadits dan artinya tentang kebersihan
b.      Guru mengadakan Post test
c.       Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Hadits tentang kebersihan beserta artinya.
10 menit


F.

G.
Sumber / Media / Alat

Penilaian

:

:

1.    Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai
2.    Buku PAI kelas IX Cempaka Putih



Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Soal
1.   Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ

2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes lisan
Praktik
1. Bacalah bagian dari hadits tentang kebersihan di bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
1.   Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Kuis
Jawaban singkat
1. Terjemah dari kata شَطْرُ الْإِيْمَانِ adalah ...
2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Arti yang tepat dari potongan haditsﺍﻹﺴﻻﻢﻨﻇﻳﻑ ٌ adalah:
    a. Islam itu bersih
    b. kesabaran itu bersinar
    c. kekayaan itu bermanfaat
    d. kebersihan itu adalah iman

1.Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Apa makna kebersihan sebagaimana tercermin dalam hadits Nabi?
ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋـﻨﻬﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ׃
ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻧﻈﻴﻒ ﻓـﺘـﻨﻈﻔـﻮﺍﻓﺎﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺧﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺍﻻﻧﻈـﻴﻒ ﴿ﺭﻭﺍﻩﺍﻟﺤﺎﻛﻢ﴾

2.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Cobalah kalian mengidentifikasi aktivitas kalian di rumah yang terkait dengan perilaku bersih, lalu buatkan laporannya!
3.  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Tunjukkan perilaku bersih di kelas di saat proses pembelajaran mata pelajaran PAI!

Self assessment
Skala Likert
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah:
1 untuk BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian.
1.Pemahaman kalian tentang  Hadits Kebersihan.                                
1     2     3     4
2.Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat.
    1     2     3     4
3.Kemandirian kalian dalam berdiskusi.
    1    2     3     4
4.Kesantunan dalam mengemukakan
pendapat.
       1     2     3     4
5. Berpikir logis dan kritis.
      1     2     3     4


I.       Tugas      :


1.                Tulislah Hadits  tentang kebersihan  beserta artinya!
2. Hafalkan hadits tentang kebersihan                                                                 beserta artinya hadits !


Mengetahui:
Kepala Sekolah,




____________________
NIP.

Demak, ............................

Guru Mata Pelajaran,




.......................................
NIP.