RPP KLS IX KD.12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMP....
                                    Mata Pelajaran            : PAI
                                    Kelas / Semester          : 9 / Genap
                                    Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi         :
12.         Memahami tatacara berbagai sholat sunnah.
B. Kompetensi Dasar              :
            12.1. Menyebutkan pengetian dan ketentuan  sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
            12.2. Menyebutkan contoh-contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
            12.3. Mempraktekan  sholat sunnah berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-
                     hari.
C. Indikator                            :
1.              Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah  dan munfarid. 
2.              Macam-macam  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid
3.              Ketentuan dan waktu  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid
4.              Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
5.              Menyebutkan sholat sunnah yang  dikerjakan secara munfarid
6.              Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid
7.              Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
8.              Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari

D. Tujuan Pembelajarn            : Siswa dapat
1.              Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah  dan munfarid. 
2.              Macam-macam  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid
3.              Ketentuan dan waktu  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid
4.              Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
5.              Menyebutkan sholat sunnah yang  dikerjakan secara munfarid
6.              Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid
7.              Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
8.              Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari

E. Materi Pokok                      :   Sholat Sunnah berjamaah dan munfarid.

F. Strategi Pembelajaran         :
     Pertemuan pertama. 
No
Kegiatan
Waktu
Metode
Nilai karakter
1



Penuludahan
a.            Tadarus Al Quran secara bersama sama
b.           Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai       dalam kegiatan pembelajaran
c.            Guru mengadakan Pre Test
10 menit




- Pemodelan


- Tanya  jawab

Relegius
2










Kegiatan Inti
a.           Siwa secara individu membaca dan memahami  pengertian    sholat jamaah dan munfarid.
b.          Siswa secara kelompok berdiskusi tentang sholat sunnah  berjamaah  dan munfarid.
c.           Setiap kelompok  kempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Dan kelompok lsin memberi tanggapan.
d.          Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap  pembahasan  takabur
e.           Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok.
60 menit


- Inquiri

- Learning community.
- Unjuk kerja


- Ceramah

- Penilaian

Rasa ingin tahu, gemar membaca, kerjakeras, kreatif, tanggung jawab, mandiri, disiplin, peduli sosial

3
Penutup
  1. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
  2. Guru mengadakan post tes 
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk  menyalin dan menghafal do’a sholat tahajud.

10 menit


- Refleksi

- Penugasan.

   
    Pertemuan ke dua.   
No
Kegiatan
Waktu
Metode
Nilai Karakter
1



Penuludahan
  1. Tadarus Al Quran secara bersama sama
  2.  Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai       dalam kegiatan pembelajaran
  3. Guru mengadakan Pre Test
10 menit




- Pemodelan


- Tanya  jawab

Relegius
2










Kegiatan Inti
  1. Siwa secara  kelompok  mempersiapkan diri untuk melaksanakan praktek   sholat sunah berjamaah dan sholat sunnah musfarid.
  2. Masing-masing  kelompok mepraktekan    sholat sunah berjamaah dan sholat sunnah musfarid , kemudian kelompok lain mengamati dan memberi penilaian.
  3. Guru memberi penjelasan terhadap pelaksanaan praktek    sholat sunah berjamaah dan sholat sunnah musfarid yang di lakukan oleh masing-masing kelompok.
  4. Guru memberi penilaian  terhadap masing-masing individu dalam kelompok.
60 menit





- Unjuk kerja

- Penilaian


- Ceramah

- Penilaian

Rasa ingin tahu, gemar membaca, kerjakeras, kreatif, tanggung jawab, mandiri, disiplin, peduli sosial
3
Penutup
  1. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar
  2. Guru mengadakan post tes 
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan  takabur.
10 menit


- Refleksi

- Penugasan.


G.


H.
Sumber / Media / Alat

Penilaian
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen
:


:
:
:
:

:
1.      Buku Fiqih Sunnsh.
2.      Buku PAI Kelas IX


Tes
Tes harian, Tugas Individu, Tugas kelompok
Unjuk kerja, Jawaban singkat

Ujian Tulis.
1.                1 Jelaskan pengertian ssholat sunnah berjamaan dan munfarid .
2.                Sebutkan sholat sunah  pelaksanaannya harus di kerjakan secara berjamaah.
3.                Sebutkan sholat sunnah yang sebaiknya dilaksanakan secara berjamaah.
4.                Tulis niat sholat sunnah Idul fitri.
5.                Tulis niat sholat tahajud dan istikhorah.

Ujuian Praktek sholat sunnah berjamaah.

No
Aspek yang di nilai
Scor  Nilai

1
2
3

1
Susunan barisan sholat jamaah ( shof)




2
Keserasian gerakan takbirotul ikhrom




3
Bacaan Fatihah Imam




4
Keserasihan  gerakan rukuk




5
Keserasiahan gerakan I’tidal




6
Duduk diantara dua sujud




7
Duduk akhir




8
Salam




9
Keserasihan takbir srtiap pergantian gerakan sholat.







Nilai   =   Jumah sekor yang di peroleh   X  100  =
                 Jumlah sekor  maksimal

Ujian praktek sholat sunnah munfarid
Nomor
Aspek yang di nilai
Sekor hasil penilaian
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Kelengkapan  pakaia  sholat
Takbirotul ikhrom
Do’a Iftitah
Bacaan Fatihah
Bacaan surat pebdek setelah membaca fatihah
Ruku dan bacaan tasbih rukuk
I’tidal
Do’a I’tidal
Sujud dan tasbih sujud
Duduk Iftirosy
Do’a duduk diantara dua sujud.
Duduk akhir ( Tawaruq)
Do’a Tasahud akhir.
Salam






.Jumalah secor


Nilai   =   Jumah sekor yang di peroleh   X  100  =
                 Jumlah sekor  maksimal
.
I.          Tugas   :   1. Menyalin dan  menghafalkan Do’a Sholat  tahajud
2.  Menyalin dan  menghafalkan Do’a sholat Istikhoroh.

Mengetahui :
Kepala Sekolah


_______________________
NIP. ...................................
Demak, .....................
Guru PAI


____________________
NIP. ..........................