RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP....
Mata
Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
12. Memahami tatacara berbagai sholat sunnah.
B. Kompetensi Dasar :
12.1. Menyebutkan
pengetian dan ketentuan sholat sunnah
berjamaah dan munfarid.
12.2. Menyebutkan
contoh-contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
12.3. Mempraktekan sholat sunnah berjamaah dan munfarid dalam
kehidupan sehari-
hari.
1.
Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah
berjamaah dan munfarid.
2.
Macam-macam sholat sunnah
berjamaah dan munfarid
3.
Ketentuan dan waktu sholat sunnah
berjamaah dan munfarid
4.
Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan
secara berjamaah.
5.
Menyebutkan sholat sunnah yang dikerjakan secara munfarid
6.
Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan
secara berjamaah atau munfarid
7.
Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan
munfarid.
8.
Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam
kehidupan sehari-hari
D. Tujuan Pembelajarn :
Siswa dapat
1.
Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah
berjamaah dan munfarid.
2.
Macam-macam sholat sunnah
berjamaah dan munfarid
3.
Ketentuan dan waktu sholat sunnah
berjamaah dan munfarid
4.
Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan
secara berjamaah.
5.
Menyebutkan sholat sunnah yang dikerjakan secara munfarid
6.
Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan
secara berjamaah atau munfarid
7.
Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan
munfarid.
8.
Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam
kehidupan sehari-hari
E. Materi Pokok : Sholat Sunnah berjamaah dan munfarid.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama.
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Nilai karakter
|
1
|
Penuludahan
a.
Tadarus
Al Quran secara bersama sama
b.
Guru
menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan
pembelajaran
c.
Guru mengadakan Pre Test
|
10 menit
|
- Pemodelan
- Tanya jawab
|
Relegius
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Siwa secara individu membaca dan memahami pengertian sholat jamaah dan munfarid.
b.
Siswa secara kelompok berdiskusi tentang sholat
sunnah berjamaah dan munfarid.
c.
Setiap kelompok
kempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Dan kelompok lsin memberi tanggapan.
d.
Guru memberi penjelasan dan kesimpulan
terhadap pembahasan takabur
e.
Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam
kelompok.
|
60 menit
|
- Inquiri
- Learning community.
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Penilaian
|
Rasa ingin tahu, gemar membaca, kerjakeras, kreatif, tanggung jawab,
mandiri, disiplin, peduli sosial
|
3
|
Penutup
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
|
Pertemuan ke dua.
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Nilai Karakter
|
1
|
Penuludahan
|
10 menit
|
- Pemodelan
- Tanya jawab
|
Relegius
|
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
- Unjuk kerja
- Penilaian
- Ceramah
- Penilaian
|
Rasa ingin tahu, gemar membaca, kerjakeras, kreatif, tanggung jawab,
mandiri, disiplin, peduli sosial
|
3
|
Penutup
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
|
G.
H.
|
Sumber
/ Media / Alat
Penilaian
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
|
:
:
:
:
:
:
|
1.
Buku Fiqih Sunnsh.
2.
Buku PAI Kelas IX
Tes
Tes harian, Tugas Individu, Tugas kelompok
Unjuk kerja, Jawaban singkat
Ujian Tulis.
1.
1 Jelaskan pengertian ssholat sunnah berjamaan dan munfarid .
2.
Sebutkan sholat sunah pelaksanaannya harus di kerjakan secara
berjamaah.
3.
Sebutkan sholat sunnah yang sebaiknya
dilaksanakan secara berjamaah.
4.
Tulis niat sholat sunnah Idul fitri.
5.
Tulis niat sholat tahajud dan istikhorah.
Ujuian Praktek sholat sunnah berjamaah.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No
|
Aspek yang di nilai
|
Scor Nilai
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Susunan barisan sholat jamaah ( shof)
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Keserasian gerakan takbirotul ikhrom
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
Bacaan Fatihah Imam
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Keserasihan gerakan rukuk
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Keserasiahan gerakan I’tidal
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Duduk diantara dua sujud
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Duduk akhir
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8
|
Salam
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9
|
Keserasihan takbir srtiap pergantian gerakan sholat.
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
Nilai =
Jumah sekor yang di peroleh
X 100 =
Jumlah
sekor maksimal
Ujian praktek sholat sunnah
munfarid
Nilai =
Jumah sekor yang di peroleh
X 100 =
Jumlah sekor maksimal
.
|
I. Tugas : 1. Menyalin dan menghafalkan Do’a Sholat tahajud
2. Menyalin dan menghafalkan Do’a sholat Istikhoroh.
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP. ...................................
|
Demak, .....................
Guru PAI
____________________
NIP. ..........................
|