RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP/MTs : SMPN .........................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
VII / 1
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3.
Memahami Asmaul Husna
B. Kompetensi Dasar
3.1. Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan sepuluh Asma’ul Husna
3.2. Mengamalkan isi kandungan sepuluh Asma’ul
Husna
1.
Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
2.
Menyebutkan 10 Asmaul Husna
3.
Mengartikan 10 Asmaul Husna
4.
Menunjukkan, membaca, mengartikan dan
menghafal ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.
5.
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul
Husna dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran : Peserta
Didik dapat
1.
Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
2.
Menyebutkan 10 Asmaul Husna
3.
Mengartikan 10 Asmaul Husna
4.
Menunjukkan, membaca, mengartikan dan
menghafal ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.
5.
Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul
Husna dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi Pokok : Sepuluh Asma’ul Husna
F. Strategi
Pembelajaran
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melaksanakan appersepsi. ( Religius, Disiplin &
Antusias )
a.
Menjelaskan kompetensi yang harus
dicapai dalam kegiatan pembelajaran (tanggung jawab )
c. Tadarus dan melafalkan Asmaul Husna
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Peserta
Didik membaca dan memahami materi Asma’ul Husna ( Kerja keras , Ingin tahu )
b. Peserta
Didik membaca dalil naqli yang berkaitan dengan Asma’ul Husna secara
bersama-sama. (Kerja
sama, Kritis, )
c. Peserta
Didik mendemonstrasikan kemampuannya untuk membaca dalil tentang Asma’ul
Husna secara individu. ( Mandiri, Teliti, Komuikatif)
d. Peserta
Didik berdiskusi tentang Asma’ul Husna secara kelompok.( Kerja sama, Toleransi ,Demokratis,
Mandiri )
e. Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan ditanggapi oleh
kelompok lain. ( Toleransi, mandiri, tanggung jawab)
f.
Guru memberikan penjelasan dan
kesimpulan dari hasil diskusi Peserta Didik. ( Tanggung jawab kreatif )
g. Guru
memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok. ( Menghargai prestasi, Jujur )
|
60 menit
|
- Inquirry
- Inquirry
- Ceramah
- Penilaian
proses dan produk
|
3
|
Penutup
a. Mengadakan
refleksi ( Religius )
b. Memberikan
tugas kepada Peserta Didik untuk menyalin 99 Asmaul Husna ( Kerja keras, mandiri )
|
10 menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
|
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melaksanakan
appersepsi. (
Religius, komunikatif )
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajara. (Tanggung jawab)
c. Tadarus (Religius, gemar membaca)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Peserta
Didik menghafal dalil tentang Asmaul Husna secara bersama-sama. ( Kerja keras, Ingin tahu, )
b. Peserta
Didik menghafal dalil tentang Asmaul Husna secara individu dan dinilai oleh
kelompoknya masing-masing. (Kerja keras, Ingin tahu, Jujur)
c. Peserta
Didik melaporkan hasil penilaian kepada guru. (Jujur, tanggung jawab)
d. Guru
memberikan penjelasan dan kesimpulan dari hasil hafalan Peserta Didik (Tanggung jawab, jujur )
e. Guru
memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok.(Menghargai prestasi, Jujur,
tanggung jawab)
|
60 menit
|
- Performance
- Unjuk
kerja
- Ceramah
- Penilaian
proses
|
3
|
Penutup
a. Mengadakan refleksi. (Religius )
b. Memberikan
tugas kepada Peserta Didik untuk menyalin dalil tentang Asma’ul Husna.
( Religius, Tanggung jawab, mandiri)
|
10 menit
|
- Klarifikasi
- Penugasan
|
G. Sumber Belajar : 1.
Buku Asmaul Husna
2.
Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian :
a.
Jenis tagihan : 1. Ulangan harian
2. Tugas
b.
Tehnik : 1.
Tes tulis dan tes lisan
2. Tugas individu
c.
Bentuk Instrumen 1.
Uraian dan hafalan
2. Portopolio.
d.
Soal ulangan : 1. Jelaskan pengertian Asmaul Husna
2. Apa arti
Al Aziz dan Al Wahhab
3. Apa arti
Al Qowiyyu dan Al Hadi
4. Apa arti “Innaka Antal Wahhab”
5.
Apa arti ”Wahuwal Fattahul ’Aliim ”
e.
Tugas : 1.
Menyalin 99 nama Alah yang baik (Asma’ul Husna)
2. Menyalin
dalil yang berkaitan dengan Asmaul Husna
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.
|
Demak, .........................
Guru PAI,
................................................
NIP.
|