RPP KLS VII KD.03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP/MTs                    : SMPN .........................
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
 
A. Standar Kompetensi
3.          Memahami Asmaul Husna

B. Kompetensi Dasar
3.1.  Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sepuluh Asma’ul Husna
            3.2.  Mengamalkan isi kandungan sepuluh Asma’ul Husna

C. Indikator
1.          Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
2.          Menyebutkan 10 Asmaul Husna
3.          Mengartikan 10 Asmaul Husna
4.          Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.
5.          Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

D. Tujuan Pembelajaran      : Peserta Didik dapat
1.          Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
2.          Menyebutkan 10 Asmaul Husna
3.          Mengartikan 10 Asmaul Husna
4.          Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.
5.          Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

E. Materi Pokok                    : Sepuluh Asma’ul Husna

F. Strategi Pembelajaran
     Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a. Melaksanakan appersepsi. ( Religius, Disiplin & Antusias )
a.         Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran  (tanggung jawab )
c.   Tadarus dan melafalkan Asmaul Husna
10 menit

- Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Peserta Didik membaca dan memahami materi Asma’ul Husna ( Kerja keras , Ingin tahu  )
b.      Peserta Didik membaca dalil naqli yang berkaitan dengan Asma’ul Husna secara bersama-sama. (Kerja sama, Kritis, )
c.       Peserta Didik mendemonstrasikan kemampuannya untuk membaca dalil tentang Asma’ul Husna secara individu. ( Mandiri, Teliti, Komuikatif)
d.      Peserta Didik berdiskusi tentang Asma’ul Husna secara kelompok.( Kerja sama, Toleransi ,Demokratis, Mandiri )
e.       Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. ( Toleransi, mandiri, tanggung jawab)
f.        Guru memberikan penjelasan dan kesimpulan dari hasil diskusi Peserta Didik. ( Tanggung jawab kreatif )
g.      Guru memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok. ( Menghargai prestasi, Jujur )

60 menit

- Inquirry



- Inquirry




- Ceramah
- Penilaian proses dan produk
3
Penutup
a.       Mengadakan refleksi ( Religius )
b.      Memberikan tugas kepada Peserta Didik untuk menyalin 99 Asmaul Husna ( Kerja keras, mandiri )
10 menit

- Klarifikasi
- Penugasan

Pertemuan Kedua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melaksanakan appersepsi. ( Religius, komunikatif )
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajara. (Tanggung jawab)
c.        Tadarus (Religius, gemar membaca)
10 menit

-  Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.      Peserta Didik menghafal dalil tentang Asmaul Husna secara bersama-sama. ( Kerja keras, Ingin tahu,  )
b.      Peserta Didik menghafal dalil tentang Asmaul Husna secara individu dan dinilai oleh kelompoknya masing-masing. (Kerja keras, Ingin tahu, Jujur)
c.       Peserta Didik melaporkan hasil penilaian kepada guru. (Jujur, tanggung jawab)
d.      Guru memberikan penjelasan dan kesimpulan dari hasil hafalan Peserta Didik (Tanggung jawab, jujur )
e.       Guru memberikan penilaian kepada masing-masing kelompok.(Menghargai prestasi, Jujur, tanggung jawab)  
60 menit

- Performance

- Unjuk kerja



- Ceramah

- Penilaian proses
3
Penutup
a. Mengadakan refleksi. (Religius )
b. Memberikan tugas kepada Peserta Didik untuk menyalin dalil tentang Asma’ul Husna.
    ( Religius, Tanggung jawab, mandiri)
10 menit

- Klarifikasi
- Penugasan
           
G. Sumber Belajar    :           1.  Buku Asmaul Husna
                                                2.  Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian               :
a.                               Jenis tagihan    :           1.  Ulangan harian
                                                     2.  Tugas

b.                              Tehnik             :           1.  Tes tulis dan tes lisan
                                                     2.  Tugas individu

c.                               Bentuk Instrumen       1.  Uraian dan hafalan
          2.      Portopolio.

d.                              Soal ulangan    :          1.   Jelaskan pengertian Asmaul Husna
          2.      Apa arti Al Aziz dan Al Wahhab
          3.      Apa arti Al Qowiyyu dan Al Hadi
          4.      Apa arti “Innaka Antal Wahhab”
          5.      Apa arti ”Wahuwal Fattahul ’Aliim

e.                               Tugas               :        1.   Menyalin 99 nama Alah yang baik (Asma’ul Husna)
         2.      Menyalin dalil yang berkaitan dengan Asmaul Husna

Mengetahui,
Kepala Sekolah





...................................................
NIP.
Demak, .........................

Guru PAI,




................................................
NIP.