RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 7 / Genap
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (6 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
14.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW.
14.1. Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun
manusia mulia dan bermanfaat
14.2. Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan dan kemajuan masyarakat
14.3. Meneladani perjuangan Nabi dan para sahabat
dalam menghadapi masyarakat Makkah
C. Indikator :
1. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan
akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
2. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi
alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
3. Meneladani perjuangan nabi dan para sahabat dalam
menghadapi masyarakat Mekah
D. Tujuan Pembelajaran :
Peserta Didik dapat
1.
Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan
akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
2.
Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi
alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
3.
Meneladani perjuangan nabi dan para sahabat dalam
menghadapi masyarakat Mekah
E. Materi Pokok : Sejarah Nabi Muhammad SAW.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Setiap individu dalam kelompok membaca dan memahami materi tentang misi dan peerjuangan Nabi Muhammad
SAW.untuk menyempurnakan akhlaq, membangun
manusia mulia dan bermanfaat. (ingin tahu)
b.
Secara kelompok Peserta didik berdiskusi
tentang misi dan prerjuangan
Nabi Muhammad SAW. untuk menyempurnakan akhlaq, membangun manusia mulia dan bermanfaat. (kerjasama)
c.
Masing-masing kelompok memprentasikan hasil diskusinya di depan kelas,
kemudian kelompok lain memberi
tanggapan . (demokratis)
d.
Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dari pembahasan misi dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. (kreatif)
e.
Guru memberi nilai kepada sitiap
individu pada masing-masing kelompok. (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Inquiry
- Learning communi
- Performance
- Ceramah
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Guru memberi tugas
individu untuk mencari contoh
sifat Nabi Muhammad SAW. Yang dapat di laksanakan di masyarakat. (kerjakeras)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
Pertemuan
ke dua.
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Setiap individu dalam kelompok membaca dan memahami materi tentang misi dan peerjuangan Nabi Muhammad
SAW.sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta , pembawa kedamaian dan kemajuan masyarakat. (ingin tahu)
b.
Secara kelompok Peserta didik berdiskusi
tentang misi dan prerjuangan
Nabi Muhammad SAW. sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta , pembawa
kedamaian dan kemajuan masyarakat.
(kerjasama)
c.
Masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,
kemudian kelompok lain memberi
tanggapan . (demokratis)
d.
Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dari pembahasan misi dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. (kreatif)
e.
Guru memberi nilai kepada sitiap
individu pada masing-masing kelompok. (tanggung-jawab)
|
60 menit
|
- Inquiry
- Learning
community
- Performance
- Ceramah
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Guru memberi tugas
individu untuk mencari contoh
sifat Nabi Muhammad SAW. Yang dapat di laksanakan di masyarakat. (kerja keras)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
Pertemuan ke tiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a.
Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.
Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.
Tadarus (religius)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Setiap individu dalam kelompok membaca dan memahami materi tentang cara dakwah Nabi Muhammad SAW .di awal
perjuangannya. (ingin tahu)
b.
Secara kelompok Peserta didik berdiskusi
tentang cara dakwah Nabi
Muhammad SAW. Di awal perjuangannya. (kerjasama)
c.
Masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas,
kemudian kelompok lain memberi
tanggapan . (demokratis)
d.
Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dari pembahasan misi dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. (kreatif)
e.
Guru memberi nilai kepada sitiap
individu pada masing-masing kelompok. (tanggungjawab)
|
60 menit
|
- Inquiry
- Learning
community
- Performance
- Ceramah
- Penilaian
- Proses
|
3
|
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses dan hasi belajar. (kreatif)
Guru memberi tugas
individu untuk mencari contoh
sifat Nabi Muhammad SAW. Yang dapat di laksanakan di masyarakat. (kreatif)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan.
|
G.
Sumber Bahan : 1. Sejarah Kebudayan Islam
2. Buku
PAI Kelas VII
H. Penilaian :
a.
Jenis tagihan : 1.
Ulangan harian
2. Tugas
b.
Tehnik : 1. Tes
tulis
2. Tugas individu
c.
Bentuk Instrumen : 1 . Uraian
2. Portopolio
d.
Soal ulangan tulis : 1.
Jelaskan misi nabi Muhammad SAW dalam menyempurnakan
akhlaq
2.
Siapa orang –orang yang menghalangi misi dakwah Nabi
3.
Sebutkan orang – orang yang pertama kali masuk Islam
4.
Siapa sasaran pertama dakwah pertama Nabi Muhasmmad
5. Tulis hadis nabi yang menyatakan bahwa nabi
muhammad saw di utus untuk menyempurnakan akblaq manusia
e.
Tugas
: 1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang
berkaitan dengan
misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.................................................
|
Demak, ..............................
Guru PAI,
………………………………….
|