RPP KLS VII KD.14

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Mata Pelajaran          : PAI
                                    Kelas / Semester        : 7 / Genap
                                    Alokasi Waktu           : 3 x Pertemuan  (6 jam pelajaran)
 

A. Setandar Kompetensi      :
14.              Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW.
           

B. Kompetensi     Dasar           :
14.1.  Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
14.2.  Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat
14.3.    Meneladani perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah                                         
C. Indikator                           :
1.          Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
2.   Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
3.            Meneladani perjuangan nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah

D. Tujuan Pembelajaran      :
       Peserta Didik dapat
1.                Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
2.                Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
3.                Meneladani perjuangan nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah

E. Materi Pokok                    :   Sejarah Nabi Muhammad SAW.

F. Strategi Pembelajaran      :

     Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.       Tadarus (religius)

10 menit



-  Pemodelan



2
Kegiatan Inti
a.    Setiap individu dalam kelompok membaca dan memahami materi tentang  misi dan peerjuangan Nabi Muhammad SAW.untuk menyempurnakan akhlaq, membangun  manusia mulia dan bermanfaat. (ingin tahu)
b.   Secara kelompok Peserta didik berdiskusi  tentang  misi dan prerjuangan Nabi Muhammad SAW. untuk menyempurnakan akhlaq, membangun  manusia mulia dan bermanfaat. (kerjasama)
c.    Masing-masing kelompok memprentasikan hasil diskusinya di depan kelas, kemudian kelompok lain  memberi tanggapan . (demokratis)
d.   Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dari pembahasan  misi dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. (kreatif)
e.    Guru memberi nilai  kepada sitiap individu pada masing-masing kelompok. (tanggung-jawab)
60 menit


-  Inquiry




-  Learning  communi



-  Performance



-  Ceramah


-  Penilaian
-  Proses
3
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar.  (kreatif)
Guru memberi tugas  individu  untuk mencari contoh sifat Nabi Muhammad SAW. Yang dapat di laksanakan di masyarakat. (kerjakeras)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

        Pertemuan ke dua.
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.       Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan


2
Kegiatan Inti
a.       Setiap individu dalam kelompok membaca dan memahami materi tentang  misi dan peerjuangan Nabi Muhammad SAW.sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta , pembawa kedamaian  dan kemajuan masyarakat. (ingin tahu)
b.      Secara kelompok Peserta didik berdiskusi  tentang  misi dan prerjuangan Nabi Muhammad SAW. sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta , pembawa kedamaian  dan kemajuan masyarakat. (kerjasama)
c.       Masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, kemudian kelompok lain  memberi tanggapan . (demokratis)
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dari pembahasan  misi dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. (kreatif)
e.       Guru memberi nilai  kepada sitiap individu pada masing-masing kelompok. (tanggung-jawab)
60 menit


-  Inquiry




-  Learning  community



-  Performance



-  Ceramah


-  Penilaian
-  Proses
3
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar.  (kreatif)
Guru memberi tugas  individu  untuk mencari contoh sifat Nabi Muhammad SAW. Yang dapat di laksanakan di masyarakat. (kerja keras)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

Pertemuan ke tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1



Pendahuluan
a.       Mengadakan appersepsi (disiplin)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan  pembelajaran. (tanggung-jawab)
c.       Tadarus (religius)
10 menit




-  Pemodelan


2
Kegiatan Inti
a.       Setiap individu dalam kelompok membaca dan memahami materi tentang   cara dakwah Nabi Muhammad SAW .di awal perjuangannya. (ingin tahu)
b.      Secara kelompok Peserta didik berdiskusi  tentang  cara dakwah Nabi Muhammad SAW. Di awal perjuangannya. (kerjasama)
c.       Masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, kemudian kelompok lain  memberi tanggapan . (demokratis)
d.      Guru memberi penjelasan dan kesimpulan dari pembahasan  misi dan perjuangan Nabi Muhammad SAW. (kreatif)
e.       Guru memberi nilai  kepada sitiap individu pada masing-masing kelompok. (tanggungjawab)
60 menit


-  Inquiry


-  Learning  community

-  Performance


-  Ceramah

-  Penilaian
-  Proses
3
Penutup
Guru bersama Peserta didik melakukan refleksi  terhadap proses dan hasi belajar.  (kreatif)
Guru memberi tugas  individu  untuk mencari contoh sifat Nabi Muhammad SAW. Yang dapat di laksanakan di masyarakat. (kreatif)
10 menit

-  Refleksi

-  Penugasan.

G. Sumber Bahan                 :  1.  Sejarah Kebudayan Islam
                                                   2.  Buku PAI Kelas VII
H. Penilaian                           :
a.       Jenis tagihan              :  1.  Ulangan harian
                                             2.  Tugas

b.      Tehnik                       :  1.  Tes tulis
                                             2.  Tugas individu
                                         
c.       Bentuk Instrumen     :  1 . Uraian
                                             2.  Portopolio

d.      Soal ulangan tulis      :  1.   Jelaskan misi nabi Muhammad SAW dalam menyempurnakan
akhlaq
2.      Siapa orang –orang yang menghalangi misi dakwah Nabi        
3.      Sebutkan orang – orang yang pertama kali masuk Islam
4.      Siapa sasaran pertama dakwah pertama Nabi Muhasmmad
5.     Tulis hadis nabi yang menyatakan bahwa nabi muhammad saw di utus untuk menyempurnakan akblaq manusia

e.       Tugas                         :  1. Tulis ayat-ayat Al Qur’an dn Hadits yang berkaitan dengan
misi dakwah Nabi Muhammad SAW.


Mengetahui,
Kepala Sekolah




.................................................
Demak, ..............................

Guru PAI,




………………………………….