RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN :
Pendidikan Agama Islam
KELAS : 8 / Ganjil
ALOKASI WAKTU :
2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
A.
Standar Kompetensi : 2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab
Allah
B.
Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan pengertian
beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2
Menyebutkan nama
Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada
para Rasul
2.3
Menampilkan sikap
mencintai Al Qur’an sebagai Kitab Allah
C.
Indikator :
1.
Menjelaskan
pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
2.
Menjelaskan pengertian Kitab dan
Suhuf.
3.
Menjelaskan cara beriman kepada
kitab-kitab Allah
4.
Menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT
yang diturunkan kepada Rosul .
5.
Menyebutkan para Rosul yang menerima
kitab dan suhuf dari Allah
6.
Menunjukan , membaca, mengartikan dan
menghafal ayat-ayat Al Qur’an yang bekaitan dengan kitab-kitab Allah.
7.
Menjelaskan sejarah turunnya Al
Qur’an.
8.
Menjelaskan kandungan Al Qur’an.
9.
Menjelaskan keutamaan Al Qur’an.
10.
Menjelaskan fungsi beriman kepada
kitab Allah.
11.
Membiasakan diri membaca Al Qur’an
setiap selesai sholat fardlu.
12.
Menggemari menghafalkan
surat-surat Al Qur’an yang pendek. Aktif dalam kegiatan khotmil Qur’an
D.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat
1.
Menjelaskan
pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
2.
Menjelaskan pengertian Kitab dan
Suhuf.
3.
Menjelaskan cara beriman kepada
kitab-kitab Allah
4.
Menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT
yang diturunkan kepada Rosul .
5.
Menyebutkan para Rosul yang menerima
kitab dan suhuf dari Allah
6.
Menunjukan , membaca, mengartikan dan
menghafal ayat-ayat Al Qur’an yang bekaitan dengan kitab-kitab Allah.
7.
Menjelaskan sejarah turunnya Al
Qur’an.
8.
Menjelaskan kandungan Al Qur’an.
9.
Menjelaskan keutamaan Al Qur’an.
10.
Menjelaskan fungsi beriman kepada
kitabAllah.
11.
Membiasakan diri membaca Al Qur’an
setiap selesai sholat fardlu.
12. Menggemari menghafalkan
surat-surat Al Qur’an yang pendek. Aktif dalam kegiatan khotmil Qur’a
E.
Materi Pokok : Iman kepada Kitab-Kitab Allah
F. Strategi Pembelajaran :
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan Appersepsi
b. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran
c. Peserta didik diminta
menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan iman kepada Kitab-Kitab Allah
|
10 menit
|
- Pemodelan
- Tanya Jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara individu Peserta
didik membaca dan memahami materi Iman kepada Kitab-Kitab Allah (Percaya
diri,taat,ingin tahu,kerja keras)
b. Secara berkelompok, Peserta
didik menemukan macam-macam Kitab Allah serta Rasul yang menerimanya (kerja
sama,kerja keras,saling menghargai,berfikir kritis percaya diri)
c. Secara berkelompok, Peserta
didik mencari persamaan dan perbedaan antara Kitab dan Suhuf (kerja
sama,demokratis, kreatif)
d. Secara individu, Peserta
didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti (percaya diri,jujur,ingin
tahu)
|
70 menit
|
- Inquiry
- Learning Community
- Tanya Jawab
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta
didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (religious)
b. Guru memberikan
tugaskepada Peserta didik untuk menuliskan hasil belajar tentang iman kepada
Kitab Allah (taat aturan,disiplin)
c. doa
kafaratul majlis (taat aturan)
d. salam
(religius)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasan
|
Pertemuan Ke Dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. salam
hangat, apa kabar,presensi (religious disiplin antusiaas)
b. Melakukan
Apperseps (berfikir kritis,kreatif,ingin tahu)
c. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (taat aturan)
d. Secara
individu, Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti (ingin tahu,
kreatif,jujur,percaya diri antusias)
|
10 menit
|
- Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara individu Peserta
didik membaca dan menulis dalil naqli tentang Iman kepada Kitab-Kitab Allah (ingin
tahu, kerja keras, percaya diri taat)
b. Secara berkelompok, Peserta
didik mendiskusikan fungsi iman kepada kitab-kitab Allah (kerjasama
demokratis, kreatif,saling menghargai)
|
70 menit
|
- Unjuk Kerja
- Praktek Lisan
- Inquiri Learning
Community
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama Peserta
didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (religious)
b. Guru memberikan tugas
kepada Peserta didik untuk menuliskan fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah (taat
aturan, tanggungjawab,disiplin)
c. Doa kafaratul majlis (religious)
d. salam penutup (religious)
|
10 menit
|
- Refleksi
- Penugasa
|
G.
Sumber Belajar : 1. Buku materi PAI kelas
VIII
2. LKS
3. Buku
lain yang relevan
H. Penilaian :
1. Jenis tagihan : Tugas Individu
2. Tehnik : Tes Tulis
3. Bentuk instrumen : Uraian
4. Soal : 1. Sebutkan macam-macam Kitab Allah yang wajib diketahui berikut
H. Penilaian :
1. Jenis tagihan : Tugas Individu
2. Tehnik : Tes Tulis
3. Bentuk instrumen : Uraian
4. Soal : 1. Sebutkan macam-macam Kitab Allah yang wajib diketahui berikut
Rasul pembawanya
2. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Kitab Allah
3. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Suhuf
Mengetahui,
Kepala Sekolah
........................................
|
Demak, .............................
Guru PAI,
...............................................
|