RPP KLS VIII KD.10


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                   :  Pendidikan Agama Islam
                        Kelas                                 :  8 / Genap
Alokasi Waktu                  :  4 X Pertemuan (8 Jam Pelajaran)
A.       Standar Kompetensi           :  
       10.    Menerapkan Hukum Bacaam Mad dan Waqaf
B.        Kompetensi Dasar              :  
       10.1  Peserta didik menjelaskan hukum bacaan mad dan waqof
       10.2  Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqof dalam bacaan   surat-surat Al-Qur’an
       10.3     Mempraktekkan bacaan bacaan mad dan waqof dalam   bacaan surat-surat Al-Qur’an
C.        Indikator                             : 
      1.      Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad
2.             Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad beserta contoh-contohnya
3.             Menjelaskan pengertian hukum bacaan Waqaf dan bacaan Washal
4.             Menjelaskan macam-macam tanda waqaf dan contohnya
5.             Menunjukkan contoh-contoh bacaan Mad pada ayat-ayat pilihan
6.             Menunjukkan contoh hukum bacaan Waqaf pada ayat-ayat pilihan
7.             Mempraktikkan cara membaca bacaan Mad pada ayat-ayat pilihan
8.             Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan
pada ayat-ayat pilihan
   9.      Mempraktekkan bacaan mad dan waqaf pada ayat- ayat pilihan

D.       Tujuan Pembelajaran              : Melalui proses pembelajaran ini peserta didik dapat
      1.      Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad
2.             Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad beserta contoh-contohnya
3.             Menjelaskan pengertian hukum bacaan Waqaf dan bacaan Washal
4.             Menjelaskan macam-macam tanda waqaf dan contohnya
5.             Menunjukkan contoh-contoh bacaan Mad pada ayat-ayat pilihan
6.             Menunjukkan contoh hukum bacaan Waqaf pada ayat-ayat pilihan
7.             Mempraktikkan cara membaca bacaan Mad pada ayat-ayat pilihan
8.             Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan
pada ayat-ayat pilihan
  9.      Mempraktekkan bacaan mad dan waqaf pada ayat- ayat pilihan

E.        Materi Pembelajaran           :  Hukum bacaan Mad dan Waqaf

-          Pengertian Mad adalah : membaca panjang suatu huruf lebih dari satu harakat.
-          Hukum bacaan Mad dibagi menjadi 2 yaitu Mad Thabi’I ( mad asli ) dan mad Far’I ( cabang-cabang Mad ) seperti Mad Wajib Muttashil., Mad Jaiz Munfashil, Mad ‘Aridl Lissukun dll.
-          Contoh Mad Thabi’I : 
-          Contoh mad Wajib Muttashil :
-          Contoh Mad Jaiz Miunfashil :      
-          Pengertian Waqaf adalah : berhenti sejenak atau putus bunyi suara dan berganti nafas, sedang Washal adalah cara membaca Al Qur’an dengan diteruskan ( sambung )
-          Macam-macam waqaf : Waqaf lazim, waqaf jaiz, Waslu Uala dll.

F.    Metode Pembelajaran :    - Inguiri           -Quitioning
                                                - Modeling      - CTL
                                                - Learning community

G.      Strategi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahulua
1.      Melakukan Appersepsi(Religius, disiplin )
2.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran(Hormat kepada guru )

10 menit

 Pemodelan
2
Kegiatan Inti
1.      Secara individu peserta didik membaca dan memahami materi tentang hukum bacaan Mad beserta contoh-contohnya .( rasa ingin tahu)
2.      Secara berkelompok peserta didik mempresentasikan materi tentang bacaan Mad pada kelompok lain (kerja keras, komunikatif, menghargai prestasi, toletasnsi, bertanggung jawab)
3.      Secara individu Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti ( rasa ingin tahu, kreatif )
70 menit

Inquire
Learning community

Tanya  jawab
3
Penutup
1.     Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (bertanggung jawab, disiplin )
2.     Guru menugaskan Peserta didik untuk meresum materi tentang bacaan Mad (Bertanggung jawab, disiplin )
10 menit

Refleksi

Penugasan

Pertemuan Ke Dua
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
1.      Melakukan Appersepsi (Religius, disiplin)
2.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (Bertanggung jawab )
3.      Peserta didik menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan Mad dan Waqaf ( rasa ingin tahu, )
10 menit

Pemodelan


Tanya Jawab
2
Kegiatan Inti
1.      Secara individu peserta didik membaca materi tentang macam-macam Waqaf beserta contohnya      ( percaya diri , disiplin, gemar membaca )
2.      Secara kelompok peserta didik menemukan dan menuliskan contoh hukum bacaan Waqaf dalam ayat-ayat pilihan (disiplin, bertanggung jawab, demokratis)
3.      Guru memberikan penilaian pada masing-masing kelompok dan memberikan kesimpulan ( tanggung jawab, menghargai prestasi )
70 menit

Inquire

Learning community
3
Penutup
1.      Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar(tanggung jawab, disiplin)
2.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik bersama kelompoknya untuk mencari bacaan Mad dan Waqof pada Surat At Tin(bertanggung jawab)
10 menit

Refleksi

Penugasan

Pertemuan Ke Tiga
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.       Melakukan Appersepsi (Religius, disiplin, antusias )
b.      Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( Bertanggung jawab )
10 menit

Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.       Secara individu peserta didik membaca dan menelaah materi tentang macam-macam bacaan Mad dan Waqaf ( percaya diri, Ingin tahu, gemar membaca)
b.      Secara perorangan peserta didik mencari bacaan mad dari ayat-ayat pilihan (kreatif, ingin tahu, kerja keras)
c.       Masing-masing peserta didik mempresentasikan hasil telaahnya tentang contoh bacaan Mad               (kerja keras)
d.      Guru memberikan penilian terhadap peserta didik serta mengklarifikasi hasil temuan peserta didik (menghargai prestasi, tanggung jawab )
70 menit

Inquire




Unjuk kerja
3
Penutup
a.       Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar (bertanggung jawab, disiplin)
b.      Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan contoh-contoh bacaan Mad pada Surat-surat pilihan (bertanggung jawab, disiplin, kerja keras)
10 menit

Refleksi

Penugasan

Pertemuan Ke Empat
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
a.   Melakukan Appersepsi (Religius, disiplin)
b.   Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam
      Kegiatan pembelajaran ( Bertanggung jawab )
10 menit

Pemodelan
2
Kegiatan Inti
a.  Secara individu peserta didik membaca dan menelaah materi 
     tentang macam-macam bacaan Mad dan Waqaf (  Percaya diri, Ingin tahu )
b.  Secara perorangan peserta didik mencari
      bacaan waqaf dan washal dari ayat-ayat pilihan        (ingin tahu, kerja keras )
c.       Masing-masing peserta didik mempresentasikan hasil telaahnya tentang contoh bacaan waqaf dan washal ( bertanggung jawab, kerja keras )
d.      Guru memberikan penilian terhadap peserta didik serta mengklarifikasi hasil temuan peserta didik.( Bertanggung jawab)

70 menit

Inquire



Unjuk kerja
3
Penutup
a.  Guru bersama peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar(Bertanggung jawab, Religius, disiplin)   
b. Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan contoh-contoh bacaan waqaf dan washal  pada Surat-surat pilihan ( Bertanggung jawab, percaya diri, disiplin)
10 menit

Refleksi

Penugasan

H.    Alat /Sumber Belajar            :      a. Buku PAI kelas VIII
                                                        b.    Buku Tajwid’
                                                        c. Al  Qur’anul karim

I.       Penilaian                               : 
     1. Jenis tagihan                  :  - Ulangan harian
                                                - Tugas individu
     2. Tehnik                          :  - Ulangan harian
                                                - Tugas
     3. Bentuk instrumen            : - Uraian
                                                - Unjuk kerja
     4. Contoh instrumen Soal    : 
 
1.      Jelaskan macam-macam Mad !
2.      Jelaskan maca-macam Waqaf !
3.      Sebutkan tanda –tanda Waqaf !
4.      Tulislah contoh bacaan Mad Wajib Muttashil
5.      Tulislah contoh bacaan yang bertanda waqaf Lazim !
       5. Tes Unjuk Kerja !

Isilah kolom –kolom di bawah ini dengan Penggalan ayat yang mengandung bacaan Mad dari QS. Al Baqarah ayat 4- 10.
No
Lafaz
Bacaan
Keterangan











Isilah kolom –kolom di bawah ini dengan Penggalan ayat yang mengandung tanda Waqof dari QS. Al -Tiin
No
Lafaz
Bacaan
Keterangan











        6. Tugas !
            -   Carilah contoh hukum bacaan Mad dan tanda waqaf dari QS. Al Baqarah ayat 15 s/d 25
                di rumah


Mengetahui,
Kepala Sekolah


.............................................
NIP......................................
Demak, ............................

Guru PAI,


...............................................
NIP. .......................................