RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas : 8 / Genap
Alokasi Waktu : 4 X
Pertemuan (8 Jam Pelajaran)
A. Standar Kompetensi :
10. Menerapkan Hukum Bacaam Mad dan Waqaf
B.
Kompetensi Dasar :
10.1 Peserta didik menjelaskan
hukum bacaan mad dan waqof
10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqof
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3
Mempraktekkan bacaan bacaan mad
dan waqof dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an
1. Menjelaskan pengertian
hukum bacaan Mad
2.
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad
beserta contoh-contohnya
3.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Waqaf dan
bacaan Washal
4.
Menjelaskan macam-macam tanda waqaf dan
contohnya
5.
Menunjukkan contoh-contoh bacaan Mad pada
ayat-ayat pilihan
6.
Menunjukkan contoh hukum bacaan Waqaf pada
ayat-ayat pilihan
7.
Mempraktikkan cara membaca bacaan Mad pada
ayat-ayat pilihan
8.
Mempraktikkan cara membaca bacaan yang
diwaqafkan dan yang diwashalkan
pada ayat-ayat pilihan
9. Mempraktekkan bacaan mad
dan waqaf pada ayat- ayat pilihan
D. Tujuan Pembelajaran : Melalui proses pembelajaran ini
peserta didik dapat
1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad
2.
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad
beserta contoh-contohnya
3.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Waqaf dan
bacaan Washal
4.
Menjelaskan macam-macam tanda waqaf dan
contohnya
5.
Menunjukkan contoh-contoh bacaan Mad pada
ayat-ayat pilihan
6.
Menunjukkan contoh hukum bacaan Waqaf pada
ayat-ayat pilihan
7.
Mempraktikkan cara membaca bacaan Mad pada
ayat-ayat pilihan
8.
Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan
dan yang diwashalkan
pada ayat-ayat pilihan
9. Mempraktekkan bacaan mad
dan waqaf pada ayat- ayat pilihan
E.
Materi Pembelajaran : Hukum
bacaan Mad dan Waqaf
-
Pengertian Mad adalah : membaca panjang suatu
huruf lebih dari satu harakat.
-
Hukum bacaan Mad dibagi menjadi 2 yaitu Mad
Thabi’I ( mad asli ) dan mad Far’I ( cabang-cabang Mad ) seperti Mad Wajib
Muttashil., Mad Jaiz Munfashil, Mad ‘Aridl Lissukun dll.
-
Contoh Mad Thabi’I :
-
Contoh mad Wajib Muttashil :
-
Contoh Mad Jaiz Miunfashil :
-
Pengertian
Waqaf adalah : berhenti sejenak atau putus bunyi suara dan berganti nafas,
sedang Washal adalah cara membaca Al Qur’an dengan diteruskan ( sambung )
-
Macam-macam waqaf : Waqaf lazim, waqaf jaiz,
Waslu Uala dll.
F. Metode Pembelajaran : - Inguiri -Quitioning
-
Modeling - CTL
-
Learning community
G. Strategi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahulua
1. Melakukan
Appersepsi(Religius, disiplin )
2. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran(Hormat kepada guru
)
|
10
menit
|
Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
1. Secara
individu peserta didik membaca dan memahami materi tentang hukum bacaan Mad
beserta contoh-contohnya .( rasa ingin tahu)
2. Secara berkelompok peserta
didik mempresentasikan materi tentang bacaan Mad pada kelompok lain (kerja
keras, komunikatif, menghargai prestasi, toletasnsi, bertanggung jawab)
3. Secara individu Peserta didik menanyakan
hal-hal yang belum dimengerti ( rasa ingin tahu, kreatif )
|
70
menit
|
Inquire
Learning
community
Tanya jawab
|
3
|
Penutup
1. Guru bersama siswa mengadakan refleksi
terhadap proses dan hasil belajar (bertanggung jawab, disiplin )
2. Guru menugaskan Peserta didik untuk
meresum materi tentang bacaan Mad (Bertanggung jawab, disiplin )
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
Pertemuan
Ke Dua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
1. Melakukan
Appersepsi (Religius, disiplin)
2. Menjelaskan
Kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (Bertanggung jawab
)
3. Peserta didik
menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan Mad dan Waqaf ( rasa ingin
tahu, )
|
10
menit
|
Pemodelan
Tanya Jawab
|
2
|
Kegiatan Inti
1. Secara
individu peserta didik membaca materi tentang macam-macam Waqaf beserta
contohnya ( percaya diri , disiplin, gemar membaca
)
2. Secara
kelompok peserta didik menemukan dan menuliskan contoh hukum bacaan Waqaf
dalam ayat-ayat pilihan (disiplin, bertanggung jawab, demokratis)
3. Guru
memberikan penilaian pada masing-masing kelompok dan memberikan kesimpulan (
tanggung jawab, menghargai prestasi )
|
70
menit
|
Inquire
Learning
community
|
3
|
Penutup
1. Guru bersama peserta didik
mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar(tanggung jawab,
disiplin)
2. Guru memberikan tugas kepada peserta didik bersama kelompoknya untuk mencari bacaan Mad dan Waqof pada Surat
At Tin(bertanggung jawab)
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
Pertemuan Ke Tiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan
Appersepsi (Religius, disiplin, antusias )
b. Menjelaskan Kompetensi
yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran ( Bertanggung jawab )
|
10
menit
|
Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara
individu peserta didik membaca dan menelaah materi tentang
macam-macam bacaan Mad dan Waqaf ( percaya diri, Ingin tahu, gemar membaca)
b. Secara perorangan peserta didik mencari
bacaan mad dari ayat-ayat pilihan (kreatif, ingin tahu, kerja keras)
c. Masing-masing peserta didik mempresentasikan
hasil telaahnya tentang contoh bacaan Mad (kerja keras)
d. Guru memberikan penilian terhadap peserta
didik serta mengklarifikasi hasil temuan peserta didik (menghargai prestasi,
tanggung jawab )
|
70
menit
|
Inquire
Unjuk kerja
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama peserta didik mengadakan
refleksi terhadap proses dan hasil belajar (bertanggung jawab, disiplin)
b. Guru menugaskan peserta didik untuk
menuliskan contoh-contoh bacaan Mad pada Surat-surat pilihan (bertanggung
jawab, disiplin, kerja keras)
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
Pertemuan Ke Empat
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1
|
Pendahuluan
a. Melakukan Appersepsi (Religius, disiplin)
b. Menjelaskan Kompetensi yang harus dicapai dalam
Kegiatan pembelajaran ( Bertanggung
jawab )
|
10
menit
|
Pemodelan
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Secara individu peserta didik membaca dan menelaah materi
tentang macam-macam
bacaan Mad dan Waqaf ( Percaya diri,
Ingin tahu )
b. Secara perorangan peserta
didik mencari
bacaan waqaf dan
washal dari ayat-ayat pilihan (ingin
tahu, kerja keras )
c. Masing-masing peserta didik mempresentasikan
hasil telaahnya tentang contoh bacaan waqaf dan washal ( bertanggung jawab,
kerja keras )
d. Guru memberikan penilian terhadap peserta
didik serta mengklarifikasi hasil temuan peserta didik.( Bertanggung jawab)
|
70
menit
|
Inquire
Unjuk kerja
|
3
|
Penutup
a. Guru bersama peserta
didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar(Bertanggung
jawab, Religius, disiplin)
b. Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan contoh-contoh
bacaan waqaf dan washal pada
Surat-surat pilihan ( Bertanggung jawab, percaya diri, disiplin)
|
10
menit
|
Refleksi
Penugasan
|
H. Alat /Sumber Belajar : a. Buku PAI kelas VIII
b. Buku Tajwid’
c. Al
Qur’anul karim
I. Penilaian :
1. Jenis tagihan : - Ulangan
harian
- Tugas individu
2. Tehnik : - Ulangan harian
- Tugas
3. Bentuk instrumen : -
Uraian
- Unjuk kerja
4. Contoh instrumen Soal :
1. Jelaskan macam-macam Mad !
2. Jelaskan maca-macam Waqaf !
3. Sebutkan tanda –tanda Waqaf !
4. Tulislah contoh bacaan Mad Wajib Muttashil
5. Tulislah contoh bacaan yang bertanda waqaf
Lazim !
5. Tes Unjuk Kerja !
Isilah kolom –kolom di bawah ini dengan
Penggalan ayat yang mengandung bacaan Mad dari QS. Al Baqarah ayat 4- 10.
No
|
Lafaz
|
Bacaan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
Isilah kolom –kolom di bawah ini dengan
Penggalan ayat yang mengandung tanda Waqof dari QS. Al -Tiin
No
|
Lafaz
|
Bacaan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
6. Tugas !
-
Carilah contoh hukum bacaan Mad dan tanda waqaf dari QS. Al Baqarah ayat
15 s/d 25
di rumah
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.............................................
NIP......................................
|
Demak, ............................
Guru PAI,
...............................................
NIP.
.......................................
|