PEMETAAN SK/KD KLS IX



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IX / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Al-Quran dan Al-Hadits)
1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin




1.1 Membaca QS. at-Tin dengan tartil.




§  Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.


1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.


§  Mengartikan masing-masing kata dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.


1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.

§  Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS. at-Tin dengan benar.
§  Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS. at-Tin.

(Al-Quran dan Al-Hadits)
2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu
2.1 Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.


§  Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
§  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.


2.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.


§  Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang menuntut ilmu dengan benar.


2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.

§  Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits tentang menuntut ilmu.
§  Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam al-Hadits.
§  Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu seperti terdapat dalam al-Hadits.

(Aqidah)
3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir

3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
.



§  Menjelaskan pengertian hari akhir.
§  Menjelaskan nama-nama hari akhir.
§  Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan hari akhir.
§  Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
§  Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.


3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
.


§  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menegaskan iman kepada hari akhir.
§  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir.
§  Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.


3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.


§  Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§  Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§  Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.


(Akhlak)
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.



§  Menjelaskan pengertian qana'ah dan menyebutkan dalilnya.
§  Menjelaskan pengertian tasamuh dan menyebutkan dalilnya.

4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
.


§  Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah dalam kehidupan sehari-hari.
§  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.


4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.


§  Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan keluarga.
§  Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan sekolah.
§  Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam lingkungan masyarakat.

(Fiqih)
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan.


5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.



§  Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang baik dan benar.
§  Menunjukkan dalil naqli terkait dengan penyembelihan hewan.


5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.


§  Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban serta dasar hukumnya.
§  Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
§  Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan qurban.
§  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah dan qurban.


5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.


§  Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
§  Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.

(Fiqih):
6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah

6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah


§  Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta dasar hukumnya.
§  Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
§  Menjelaskan rukun dan wajib haji serta perbedaan antara keduanya.
§  Menjelaskan rukun umrah.
§  Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
§  Menjelaskan larangan-larangan pada waktu melaksanakan ibadah haji dan umrah.
§  Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah haji dan umrah.
§  Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan umrah.


6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah

§  Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
§  Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
§  Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara.



7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.





§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.


7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi

§  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
§  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sumatera.
§  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Sulawesi.
§  Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IX  / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Al-Quran dan Al-Hadits)
8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah




8.1 Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.



§  Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
§  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.


8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.


§  Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
§  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
§  Mengartikan masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
§  Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.


8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.


§  Menjelaskan makna yang terkandung dalam QS. al-Insyirah.
§  Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
§  Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
§  Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.

(Al-Quran dan Al-Hadits)
9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan


9.1 Membaca al-Hadits tentang kebersihan.




§  Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
§  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.


9.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan

§  Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
§  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.


9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits

§  Menjelaskan makna kebersihan seperti terkandung dalam al-Hadits.
§  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
§  Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

(Aqidah)
10. Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar

10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
.



§  Menjelaskan pengertian beriman kepada qadha dan qadar Allah.
§  Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman kepada qadha dan qadar Allah.
§  Menyebutkan perilaku yang menunjukkan beriman kepada qadha dan qadar Allah.


10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar

§  Menjelaskan pengertian qadha dan qadar Allah.
§  Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar Allah.
§  Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar Allah.


10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.


§  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
§  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami.
§  Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari yang belum pernah kita alami.


10.4 Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.


§  Menunjukkan beberapa ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
§  Mengartikan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
§  Menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

(Akhlak)
11. Menghindari perilaku tercela

11.1 Menyebutkan pengertian  takabur.



§  Menjelaskan pengertian takabur.
§  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan takabur.

11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 


§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap Allah Swt.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur terhadap sesama manusia.


11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari

§  Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah keluarga.
§  Menghindari perilaku takabur di lingkungan sekolah.
§  Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah masyarakat.

(Fiqih)
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah.


12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan  shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.



§  Menjelaskan pengertian shalat sunnah berjama’ah.
§  Menjelaskan pengertian shalat sunnah munfarid.
§  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.


12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan munfarid

§  Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah berjama’ah.
§  Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah munfarid.


12.3 Mempraktik-kan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari

§  Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
§  Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan qurban di depan kelas.

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.



13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam




§  Menjelaskan pengertian tentang seni budaya lokal.
§  Menjelaskan pengertian tentang tradisi Islam.
§  Menceritakan seni budaya lokal yang bernuansa Islami.


13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.


§  Memelajari tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
§  Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara yang bernuansa Islami.

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :