PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP ...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
IX / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Al-Quran dan
Al-Hadits)
1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin
|
1.1 Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
|
§
Membaca
potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
§
Membaca
keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
|
||
1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.
|
§ Mengartikan masing-masing kata dalam QS.
at-Tin dengan benar.
§ Mengartikan masing-masing ayat dalam QS.
at-Tin dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin
dengan benar.
|
|||
1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
§ Menjelaskan makna setiap ayat yang ada dalam QS.
at-Tin dengan benar.
§ Menjelaskan pesan-pesan pokok dari QS.
at-Tin.
|
|||
(Al-Quran dan
Al-Hadits)
2. Memahami ajaran
al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.1 Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
§ Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan benar.
§ Membaca keseluruhan al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
|
||
2.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
§ Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang
menuntut ilmu dengan benar.
|
|||
2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam
al-Hadits.
|
§ Menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Hadits
tentang menuntut ilmu.
§ Menjelaskan arti menuntut ilmu seperti yang
terkandung dalam al-Hadits.
§ Menjelaskan prinsip-prinsip menuntut ilmu
seperti terdapat dalam al-Hadits.
|
|||
(Aqidah)
3. Meningkatkan keimanan kepada
hari akhir
|
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
.
|
§ Menjelaskan pengertian hari akhir.
§ Menjelaskan nama-nama hari akhir.
§ Menjelaskan berbagai peristiwa terkait dengan
hari akhir.
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada hari
akhir
§ Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
||
3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang
berkaitan dengan hari akhir.
.
|
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang
menegaskan iman kepada hari akhir.
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang
menjelaskan tanda-tanda datangnya hari akhir.
§ Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang
menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi pada hari akhir.
|
|||
3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughra
dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
§ Menjelaskan pengertian kiamat sughra dan
tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§ Menjelaskan pengertian kiamat kubra dan
tanda-tandanya seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
§ Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan
kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
|
|||
(Akhlak)
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.
|
§ Menjelaskan pengertian qana'ah dan
menyebutkan dalilnya.
§ Menjelaskan pengertian tasamuh dan
menyebutkan dalilnya.
|
||
4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.
.
|
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku qana’ah
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku tasamuh
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam lingkungan sekolah.
§ Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh
dalam lingkungan masyarakat.
|
|||
(Fiqih)
5. Memahami hukum Islam tentang
penyembelihan hewan.
|
5.1 Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan.
|
§ Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan
dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan yang
baik dan benar.
§ Menunjukkan dalil naqli terkait dengan
penyembelihan hewan.
|
||
5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.
|
§ Menjelaskan pengertian aqiqah dan qurban
serta dasar hukumnya.
§ Menjelaskan syarat-syarat aqiqah dan qurban.
§ Menjelaskan perbedaan antara aqiqah dan
qurban.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan aqiqah
dan qurban.
|
|||
5.3 Memperagakan cara
penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.
|
§ Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
aqiqah dan qurban.
§ Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban di depan kelas.
|
|||
(Fiqih):
6. Memahami hukum Islam tentang haji
dan umrah
|
6.1 Menyebutkan pengertian dan
ketentuan haji dan umrah
|
§ Menjelaskan pengertian haji dan umrah serta
dasar hukumnya.
§ Menjelaskan syarat-syarat haji dan umrah.
§ Menjelaskan rukun dan wajib haji serta
perbedaan antara keduanya.
§ Menjelaskan rukun umrah.
§ Menjelaskan sunnah haji dan umrah.
§ Menjelaskan larangan-larangan pada waktu
melaksanakan ibadah haji dan umrah.
§ Menunjukkan dalil naqli terkait dengan ibadah
haji dan umrah.
§ Menjelaskan hikmah dan fungsi ibadah haji dan
umrah.
|
||
6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah
haji dan umrah
|
§ Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan ibadah
haji dan umrah.
§ Menjelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji
dan umrah.
§ Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan
umrah dengan melakukan manasik haji di sekolah.
|
|||
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
7. Memahami perkembangan
Islam di Nusantara.
|
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di
Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
|
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
|
||
7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa,
Sumatera, dan Sulawesi
|
§ Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa.
§ Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Sumatera.
§ Menceritakan beberapa kerajaan Islam di
Sulawesi.
§ Menceritakan beberapa kerajaan Islam di luar
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP ...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
IX / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Al-Quran dan
Al-Hadits)
8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah
|
8.1 Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan
tartil dan benar.
|
§ Membaca potongan-potongan ayat dalam QS.
al-Insyirah dengan benar.
§ Membaca keseluruhan ayat dalam QS.
al-Insyirah dengan tartil dan benar.
|
||
8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.
|
§ Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah
dengan benar.
§ Membaca keseluruhan ayat dalam QS.
al-Insyirah dengan tartil dan benar.
§ Mengartikan masing-masing kata dalam QS.
al-Insyirah dengan benar.
§ Mengartikan masing-masing ayat dalam QS.
al-Insyirah dengan benar.
§ Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS.
al-Insyirah dengan benar.
|
|||
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu
berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
§ Menjelaskan makna yang terkandung dalam QS.
al-Insyirah.
§ Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah
diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam
bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam
QS. al-Insyirah.
§ Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras
dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam
kehidupan sehari-hari.
|
|||
(Al-Quran dan
Al-Hadits)
9. Memahami ajaran
al-Hadits tentang kebersihan
|
9.1 Membaca al-Hadits tentang kebersihan.
|
§ Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
§ Membaca keseluruhan al-Hadits tentang
kebersihan dengan benar.
|
||
9.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan
|
§ Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
§
Mengartikan
keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
|
|||
9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits
|
§ Menjelaskan makna kebersihan seperti
terkandung dalam al-Hadits.
§ Menampilkan perilaku bersih seperti dalam
al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
§ Menampilkan perilaku bersih seperti dalam
al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
|
|||
(Aqidah)
10. Meningkatkan keimanan kepada
qadha dan qadar
|
10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha
dan qadar.
.
|
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada qadha
dan qadar Allah.
§ Menyebutkan ciri-ciri seseorang telah beriman
kepada qadha dan qadar Allah.
§ Menyebutkan perilaku yang menunjukkan beriman
kepada qadha dan qadar Allah.
|
||
10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar
|
§ Menjelaskan pengertian qadha dan qadar Allah.
§ Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar
Allah.
§ Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar
Allah.
|
|||
10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam
kehidupan sehari-hari.
|
§ Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
§ Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami.
§ Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar
dalam kehidupan sehari-hari yang belum pernah kita alami.
|
|||
10.4 Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan qadha dan qadar.
|
§ Menunjukkan beberapa ayat al-Quran yang
berkaitan dengan qadha dan qadar.
§ Mengartikan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan qadha dan qadar.
§ Menyimpulkan isi kandungan ayat-ayat al-Quran
yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
|||
(Akhlak)
11. Menghindari perilaku tercela
|
11.1 Menyebutkan pengertian takabur.
|
§ Menjelaskan pengertian takabur.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan
takabur.
|
||
11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
|
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur
terhadap Allah Swt.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur
terhadap sesama manusia.
|
|||
11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah
keluarga.
§ Menghindari perilaku takabur di lingkungan
sekolah.
§ Menghindari perilaku takabur di tengah-tengah
masyarakat.
|
|||
(Fiqih)
12. Memahami tatacara berbagai
shalat sunnah.
|
12.1 Menyebutkan pengertian dan
ketentuan shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid.
|
§ Menjelaskan pengertian shalat sunnah
berjama’ah.
§ Menjelaskan pengertian shalat sunnah
munfarid.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan shalat
sunnah berjama’ah dan munfarid.
|
||
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid
|
§ Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah
berjama’ah.
§ Menyebutkan contoh-contoh shalat sunnah
munfarid.
|
|||
12.3 Mempraktik-kan shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan
aqiqah dan qurban.
§ Memperagakan penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban di depan kelas.
|
|||
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.
|
13.1 Menceritakan seni budaya lokal
sebagai bagian dari tradisi Islam
|
§ Menjelaskan pengertian tentang seni budaya
lokal.
§ Menjelaskan pengertian tentang tradisi Islam.
§ Menceritakan seni budaya lokal yang bernuansa
Islami.
|
||
13.2 Memberikan apresiasi terhadap
tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
§ Memelajari tradisi dan upacara adat kesukuan
Nusantara.
§ Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan
upacara adat kesukuan Nusantara yang bernuansa Islami.
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|