PEMETAAN SK/KD KLS VIII



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VIII  / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Menerapkan hukum bacaan qalqalah  dan ra




1.1 Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra.
.



§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.


1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar

§  Membaca bacaan qalqalah dengan benar.
§  Membaca bacaan ra tebal dengan benar.
§  Membaca bacaan ra tipis dengan benar.
§  Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§  Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.

(Aqidah)
2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah

2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
.



§  Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.
§  Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah.


2.2 Menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul..


§  Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya.
§  Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.
§  Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.


2.3 Menampilkan sikap mencintai al-Quran sebagai Kitab Allah

§  Menjelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah terakhir dan terlengkap.
§  Menjelaskan keistimewaan al-Quran atas Kitab-kitab Allah yang lain.
§  Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal


§  Menjelaskan pengertian zuhud dan menyebutkan dalilnya.
§  Menjelaskan pengertian tawakkal dan menyebutkan dalilnya.


3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal.


§  Menunjukkan contoh-contoh perilaku zuhud dalam kehidupan sehari-hari.
§  Menunjukkan contoh-contoh perilaku tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.


3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.

§  Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan keluarga.
§  Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan sekolah.
§  Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan masyarakat.

(Akhlak)
4. Menghindari perilaku tercela




4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah


§  Menjelaskan pengertian ananiah dan bahayanya.
§  Menjelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya.
§  Menjelaskan pengertian hasad dan bahayanya.
§  Menjelaskan pengertian ghibah dan bahayanya.
§  Menjelaskan pengertian namimah dan bahayanya.
§  6.  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah

§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghadhab.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghibah.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku namimah


4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.


§  Menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
§  Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
§  Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§  Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

(Fiqih)
5. Mengenal tatacara shalat sunnat

5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.



§  Menjelaskan pengertian shalat sunnat rawatib dan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan macam-macam shalat sunnat rawatib.
§  Menyebutkan dalil naqli tentang shalat sunnat rawatib.


5.2 Mempraktik-kan shalat sunnat rawatib

§  Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.
§  Mempraktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah.

 (Fiqih):
6. Memahami macam-macam sujud

6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. 



§  Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian sujud tilawah dan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.


6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

§  Menjelaskan tatacara sujud syukur.
§  Menjelaskan tatacara sujud sahwi.
§  Menjelaskan tatacara sujud tilawah.


6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.


§  Mempraktikkan sujud syukur di sekolah.
§  Mempraktikkan sujud sahwi di sekolah.
§  Mempraktikkan sujud tilawah di sekolah.

 (Fiqih):
7. Memahami tatacara puasa
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib

§  Menjelaskan pengertian puasa wajib dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan puasa wajib.
§  Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib.
§  Menjelaskan macam-macam puasa wajib.
§  Menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa.
§  Menjelaskan orang-orang yang boleh tidak melakukan puasa Ramadlan.


7.2 Mempraktik-kan puasa wajib

§  Menjelaskan tatacara melaksanakan puasa wajib.
§  Mempraktikkan puasa wajib.


7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.


§  Menjelaskan pengertian puasa sunnah Senin-Kamis dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian puasa sunnah Syawal dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian puasa sunnah Arafah dan dasar hukumnya.


7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.

§  Menjelaskan tatacara puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
§  Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah pada waktunya.

(Fiqih):
8. Memahami zakat
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.


§  Menjelaskan pengertian zakat dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan macam-macam zakat.
§  Menjelaskan syarat mengeluarkan zakat.
§  Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat.
§  Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.
§  Menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal.


8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.


§  Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.
§  Menjelaskan ketentuan zakat mal.
§  Menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal.


8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.


§  Menunjukkan dalil naqli tentang orang yang berhak meneriman zakat.
§  Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah.
§  Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat mal.


8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal

§  Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat fitrah di sekolah.
§  Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat mal di sekolah.

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
9. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.



9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.




§  Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Makkah.
§  Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di Madinah.


9.2 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah.


§  Menjelaskan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah.
§  Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah dalam kehidupan kemasyarakatan di Indonesia.

Jumlah


Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VIII / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
10. Menerapkan hukum bacaaan Mad dan Waqaf




10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf.
.
.



§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf dan contoh-contohnya.


10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.


§  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
§  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.


10.3 Mempraktik-kan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran

§  Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.
§  Mempraktikkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
§  Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat QS. al-Baqarah.

(Aqidah)
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah

2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
.


§  Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
§  Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.


11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.


§  Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
§  Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.
§  Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaannya.


11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.


§  Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
§  Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam beribadah.
§  Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam bermuamalah.

(Akhlak)
12. Membiasakan perilaku terpuji

12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.



§  Menjelaskan tatacara makan yang benar.
§  Menjelaskan tatacara minum yang benar.
§  Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum.

12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.


§  Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan yang salah.
§  Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah.


12.3 Mempraktik-kan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.


§  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
§  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§  Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

(Akhlak)
13. Menghindari perilaku tercela




13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.



§  Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
§  Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
§  Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.
§  Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.

13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.


§  Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
§  Menjelaskan ciri-ciri munafik.


13.3 Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.


§  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
§  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.
§  Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.

(Fiqih)
14. Memahami hukum Islam  tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.


14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.



§  Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.
§  Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
§  Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
§  Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan haram dimakan.


14.2 Menghin-dari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.


§  Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam lingkungan keluarga.
§  Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar lingkungan keluarga.

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
15. Memahami sejarah dakwah Islam.



  15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.





§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
§  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.


15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah

§  Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah.
§  Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah.

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :