PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP ...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VIII / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Menerapkan hukum bacaan
qalqalah dan ra
|
1.1 Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra.
.
|
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan qalqalah.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan ra.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
|
||
1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat
al-Quran dengan benar
|
§
Membaca
bacaan qalqalah dengan benar.
§
Membaca
bacaan ra tebal dengan benar.
§
Membaca
bacaan ra tipis dengan benar.
§
Menerapkan
hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§
Menerapkan
hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
|||
(Aqidah)
2. Meningkatkan keimanan kepada
kitab-kitab Allah
|
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada
kitab-kitab Allah.
.
|
§ Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah.
§ Menjelaskan pengertian iman kepada
kitab-kitab Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait
dengan iman kepada kitab-kitab Allah.
|
||
2.2 Menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah yang
diturunkan kepada para Rasul..
|
§ Menyebutkan nama-nama kitab Allah beserta
para Rasul yang menerimanya.
§ Menyebutkan shuhuf-shuhuf yang diturunkan
kepada para nabi dan rasul.
§ Menyebutkan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
|
|||
2.3 Menampilkan sikap mencintai al-Quran sebagai
Kitab Allah
|
§ Menjelaskan al-Quran sebagai Kitab Allah
terakhir dan terlengkap.
§ Menjelaskan keistimewaan al-Quran atas
Kitab-kitab Allah yang lain.
§ Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan
pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
(Akhlak)
3. Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Menjelaskan pengertian
zuhud dan tawakal
|
§ Menjelaskan pengertian zuhud dan menyebutkan
dalilnya.
§ Menjelaskan pengertian tawakkal dan
menyebutkan dalilnya.
|
||
3.2 Menampilkan contoh perilaku
zuhud dan tawakal.
|
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku zuhud
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku tawakkal
dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
3.3
Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam
lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam
lingkungan sekolah.
§ Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam
lingkungan masyarakat.
|
|||
(Akhlak)
4. Menghindari perilaku tercela
|
4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab,
hasad, ghibah, dan namimah
|
§ Menjelaskan pengertian ananiah dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian ghadhab dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian hasad dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian ghibah dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian namimah dan bahayanya.
§ 6.
Menyebutkan dalil naqli terkait dengan ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah.
|
||
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah,
ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah
|
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghadhab.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ghibah.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku namimah
|
|||
4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Menghindari hal-hal yang mengarah pada
perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
§ Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
§ Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad,
ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
|||
(Fiqih)
5. Mengenal tatacara shalat
sunnat
|
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.
|
§ Menjelaskan pengertian shalat sunnat rawatib
dan dasar hukumnya.
§ Menyebutkan macam-macam shalat sunnat
rawatib.
§ Menyebutkan dalil naqli tentang shalat sunnat
rawatib.
|
||
5.2 Mempraktik-kan shalat sunnat rawatib
|
§ Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar
hukumnya.
§ Mempraktikkan shalat sunnat rawatib di sekolah.
|
|||
(Fiqih):
6. Memahami macam-macam sujud
|
6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi,
dan sujud tilawah.
|
§ Menjelaskan pengertian sujud syukur dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian sujud sahwi dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian sujud tilawah dan
dasar hukumnya.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan sujud
syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
|
||
6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan
sujud tilawah
|
§ Menjelaskan tatacara sujud syukur.
§ Menjelaskan tatacara sujud sahwi.
§ Menjelaskan tatacara sujud tilawah.
|
|||
6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah.
|
§ Mempraktikkan sujud syukur di sekolah.
§ Mempraktikkan sujud sahwi di sekolah.
§ Mempraktikkan sujud tilawah di sekolah.
|
|||
(Fiqih):
7. Memahami tatacara puasa
|
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib
|
§ Menjelaskan pengertian puasa wajib dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan puasa
wajib.
§ Menjelaskan rukun-rukun puasa wajib.
§ Menjelaskan macam-macam puasa wajib.
§ Menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa.
§ Menjelaskan orang-orang yang boleh tidak
melakukan puasa Ramadlan.
|
||
7.2 Mempraktik-kan puasa wajib
|
§ Menjelaskan tatacara melaksanakan puasa
wajib.
§ Mempraktikkan puasa wajib.
|
|||
7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis,
Syawal, dan Arafah.
|
§ Menjelaskan pengertian puasa sunnah
Senin-Kamis dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian puasa sunnah Syawal
dan dasar hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian puasa sunnah Arafah
dan dasar hukumnya.
|
|||
7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan
Arafah.
|
§ Menjelaskan tatacara puasa sunnah
Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
§ Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis,
Syawal, dan Arafah pada waktunya.
|
|||
(Fiqih):
8. Memahami zakat
|
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
|
§ Menjelaskan pengertian zakat dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan macam-macam zakat.
§ Menjelaskan syarat mengeluarkan zakat.
§ Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat.
§ Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.
§ Menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat
fitrah dan zakat mal.
|
||
8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.
|
§ Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.
§ Menjelaskan ketentuan zakat mal.
§ Menjelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan
zakat mal.
|
|||
8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah
dan zakat mal.
|
§ Menunjukkan dalil naqli tentang orang yang
berhak meneriman zakat.
§ Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
fitrah.
§ Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
mal.
|
|||
8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat
mal
|
§
Mendemonstrasikan
praktik pelaksanaan zakat fitrah di sekolah.
§ Mendemonstrasikan praktik pelaksanaan zakat
mal di sekolah.
|
|||
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
9. Memahami sejarah Nabi
Muhammad Saw.
|
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
|
§ Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw.
dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di
Makkah.
§ Menceritakan perjalanan Nabi Muhammad Saw.
dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di
Madinah.
|
||
9.2 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan
para sahabat di Madinah.
|
§ Menjelaskan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan
para sahabat dalam membangun masyarakat madani di Madinah.
§ Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan
para sahabat di Madinah dalam kehidupan kemasyarakatan di Indonesia.
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP ...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VIII / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
10. Menerapkan hukum bacaaan Mad
dan Waqaf
|
10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf.
.
.
|
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan Mad.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mad dan contoh-contohnya.
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan waqaf dan washal.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan waqaf
dan contoh-contohnya.
|
||
10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf
dalam bacaan surat-surat al-Quran.
|
§
Menunjukkan
beberapa contoh hukum bacaan mad dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Kafirun.
§
Menunjukkan
beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam QS. al-Fatihah dan QS. al-Ikhlash.
|
|||
10.3 Mempraktik-kan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan
surat-surat Al-Quran
|
§ Mempraktikkan cara membaca bacaan mad.
§ Mempraktikkan cara membaca bacaan yang
diwaqafkan dan yang diwashalkan.
§ Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam
ayat-ayat QS. al-Baqarah.
|
|||
(Aqidah)
11. Meningkatkan keimanan kepada
Rasul Allah
|
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada
kitab-kitab Allah.
.
|
§ Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
§ Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul
Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait
dengan iman kepada Rasul Allah.
|
||
11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul
Allah.
|
§ Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
§ Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan Rasul Allah.
§ Menyebutkan para Nabi yang termasuk Ulul Azmi
dan menjelaskan keistimewaannya.
|
|||
11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.
|
§ Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat
Rasulullah Saw.
§ Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam
beribadah.
§ Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw. dalam
bermuamalah.
|
|||
(Akhlak)
12. Membiasakan perilaku terpuji
|
12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.
|
§ Menjelaskan tatacara makan yang benar.
§ Menjelaskan tatacara minum yang benar.
§ Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan
dan minum.
|
||
12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.
|
§ Menunjukkan contoh cara makan yang benar dan
yang salah.
§ Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan
yang salah.
|
|||
12.3 Mempraktik-kan adab makan dan minum dalam
kehidupan sehari-hari.
|
§ Mempraktikkan adab makan dan minum dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
§ Mempraktikkan adab makan dan minum dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Mempraktikkan adab makan dan minum dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
|||
(Akhlak)
13. Menghindari perilaku tercela
|
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan
munafik.
|
§ Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
§ Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
§ Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan
dendam.
§ Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan
munafik.
|
||
13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.
|
§ Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
§ Menjelaskan ciri-ciri munafik.
|
|||
13.3 Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
§ Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan sekolah.
§ Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyarakat.
|
|||
(Fiqih)
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.
|
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan
haram dimakan.
|
§ Menjelaskan pengertian makanan halal dan
haram.
§ Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal
dimakan.
§ Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram
dimakan.
§ Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait
dengan hewan yang halal dan haram dimakan.
|
||
14.2 Menghin-dari makanan yang bersumber dari
binatang yang diharamkan.
|
§ Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang
haram dimakan dalam lingkungan keluarga.
§ Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang
haram dimakan di luar lingkungan keluarga.
|
|||
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
15. Memahami sejarah
dakwah Islam.
|
15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.
|
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
§ Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
|
||
15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan
Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah
|
§ Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran
mereka pada masa Bani Umayyah.
§ Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran
mereka pada masa Bani Abbasiyah.
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|