PEMETAAN SK/KD KLS VII



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VII  / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
1. Menerapkan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah



1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah

§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al”  Syamsiyah
§  Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
§  Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
§  Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah


1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.


§  Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
§  Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
§  Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.


1.3 Menerapkan bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.


§  Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.
§  Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.

(Aqidah)
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya

2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.



§  Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
§  Membaca ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
§  Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).


2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.


§  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
§  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
§  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).


2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt.


§  Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.


2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.


§  Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal.
§  Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah.
§  Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.

(Akhlak)
3. Memahami Asmaul Husna
3.1  Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.

§  Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
§  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).

3.2  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.


§  Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
§  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.
§  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.
§  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.

(Akhlak)
4.  Membiasakan perilaku terpuji





4.1 Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar


§  Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya.
§  Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya.
§  Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya.
§  Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya.

4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar

§  Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.
§  Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.
§  Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.
§  Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar.


4.3  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar

§  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga.
§  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah.
§  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat.

(Fiqih)
5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah  (bersuci)


5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum



§  Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.
§  Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.
§  Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.
§  Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum.


5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib

§  Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib.
§  Menjelaskan tatacara mandi wajib.
§  Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat.


5.3 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis

§  Menjelasakan pengertian hadas dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya.
§  Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya.
§  Menyebutkan perbedaan antara hadas dan najis.

(Fiqih):
6. Memahami tatacara shalat wajib

6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.



§  Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan syarat-syarat shalat.
§  Menyebutkan rukun-rukun shalat.
§  Menyebutkan sunnah-sunnah shalat.
§  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.


6.2 Mempraktikkan shalat wajib.


§  Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib).
§  Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.
§  Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat.
§  Mempraktikkan shalat wajib secara benar.

(Fiqih):
 7. Memahami tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).


7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).



§  Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian shalat munfarid.
§  Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid.
§  Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
§  Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah.


7.2 Mempraktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).


§  Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.
§  Menjelaskan tatacara shalat munfarid.
§  Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.
§  Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.



8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw




§  Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.
§  Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.
§  Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
§  Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
§  Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.


8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa

§  Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. khusus untuk umat Islam.
§  Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.

Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : VII  / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
(Alquran)
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/ tanwin  dan mim mati



9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.


§  Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin.
§  Menjelaskan pengertian mim mati.
§  Menyebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.


9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim.


§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim mati.
§  Menjelaskan perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.


9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.



§  Mencari hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. al-Qadar.
§  Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan benar.
§  Mencari hukum bacaan mim mati dalam QS. al-Fil.
§  Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang mengandung bacaan mim mati dengan benar.

(Aqidah)
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat

10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
.



§  Menjelaskan pengertian malaikat Allah.
§  Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang malaikat Allah.
§  Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan, dan iblis.
§  Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Allah.


10.2 Menjelaskan  tugas-tugas Malaikat..


§  Menjelaskan jumlah dan nama-nama malaikat Allah.
§  Menjelaskan tugas-tugas malaikat Allah.
§  Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat Allah dengan perbuatan manusia.

(Akhlak)
11. Membiasakan perilaku terpuji
11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

§  Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya.
§  Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya.
§  Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya.
§  Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.


§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.


11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

§  Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.
§  Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.
§  Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.

(Fiqih)
12. Memahami tatacara shalat Jum’at





12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at


§  Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
§  Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan shalat Jum’at.
§  Menyebutkan beberapa halangan melaksanakan shalat Jum’at.

12.2  Mempraktik-kan shalat Jum’at.

§  Menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
§  Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.
§  Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid.

(Fiqih)
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar

13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qasar


§  Menjelaskan pengertian shalat jama’ dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian shalat qashar dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan shalat jama’ dan qashar.
§  Menyebutkan macam-macam shalat yang bisa di jama’ dan diqashar.


13.2 Mempraktik-kan shalat jama’ dan qashar

§  Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat jama’.
§  Menjelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.
§  Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar di sekolah.

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.



14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat




§  Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk menyempurnakan akhlak mulia.
§  Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. untuk membangun manusia yang mulia dan bermanfaat.


14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat

§  Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta.
§  Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw. sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.


14.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.


§  Menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
§  Menceritakan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
§  Meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



(_______________________)
NIP :