PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP ...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VII / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
1. Menerapkan hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
|
1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah
|
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
§
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
§
Menjelaskan
pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
§ Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al”
Qamariyah
|
||
1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
§
Menyebutkan
ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
§
Menyebutkan
ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
§ Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
|||
1.3 Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
§ Menelaah hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.
§ Menelaah hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
|
|||
(Aqidah)
2. Meningkatkan
keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
|
2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan sifat- sifat Allah.
|
§ Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan sifat nafsiyah (Wujud).
§ Membaca ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan
dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu
binafsih, dan Wahdaniyyah).
§ Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan
Kalam).
|
||
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang
berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.
|
§ Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan sifat nafsiyah (Wujud).
§ Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang
berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits,
Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
§ Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang
berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’,
Bashar, dan Kalam).
|
|||
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt.
|
§ Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui
fenomena alam semesta.
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui
ciptaan-ciptaan-Nya.
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui
dalil naqli.
|
|||
2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan
akan sifat-sifat Allah Swt.
|
§ Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara
bertawakkal.
§ Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan
karunia Allah.
§ Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak
berbuat kerusakan di muka bumi.
|
|||
(Akhlak)
3. Memahami Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan arti
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
|
§ Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
§ Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang
berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar,
Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
|
||
3.2 Mengamalkan isi
kandungan 10 Asmaul Husna.
|
§ Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
§ Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.
§ Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.
§ Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.
|
|||
(Akhlak)
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian
tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar
|
§ Menjelaskan pengertian tawadlu dan
menunjukkan dalil naqlinya.
§ Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan
dalil naqlinya.
§ Menjelaskan pengertian qana’ah dan
menunjukkan dalil naqlinya.
§ Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan
dalil naqlinya.
|
||
4.2 Menampilkan contoh-contoh
perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar
|
§ Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.
§ Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.
§ Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.
§
Menampilkan
contoh-contoh perilaku sabar.
|
|||
4.3
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar
|
§ Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah,
dan sabar dalam lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah,
dan sabar dalam lingkungan sekolah.
§ Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah,
dan sabar dalam lingkungan masyarakat.
|
|||
(Fiqih)
5. Memahami
ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci)
|
5.1 Menjelaskan
ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum
|
§ Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar
hukumnya.
§ Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu
dan tayammum.
§ Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.
§ Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.
§
Menyebutkan
perbedaan antara wudlu dan tayammum.
|
||
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
mandi wajib
|
§ Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar
hukumnya.
§ Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi
wajib.
§ Menjelaskan tatacara mandi wajib.
§
Mendemonstrasikan
mandi wajib secara singkat.
|
|||
5.3 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis
|
§ Menjelasakan pengertian hadas dan najis serta
menunjukkan dasar hukumnya.
§ Menyebutkan macam-macam hadas dan cara
mensucikannya.
§ Menyebutkan macam-macam najis dan cara
mensucikannya.
§ Menyebutkan perbedaan antara hadas dan najis.
|
|||
(Fiqih):
6. Memahami tatacara shalat wajib
|
6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.
|
§ Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar
hukumnya.
§ Menyebutkan syarat-syarat shalat.
§ Menyebutkan rukun-rukun shalat.
§ Menyebutkan sunnah-sunnah shalat.
§ Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.
|
||
6.2 Mempraktikkan shalat wajib.
|
§ Menjelaskan tatacara shalat wajib secara
berurutan (tertib).
§ Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.
§ Memperagakan bagian-bagian dari gerakan
shalat.
§ Mempraktikkan shalat wajib secara benar.
|
|||
(Fiqih):
7. Memahami
tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
|
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid
(sendiri).
|
§ Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan
dasar hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian shalat munfarid.
§ Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas
shalat munfarid.
§ Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat
berjama’ah.
§ Menjelaskan halangan-halangan shalat
berjama’ah.
|
||
7.2 Mempraktikkan shalat jama’ah dan
shalat munfarid (sendiri).
|
§ Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.
§ Menjelaskan tatacara shalat munfarid.
§ Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.
§ Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.
|
|||
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
8.
Memahami sejarah Nabi
Muhammad Saw.
|
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw
|
§ Menjelaskan berbagai peristiwa yang
melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.
§ Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad
Saw.
§ Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad
Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
§ Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam
mendakwahkan Islam di Makkah.
§ Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam
mendakwahkan Islam di Madinah.
|
||
8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua
manusia dan bangsa
|
§ Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw.
khusus untuk umat Islam.
§ Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw.
untuk semua manusia dan bangsa.
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VII / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
(Alquran)
9. Menerapkan hukum bacaan nun
mati/ tanwin dan mim mati
|
9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
§
Menjelaskan
pengertian nun mati/tanwin.
§
Menjelaskan
pengertian mim mati.
§
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
||
9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim.
|
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan nun mati/tanwin.
§
Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mim mati.
§
Menjelaskan
perbedaan antara hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
|
|||
9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat
al-Qur’an dengan benar.
|
§ Mencari hukum bacaan nun mati/tanwin dalam
QS. al-Qadar.
§ Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Qadar yang
mengandung bacaan nun mati/tanwin dengan benar.
§ Mencari hukum bacaan mim mati dalam QS.
al-Fil.
§ Membaca ayat-ayat dalam QS. al-Fil yang
mengandung bacaan mim mati dengan benar.
|
|||
(Aqidah)
10. Meningkatkan keimanan kepada
Malaikat
|
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
.
|
§ Menjelaskan pengertian malaikat Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang
malaikat Allah.
§ Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan,
dan iblis.
§ Menjelaskan arti beriman kepada malaikat
Allah.
|
||
10.2 Menjelaskan
tugas-tugas Malaikat..
|
§ Menjelaskan jumlah dan nama-nama malaikat
Allah.
§ Menjelaskan tugas-tugas malaikat Allah.
§ Menjelaskan keterkaitan tugas malaikat Allah
dengan perbuatan manusia.
|
|||
(Akhlak)
11. Membiasakan perilaku terpuji
|
11.1 Menjelaskan arti kerja
keras, tekun, ulet, dan teliti
|
§ Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan
dalilnya.
§ Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan
dalilnya.
§ Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan
dalilnya.
§ Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan
dalilnya.
|
||
11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras,
tekun, ulet, dan teliti.
|
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja
keras.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku tekun.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku ulet.
§ Menyebutkan contoh-contoh perilaku teliti.
|
|||
11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun,
ulet, dan teliti
|
§ Membiasakan perilaku kerja keras, tekun,
ulet, dan teliti dalam lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku kerja keras, tekun,
ulet, dan teliti dalam lingkungan sekolah.
§ Membiasakan perilaku kerja keras, tekun,
ulet, dan teliti dalam lingkungan masyarakat.
|
|||
(Fiqih)
12. Memahami
tatacara shalat Jum’at
|
12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat
Jum’at
|
§ Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan
dasar hukumnya.
§ Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
§ Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait
dengan shalat Jum’at.
§ Menyebutkan beberapa halangan melaksanakan
shalat Jum’at.
|
||
12.2 Mempraktik-kan shalat Jum’at.
|
§ Menyebutkan beberapa persiapan untuk
melaksanakan shalat Jum’at.
§ Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.
§ Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di
masjid.
|
|||
(Fiqih)
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan
qashar
|
13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qasar
|
§ Menjelaskan pengertian shalat jama’ dan dasar
hukumnya.
§ Menjelaskan pengertian shalat qashar dan
dasar hukumnya.
§ Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan shalat
jama’ dan qashar.
§ Menyebutkan macam-macam shalat yang bisa di
jama’ dan diqashar.
|
||
13.2 Mempraktik-kan shalat jama’ dan qashar
|
§ Menjelaskan bentuk-bentuk pelaksanaan shalat
jama’.
§ Menjelaskan tatacara shalat jama’ dan qashar.
§ Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar di
sekolah.
|
|||
(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
14. Memahami sejarah Nabi
Muhammad Saw.
|
14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk
menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
|
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw.
untuk menyempurnakan akhlak mulia.
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw.
untuk membangun manusia yang mulia dan bermanfaat.
|
||
14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta,
pembawa kedamaian, kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat
|
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw.
sebagai rahmat bagi alam semesta.
§ Menjelaskan misi kerasulan Muhammad Saw.
sebagai pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
|||
14.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
|
§ Menceritakan perjuangan Nabi Muhammad Saw.
dalam menghadapi masyarakat Makkah.
§ Menceritakan perjuangan para sahabat Nabi
Muhammad Saw. dalam menghadapi masyarakat Makkah.
§ Meneladani perilaku Nabi Muhammad Saw. dan
para sahabat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP :
|