RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX HAJI dan UMROH
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP KD. 9 (FQIH-2)
Nama Sekolah
: SMP ......................
Mata Pelajaran
: PAI-BP
Kelas/Semester
: IX/ 1
Materi Pokok
: HAJI dan UMROH
Alokasi Waktu
: 3x3 JP
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, ketentuantual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.9 Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah
adalah perintah Allah Swt.
|
a.
mematuhi
pelaksanaan ibadah haji dan umroh
b.
menyenangi
ibadah haji dan umroh sebagai perintah agama
|
2.9 Menunjukkan perilaku menjaga
solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
membiasakan
perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
b.
menampilkan
perilaku menjaga ukhuwah antar umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
3.9 Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah
|
a. Menjelaskan pengertian haji dan umroh
b. Menunjukan dalil Naqli tentang haji dan umroh
c. Menjelaskan perbedaan haji dan umroh
d. Menjelaskan syarat wajib haji
e. Menjelaskan rukun-rukun haji
f.
Menjelaskan wajib haji
g. Menjelaskan sunah-sunah haji
h. Menjelaskan
macam-macam haji hubungannya dengan umroh
i.
Menjelaskan hikmah pelaksanaan
ibadah haji dan umroh
|
4.9 Mempraktikkan manasik haji
|
a.
Mendemonstrasikan ibadah haji
dalam bentuk cerita bergambar
b.
Mempraktikkan manasik haji
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama:
Setelah melalui kegiatan
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi
pelaksanaan ibadah haji dan umroh
2.
menyenangi
ibadah haji dan umroh sebagai perintah agama
3.
membiasakan
perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
4.
menampilkan
perilaku menjaga ukhuwah antar umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
5.
menjelaskan
pengertian haji dan umroh
6.
menunjukan
dalil Naqli tentang haji dan umroh
7.
menjelaskan
perbedaan haji dan umroh
8.
menjelaskan
syarat wajib haji
9.
menjelaskan
rukun-rukun haji
10.
menjelaskan
wajib haji
11.
menjelaskan
sunah-sunah haji
Pertemuan Kedua dan
Ketiga:
Setelah melalui kegiatan
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi
pelaksanaan ibadah haji dan umroh
2.
menyenangi
ibadah haji dan umroh sebagai perintah agama
3.
membiasakan
perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
4.
menampilkan
perilaku menjaga ukhuwah antar umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
5.
menjelaskan
macam-macam haji hubungannya dengan umroh
6.
menjelaskan
hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umroh
7.
mendemonstrasikan
ibadah haji dalam bentuk cerita bergambar
8.
mempraktikkan
manasik haji
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Materi
Reguler
a.
pengertian zakat
b.
dasar hukum
zakat
c.
macam-macam zakat
d.
syarat mengeluarkan zakat
e.
waktu mengeluarkan zakat
f.
jenis harta yang wajib dizakati
g. dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat
h.
ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
i.
perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
j.
cara menghitung zakat
k. zakat
di sekolah atau di rumah
l.
hikmah zakat
2. Materi
Reguler
a. Sosiologi
zakat (Zakat ditinjau dari ilmu sosiologi)
3. Materi
Reguler
a.
pengertian zakat
b.
dasar hukum
zakat
c.
macam-macam zakat
d.
syarat mengeluarkan zakat
e.
waktu mengeluarkan zakat
f.
jenis harta yang wajib dizakati
g. dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat
h.
ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
i.
perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
j.
cara menghitung zakat
k. zakat
di sekolah atau di rumah
l.
hikmah zakat
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan adalah
metode ilmiah (saintifik).
F.
MEDIA
DAN BAHAN
1.
Media
a. Presentasi Power Point
b.
Video pembelajaran/Film tentang
salat sunah
c.
Laptop/Komputer
d. LCD
Projector
e.
White Board/Black Board
f.
Gunting/ cutter
2.
Bahan
a.
Pensil/ Spidol.
b.
Kertas
c.
CD/Flash Disk
d.
Bahan-bahan lainnya.
G.
SUMBER
BELAJAR
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 55).
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 44).
3. Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2)
Guru memerhatikan kesiapan peserta
didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
3)
Peserta didik secara bersama-sama
membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi haji dan
umroh dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
4)
Guru mengecek penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab
singkat tentang kompetensi tersebut.
5)
Guru menginformasikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu kompetensi tentang haji dan umroh dan menunjukkan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar peserta didik mampu
mendeskripsikan haji dan umroh.
6)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ketentuan tentang haji dan
umroh.
7)
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian
keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (90
menit)
1) Mengamati:
a)
Peserta didik bersama-sama mengamati
gambar-gambar tentang haji dan umroh di buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) halaman 56-58 dan
buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film tentang pelaksanaan
berbagai haji dan umroh baik yang berjamaah atau sendirian.
b) Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang haji dan umroh seperti yang
ditayangkan melalui film/video.
2) Menanya:
a) Peserta
didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan haji dan umroh, menyangkut pengertian, macam-macam haji dan umroh, dalil naqli haji dan umroh. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.
b) Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau
menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi
pembelajaran.
c) Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada
setiap kelompok untuk didiskusikan.
3) Mengumpulkan informasi:
a) Peserta didik mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIX dan buku-buku referensi lain yang
mengkaji tentang haji dan umroh.
b) Peserta didik berdiskusi
untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
4) Menalar/
mengasosiasi:
a) Peserta
didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
b) Peserta
didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.
5) Mengomunikasikan:
a) Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan
jawaban tersebut pada dinding kelas.
b) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota
kelompok lain dengan cara saling berkunjung.
c) Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang
lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan
dan mengkritisi.
d) Anggota
kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan
cara menuliskannya pada
ketas hasil kerja yang
dikunjungi.
e) Setelah
usai berkunjung ke kelompok lain, peserta
didik
kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan
hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi
penyaji.
f) Setiap
kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya
sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang ketentuan haji dan
umroh, macam-macam haji dan umroh dan dalil naqlinya.
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi
umpan balik serta motivasi agar peserta didik membiasakan melaksanakan haji dan
umroh.
3)
Guru
melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan.
4)
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan
memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik.
5)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta
kegiatan pembelajarannya.
6)
Guru bersama-sama
para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam
penutup.
1.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang haji dan
umroh.
3)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu ketentuan haji dan umroh dengan cara menunjuk
beberapa peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang ketentuan
haji dan umroh.
4)
Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat
Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah
seorang peserta didik.
5)
Guru menyampaikan garis-garis
besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a) Peserta
didik bersama-sama mengamati tayangan tentang haji dan umroh.
b) Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk haji dan umroh.
2) Menanya:
c) Peserta didik mengajukan
pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan
haji
dan umroh.
d) Peserta didik juga
diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan
tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.
3) Mengumpulkan informasi:
e) Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok,
dengan tugas membuat cergam
tentang manasik haji.
f) Peserta didik
menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi
melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX
dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada haji dan
umroh.
g) Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya.
4) Menalar/ mengasosiasi:
h) Peserta
didik membuat perencanaan
pelaksanaan manasik haji.
i) Peserta
didik menyelesaikan perencanaannya
secara detil mulai awal sampai akhir.
a. Kegiatan
Penutup (15 menit)
1)
Guru
memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan mengenai hikmah haji
dan umroh.
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan
memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu melaksanakan haji
dan umroh, terutama haji dan umroh rawatib dan haji dan umroh dhuha.
3)
Guru
melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis
dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan peserta didik secara mandiri
mengerjakannya.
4)
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan
konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta didik.
5)
Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
6)
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
2. Pertemuan
Ketiga
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1) Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat.
2) Guru
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik
mendengarkan dan menyaksikan lagu religi terkait dengan haji dan umroh melalui
tayangan video.
3) Peserta didik
secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan
materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
4) Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya,
yaitu tata cara haji dan umroh dan hikmah yang dapat diperoleh dengan cara
meminta masing-masing ketua kelompok menyampaikannya secara bergantian.
5)
Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan, yaitu praktik haji dan umroh, dan
penilaiannya adalah penilaian sikap dan praktik.
6)
Guru menyampaikan lingkup dan teknik
penilaian, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan
penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan tes tertulis dalam bentuk
pilihan ganda, dan penilaian keterampilan dengan teknik kinerja.
b.
Kegiatan Inti (80 menit)
1) Mengomunikasikan:
a) Peserta didik mempraktikkan manasik haji yang
sudah direncanakan.
b) Kelompok lain memberikan
tanggapan atas pelaksanaan praktik manasik haji.
c. Penutup
(25 menit)
1)
Guru
bersama-sama para peserta didik merumuskan beberapa simpulan terkait dengan
praktik haji dan umroh berjamaah maupun munfarid.
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan
menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.
3)
Guru
memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik mengamalkan ajaran
tentang haji dan umroh.
4)
Guru
melakukan penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman, penilaian
pengetahuan dengan teknik tes tertulis, dan penilaian keterampilan dengan
teknik kinerja (praktik pelaksanaan haji dan umroh).
5)
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan
konseling, dan memberi tugas mandiri (PR) kepada peserta didik.
6)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7)
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
I.
PENILAIAN,
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.
Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar
Observasi
|
Lampiran 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar
penilaian diri
|
Lampiran 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar
penilaian antarteman
|
Lampiran 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
2. Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran
4
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar
penilaian diri
|
Lampiran 5
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar
penilaian antarteman
|
Lampiran 6
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lampiran 8
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
2
|
Tertulis
|
Soal-soal
esay
|
Lampiran 9
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
4. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Unjuk
kerja
|
Soal keterampilan unjuk kerja
|
Lampiran 10
|
Setelah
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran
|
5. Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian
remedial (lampiran 11)
6. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi
(kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas
buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP.
............................. NIP.
...................................
Lampiran
1: Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk:
1. Pengamatan
sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap
pertemuan.
2. Pengisian
lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang
menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
3. Berikut
format jurnal sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Observasi
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Indikator yang
diamati:
1. Bersyukur mendapat kesempatan belajar manasik haji
2. Mengikuti kegiatan manasik haji dengan khusyu
Lampiran
2: Lembar penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bersyukur mendapat
kesempatan belajar manasik haji
|
|
|
2.
|
Saya mengikuti kegiatan manasik
haji dengan khusyu
|
|
|
Keterangan:
a. Penilaian
sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam
satu semester.
b. Penilaian
diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang
hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh
pendidik.
Lampiran
3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersyukur mendapat
kesempatan belajar manasik haji
|
|
|
2.
|
Teman saya mengikuti kegiatan
manasik haji dengan khusyu
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan
sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana teknik penilaian diri,
teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan
pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi
dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.
Lampiran
4: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a. Pengamatan
sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap
pertemuan.
b. Pengisian
jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik
yang positif maupun yang negatif.
c. Berikut
format jurnal sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Lampiran
5: Lembar penilaian diri sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bersikap solider terhadap sesama muslim
|
|
|
2.
|
Saya menjaga persahabatan dengan sesama muslim
|
|
|
Keterangan:
a. Penilaian
sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam
satu semester.
b. Penilaian
diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang
hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh
pendidik.
Lampiran
6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersikap solider terhadap sesama muslim
|
|
|
2.
|
Teman saya menjaga persahabatan dengan sesama muslim
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan
sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana teknik penilaian diri,
teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan
pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi
dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
8: Lembar tugas
Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Qur’an dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang
ibadah haji dan umroh dan menuliskannya di buku tugas!
Pedoman penskoran:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Menuliskan
ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban haji dan umroh dalam buku tugas.
|
0-3
|
2.
|
Menuliskan
arti ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban haji dan umroh dalam buku tugas.
|
0-2
|
3.
|
Menuliskan
hadis yang berisi tentang haji dan umroh
|
0-3
|
4.
|
Menuliskan
arti hadis yang berisi tentang haji dan umroh.
|
0-2
|
Skor maksimum
|
10
|
Lampiran
9: Lembar Penilaian Pengetahuan
Indikator dan
Butir Instrumen
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian haji dan
umroh.
|
Jelaskan pengertian haji dan
umroh !
|
2.
|
Menunjukan dalil naqli tentang haji dan umroh
|
Sebutkan dalil naqli tentang haji dan umroh
!
|
3.
|
Menjelaskan perbedaan haji dan umroh
|
Jelaskan perbedaan pelaksanaan haji dan umroh !
|
4.
|
Menyebutkan syarat wajib haji
|
Sebutkan syarat-syarat wajib haji !
|
5.
|
Menyebutkan
rukun haji
|
Sebutkan
rukun-rukun haji !
|
6.
|
Menyebutkan
wajib haji
|
Sebutkan
wajib-wajib haji !
|
7.
|
Menyebutkan
sunah haji
|
Sebutkan
sunah-sunah haji !
|
Pedoman
perskoran
No
|
Kunci
|
skor
|
1.
|
Haji
adalah sengaja mengunjungi baitullah di Makkah dengan tujuan ibadah dengan
syarat, rukun dan waktu yang telah ditentukan. Umroh adalah sengaja
mengunjungi baitullah di Makkah dengan niat ibadah dengan syarat dan rukun
tertentu, sedangkan waktunya tidak ditentukan.
|
20
|
2.
|
ÏmÏù 7M»t#uä ×M»uZÉit/ ãP$s)¨B zOÏdºtö/Î) ( `tBur ¼ã&s#yzy tb%x. $YYÏB#uä 3 ¬!ur n?tã Ĩ$¨Z9$# kÏm ÏMøt7ø9$# Ç`tB tí$sÜtGó$# Ïmøs9Î) WxÎ6y 4 `tBur txÿx. ¨bÎ*sù ©!$# ;ÓÍ_xî Ç`tã tûüÏJn=»yèø9$# ÇÒÐÈ
|
20
|
3.
|
Haji ada wukuf di
arofah sedangkah umroh tidak ada.
Haji waktunya
ditentukan pada tanggal tertentu dibulan dzulhijjah sedangkan umroh tidak
ditentukan
|
15
|
4.
|
1. Islam, 2.
Balig, 3. Berakal sehat, 4. Merdeka, 5. Mampu
|
10
|
5.
|
1. ihram, 2.
Wukuf, 3. Thawaf, 4. Sa’I, 5. Tahalul, 6. Tertib
|
10
|
6.
|
1. ihram dari
miqat, 2. Mabit di muzdalifah, 3. Melempar jumrah aqobah, 4. Mabit di mina,
5. Thawaf wada, 7. Tidak melakukan kegiatan yang dilarang
|
15
|
7.
|
1. berhaji dengan
ifrad, 2. Banyak membaca talbiyah, 3. Banyak membaca dzikir, 4. Masuk Ka’bah
|
10
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
Lampiran
10: Instrumen Penilaian keterampilan
Petunjuk:
Lakukan kegiatan manasik haji sesuai
ketentuan
Rubrik penilaian unjuk kerja:
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Melakukan kegiatan manasik haji
|
4 =
Sempurna, tidak ada kesalahan
3 =
Kurang dari 4 kesalahan
2 =
Antara 5 – 10 kesalahan
1 =
Lebih dari 10 kesalahan
|
Skor
Maksimum
|
4
|
Lampiran 11:
Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran remedial.
Sekolah :
SMP Negeri 1 .............................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IX/Satu
Materi Remedial :
1. …
2. …
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
KD yang Tidak
Tuntas
|
Bentuk
Pembelajaran Remedial
|
Nilai Hasil
Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 12:
Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran pengayaan.
Sekolah :
SMP Negeri 1 .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IX/Satu
Materi Pengayaan : 1. …
2. …
Waktu Pengayaan : …
Waktu Ulangan : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH.
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes
Pengayaan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|