RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX HAJI dan UMROH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP KD. 9 (FQIH-2)


Nama Sekolah           : SMP ......................
Mata Pelajaran          : PAI-BP
Kelas/Semester         : IX/ 1
Materi Pokok            : HAJI dan UMROH
Alokasi Waktu          : 3x3 JP

A.      KOMPETENSI INTI

 

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong   royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, ketentuantual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.9     Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah Allah Swt.

a.     mematuhi pelaksanaan ibadah haji dan umroh

b.    menyenangi ibadah haji dan umroh sebagai perintah agama

2.9     Menunjukkan perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

a.     membiasakan perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

b.    menampilkan perilaku menjaga ukhuwah antar umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

3.9     Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah

a.      Menjelaskan pengertian haji dan umroh

b.      Menunjukan dalil Naqli tentang haji dan umroh

c.       Menjelaskan perbedaan haji dan umroh

d.     Menjelaskan syarat wajib haji

e.      Menjelaskan rukun-rukun haji

f.        Menjelaskan wajib haji

g.      Menjelaskan sunah-sunah haji

h.      Menjelaskan macam-macam haji hubungannya dengan umroh

i.        Menjelaskan hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umroh

4.9     Mempraktikkan manasik haji

 

a.      Mendemonstrasikan ibadah haji dalam bentuk cerita bergambar

b.      Mempraktikkan manasik haji

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan Pertama:

Setelah melalui kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan ibadah haji dan umroh

2.        menyenangi ibadah haji dan umroh sebagai perintah agama

3.        membiasakan perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

4.        menampilkan perilaku menjaga ukhuwah antar umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

5.        menjelaskan pengertian haji dan umroh

6.        menunjukan dalil Naqli tentang haji dan umroh

7.        menjelaskan perbedaan haji dan umroh

8.        menjelaskan syarat wajib haji

9.        menjelaskan rukun-rukun haji

10.    menjelaskan wajib haji

11.    menjelaskan sunah-sunah haji

 

Pertemuan Kedua dan Ketiga:

Setelah melalui kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.      mematuhi pelaksanaan ibadah haji dan umroh

2.        menyenangi ibadah haji dan umroh sebagai perintah agama

3.        membiasakan perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

4.        menampilkan perilaku menjaga ukhuwah antar umat Islam dalam kehidupan sehari-hari

5.        menjelaskan macam-macam haji hubungannya dengan umroh

6.        menjelaskan hikmah pelaksanaan ibadah haji dan umroh

7.        mendemonstrasikan ibadah haji dalam bentuk cerita bergambar

8.        mempraktikkan manasik haji

 

D.      MATERI PEMBELAJARAN

1.      Materi Reguler

a.      pengertian zakat

b.      dasar hukum zakat

c.       macam-macam zakat

d.     syarat mengeluarkan zakat

e.      waktu mengeluarkan zakat

f.        jenis harta yang wajib dizakati

g.      dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat

h.      ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

i.        perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal

j.        cara menghitung zakat

k.      zakat di sekolah atau di rumah

l.        hikmah zakat

 

2.      Materi Reguler

a.      Sosiologi zakat (Zakat ditinjau dari ilmu sosiologi)

 

3.      Materi Reguler

a.      pengertian zakat

b.      dasar hukum zakat

c.       macam-macam zakat

d.     syarat mengeluarkan zakat

e.      waktu mengeluarkan zakat

f.        jenis harta yang wajib dizakati

g.      dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat

h.      ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

i.        perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal

j.        cara menghitung zakat

k.      zakat di sekolah atau di rumah

l.        hikmah zakat

 

E.     METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ilmiah (saintifik).

 

F.      MEDIA DAN BAHAN

             1.       Media

a.      Presentasi Power Point

b.        Video pembelajaran/Film tentang salat sunah

c.         Laptop/Komputer

d.       LCD Projector

e.        White Board/Black Board

f.          Gunting/ cutter

 

             2.       Bahan

                           a.          Pensil/ Spidol.

                           b.          Kertas

                            c.          CD/Flash Disk

                          d.          Bahan-bahan lainnya.

 

G.    SUMBER BELAJAR

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 55).

2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 44).

3.      Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

 

 

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.      Pertemuan Pertama: 3 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1)         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)         Guru memerhatikan kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

3)         Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi haji dan umroh dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut.

5)         Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu kompetensi tentang haji dan umroh dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar peserta didik mampu mendeskripsikan haji dan umroh.

6)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ketentuan tentang haji dan umroh.

7)         Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

 

b.   Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)        Peserta didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang haji dan umroh di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) halaman 56-58 dan buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film tentang pelaksanaan berbagai haji dan umroh baik yang berjamaah atau sendirian.

b)       Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang haji dan umroh seperti yang ditayangkan melalui film/video.

 

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan haji dan umroh, menyangkut pengertian, macam-macam haji dan umroh, dalil naqli haji dan umroh. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.

b)      Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi pembelajaran.

c)      Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

a)      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VIX  dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang haji dan umroh.

b)     Peserta didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

a)      Peserta didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

b)     Peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.

 

5)      Mengomunikasikan:

a)      Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.

b)     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.

c)      Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.

d)     Anggota kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.

e)      Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, peserta didik kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji.

f)       Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.

 

 

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang ketentuan haji dan umroh, macam-macam haji dan umroh dan dalil naqlinya.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik membiasakan melaksanakan haji dan umroh.

3)        Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik.

5)        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

1.          Pertemuan Kedua

a.        Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)        Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang haji dan umroh.

3)        Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu ketentuan haji dan umroh dengan cara menunjuk beberapa peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang ketentuan haji dan umroh.

4)        Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

5)        Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

6)        Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.

 

b.       Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)   Peserta didik bersama-sama mengamati tayangan tentang haji dan umroh.

b)   Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk haji dan umroh.

 

2)      Menanya:

c)    Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan haji dan umroh.

d)  Peserta didik juga diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

e)   Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, dengan tugas membuat cergam tentang manasik haji.

f)     Peserta didik menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada haji dan umroh.

g)   Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

h)   Peserta didik membuat perencanaan pelaksanaan manasik haji.

i)     Peserta didik menyelesaikan perencanaannya secara detil mulai awal sampai akhir.

 

a.   Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan mengenai hikmah haji dan umroh.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik selalu melaksanakan haji dan umroh, terutama haji dan umroh rawatib dan haji dan umroh dhuha.

3)        Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan peserta didik secara mandiri mengerjakannya.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta didik.

5)        Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

2.      Pertemuan Ketiga

                       a.        Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

1)      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)      Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik mendengarkan dan menyaksikan lagu religi terkait dengan haji dan umroh melalui tayangan video.

3)      Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari peserta didik sebelumnya, yaitu tata cara haji dan umroh dan hikmah yang dapat diperoleh dengan cara meminta masing-masing ketua kelompok menyampaikannya secara bergantian.

5)      Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, yaitu praktik haji dan umroh, dan penilaiannya adalah penilaian sikap dan praktik.

6)      Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda, dan penilaian keterampilan dengan teknik kinerja.

 

                      b.        Kegiatan Inti (80 menit)

1)      Mengomunikasikan:

a)      Peserta didik mempraktikkan manasik haji yang sudah direncanakan.

b)     Kelompok lain memberikan tanggapan atas pelaksanaan praktik manasik haji.

 

                       c.     Penutup (25 menit)

1)        Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan beberapa simpulan terkait dengan praktik haji dan umroh berjamaah maupun munfarid.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.

3)        Guru memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik mengamalkan ajaran tentang haji dan umroh.

4)        Guru melakukan penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman, penilaian pengetahuan dengan teknik tes tertulis, dan penilaian keterampilan dengan teknik kinerja (praktik pelaksanaan haji dan umroh).

5)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas mandiri (PR) kepada peserta didik.

6)        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

7)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

 

I.         PENILAIAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN

 

1.    Sikap spiritual

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Lembar Observasi

Lampiran 1

 

Saat pembelajaran berlangsung.

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 2

 

 

 

Saat pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 3

 

 

 

Setelah pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

2.    Sikap sosial

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Jurnal

Lampiran 4

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 5

 

 

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 6

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.    Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Penugasan

Tugas tertulis

Lampiran 8

 

 

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

2

Tertulis

Soal-soal esay

Lampiran 9

 

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

4.    Keterampilan

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Unjuk kerja

Soal keterampilan unjuk kerja

Lampiran 10

Setelah pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran

 

 

5.    Pembelajaran Remedial

Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

    pembelajaran ulang

    bimbingan perorangan

    belajar kelompok

    pemanfaatan tutor sebaya

bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11)

 

 

6.    Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)

 

 

 

                                                                                                Demak,  ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

......................................                                                          ....................................

NIP. .............................                                                          NIP. ...................................


Lampiran 1: Lembar observasi sikap spiritual

Petunjuk:

1.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.

2.      Pengisian lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

3.      Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Observasi

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Indikator yang diamati:

1.      Bersyukur mendapat kesempatan belajar manasik haji

2.      Mengikuti kegiatan manasik haji dengan khusyu

 

Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya bersyukur mendapat kesempatan belajar manasik haji

 

 

2.

Saya mengikuti kegiatan manasik haji dengan khusyu

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya bersyukur mendapat kesempatan belajar manasik haji

 

 

2.

Teman saya mengikuti kegiatan manasik haji dengan khusyu

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.

 

Lampiran 4: Jurnal sikap sosial

Petunjuk:

a.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.

b.      Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

c.       Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5: Lembar penilaian diri sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya bersikap solider terhadap sesama muslim

 

 

2.

Saya menjaga persahabatan dengan sesama muslim

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya bersikap solider terhadap sesama muslim

 

 

2.

Teman saya menjaga persahabatan dengan sesama muslim

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

 

 

Lampiran 8: Lembar tugas

 

Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Quran dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang ibadah haji dan umroh dan menuliskannya di buku tugas!

 

Pedoman penskoran:

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1.

Menuliskan ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban haji dan umroh dalam buku tugas.

0-3

2.

Menuliskan arti ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban haji dan umroh dalam buku tugas.

0-2

3.

Menuliskan hadis yang berisi tentang haji dan umroh

0-3

4.

Menuliskan arti hadis yang berisi tentang haji dan umroh.

0-2

Skor maksimum

10

 

Lampiran 9: Lembar Penilaian Pengetahuan

Indikator dan Butir Instrumen

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian haji dan umroh.

Jelaskan pengertian haji dan umroh !

2.

Menunjukan dalil naqli tentang haji dan umroh

Sebutkan dalil naqli tentang haji dan umroh !

3.

Menjelaskan perbedaan haji dan umroh

Jelaskan perbedaan pelaksanaan haji dan umroh !

4.

Menyebutkan syarat wajib haji

Sebutkan syarat-syarat wajib haji !

5.

Menyebutkan rukun haji

Sebutkan rukun-rukun haji !

6.

Menyebutkan wajib haji

Sebutkan wajib-wajib haji !

7.

Menyebutkan sunah haji

Sebutkan sunah-sunah haji !

 

Pedoman perskoran

No

Kunci

skor

1.

Haji adalah sengaja mengunjungi baitullah di Makkah dengan tujuan ibadah dengan syarat, rukun dan waktu yang telah ditentukan. Umroh adalah sengaja mengunjungi baitullah di Makkah dengan niat ibadah dengan syarat dan rukun tertentu, sedangkan waktunya tidak ditentukan.

20

2.

ÏmŠÏù 7M»tƒ#uä ×M»uZÉit/ ãP$s)¨B zOŠÏdºtö/Î) ( `tBur ¼ã&s#yzyŠ tb%x. $YYÏB#uä 3 ¬!ur n?tã Ĩ$¨Z9$# kÏm ÏMøt7ø9$# Ç`tB tí$sÜtGó$# Ïmøs9Î) WxÎ6y 4 `tBur txÿx. ¨bÎ*sù ©!$# ;ÓÍ_xî Ç`tã tûüÏJn=»yèø9$# ÇÒÐÈ  

 

20

3.

Haji ada wukuf di arofah sedangkah umroh tidak ada.

Haji waktunya ditentukan pada tanggal tertentu dibulan dzulhijjah sedangkan umroh tidak ditentukan

15

4.

1. Islam, 2. Balig, 3. Berakal sehat, 4. Merdeka, 5. Mampu

10

5.

1. ihram, 2. Wukuf, 3. Thawaf, 4. Sa’I, 5. Tahalul, 6. Tertib

10

6.

1. ihram dari miqat, 2. Mabit di muzdalifah, 3. Melempar jumrah aqobah, 4. Mabit di mina, 5. Thawaf wada, 7. Tidak melakukan kegiatan yang dilarang

15

7.

1. berhaji dengan ifrad, 2. Banyak membaca talbiyah, 3. Banyak membaca dzikir, 4. Masuk Ka’bah

10

 

Jumlah Skor

100

 

 

Lampiran 10: Instrumen Penilaian keterampilan

Petunjuk:

Lakukan kegiatan manasik haji sesuai ketentuan

Rubrik penilaian unjuk kerja:

No.

Aspek yang Dinilai

Skor

1.

Melakukan kegiatan manasik haji

4 = Sempurna, tidak ada kesalahan

3 = Kurang dari 4 kesalahan

2 = Antara 5 – 10 kesalahan

1 = Lebih dari 10 kesalahan

Skor Maksimum

4

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 11:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

 

Sekolah                                  : SMP Negeri 1 .............................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : IX/Satu

Materi Remedial                  : 1. …

                                                  2. …

Waktu Pemb. Remedial      : …

Waktu Ulangan Remedial  : …

Ketuntasan Belajar               : …

No.

Nama Siswa

Nilai UH

KD yang Tidak Tuntas

Bentuk Pembelajaran Remedial

Nilai Hasil Remedial

Ket.

1

 

 

 

 

 

 

2

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 12:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

 

Sekolah                                  : SMP Negeri 1 .............................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : IX/Satu

Materi Pengayaan                : 1.

                                                2. …                               

Waktu Pengayaan                :

Waktu Ulangan                    :

Ketuntasan Belajar               :

 

No.

Nama Siswa

Nilai UH.

Bentuk Pengayaan

Nilai Tes Pengayaan

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

Dst