RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ....................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII ( Tujuh ) / Ganjil
Materi Pokok : Q.S Al–Mujadalah/58:11,Q.S Ar-Rahman/55:33 dan Hadis
Alokasi waktu : 3 pertemuan (9 JP)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 |
: |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 |
: |
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI 3 |
: |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
KI 4 |
: |
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
1. |
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini
bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu |
1.1.1 Memiliki
kemampuan membaca al Quran dengan tartil 1.1.2
Membiasakan membaca al Quran dalam kehidupan sehari-hari |
2. |
2.1 Menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi
Q.S. al-Mujadilah/58:11, Q.S. ar-Rahman
/55: 33 danHadis terkait |
2.1.1 Memiliki
semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al
Mujadalah/58:11,Q.S.ar Rahman/55:33 2.1.2 Bersungguh-sungguh dalam
belajar 2.1.3 Mau
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain |
3. |
3.1 Memahami
makna Q.S. al- Mujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis
terkait tentang menuntut ilmu |
3.1.1 Mampu
menerjemahkan Q.S al Mujadalah/58:11, ar Rahman/55:33 dan hadis tentang
menuntut ilmu dengan benar 3.1.2
Menjelaskan kesimpulan makna Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 serta
hadis tentang menuntut ilmu dengan benar |
4. |
4.1.1
Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil |
4.1.1.1
Menjelaskan hukum bacaan tajwid ( Al Syamsiyah dan Al Qamariyah ) sebagaimana
terkandung dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan benar 4.1.1.2
Mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah dalam Q.S.al
Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 4.1.1.3
Mendemonstrasikan bacaan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan
tartil |
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman
/55: 33 dan Hadis terkait dengan lancar |
4.1.2.1
Menghafal Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33,dan hadis terkait dengan
lancer 4.1.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33,dan hadis terkait dengan lancer |
|
4.1.3 Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut
ilmu dengan pesan Q.S.al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S. arRahman /55: 33 |
4.1.3.1
Menjelaskan keterkaitan semangat menuntut ilmu sesuai dengan pesan Q.S.al
Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 4.1.3.2
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang keterkaitan semangat menuntut
ilmu sesuai dengan pesan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 |
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1 Menyenangi membaca Al-quran setiap hari dengan memahami maknanya
2 Terbiasa membaca Al-Quran
setiap hari setelah sholat fardhu.
3 Menjelaskan
hukum bacaan tajwid ( Al Syamsiyah dan Al Qamariyah ) sebagaimana terkandung
dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan benar
4 Mengidentifikasi
hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar
Rahman/55:33
5 Mampu
menerjemahkan Q.S al Mujadalah/58:11, ar Rahman/55:33 dan hadis tentang
menuntut ilmu dengan benar
6 Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok tentang keterkaitan semangat menuntut ilmu sesuai dengan
pesan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran
peserta didik dapat:
1.
Bersungguh-sungguh
dalam belajar
2.
Mau mengajarkan
ilmu pengetahuan kepada orang lain
3.
Mendemonstrasikan
bacaan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan tartil
4.
Memiliki
semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al Mujadalah/58:11,Q.S.ar
Rahman/55:33
5.
Menjelaskan
keterkaitan semangat menuntut ilmu sesuai dengan pesan Q.S.al
Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33
6. Menjelaskan
kesimpulan makna Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 serta hadis tentang
menuntut ilmu dengan benar
Pertemuan Ketiga
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1 Menghafal
Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33,dan hadis terkait dengan lancar
2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33,dan hadis terkait dengan lancar
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan 1
a. Bacaan Q.S.
Al-Mujādilah/58: 11, Q.S. Ar-Rahmān /55: 33
b. Arti kata per kata dalam Q.S. Al-Mujadilah/58: 11, Q.S. Ar-Rahman/55: 33.
c. Terjemahan Q.S. Al-Mujadilah/58: 11, Q.S. Ar-Rahman/55: 33
d. Makna Q.S.
Al-Mujadilah/58: 11 dan Q.S. Ar-Rahman/55: 33.
e. Hukum bacaan tajwid Al- Syamsiyah dan Al-
Qamariyah
Pertemuan 3
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1
Menghafal Q.S.al
Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33,dan hadis terkait dengan lancar
2.
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33,dan
3.
hadis terkait
dengan lancer
Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah bersabda:
“Mencari ilmu wajib bagi setiap muslim”( H.R. Ibnu Majah)
2. Materi
Pembelajaran Pengayaan
a. Menuliskan
biografi salah seorang cendikiawan muslim
b. Mengidentifikasi
hukum bacaan tajwid pada ayat-ayat al Quran yang telah ditentukan
7. Materi
Pembelajaran Remedial
a. Kandungan
makna Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 serta hadis tentang menuntut ilmu
b. Keterkaitan
semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
saintifik, discovery learning
F. Media
dan Bahan
a.
Media/alat:
1. Speaker
aktif
2. LCD
Projector
3. Laptop
b.
Bahan :
1. Kertas
HVS
2. Alat
tulis
G. Sumber
Belajar
1. Tim
Penyusun.2005. Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI
2. Mustahdi
dan Sumiyati.2016.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hal. 46
3. Mustahdi
dan Sumiyati.2016.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hal.56
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan
(15 menit)
1)
Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin seorang peserta didik
dengan penuh khitmad
2)
Guru memulai
pembelajaran dengan pembacaan surat pilihan bersama-sama
3)
Guru
memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik
4)
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pembelajaran
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi, tujuan, dan kegiatan yang akan dilakukan
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
7)
Guru
mengkondisikan peserta didik secara kelompok
b. Kegiatan
Inti (90 menit)
1) Mengamati
a) Peserta
didik mengamati tayangan audio seorang qari’ yang sedang membaca Al Quran
dengan fasih
b) Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang
hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
2) Menanya
a) Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang bacaan-bacaan tajwid dalam Al Quran
b) Peserta
didik saling mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran
3) Mengumpulkan
informasi
a) Setiap
kelompok berdiskusi dalam tentang macam-macam huruf qamariyah dan syamsiyah
b) Setiap
kelompok berdiskusi tentang tanda-tanda dan cara membaca hukum bacaan al
syamsiyah dan al qamariyah
c) Setiap
kelompok berlatih cara membaca al syamsiyah dan al qamariyah pada ayat-ayat Al
Quran
4) Mengasosiasi
a) Setiap
kelompok berdiskusi dalam mengidentifikasi contoh-contoh hukum bacaan al
syamsiyah dan al qamariyah dalam Al Quran
b) Setiap
kelompok menuliskan hasil diskusinya pada kertas
5) Mengkomunikasikan
a) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan kelompok lain
b) Setiap
kelompok mendemonstrasikan bacaan al syamsiyah dan al qamariyah pada ayat-ayat
Al Quran
c) Setiap
kelompok memberikan tanggapan terhadap presentasi kelom[ok lainnya
c. Penutup
(15 menit)
1) Guru
memfasilitasi peserta didik membuat simpulan mengenai hukum bacaan tajwid hukum
bacaan al syamsiyah dan al qamariyah
2) Guru
bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
3) Guru
memberikan reward kepada kelompok peserta didik terbaik
4) Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
5) Guru
bersama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
Pertemuan
Kedua
a. Pendahuluan
(15 menit)
1) Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin seorang peserta
dididk dengan penuh khitmad
2) Guru
memulai pembelajaran dengan pembacaan surat pilihan bersama-sama
3) Guru
memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik
4) Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pembelajaran
5) Guru
menyampaikan cakupan materi, tujuan, dan kegiatan yang akan dilakukan
6) Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
7) Guru
mengkondisikan peserta didik secara kelompok
b. Kegiatan
Inti (90 menit)
1) Mengamati
a) Peserta
didik mengamati tayangan audio bacaan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar
Rahman/55:33 dan hadis terkait
b) Peserta
didik mengamati ayat-ayat dan arti Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar
Rahman/55:33 dengan c Q.S. Al
Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 cermat
2) Menanya
a) Peserta
didik saling mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran
3) Mengumpulkan
informasi
a) Setiap
kelompok berlatih menterjemahkan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33
dan hadis terkait
b) Setiap
kelompok berdiskusi memahami makna Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33
dan hadis terkait
4) Mengasosiasi
a) Setiap
kelompok membuat simpulan tentang kandungan makna Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan
Ar Rahman/55:33 dan hadis terkait
b) Setiap
kelompok menuliskan hasil diskusi pada kertas
5) Mengkomunikasikan
a) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di hadapan kelompok lain
b) Setiap
kelompok memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok lainnya
c. Penutup
(15 menit)
1) Guru
bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
2) Guru
memberikan reward kepada kelompok peserta didik terbaik
3) Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
4) Guru
bersama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
Pertemuan
Ketiga
a. Pendahuluan
(15 menit)
1) Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin seorang peserta
didik dengan penuh khitmad
1) Guru
memulai pembelajaran dengan pembacaan surat pilihan bersama-sama
2) Guru
memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik
3) Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pembelajaran
4) Guru
menyampaikan cakupan materi, tujuan, dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian
6) Guru
mengkondisikan peserta didik secara kelompok
b. Kegiatan
Inti (90 menit)
1) Mengamati
Peserta
didik menyimak kandungan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33
2) Menanya
Peserta
didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan keterkaitan semangat menuntut
ilmudengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33
3) Mengumpulkan
informasi
Setiap
kelompok mencari keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33
dan hadis tentang menuntut ilmu
4) Mengasosiasikan
Setiap
kelompok berdiskusi keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33
dan hadis tentang menuntut ilmu
Mengkomunikasikan
a. Setiap
kelompok mempresentasikan keterkaitan
semangat menuntut ilmu dengan Q.S. Al Mujadalah/58:11, dan Ar Rahman/55:33 dan
hadis tentang menuntut ilmu.
b. Setiap
kelompok memberikan tanggapan terhadap bacaan dan hafalan kelompok lain
c. Penutup
(15 menit)
1) Guru
bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan
2) Guru
memberikan reward kepada kelompok peserta didik terbaik
3) Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
4) Guru
bersama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
I.
Penilaian,
Remedial dan Pengayaan
1.
Sikap
spiritual
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Lembar Observasi |
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung. |
Penilaian untuk dan pencapaian
pembelajaran (assessment for and of
learning) |
2 |
Penilaian diri |
Lembar penilaian diri |
Lampiran 2
|
Saat pembelajaran usai. |
Penilaian sebagai pembelajaran
(assessment as learning) |
2.
Sikap sosial
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Lampiran 3 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
2 |
Penilaian antarteman |
Lembar penilaian antarteman |
Lampiran 4
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
3.
Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
|
Lisan |
Pertanyaan (lisan) dengan
jawaban terbuka |
Lampiran 5 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) |
|
Penugasan |
Tugas tertulis |
Lampiran 6
|
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
|
Tertulis |
Soal-soal esei |
Lampiran 7
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning) |
4.
Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
|
prakatik |
Soal keterampilan praktik |
Lampiran 8 |
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran
(assessment for, as, and of learning) |
|
Portofolio |
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek |
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk
penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
5. Pengayaan
Peserta didik
yang sudah menguasai materi menuliskan biografi salah seorang cendikiawan
muslim mengidentifikasi hukum bacaan tajwid
pada ayat-ayat al Quran yang telah ditentukan. (Guru
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan).
6. Remidial
Peserta didik yang belum
menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi tentang “Kandungan
makna Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 serta hadis tentang menuntut ilmu”. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan
contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam
pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
Demak,
............................
Mengetahui; Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP. ............................... NIP.
.............................
Instrumen
Penilaian
Lampiran 1. penilaian Sikap Spiritual
a. Sikap
Spiritual
1.1.1
Memiliki kemampuan membaca al Quran dengan tartil
1.1.2
Membiasakan membaca al Quran dalam kehidupan sehari-hari
Nama
Siswa : …………………………………..
Kelas
Semester : ……………………………………
Teknik
Penilaian : Jurnal
No |
Tanggal |
Surat
yang dibaca |
Paraf
Orang Tua |
|
Nama
Surat |
Ayat |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ………………….,…………………….
Orang
Tua Siswa
yang bersangkutan
(………………..) (……………..)
Lampiran
2. Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Indikator:
2.1.1 Memiliki semangat yang tinggi
untuk menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al Mujadalah/58:11,Q.S.ar
Rahman/55:33
2.1.2 Bersungguh-sungguh dalam belajar
2.1.3 Mau mengajarkan ilmu pengetahuan
kepada orang lain
1. Penilaian
Diri
a.
Nama Peserta
Didik : .........................
b.
Kelas : .........................
c.
Tanggal
Pengamatan : .........................
NO |
Aspek Pengamatan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1. |
Saya
memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu |
|
|
2. |
Saya
bersungguh-sungguh dalam belajar |
|
|
3. |
Saya
mengajarkan ilmu kepada teman lain yang membutuhkan |
|
|
4. |
Saya
tidak membeda-bedakan pergaulan atas dasar tingkat kepandaian |
|
|
5. |
Saya
tidak membanggakan diri karena ilmu yang saya miliki |
|
|
|
Jumlah Skor Perolehan |
|
|
Lampiran 3.
Jurnal Penilaian Sikap Sosial
JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama
Sekolah : SMP .......................
Kelas/Semester : VII / 1
Tahun
Pelajaran : ..........................
Guru
:
No |
Waktu |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tanda Tangan Siswa |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
Sosial
)
PENILAIAN ANTAR TEMAN (SIKAP SOSIAL)
Penilaian
antar teman
a.
Nama Peserta
Didik : .........................
b.
Kelas : .........................
c.
Tanggal
Pengamatan : .........................
NO |
Pernyataan |
|
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1. |
Teman
saya memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu |
|
|
|
|
|
2. |
Teman
saya bersungguh-sungguh dalam belajar |
|
|
|
|
|
3. |
Teman
saya mengajarkan ilmu kepada teman lain yang membutuhkan |
|
|
|
|
|
4. |
Teman
saya tidak membeda-bedakan pergaulan atas dasar tingkat kepandaian |
|
|
|
|
|
5. |
Teman
saya tidak membanggakan diri karena ilmu yang saya miliki |
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Perolehan |
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
Tidak pernah
2.
Kadang kadang
3.
Sering
4.
Selalu
PEDOMAN
SKOR / PENILAIAN
SKOR
MAKSIMAL : 20
NILAI
=
Lampiran 5.
Instrumen Tes Lisan
INSTRUMEN TES LISAN
Nama
Sekolah : SMP .........................
Kelas/Semester : VII A / 1
Tahun
Pelajaran : ........................
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
KUNCI |
4.1.1
Membaca Q.S. al-Mujadilah /58:l |
4.1.1.1
Menjelaskan hukum bacaan tajwid ( Al Syamsiyah dan Al Qamariyah ) sebagaimana
terkandung dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan benar
4.1.1.2 Mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al
Qamariyah dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 4.1.1.3 Mendemonstrasikan
bacaan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan tartil |
4.1.1
Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil |
1. jSebutkan pengertian hukum bacaan alif lam syamsiah
dan alif lam qomariah
2.Sebutkan huruf-huruf syamsiah dan qomariah
3.Bagaimana cara membaca hukum bacaan syamsiah dan
qomariah
4.Carilah
hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariah
5Bacalah Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
|
|
Lampiran 6. Instrumen Penugasan
INSTRUMEN TES LISAN
Nama
Sekolah : SMP ......................
Kelas/Semester : VIII A / 1
Tahun
Pelajaran : .............................
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
KUNCI |
4.1.1
Membaca S. al-Mujl |
4.1.1.1
Menjelaskan hukum bacaan tajwid ( Al Syamsiyah dan Al Qamariyah ) sebagaimana
terkandung dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan benar
4.1.1.3 Mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al
Qamariyah dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 4.1.1.3 Mendemonstrasikan
bacaan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan tartil
|
4.1.1
Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil |
1. salinlahlah QS Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
2. Terjemahkan QS Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
3.Simpulkan kandungan makna QS Q.S.
al-Mujadilah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil |
|
Lampiran 7. Instrumen tes tertulis
INSTRUMEN TES TERTULIS
Nama
Sekolah : SMP ...........................
Kelas/Semester : VII A / 1
Tahun
Pelajaran : ....................
Lampiran Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Lisan
b.
Kisi-kisi soal :
No |
KD |
Indikator |
Bentuk
soal |
Jumlah
soal |
1 |
3.1 Memahami makna
Q.S. al- Mujadilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu |
3.1.1 Mampu menerjemahkan Q.S al
Mujadalah/58:11, ar Rahman/55:33 dan hadis tentang menuntut ilmu dengan benar 3.1.2
Menjelaskan kesimpulan makna Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 serta
hadis tentang menuntut ilmu dengan benar |
Uraian |
3
|
No |
Instrumen |
Jawaban |
1 |
Terjemahkan
Q.S. Ar Rahman/55:33 berikut ini! |
Hai jama'ah
jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan
bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. |
2 |
Terjemahkan
Q.S. Al Mujadilah/58:11 berikut ini! |
Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi
ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu
kerjakan. |
3 |
Terjemahkan
hadis tentang menuntut ilmu di bawah ini! |
Dari
Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah bersabda: “Mencari ilmu wajib bagi
setiap muslim”( H.R. Ibnu Majah) |
4 |
Jelaskan
kandungan makna Q.S. Al Mujadilah/58:11 |
Allah
SWT akan meninggikan derajatnya orang-orang yang beriman dan orang yang
berilmu |
Lampiran 8. Instrumen penilaian
keterampilan produk
Penilaian Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Tes
Praktik
b.
Bentuk
Instrumen : Uji
Petik Kinerja
c.
Kompetensi
Dasar : 4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S.
ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
No |
Indikator |
Instrumen |
1. |
Membaca Q.S. Ar Rahman/55:33 |
|
2. |
Membaca Q.S. Al Mujadilah/58:11 |
|
Rubrik Penilaian
No |
Nama Surat |
Kriteria |
Skor |
|||
Tartil |
Lancar |
Kurang Lancar |
Tidak lancar |
|||
1. |
Q.S. Ar Rahman/55:33 |
|
|
|
|
|
2. |
Q.S. Al Mujadilah/58:11 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
|
|
Keterangan |
Nilai |
Nilai Akhir |
|||
|
Tartil = Skor 4 Lancar = Skor 3 Kurang Lancar = Skor 2 Tidak Lancar = Skor 1 |
Skor yang diperoleh --------------------------- X 100 = Skor maksimal |
|
Kompetensi Dasar
: 4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman
/55: 33 dan Hadis terkait dengan lancer
No |
Indikator |
Instrumen |
1. |
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ar
Rahman/55:33,Q.S. Al Mujadilah/58:11, dan menuntut ilmu |
Hafalkan Q.S. Ar Rahman/55:33,Q.S. Al
Mujadilah/58:11, dan menuntut ilmu! |
Rubrik Penilaian
No |
Nama Surat |
Kriteria |
Skor |
|||
Tartil |
Lancar |
Kurang Lancar |
Tidak lancar |
|||
1. |
Q.S. Ar Rahman/55:33 |
|
|
|
|
|
2. |
Q.S. Al Mujadilah/58:11 |
|
|
|
|
|
3. |
Hadis |
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
|
|
Keterangan |
Nilai |
Nilai Akhir |
|||
|
Tartil = Skor 4 Lancar = Skor 3 Kurang Lancar = Skor 2 Tidak Lancar = Skor 1 |
Skor yang diperoleh --------------------------- X 100 = Skor maksimal |
|
Lampiran
9. Format kegiatan pembelajaran dan hasil peniliaian Remidial
Nama
Sekolah : SMP ..........................
Kelas/Semester : VII A / 1
Tahun
Pelajaran : .....................
Lampiran Penilaian Pengetahuan
c.
Teknik Penilaian : Tes Lisan
d.
Kisi-kisi soal :
No |
KD |
Indikator |
Bentuk
soal |
Jumlah
soal |
1 |
3.1 Memahami makna
Q.S. al- Mujadilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu |
3.1.1 Mampu menerjemahkan Q.S al
Mujadalah/58:11, ar Rahman/55:33 dan hadis tentang menuntut ilmu dengan benar 3.1.2
Menjelaskan kesimpulan makna Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 serta
hadis tentang menuntut ilmu dengan benar |
Uraian |
3
|
No |
Instrumen |
Jawaban |
5 |
Terjemahkan
Q.S. Ar Rahman/55:33 berikut ini! |
Hai jama'ah
jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan
bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. |
6 |
Terjemahkan
Q.S. Al Mujadilah/58:11 berikut ini! |
Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi
ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu
kerjakan. |
7 |
Terjemahkan
hadis tentang menuntut ilmu di bawah ini! |
Dari
Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah bersabda: “Mencari ilmu wajib bagi
setiap muslim”( H.R. Ibnu Majah) |
8 |
Jelaskan
kandungan makna Q.S. Al Mujadilah/58:11 |
Allah
SWT akan meninggikan derajatnya orang-orang yang beriman dan orang yang
berilmu |
Lampiran
10. Format Kegiatan Pengayaan
Nama
Sekolah : SMP .......................
Kelas/Semester : VIII A / 1
Tahun
Pelajaran : .......................
Bentuk
Kegiatan : Penugasan
Kelompok
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
KUNCI |
4.1.1
Membaca Q.Sl |
4.1.1.1 Menjelaskan
hukum bacaan tajwid ( Al Syamsiyah dan Al Qamariyah ) sebagaimana terkandung
dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan benar
4.1.1.4 Mengidentifikasi hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al
Qamariyah dalam Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 4.1.1.3 Mendemonstrasikan
bacaan Q.S.al Mujadalah/58:11,ar Rahman/55:33 dengan tartil |
4.1.1
Membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil |
1. salinlahlah QS Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
2. Terjemahkan QS Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
3.Simpulkan kandungan makna QS Q.S.
al-Mujadilah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil |
|