RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX KEJUJURAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah : SMPN .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti..
Kelas/Semester : IX/ I
Materi
Pokok : Kejujuran
Alokasi Waktu :
3 x 1JP
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
- Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menerapkan
bersikap jujur
2.
Peserta didik mampu mampu
menerapkan bersikap jujur
3.
Menjelaskan pengertian jujur
4.
Menyebutkan dalil jujur
5.
Menyebutkan contoh-contoh
kejujuran
6.
Menyebutkan hikmah kejujuran
7.
Menampilkan contoh-contoh prilaku
jujur dalam keseharian
C.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.5 Meyakini bahwa jujur dan
menepati janji adalah ajaran pokok agama
|
1.5.1 Peserta
didik mampu menerapkan bersikap jujur
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur
dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari .
|
2.5.1 Peserta
didik mampu mampu menerapkan bersikap jujur
|
3.5 Memahami penerapan jujur
dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari .
|
3.5.1 Menjelaskan
pengertian jujur
3.5.2 Menyebutkan
dalil jujur
3.5.3 Menyebutkan
contoh-contoh kejujuran
3.5.4 Menyebutkan
hikmah kejujuran
|
4.5 Menyajikan penerapan
perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari
|
4.5.1 Menampilkan
contoh-contoh prilaku jujur dalam keseharian
|
D.
Materi Pembelajaran
Mengasah Pribadi yang Unggul
dengan Jujur, Santun,
dan Malu
1.
Pengertian Jujur
2.
Dalil Naqli Jujur
3. Contoh kejujuran
4. Hikmah Kejujuran
E.
Metode pembelajaran
Metode
mind mapp
F.
Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/alat
a.
Power Point
b.
Gambar
c.
Speaker active
d.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Kertas plano
b.
Lem/dobel tip
G.
Sumber Belajar
1.
Al-Qur’an dan Terjemahnya
Departemen Agama RI Tahun 2006
2.
Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Buku
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
4.
Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX.
Jakarta:
ESIS Erlangga.
H.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama ( 3JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan
salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah seorang
peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi dengan
menanyakan wawasan peserta didik terkait tentang jujur.
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6)
Guru memberikan tausiyah tentang cerita
“kejujuran anak janda yang disaksikan umar bin khottob”
7)
Peserta
didik dibagi menjadi empat
kelompok, masing- masing kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.
8) Menyampaikan
tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
1)
Mengamati:
a)
Guru menampilkan contoh prilaku jujur melalui tayangan video
tentang “kejujuran”.
b)
Semua peserta didik mengamati
video tayangan dengan menyiapkan komentar tayangan
2)
Menanya:
a) Setelah
mengamati tayangan video diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tiap
kelompok.
b) Peserta didik kembali ke kelompok masing-masing
kemudian meneliti pertanyaan yang ditulis kelompok lain.
c) Masing-masing
kelompok memilih lima pertanyaan yang dipandang paling baik.
d) Peserta
didik membacakan kelima pertanyaan yang dipandang
paling baik untuk diapresiasi
3)
Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok
diberikan tugas untuk berdiskusi dengan
sumber buku siswa
a) Setelah
berdiskusi, masing-masing kelompok membuat produk berupa mind mapping untuk
menyusun konsep sebagai jawaban atas pertanyaan yang dipilih yaitu ;
Kelompok
1
Ø Merumuskan
pengertian dan dalil tentang jujur
Ø Menyebutkan
dalil Al-Quran tentang jujur
Kelompok 2
Ø Merumuskan
contoh-contoh kejujuran
Kelompok 3
Ø Merumuskan
hikmah kejujuran
4)
Asosiasi:
a)
Masing-masing kelompok menuangkan
hasil eksplorasi ke dalam kertas flano dalam bentuk mind mapp tentang konsep jujur, santun dan malu
5) Komunikasikan:
a)
Secara bergantian masing-masing
kelompok mempresentasikan mind
mapping hasil diskusinya
b)
Kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
c.
Penutup
(20 menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang jujur, santun dan malu.
2) Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post test
terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward
kepada kelompok
dengan mnd mapp yang mempresentasikan dengan terbaik
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
7) Guru memberikan tugas mandiri
kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik mengungkapkan pesan moral yang
diperoleh dari pembelajaran hari ini.
9) Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian:
1)
Aspek sikap : Observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal
2)
Aspek Pengetahuan: Tes tertulis
3)
Aspek Ketrampilan: produk
dan portopolio
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman perskoran :
1)
Pertemuan pertama
a)
Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian jujur dengan benar.
|
Jelaskan
pengertian jujur !
|
2.
|
Menyebutkan dalil naqli
tentang jujur dengan benar.
|
Sebutkanlah
salah satu dalil naqli yang menyebutkan perintah jujur!
|
3.
|
Menyebutkan
contoh-contoh kejujuran
|
Sebutkan
3 contoh prilaku jujur dalam keseharian !
|
4.
|
Menyebutkan hikmah
kejujuran.
|
Sebutkanlah 3 hikmah
prilaku jujur
|
Pedoman
perskoran
No
|
Kunci
|
skor
|
1.
|
Jujur
adalah berkata apa adanya sesua kenyataan
|
20
|
2.
|
QS
. ali imron/3 :7
|
20
|
3.
|
Mengerjakan
Ulangan dengan percaya diri
Menepati
janji dengan siapapun
Menyampaikan
ijin kepada orang tua sesuai dengan tugas yg akan dilakukan
Dll
|
30
|
4.
|
Menenangkan
hati
Akhlaq
Nabi
Disenangi
orang
Dll
|
30
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
b)
Sikap
(Terlampir)
c)
Ketrampilan
(Terlampir)
2. Pengayaan
Bagi peserta didik yang
belum menguasai materi, guru menjelaskan kembali materi tentan “Mengasah Pribadi yang Unggul dengan Jujur, Santun,
dan Malu” dan melakukan penilaian kembali (lihat poin E) dengan soal yang sejenis.
3. Remedial
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan, contohnya: boleh pada saat pembelajaran apabila masih
ada waktu atau di luar jam pelajaran 30 menit setelah pulang sekolah.
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP.
............................. NIP.
...................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Peserta
didik
|
:
|
........................................................
|
NIS
|
:
|
........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
Terbiasa
menghargai perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Ali Imron/3:77, Q.S. al-Ahzab/33:70 dan hadis terkait.
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Observasi,
penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal
|
Penilai
|
:
|
Guru, diri
sendiri, antar peserta didik
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
a.
Observasi
Tanggal
Pengamatan : ..............................
Sikap yang
dinilai :
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Tidak
menyontek saat mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lan tanpa menyebutkan
sumber ) dalam menyusun karya tuls
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
Keterangan
|
|
Nilai
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual
peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang
sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
|
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Diri
Sikap yang dinilai : .
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Saya
mengerjakan tugas tanpa menjiplak hasil karya orang lain
|
|
|
|
|
2
|
Saya
mengatakan kebenaran walau pahit adanya
|
|
|
|
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang berwenang saat menemukan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani
mengakui kesalahan yang saya lakukan
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman lain
|
|
|
|
|
6
|
Saya
menghormati kepada kedua orang tua
|
|
|
|
|
7
|
Saya berkata
dengan sopan santun terhadap bapak dan ibu guru
|
|
|
|
|
8
|
Saya menyayangi
teman-teman di sekolah
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta
didik
untuk menilai sikap spiritual dirinya
sendiri.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4=selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3=sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2=kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1=tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang
sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
|
|
|
..........,..................................
Observer
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penilaian Antar
Peserta Didik
Nama Pesrta didik :
Sikap
Spiritual yang diamati :
jujur, santun
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Tidak
menyontek saat mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lan tanpa menyebutkan
sumber ) dalam menyusun karya tuls
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu ap adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki.
|
|
|
|
|
6
|
Menghormati kedua orang tua
|
|
|
|
|
7
|
Bertutur kata dengan sopan santun terhadap bapak dan ibu guru.
|
|
|
|
|
8
|
Menyayangi teman-teman di sekolah
|
|
|
|
|
9
|
Berprilaku yang baik dalam pergaulan bak di rumah, sekolah dan
lngkungan
|
|
|
|
|
10
|
Malu berbuat yang tidak baik
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
Petunjuk:
Berilah tanda
cek pada kolom pilihan berikut:
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
=sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2=kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
|
Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang
sering muncul)
|
Catatan:
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
.................................................................................................
|
..........,..................................
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Jurnal
Nama Peserta
Didik :
Aspek yang
diamati :
No.
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
Keterangan
|
Kriteria
|
Nilai
|
|
A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 86 – 100
B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85
C (Cukup) =
Jika peserta didikmendapatkan skor
66-75
D (Kurang) =
Jika peserta didikmendapatkan skor < 65
|
|
Catatan:
...........................................................................................
|
..........,..................................
Guru Mata
Pelajaran PAI
(...........................................)
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2 : Penilaian ketrampilan
Nama
|
:
|
.........................................................
|
Kelas
|
:
|
........................................................
|
Indikator
|
:
|
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Produk
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Rubrik
penilaian
|
:
|
|
Penilaian Produk
Membuat mind mapping:
a. Soal:
buatlah mind mapp materi mengasah pribadi
yang unggul dengan jujur, santun dan malu
b. Penilaian:
Nama Kelompok:
........................................
Anggota:
.......................................
Kelas: ................
No.
|
Aspek
|
Skor (1-5)
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Konsep
|
|
|
|
|
|
b.
Ide dasar
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
a.
Artistik Desain
|
|
|
|
|
|
b.
inovasi kreatif
desain.
|
|
|
|
|
|
c.
Kesesuaian
karya dengan tema
|
|
|
|
|
|
d.
kedalaman
eksplorasi tema
|
|
|
|
|
|
e.
komunikatif dalam
penyampaian pesan
|
|
|
|
|
|
3
|
Laporan Proyek
|
|
|
|
|
|
a.
Performans
|
|
|
|
|
|
b.
Presentasi/Penguasaan
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
Keterangan
|
Nilai
|
Keterangan penilaian:
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = cukup baik
4 = Baik
5 = Sangat baik
|
|
Catatan:......................................................................
...................................................................................
|
Guru Mata
Pelajaran PAI
(...........................................)
|
Lampiran 3 :Soal Pengayaan
Kerjakan soal berikut !
Kunci :
Lampiran 4. Soal Remedial