RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX ZAKAT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP KD. 8 (FQIH-1)


Nama Sekolah             : SMP ...................
Mata Pelajaran            : PAI-BP
Kelas/Semester           : IX/ 1
Materi Pokok              : Zakat
Alokasi Waktu            : 2x3 JP

A.      KOMPETENSI INTI

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong   royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.8     Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam

a.     mematuhi pelaksanaan zakat

b.    menyenangi zakat sebagai perintah agama

2.8     Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat

a.     membiasakan perilaku taat sebagai hikmah dari ketentuan zakat

b.    menampilkan perilaku peduli sebagai hikmah dari pelaksanaan zakat

3.8     Memahami ketentuan zakat

a.    mendefinisikan pengertian zakat;

b.   menyebutkan dasar hukum zakat;

c.    menjelaskan macam-macam zakat;

d.   menjelaskan syarat mengeluarkan zakat;

e.    menjelaskan waktu mengeluarkan zakat;

f.     menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.

g.   menyebuikan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal;

h.   menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal;

i.     menjelaskan perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal;

j.      menjelaskan hikmah zakat.

4.8     Mempraktikkan ketentuan zakat

 

a.      menerapkan cara menghitung zakat;

b.      melaksanakan zakat di sekolah atau di rumah.

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan Pertama:

Setelah melalui kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan zakat dengan benar.

2.        menyenangi zakat sebagai perintah agama dengan benar.

3.        membiasakan perilaku taat sebagai hikmah dari ketentuan zakat dengan benar.

4.        menampilkan perilaku peduli sebagai hikmah dari pelaksanaan zakat dengan benar.

5.        mendefinisikan pengertian zakat dengan benar.

6.        menyebutkan dasar hukum zakat dengan benar.

7.        menjelaskan macam-macam zakat dengan benar.

8.        menjelaskan syarat mengeluarkan zakat dengan benar.

9.        menjelaskan waktu mengeluarkan zakat dengan benar.

10.    menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati dengan benar.

11.    menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal dengan benar.

 

Pertemuan Kedua:

Setelah melalui kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.        mematuhi pelaksanaan zakat dengan benar.

2.        menyenangi zakat sebagai perintah agama dengan benar.

3.        membiasakan perilaku taat sebagai hikmah dari ketentuan  dengan benar zakat

4.        menampilkan perilaku peduli sebagai hikmah dari pelaksanaan zakat dengan benar.

5.        menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal dengan benar.

6.        menjelaskan perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal dengan benar.

7.        Menjelaskan hikmah zakat.

8.        menerapkan cara menghitung zakat dengan benar.

9.        melaksanakan zakat di sekolah atau di rumah dengan benar.

 

 

D.      MATERI PEMBELAJARAN

1.      Materi Reguler

a.      pengertian zakat

b.      dasar hukum zakat

c.       macam-macam zakat

d.     syarat mengeluarkan zakat

e.      waktu mengeluarkan zakat

f.        jenis harta yang wajib dizakati

g.      dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat

h.      ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

i.        perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal

j.        cara menghitung zakat

k.      zakat di sekolah atau di rumah

l.        hikmah zakat

 

2.      Materi Reguler

a.      Sosiologi zakat (Zakat ditinjau dari ilmu sosiologi)

 

3.      Materi Reguler

a.      pengertian zakat

b.      dasar hukum zakat

c.       macam-macam zakat

d.     syarat mengeluarkan zakat

e.      waktu mengeluarkan zakat

f.        jenis harta yang wajib dizakati

g.      dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat

h.      ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

i.        perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal

j.        cara menghitung zakat

k.      zakat di sekolah atau di rumah

l.        hikmah zakat

 

E.     METODE PEMBELAJARAN

Pembelajaran windows shooping

 

F.        MEDIA PEMBELAJARAN

       LCD

       Laptop

       Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

G.      SUMBER BELAJAR

1.      Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI Tahun 2006

2.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3.      Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4.      Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX. Jakarta: ESIS Erlangga.

 

H.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.          Pertemuan Pertama: 3 JP

a.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1)         Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)         Guru memerhatikan kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

3)         Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi zakat dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

4)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut.

5)         Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu kompetensi tentang zakat dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar kita semua peserta didik mampu mendeskripsikan zakat.

6)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang zakat.

7)         Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

 

b.   Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)        Peserta didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang zakat di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) dan buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film tentang pelaksanaan berbagai salat sunnah baik yang berjamaah atau sendirian.

b)       Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang pelaksanaan zakat seperti yang ditayangkan melalui film/video.

 

2)      Menanya:

a)      Peserta didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan zakat, menyangkut pengertian, macam-macam zakat, harta benda yang wajib dizakati dan pertanyaan lain yang relevan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.

b)      Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi pembelajaran.

c)      Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

a)      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang salat sunnah.

b)     Peserta didik berdiskusi untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

a)      Peserta didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.

b)     Peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.

 

5)      Mengomunikasikan:

a)      Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.

b)     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan cara saling berkunjung.

c)      Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.

d)     Anggota kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.

e)      Setelah usai berkunjung ke kelompok lain, peserta didik kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi penyaji.

f)       Setiap kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.

 

 

c.    Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang pengertian zakat, jenis-jenis zakat, harta benda yang wajib dizakati dan ketentuan zakat lainnya.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik terbiasa bersedekah kepada orang yang berhak menerima.

3)        Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik.

5)        Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

2.          Pertemuan Kedua

a.        Kegiatan Pendahuluan  (15 menit)

1)        Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.

2)        Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang pelaksanaan zakat.

3)        Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu ketentuan zakat dengan cara menunjuk beberapa peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang ketentuan zakat.

4)        Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

5)        Guru menyampaikan garis-garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

6)        Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.

 

b.       Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Mengamati:

a)   Peserta didik bersama-sama mengamati tayangan tentang pelaksanaan zakat.

b)   Peserta didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk pelaksanaan zakat.

 

2)      Menanya:

c)    Peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan pelaksanaan zakat.

d)  Peserta didik juga diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.

 

3)      Mengumpulkan informasi:

e)   Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok, dengan tugas membuat simulasi menghitung zakat dari harta benda, dengan pembagia sebagai berikut:

·         Kelompok 1 tentang : zakat fitrah

·         Kelompok 2 tentang : zakat binatang ternak

·         Kelompok 3 tentang : zakat buah-buahan

·         Kelompok 4 tentang : zakat hasil pertanian (padi, jagung dll)

·         Kelompok 5 tentang : zakat perdagangan

·         Kelompok 6 tentang : zakat profesi

f)     Peserta didik menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada salat sunnah.

g)   Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya menghtungnya.

 

4)      Menalar/ mengasosiasi:

h)   Peserta didik membuat perencanaan simulasi penghitungan zakat.

i)     Peserta didik menyelesaikan perencanaannya secara detil mulai awal sampai akhir.

 

5)      Mengomunikasikan:

j)     Peserta didik memeragakan simulasi penghitungan zakat sesuai dengan yang sudah direncanakan.

k)   Kelompok lain memberikan tanggapan atas simulasi penghitungan zakat.

 

a.   Kegiatan Penutup (15 menit)

1)        Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa simpulan mengenai hikmah pelaksanaan zakat.

2)        Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik terbiasa melakukan infaq atau sadaqah.

3)        Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan peserta didik secara mandiri mengerjakannya.

4)        Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta didik.

5)        Guru memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

6)        Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.

 

I.        PENILAIAN

1.    Sikap spiritual

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Lembar Observasi

Lampiran 1

 

Saat pembelajaran berlangsung.

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 2

 

 

 

Saat pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 3

 

 

 

Setelah pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

 

2.    Sikap sosial

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Jurnal

Lampiran 4

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 5

 

 

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

3

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 6

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.    Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Penugasan

Tugas tertulis

Lampiran 8

 

 

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

2

Tertulis

Soal-soal esay

Lampiran 9

 

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

4.    Keterampilan

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Unjuk kerja

Soal keterampilan unjuk kerja

Lampiran 10

Setelah pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

 

5.    Pembelajaran Remedial

Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

    pembelajaran ulang

    bimbingan perorangan

    belajar kelompok

    pemanfaatan tutor sebaya

bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

 

Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian remedial (lampiran 11)

 

6.    Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.

Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)

 

 

 

                                                                                                Demak,  ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

......................................                                                          ....................................

NIP. .............................                                                          NIP. ...................................


Lampiran 1: Lembar observasi sikap spiritual

Petunjuk:

1.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap pertemuan.

2.      Pengisian lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

3.      Berikut format jurnal sikap.

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Observasi

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Indikator yang diamati:

1.      Bersyukur kepada Allah Swt. karena mendapat kesempatan melakukan zakat, infaq atau sadaqah.

2.      Senang memberikan zakat/infaq/sadaqah.

3.      Terbiasa membelanjakan harta di jalan Allah.

 

Lampiran 2: Lembar penilaian diri sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya bersyukur kepada Allah Swt. karena mendapat kesempatan melakukan zakat, infaq atau sadaqah.

 

 

2.

Saya senang memberikan zakat/infaq/sadaqah.

 

 

3.

Saya terbiasa membelanjakan harta di jalan Allah.

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya bersyukur kepada Allah Swt. karena mendapat kesempatan melakukan zakat, infaq atau sadaqah.

 

 

2.

Teman saya senang memberikan zakat/infaq/sadaqah.

 

 

3.

Teman saya terbiasa membelanjakan harta di jalan Allah.

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.

 

Lampiran 4: Jurnal sikap sosial

Petunjuk:

a.      Pengamatan sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.

b.      Pengisian jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.

c.       Berikut format jurnal sikap.

 

No.

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak lanjut

1

 

 

 

 

 

2

 

 

·      

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5: Lembar penilaian diri sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya menaati semua peraturan yang ada

 

 

2.

Saya peduli dengan sesama teman

 

 

 

Keterangan:

a.      Penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

b.      Penilaian diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

Lampiran 6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial

Petunjuk:

Berilah tanda centang (√) pada  kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!

 

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Teman saya menaati semua peraturan yang ada

 

 

2.

Teman saya peduli dengan sesama teman lainnya

 

 

 

Keterangan:

-       Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.

-       Sebagaimana teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.

 

 

 

 

Lampiran 8: Lembar tugas

 

Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Quran dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang zakat, infaq dan sadaqah dan menuliskannya di buku tugas!

 

Pedoman penskoran:

 

No.

Aspek yang dinilai

Skor

1.

Menuliskan ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban membayar zakat, anjuran berinfaq atay sadaqah dalam buku tugas.

0-3

2.

Menuliskan arti ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban membayar zakat, anjuran berinfaq atay sadaqah dalam buku tugas.

0-2

3.

Menuliskan hadis yang berisi tentang zakat, infaq/sadaqah.

0-3

4.

Menuliskan arti hadis yang berisi tentang zakat, infaq/sadaqah.

0-2

Skor maksimum

10

 

 

 

Lampiran 9: Soal-soal tes tulis

 

KISI-KISI

NO

KOMPETENSI DASAR

KELAS

 MATERI

INDIKATOR

NO SOAL

BENTUK SOAL

1

Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.

IX

pengertian zakat fitrah dan zakat mal.

Menjelaskan pengertian zakat fitrah

1

Uraian

 

 

IX

macam-macam zakat.

 

Menjelaskan macam-macam zakat.

 

2

Uraian

2

Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.

 

IX

waktu mengeluarkan zakat.

 

Menjelaskan waktu yang paling baik utk mengeluarkan zakat.

 

3

Uraian

 

 

IX

jenis harta yang wajib dizakati.

 

Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.

 

4

Uraian

 

 

IX

Dalil naqli terkait dengan zakat fitrah                                                        dan zakat mal.

 

Menuliskan dalil naqli yang terkait dengan zakat   mal                                                  

5

Uraian

 

 

IX

Ketentuan zakat fitrah.

 

Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.

 

6

Uraian

 

 

IX

perilaku zakat fitrah

. Menunjukkan perilaku zakat fitrah dan zakat mal.

 

7

Uraian

 

Pertanyaan

1.      Jelaskan pengertian zakat Fitrah menurut bahasa dan istilah !

2.      Sebutkan dua macam zakat yang diwajibkan !

3.      Jelaskan kapan waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah!

4.      Sebutkan jenis-jenis harta yang wajib dizakati !

5.      Bagaimanakah hikmah mengeluarkan zakat/infaq/sadaqah baik bagi orang yang mengeluarkan maupuan bagi yang menerima?

 

Kunci Jawaban dan pedoman penskoran

No. Soal

Kunci Jawaban

Skor

Kategori

1.

Kata zakat fitrah berasal dari bahasa Arab, zakat fitrah menurut bahasa berarti membersihkan diri atau jiwa dengan cara mengeluarkan harta dan diberikan kepada mereka yang sangat membutuhkan.

30

Sulit

2.

Zakat fitrah/fitri dan zakat mal

10

mudah

3.

Kebanyakan ulama berpendapat bahwa waktu yang lebih afdhal untuk pembayaran zakat fitrah adalah akhir bulan Ramadhan, malam Idul Fitri dan pagi hari tanggal 1 Syawal sebelum menunaikan shalat Idul Fitri.

10

mudah

4.

Adapun jenis atau macam harta yang wajib dizakati adalah:

a.    emas, perak dan mata uang

b.   harta perdagangan

c.    hasil tanaman (buah-buahan dan biji-bijian)

d.   Binatang ternak

e.    hasil temuan

 

20

sedang

5

Kebijakan guru

30

sulit

 

Jumlah

100

 

 

 

Lampiran 10: Instrumen Penilaian keterampilan

Petunjuk:

1.        Simulasikan penghitungan zakat secara berkelompok, dengan pembagian sebagai berikut:

a.      Kelompok 1 tentang : zakat fitrah

b.      Kelompok 2 tentang : zakat binatang ternak

c.       Kelompok 3 tentang : zakat buah-buahan

d.     Kelompok 4 tentang : zakat hasil pertanian (padi, jagung dll)

e.      Kelompok 5 tentang : zakat perdagangan

f.        Kelompok 6 tentang : zakat profesi

Keompok lain menjadi penilai dan pengamat.

 

Rubrik penilaian unjuk kerja:

No.

Aspek yang Dinilai

Skor

1.

Mensimulasikan perhitungan zakat

4 = Sempurna, tidak ada kesalahan

3 = Kurang dari 4 kesalahan

2 = Antara 5 – 10 kesalahan

1 = Lebih dari 10 kesalahan

Skor Maksimum

4

 

 

Lampiran 11:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

 

Sekolah                                  : SMP Negeri 1 .............................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : IX/Satu

Materi Remedial                  : 1. …

                                                  2. …

Waktu Pemb. Remedial      : …

Waktu Ulangan Remedial  : …

Ketuntasan Belajar               : …

No.

Nama Siswa

Nilai UH

KD yang Tidak Tuntas

Bentuk Pembelajaran Remedial

Nilai Hasil Remedial

Ket.

1

 

 

 

 

 

 

2

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 12:

Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

 

Sekolah                                  : SMP Negeri 1 .............................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : IX/Satu

Materi Pengayaan                : 1.

                                                2. …                               

Waktu Pengayaan                :

Waktu Ulangan                    :

Ketuntasan Belajar               :

 

No.

Nama Siswa

Nilai UH.

Bentuk Pengayaan

Nilai Tes Pengayaan

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

Dst