RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS IX ZAKAT
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP KD. 8 (FQIH-1)
Nama Sekolah
: SMP ...................
Mata Pelajaran
: PAI-BP
Kelas/Semester
: IX/ 1
Materi Pokok
: Zakat
Alokasi Waktu
: 2x3 JP
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.8 Melaksanakan zakat sesuai dengan
ketentuan syari’at Islam
|
a.
mematuhi
pelaksanaan zakat
b.
menyenangi
zakat sebagai perintah agama
|
2.8 Menunjukkan perilaku taat dan peduli
sebagai hikmah dari ketentuan zakat
|
a.
membiasakan
perilaku taat sebagai hikmah dari ketentuan zakat
b.
menampilkan
perilaku peduli sebagai hikmah dari pelaksanaan zakat
|
3.8 Memahami ketentuan zakat
|
a.
mendefinisikan pengertian zakat;
b.
menyebutkan dasar hukum
zakat;
c.
menjelaskan macam-macam zakat;
d.
menjelaskan syarat mengeluarkan zakat;
e.
menjelaskan waktu mengeluarkan zakat;
f.
menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.
g.
menyebuikan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal;
h.
menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal;
i.
menjelaskan perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal;
j.
menjelaskan hikmah zakat.
|
4.8 Mempraktikkan ketentuan zakat
|
a.
menerapkan cara menghitung zakat;
b.
melaksanakan zakat di sekolah atau
di rumah.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama:
Setelah melalui kegiatan
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi
pelaksanaan zakat dengan benar.
2.
menyenangi
zakat sebagai perintah agama dengan benar.
3.
membiasakan
perilaku taat sebagai hikmah
dari ketentuan zakat dengan benar.
4.
menampilkan
perilaku peduli sebagai hikmah dari pelaksanaan zakat dengan benar.
5.
mendefinisikan pengertian zakat dengan benar.
6.
menyebutkan dasar hukum
zakat dengan benar.
7.
menjelaskan macam-macam zakat dengan benar.
8.
menjelaskan syarat mengeluarkan zakat dengan benar.
9.
menjelaskan waktu mengeluarkan zakat dengan benar.
10.
menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati dengan benar.
11.
menyebutkan dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat mal dengan benar.
Pertemuan Kedua:
Setelah melalui
kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
mematuhi
pelaksanaan zakat dengan benar.
2.
menyenangi
zakat sebagai perintah agama dengan benar.
3.
membiasakan
perilaku taat sebagai hikmah dari ketentuan
dengan benar zakat
4.
menampilkan
perilaku peduli sebagai hikmah dari pelaksanaan zakat dengan benar.
5.
menjelaskan
ketentuan zakat fitrah dan zakat mal dengan benar.
6.
menjelaskan
perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal dengan benar.
7.
Menjelaskan
hikmah zakat.
8.
menerapkan
cara menghitung zakat dengan benar.
9.
melaksanakan zakat di sekolah
atau di rumah dengan benar.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Materi
Reguler
a.
pengertian zakat
b.
dasar hukum
zakat
c.
macam-macam zakat
d.
syarat mengeluarkan zakat
e.
waktu mengeluarkan zakat
f.
jenis harta yang wajib dizakati
g. dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat
h.
ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
i.
perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
j.
cara menghitung zakat
k. zakat
di sekolah atau di rumah
l.
hikmah zakat
2. Materi
Reguler
a. Sosiologi
zakat (Zakat ditinjau dari ilmu sosiologi)
3. Materi
Reguler
a.
pengertian zakat
b.
dasar hukum
zakat
c.
macam-macam zakat
d.
syarat mengeluarkan zakat
e.
waktu mengeluarkan zakat
f.
jenis harta yang wajib dizakati
g. dalil naqli terkait dengan zakat fitrah dan zakat
h.
ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
i.
perbedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
j.
cara menghitung zakat
k. zakat
di sekolah atau di rumah
l.
hikmah zakat
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Pembelajaran windows
shooping
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
LCD
Laptop
Lembar Kerja Siswa
G.
SUMBER
BELAJAR
1.
Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen
Agama RI Tahun 2006
2.
Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Buku
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
4.
Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas IX.
Jakarta:
ESIS Erlangga.
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan
Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh
khidmat.
2)
Guru memerhatikan kesiapan peserta
didik dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
3)
Peserta didik secara bersama-sama
membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan materi zakat dipimpin
oleh salah seorang peserta didik.
4)
Guru mengecek penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara mealakukan tanya jawab singkat
tentang kompetensi tersebut.
5)
Guru menginformasikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu kompetensi tentang zakat dan menunjukkan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu agar kita semua peserta didik mampu
mendeskripsikan zakat.
6)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang zakat.
7)
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian
keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (90
menit)
1) Mengamati:
a)
Peserta
didik bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang zakat di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) dan buku-buku lain
yang relevan atau melalui video/film tentang pelaksanaan berbagai salat sunnah
baik yang berjamaah atau sendirian.
b) Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang pelaksanaan zakat seperti yang
ditayangkan melalui film/video.
2) Menanya:
a) Peserta
didik dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan zakat, menyangkut pengertian, macam-macam zakat, harta benda yang
wajib dizakati dan pertanyaan lain yang relevan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas-kertas kecil atau post it.
b) Peserta didik difasilitasi oleh guru memilih atau
menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sesuai dengan materi
pembelajaran.
c) Pertanyaan-pertanyaan yang terpilih dibagi kepada
setiap kelompok untuk didiskusikan.
3) Mengumpulkan informasi:
a) Peserta didik mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing dengan membaca Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX dan buku-buku referensi lain yang mengkaji tentang salat sunnah.
b) Peserta didik berdiskusi
untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
4) Menalar/
mengasosiasi:
a) Peserta
didik merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya masing-masing.
b) Peserta
didik menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau kertas folio.
5) Mengomunikasikan:
a) Peserta didik menempelkan kertas yang berisi rumusan
jawaban tersebut pada dinding kelas.
b) Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota
kelompok lain dengan cara saling berkunjung.
c) Salah angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang
lain berkunjung ke kelompok lain untuk mendengarkan
dan mengkritisi.
d) Anggota
kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok lain dengan
cara menuliskannya pada
ketas hasil kerja yang
dikunjungi.
e) Setelah
usai berkunjung ke kelompok lain, peserta
didik
kembali ke kelompok masing-masing untuk menginformasikan
hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi
penyaji.
f) Setiap
kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya
sesuai masukan dari anggota kelompok lain yang berkunjung.
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan
tentang pengertian zakat, jenis-jenis zakat, harta benda yang wajib dizakati
dan ketentuan zakat lainnya.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik terbiasa
bersedekah kepada orang yang berhak menerima.
3)
Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan
pemberian penugasan.
4)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR)
kepada peserta didik.
5)
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya serta kegiatan pembelajarannya.
6)
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2)
Guru mengecek kesiapan peserta didik dan mengondisikan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan kuis singkat tentang pelaksanaan
zakat.
3)
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya, yaitu ketentuan zakat dengan cara menunjuk beberapa
peserta didik untuk menjelaskan bagian-bagian penting tentang ketentuan zakat.
4)
Peserta didik secara bersama-sama membaca ayat-ayat
Alquran pilihan terutama terkait dengan materi pembelajaran dipimpin oleh salah
seorang peserta didik.
5)
Guru menyampaikan garis-garis
besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1) Mengamati:
a) Peserta
didik bersama-sama mengamati tayangan tentang pelaksanaan zakat.
b) Peserta
didik menyimak uraian singkat dari guru tentang seluk-beluk pelaksanaan zakat.
2) Menanya:
c) Peserta didik mengajukan
pertanyaan-pertanyaan terkait dengan tayangan
pelaksanaan zakat.
d) Peserta didik juga
diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan tayangan
tersebut, misalnya terkait dengan bagaimana cara membuat tayangan tersebut.
3) Mengumpulkan informasi:
e) Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok,
dengan tugas membuat simulasi
menghitung zakat dari harta benda, dengan pembagia sebagai berikut:
·
Kelompok 1 tentang : zakat fitrah
·
Kelompok 2 tentang : zakat binatang
ternak
·
Kelompok 3 tentang : zakat
buah-buahan
·
Kelompok 4 tentang : zakat hasil
pertanian (padi, jagung dll)
·
Kelompok 5 tentang : zakat
perdagangan
·
Kelompok 6 tentang : zakat profesi
f) Peserta didik
menyelesaikan tugas secara berkelompok dengan terlebih dahulu mencari informasi
melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX
dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman kepada salat sunnah.
g) Peserta didik berdiskusi untuk menentukan tata caranya menghtungnya.
4) Menalar/ mengasosiasi:
h) Peserta
didik membuat perencanaan
simulasi penghitungan zakat.
i) Peserta
didik menyelesaikan perencanaannya
secara detil mulai awal sampai akhir.
5) Mengomunikasikan:
j) Peserta didik memeragakan
simulasi penghitungan zakat sesuai dengan yang sudah direncanakan.
k) Kelompok lain memberikan tanggapan atas simulasi penghitungan zakat.
a. Kegiatan
Penutup (15 menit)
1)
Guru memfasilitasi peserta didik merumuskan beberapa
simpulan mengenai hikmah pelaksanaan zakat.
2)
Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah
dilaksanakan, dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik terbiasa
melakukan infaq atau sadaqah.
3)
Guru melakukan penilaian dengan memberikan lembar
kerja berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan essay (uraian) dan
peserta didik secara mandiri mengerjakannya.
4)
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk
remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (PR) kepada peserta
didik.
5)
Guru
memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan
berikutnya.
6)
Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu
mengucapkan salam penutup.
I.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 2
|
Saat pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembar penilaian antarteman
|
Lampiran 3
|
Setelah pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
2. Sikap sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 4
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 5
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembar penilaian antarteman
|
Lampiran 6
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
3. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lampiran 8
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment
for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
2
|
Tertulis
|
Soal-soal esay
|
Lampiran 9
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment
of learning)
|
4. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Unjuk kerja
|
Soal keterampilan unjuk kerja
|
Lampiran 10
|
Setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
5. Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
Format kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian
remedial (lampiran 11)
6. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi
(kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas
buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Format kegiatan pengayaan (lampiran 12)
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP.
............................. NIP.
...................................
Lampiran
1: Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk:
1. Pengamatan
sikap dengan observasi menggunakan lembar observasi dilakukan di setiap
pertemuan.
2. Pengisian
lembar observasi dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang
menonjol, baik yang positif maupun yang negatif.
3. Berikut
format jurnal sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Observasi
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Indikator yang
diamati:
1.
Bersyukur kepada Allah Swt.
karena mendapat kesempatan melakukan zakat, infaq atau sadaqah.
2. Senang memberikan zakat/infaq/sadaqah.
3. Terbiasa membelanjakan harta di jalan Allah.
Lampiran
2: Lembar penilaian diri sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bersyukur kepada Allah
Swt. karena mendapat kesempatan melakukan zakat, infaq atau sadaqah.
|
|
|
2.
|
Saya senang memberikan zakat/infaq/sadaqah.
|
|
|
3.
|
Saya terbiasa membelanjakan
harta di jalan Allah.
|
|
|
Keterangan:
a. Penilaian
sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam
satu semester.
b. Penilaian
diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang
hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh
pendidik.
Lampiran
3: Lembar penilaian antarteman sikap spiritual
Petunjuk:
Berilah tanda centang
(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai
dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersyukur kepada
Allah Swt. karena mendapat kesempatan melakukan zakat, infaq atau sadaqah.
|
|
|
2.
|
Teman saya senang memberikan
zakat/infaq/sadaqah.
|
|
|
3.
|
Teman saya terbiasa
membelanjakan harta di jalan Allah.
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan
sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana teknik penilaian diri,
teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan
pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi
dari hasil penilaiansikap oleh pendidik.
Lampiran
4: Jurnal sikap sosial
Petunjuk:
a. Pengamatan
sikap dengan observasi menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap
pertemuan.
b. Pengisian
jurnal dengan cara menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik
yang positif maupun yang negatif.
c. Berikut
format jurnal sikap.
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
Lampiran
5: Lembar penilaian diri sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda
centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya menaati semua peraturan yang ada
|
|
|
2.
|
Saya peduli dengan sesama teman
|
|
|
Keterangan:
a. Penilaian
sikap dengan teknik penilaian diri dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam
satu semester.
b. Penilaian
diri dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang
hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh
pendidik.
Lampiran
6: Lembar penilaian antarteman sikap sosial
Petunjuk:
Berilah tanda centang
(√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai
dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya menaati semua peraturan yang ada
|
|
|
2.
|
Teman saya peduli dengan sesama teman lainnya
|
|
|
Keterangan:
-
Penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan
sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester.
-
Sebagaimana teknik penilaian diri,
teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan
pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data konfirmasi
dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Lampiran
8: Lembar tugas
Petunjuk: Carilah dalil naqli (al-Qur’an dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang
zakat, infaq dan sadaqah dan menuliskannya di buku tugas!
Pedoman penskoran:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
|
Menuliskan
ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban membayar zakat, anjuran berinfaq atay
sadaqah dalam buku tugas.
|
0-3
|
2.
|
Menuliskan
arti ayat al-Qur’an yang berisi kewajiban membayar zakat, anjuran berinfaq
atay sadaqah dalam buku tugas.
|
0-2
|
3.
|
Menuliskan
hadis yang berisi tentang zakat, infaq/sadaqah.
|
0-3
|
4.
|
Menuliskan
arti hadis yang berisi tentang zakat, infaq/sadaqah.
|
0-2
|
Skor maksimum
|
10
|
Lampiran
9: Soal-soal tes tulis
KISI-KISI
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
BENTUK SOAL
|
1
|
Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
|
IX
|
pengertian zakat fitrah dan zakat mal.
|
Menjelaskan pengertian zakat fitrah
|
1
|
Uraian
|
|
|
IX
|
macam-macam zakat.
|
Menjelaskan macam-macam zakat.
|
2
|
Uraian
|
2
|
Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.
|
IX
|
waktu mengeluarkan zakat.
|
Menjelaskan waktu yang paling baik utk mengeluarkan
zakat.
|
3
|
Uraian
|
|
|
IX
|
jenis harta yang wajib dizakati.
|
Menyebutkan jenis harta yang wajib dizakati.
|
4
|
Uraian
|
|
|
IX
|
Dalil
naqli terkait dengan zakat fitrah
dan zakat
mal.
|
Menuliskan
dalil naqli yang terkait
dengan zakat mal
|
5
|
Uraian
|
|
|
IX
|
Ketentuan zakat fitrah.
|
Menjelaskan ketentuan zakat fitrah.
|
6
|
Uraian
|
|
|
IX
|
perilaku zakat
fitrah
|
. Menunjukkan
perilaku zakat fitrah dan zakat mal.
|
7
|
Uraian
|
Pertanyaan
1.
Jelaskan pengertian zakat Fitrah menurut bahasa dan
istilah !
2.
Sebutkan dua macam zakat yang diwajibkan !
3.
Jelaskan kapan waktu untuk mengeluarkan zakat fitrah!
4.
Sebutkan jenis-jenis harta yang wajib dizakati !
5.
Bagaimanakah hikmah mengeluarkan
zakat/infaq/sadaqah baik bagi orang yang mengeluarkan maupuan bagi yang
menerima?
Kunci Jawaban dan pedoman penskoran
No.
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Kategori
|
1.
|
Kata
zakat fitrah berasal dari bahasa Arab, zakat fitrah menurut bahasa berarti
membersihkan diri atau jiwa dengan cara mengeluarkan harta dan diberikan
kepada mereka yang sangat membutuhkan.
|
30
|
Sulit
|
2.
|
Zakat fitrah/fitri dan zakat mal
|
10
|
mudah
|
3.
|
Kebanyakan
ulama berpendapat bahwa waktu yang lebih afdhal untuk pembayaran zakat fitrah
adalah akhir bulan Ramadhan, malam Idul Fitri dan pagi hari tanggal 1 Syawal
sebelum menunaikan shalat Idul Fitri.
|
10
|
mudah
|
4.
|
Adapun
jenis atau macam harta yang wajib dizakati adalah:
a. emas,
perak dan mata uang
b. harta
perdagangan
c.
hasil tanaman (buah-buahan dan biji-bijian)
d. Binatang
ternak
e. hasil
temuan
|
20
|
sedang
|
5
|
Kebijakan
guru
|
30
|
sulit
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Lampiran
10: Instrumen Penilaian keterampilan
Petunjuk:
1.
Simulasikan penghitungan zakat secara
berkelompok, dengan pembagian sebagai berikut:
a. Kelompok
1 tentang : zakat fitrah
b. Kelompok
2 tentang : zakat binatang ternak
c. Kelompok
3 tentang : zakat buah-buahan
d. Kelompok
4 tentang : zakat hasil pertanian (padi, jagung dll)
e. Kelompok
5 tentang : zakat perdagangan
f.
Kelompok 6 tentang : zakat profesi
Keompok lain
menjadi penilai dan pengamat.
Rubrik penilaian
unjuk kerja:
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Mensimulasikan perhitungan zakat
|
4 =
Sempurna, tidak ada kesalahan
3 =
Kurang dari 4 kesalahan
2 =
Antara 5 – 10 kesalahan
1 =
Lebih dari 10 kesalahan
|
Skor
Maksimum
|
4
|
Lampiran 11:
Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran remedial.
Sekolah :
SMP Negeri 1 .............................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IX/Satu
Materi Remedial :
1. …
2. …
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
KD yang Tidak
Tuntas
|
Bentuk
Pembelajaran Remedial
|
Nilai Hasil Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 12:
Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran pengayaan.
Sekolah :
SMP Negeri 1 .............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IX/Satu
Materi Pengayaan : 1. …
2. …
Waktu Pengayaan : …
Waktu Ulangan : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH.
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes
Pengayaan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|