Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMP ...........................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII /Satu
Materi Pokok : Asmaul Husna Al-‘Alim, Al-Khobir, as-Sami’,dan al-Bashir
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 JP))
A.Kompetensi Inti
KI.1 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
KI. 2 |
: |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI.3 |
: |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
KI.4 |
: |
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD |
Indikator |
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar dan Maha Meihat |
1.3.1 Menunjukkan sikap Tekun beribadah ( salat Fardlu berjamaah ) sebagai wujud keyakinan bahwa Allah Maha Mengetahui dan Maha Waspada 1.3.2 menunjukkan sikap Tekun berdo’a sebagai wujud keyakinan bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat |
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teleti, dan kerja keras sebagai implementasi makna Al- ‘Alim, al-Khobir, As-Sami’, dan al-Bashir |
2.3.1 Menunjukkan perilaku tekun belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan sebagai makna Al-‘Alim 2.3.2 menunjukkan perilaku teliti dalam mengerjakan setiap ulangan 2.3.3 Menunjukkan perilaku kerja keras dalam kegiatan belajar dan mengajar 2.3.4 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam berpendapat |
3.3 Memahami makna Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
3.3.1 Menjelaskan pengertian Iman Kepada Allah Swt 3.3.2 Menjelaskan pengertian Asmaul Husna 3.3.3 Mengartikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 3.3.4 Mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir al |
4.3.1 Menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.3.2 Mendemonstrasikan perilaku al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
|
C.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.Tekun beribadah kepada Allah
2.Rajin berdo’a setiap hari
3.Memiliki sikap tekun, teliti dan bekerja keras
4.Menunjukkan dalil
5.Menyebutkan pengertian
6.Menjelaskan makna
7.Mengidentifikasi perilaku beriman kepada Allah swt.
8.Melaksanakan perintah Allah swt atas dasar iman kepada Allah swt.
9.Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.Tekun beribadah kepada Allah
2.Rajin berdo’a setiap hari
3.Menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat
1.Mendemonstrasikan perilaku yang sesuai dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
2.Menjauhi perilaku yang tidak sesuai dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
D.Materi Pembelajaran
1.Materi pembelajaran reguler
-Pengertian Iman Kepada Allah Swt
-Pengertian Asmaul husna
-Makna Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
-Nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
2.Materi pembelajaran pengayaan
-Dalil- dalil Naqli dan Aqli Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
-Hikmah beriman kepada Allah Swt
3.Materi pembelajaran remedial
Lebih Dekat dengan Allah Swt. Yang Sangat Indah Nama-Nya
-Pengertian Iman Kepada Allah Swt
-Pengertian Asmaul husna
-Makna Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
-Hikmah beriman kepada Allah Swt
E.METODE PEMELAJARAN
1.Metode Pembelajaran dengan metode Inquiry/discovery Learning
2.Matching Card
3.Window Shopping
4.Role playing
F.Media dan Bahan
1.Media
a.Power point tentang Asmaul Husna
b.Audio Visual Asmaul Husna
c.Kartu Asmaul Husna, arti dan maknanya
2.Bahan
a.Kertas plano ( 4 buah )
b.Pos It ( 4 pak )
c.Spidol ( 4 buah )
G.Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Peserta didik) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( halaman 1 – 15 ).
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 1 – 11).
- Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan Pertama: 3 JPl
a.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3)Guru memulai pembelajaran dengan membaca asmaul husna;
4)Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi asmaul husna;
5)Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan teknik penilaian yang akan digunakan;
6)Guru mengondisikan peserta didik menjadi empat kelompok;
7)Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.( dengan menggunakan metode apa...? )
b.Kegiatan inti
Merumuskan masalah
1)Peserta didik membaca teks renungan pada buku siswa;
2)Peserta didik menuliskan hal-hal yang ingin diketahui setelah membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
3)Peserta didik merumuskan permasalahan-permasalahan, misalnya :
a)Apa yang dimaksud dengan asmaul husna?
b)Mengapa harus membiasakan berdoa dengan membaca asmaul husna?
c)Bagaimana cara memahami makna asmaul husna?
d)Bagaimana agar permohonan (doa) dikabulkan oleh Allah Swt.
4)Perwakilan peserta didik menuliskan rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
5)Guru memandu peserta didik menganalisis pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran;
6)Peserta didik merumuskan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (
Merencanakan
7) peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data dengan cara :
a.Membaca bahan ajar pada buku siswa dan sumber lain yang relevan’.
b.Menggali informasi melalui pencocokan kartu (.
Mengumpulkan dan Menganalisis data
8)Peserta didik mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
9)Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis data atau informasi yang diperoleh;
10)Guru membimbing peserta didik untuk melakukan pemeriksaan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan mengamati contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari.
Menarik Simpulan
11)Dari informasi yang diperoleh dan dibuktikan kebenarannya dengan mengamati contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik merumuskan kesimpulan sebagai jawaban atas permasahan yang telah dirumuskan;
12)Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dengan memajang di dinding informasi kelas;
13)Setiap kelompok saling mengunjungi hasil kerja kelompok dan memberi tanggapan dengan model
Aplikasi dan Tindak Lanjut
14)Guru dan peserta didik melakukan
15)Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya.
c.Kegiatan Penutup (15 menit)
1)Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang Asmaul Husna;
2)Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan nilai-nilai keteladanan dari asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari;
3)Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
4)Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik;
5)Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
6)Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
2.Pertemuan Kedua : 3 JP
a.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3)Guru memulai pembelajaran dengan pembiasaan membaca asmaul husna;
4)Guru memberikan motivasi dan meminta peserta didik untuk menuliskan hal-hal yang telah dan ingin diketahui lebih lanjut terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
5)Guru menyampaikan kompetensi dasar terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
6)Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan teknik penilaian yang akan dihgunakan sesuai dengan karakteristik bahan ajar asmaul husna;
7)Guru mengondisikan peserta didik menjadi beberapa kelompok;
8)Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)Peserta didik dalam kelompok masing-masing mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari asmau Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari;
2)Peserta didik mengonstruksi contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan pada Asmaul Husna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam bentuk cerita;
3)Setiap kelompok memaparkan cerita yang telah dibuat di depan kelas secar bergilir dan kelompok lain memperhatikan dan menanggapi.
c.Kegiatan Penutup (12 menit)
1)Guru bersama-sama para peserta didik merumuskan simpulan tentang contoh keteladanan yang terdapat pada Asmaul Husna;
2)Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan nilai-nilai keteladanan dari asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari;
3)Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
4)Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik;
5)Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
6)Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
3.Pertemuan Ketiga: 3 JPl
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1)Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik;
3)Guru memulai pembelajaran dengan pembiasaan membaca asmaul husna;
4)Guru memberikan motivasi dan meminta peserta didik untuk menuliskan hal-hal yang telah dan ingin diketahui lebih lanjut terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
5)Guru menyampaikan kompetensi dasar terkait dengan materi pembelajaran asmaul husna;
6)Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan teknik penilaian yang akan dihgunakan sesuai dengan karakteristik bahan ajar asmaul husna;
7)Guru mengondisikan peserta didik menjadi beberapa kelompok;
8)Guru Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti
1)Setiap kelompok berlatih memerankan skenario yang telah dibuat;
2)Setiap kelompok menampilkan pemeranan skenario di depan kelas secar bergilir dan kelompok lain memperhatikan dan menanggapi dengan metode role playing
Kegiatan Penutup
1)Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik menerapkan nilai-nilai keteladanan dari asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari;
2)Guru melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan;
3)Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada peserta didik;
4)Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta kegiatan pembelajarannya;
5)Guru bersama-sama para peserta didik menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan salam penutup.
I. Penilaian
a)Penilaian Sikap
1)Sikap spiritual
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Lembar Observasi |
Lampiran 1 |
Pertemuan 1,2 dan 3 |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran ( |
2 |
Penilaian Diri |
Lembar penilaian diri |
Lampiran 2
|
Saat pembelajaran usai. |
Penilaian sebagai pembelajaran ( |
2)Sikap sosial
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Observasi |
Jurnal |
Lampiran 3 |
Pertemuan 1,2 dan 3 |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran ( |
2 |
Penilaian antarteman |
Lembar penilaian antarteman |
Lampiran 4
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian sebagai pembelajaran ( |
b)Pengetahuan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
Lisan |
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka |
Lampiran 5 |
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran ( |
2 |
Penugasan |
Tugas tertulis |
Lampiran 6
|
Saat pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk pembelajaran ( |
3 |
Tertulis |
Soal-soal esei |
Lampiran 7
|
Setelah pembelajaran usai |
Penilaian pencapaian pembelajaran ( |
c)Keterampilan
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1 |
prakatik |
Soal keterampilan praktik |
Lampiran 8 |
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran ( |
2 |
Portofolio |
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek |
|
Saat pembelajaran usai |
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
1.Pembelajaran Remedial
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
a.belajar kelompok
b.pemanfaatan tutor sebaya
2.Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain menulis dalil naqli tentang asmaul Husna dan menelaah hikmah beriman kepada Allah.
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP. ............................... NIP. .............................
Instrumen Penilaian
Lampiran 1: Lembar observasi penilaian sikap spiritual
LEMBAR OBSERVASI
Kelas : VII A
Semester : Gasal
Tahun Pelajaran : ...............................
Periode Pengamatan : Tanggal ...............
Indikator sikap :
1.Tekun beribadah kepada Allah
2.Rajin berdo’a setiap hari
3.Memiliki sikap tekun, teliti dan bekerja keras
No.
|
NamaPeserta Didik |
Skor Indikator Sikap Spiritual (1 – 4) |
Jumlah Perolehan Skor |
Skor Akhir |
Tuntas/ Tidak Tuntas |
||
Indikator 1 |
Indikator 2 |
Indikator 3 |
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
|
11. |
|
|
|
|
|
|
|
12. |
|
|
|
|
|
|
|
13. |
|
|
|
|
|
|
|
14. |
|
|
|
|
|
|
|
15. |
|
|
|
|
|
|
|
16. |
|
|
|
|
|
|
|
17. |
|
|
|
|
|
|
|
18. |
|
|
|
|
|
|
|
19. |
|
|
|
|
|
|
|
20. |
|
|
|
|
|
|
|
21. |
|
|
|
|
|
|
|
22. |
|
|
|
|
|
|
|
23. |
|
|
|
|
|
|
|
24. |
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2: Lembar Penilaian Diri (Penilaian Spiritual)
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama :
Kelas :
Semester :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. |
Saya tekun beribadah ( salat Fardlu berjamaah ) |
|
|
2. |
Saya Tekun berdo’a |
|
|
3. |
Saya tekun belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan |
|
|
4. |
Saya teliti dalam mengerjakan setiap ulangan |
|
|
5. |
Saya berperilaku kerja keras dalam kegiatan belajar dan mengajar |
|
|
6 |
Saya perilaku percaya diri dalam berpendapat |
|
|
Lampiran 3. Jurnal Penilaian Sikap Sosial
JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah : SMP ...........................
Kelas/Semester : VII / 1
Tahun Pelajaran : ..........................
Guru :
No |
Waktu |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tanda Tangan Siswa |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4. Penilaian Antar Teman (Sikap Sosial )
PENILAIAN ANTAR TEMAN (SIKAP SOSIAL)
Nama : ................
Kelas/Semester : VII / 1
Tahun Pelajaran : ......
NO |
Pernyataan |
1 |
2 |
3 |
4 |
Skor |
1. |
Teman saya tekun beribadah (salat Fardlu berjamaah) |
|
|
|
|
|
2. |
Teman saya Tekun berdo’a |
|
|
|
|
|
3. |
Teman saya tekun belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan |
|
|
|
|
|
4. |
Teman saya teliti dalam mengerjakan setiap ulangan |
|
|
|
|
|
5. |
Teman saya berperilaku kerja keras dalam kegiatan belajar dan mengajar |
|
|
|
|
|
6 |
Teman saya berperilaku percaya diri dalam berpendapat |
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR |
|
|
|
|
|
Keterangan
1.Tidak pernah
2.Kadang kadang
3.Sering
4.Selalu
PEDOMAN SKOR / PENILAIAN
SKOR MAKSIMAL : 20
NILAI =
Lampiran 5. Instrumen Tes Lisan
INSTRUMEN TES LISAN
Nama Sekolah : SMP.............
Kelas/Semester : VII / 1
Tahun Pelajaran : ................
No |
KD |
INDIKATOR |
SOAL |
KUNCI |
||||||||||
1 |
3.3 Memahami makna Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
1.Menjelaskan pengertian Iman Kepada Allah Swt 2.Menjelaskan pengertian Asmaul Husna 3.Mengartikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.Mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
1.Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT! 2.Jelaskan pengertian Asmaul Husna 3.Artikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.Sebutkan Nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 5.Ceritakan 1 kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
1.Iman kepada Allah adalah menyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan” tentang keberadaan Allah sebagai Robb manusia. 2.Asmaul Husna adalah nama-nama indah Allah yang disebutkanNya di dalam Al-Quran 3.Jawab:
4.Keteladanan : a)Tekun beribadah ( salat Fardlu berjamaah ) b)Tekun berdo’a c)tekun belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan d)teliti dalam mengerjakan setiap ulangan e)perilaku kerja keras dalam kegiatan belajar dan mengajar f)perilaku percaya diri dalam berpendapat 5.Cerita ttg sahabat Nabi SAW, penggembala kambing yang jujur,karena yakin Allah adalah “al-Alim”
|
||||||||||
|
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir al |
1.Menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 2.Mendemonstrasikan perilaku al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
|
Lampiran 6: Soal-soal tes Tulis
INSTRUMEN TES TULIS
Nama Sekolah : SMP ........................
Kelas/Semester : VII A / 1
Tahun Pelajaran : .........................
No. KD |
IPK |
Indikator Soal
|
Rumusan Soal
|
|||||||||
3.3Memahami makna Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
3.3.1 Menjelaskan pengertian Iman Kepada Allah Swt
|
Disajikan teks hadist tentang iman kepada Allah SWT, peserta didik dapat menjelaskan pengertian iman kepada Allah berdasarkan teks hadist tersebut! |
Perhatikan hadist berikut : ا الايمان معرفة بالقلب و قول باللسان و عمل بالاركان (رواه الطبران) Berdasarkan Hadist tersebut, jelaskan pengertian iman kepada Allah !
|
|||||||||
3.3.2 Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
|
Disajikan QS. Al-A’rof:180, peserta didik dapat menjelaskan pengertian asmaul Husna |
Perhatikan QS. Al-A’rof:180 berikut ini,
Berdasarkan Ayat tersebut, jelaskan pengertian asmaul husna!
|
||||||||||
3.3.3Mengartikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
Disajikan tabel nama asmaul husna, peserta didik dapat melengkapi tabel nama dan arti asmaul husna dengan benar!
|
Salinlah Tabel berikut dan lengkapilah dengan isian yang tepat:
|
||||||||||
3.3.4 Mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
Disajikan salah satu ilustrasi Asmaul Husna, peserta didik dapat menyebutkan nilai keteladanan yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata! |
Perhatikan penjelasan berikut: “ Dalam QS. Al-Baqoroh:256, Allah menyebutkan asmaul husna As-Sami’ artinya Maha Mendengar.. Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya,meskipun suara itu sangat pelan” Dari penjelasan tersebut sebutkan 2 nilai prilaku yang dapat diterapkan dalam kehidupan muslim!
|
Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
No. Soal |
Pertanyaan |
Ket. |
||||||||||
1. |
Perhatikan hadist berikut : ا الايمان معرفة بالقلب و قول باللسان و عمل بالاركان (رواه الطبران) Berdasarkan Hadist tersebut, jelaskan pengertian iman kepada Allah ! |
|
||||||||||
2. |
Perhatikan QS. Al-A’rof:180 berikut ini,
Berdasarkan Ayat tersebut, jelaskan pengertian asmaul husna! |
|
||||||||||
3. |
Salinlah Tabel berikut dan lengkapilah dengan isian yang tepat:
|
|
||||||||||
4. |
Perhatikan penjelasan berikut: “ Dalam QS. Al-Baqoroh:256, Allah menyebutkan asmaul husna As-Sami’ artinya Maha Mendengar.Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya,meskipun suara itu sangat pelan” Dari penjelasan tersebut sebutkan 2 nilai prilaku yang dapat diterapkan dalam kehidupan seorang muslim muslim! |
|
Kunci Jawaban:
No. |
Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
||||||||||
1. |
Soal No. 1 |
“Iman kepada Allah adalah menyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan” tentang keberadaan Allah sebagai Robb manusia. |
2 |
||||||||||
2. |
Soal No. 2 |
“Dan Allah memiliki al-Asmau-al-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya al- Asmau-al-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya.) Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” Asmaul Husna adalah nama-nama indah yang dimiliki Allah, yang Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an. |
8 |
||||||||||
3. |
Soal No. 3 |
|
4 |
||||||||||
4. |
Soal No. 4 |
a.mau mendengarkan orang lain yang sedang berbicara. Terlebih lagi jika yang sedang berbicara adalah guru atau orang tua kita. b.jika tidak senang terhadap apa yang disampaika,kita harus sampaikan hal itu kepada lawan bicara kita dengan sikap danbahasa yang santun. |
6 |
||||||||||
|
|
Jumlah skor |
20 |
Lampiran 7: Instrumen Penilaian keterampilan bermain peran
Mata Pelajaran : PAI- BP
Kelas/smt : VII/1
Materi : Asmaul Husna
KD : 4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan
orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim,
al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Hari/Tanggal : ..................
Nama Kelompok : ..................
Anggota Kelompok : ..................
Unjuk kerja dalam bermain peran.
No |
Nama Peserta Didik |
Aspek yang Dinilai |
Skor maks |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||||
1 |
2 |
3 |
T |
TT |
R |
P |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
T : Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian :
1)Kejelasan dan kedalaman informasi (30 %)
a)Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b)Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20
c)Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalamaan informasi kurang lengkap, skor 10.
2)Penghayatan yang diperankan (30 %)
a)Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 30
b)Jika Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.
c)Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 10.
3)Kerja sama (40 %)
a)Jika kelompok tersebut dapat bekerja sama dengan sangat baik, skor 40
b)Jika kelompok tersebut dapat bekerja sama dengan baik, skor 30.
c)Jika kelompok tersebut kerja samanya kurang baik, skor 20
d)Jika kelompok tersebut kerja samanya tidak baik, skor 10.
Lampiran 8 : Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran remedial.
Pembelajaran Remedial
Sekolah : SMP .......................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Remedial : KD 3.3 Memahami makna Asmaul Husna; al-‘Alim,
al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
KD |
INDIKATOR |
MATERI REMIDIAL |
INSTRUMEN TES REMIDI |
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar dan Maha Meihat |
1. Tekun beribadah ( salat Fardlu berjamaah ) 2. Tekun berdo’a |
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teleti, dan kerja keras sebagai implementasi makna Al- ‘Alim, al-Khobir, As-Sami’, dan al-Bashir |
1.tekun belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan 2.teliti dalam mengerjakan setiap ulangan 3.perilaku kerja keras dalam kegiatan belajar dan mengajar 4.perilaku percaya diri dalam berpendapat |
|
|
3.3 Memahami makna Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
6.Menjelaskan pengertian Iman Kepada Allah Swt 7.Menjelaskan pengertian Asmaul Husna 8.Mengartikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 9.Mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
1.Pengertian Iman Kepada Allah Swt 2.Pengertian Asmaul Husna 3.Arti Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.Nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 5.cerita kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
1.Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT! 2.Jelaskan pengertian Asmaul Husna 3.Artikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.Sebutkan Nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 5.Ceritakan 1 kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir al |
3.Menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.Mendemonstrasikan perilaku al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
|
Lampiran 9: Format pelaksanaan dan hasil pembelajaran pengayaan.
Sekolah : SMP .....................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII /1
Materi Pengayaan : 1. Dalil Naqli tentang asmaul Husna
2. Hikmah beriman Kepada Allah
Waktu Pengayaan : …
KD |
INDIKATOR |
MATERI REMIDIAL |
INSTRUMEN TES REMIDI |
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar dan Maha Meihat |
1. Tekun beribadah (salat Fardlu berjamaah) 2. Tekun berdo’a |
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teleti, dan kerja keras sebagai implementasi makna Al- ‘Alim, al-Khobir, As-Sami’, dan al-Bashir |
1.tekun belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan 2.teliti dalam mengerjakan setiap ulangan 3.perilaku kerja keras dalam kegiatan belajar dan mengajar 4.perilaku percaya diri dalam berpendapat |
|
|
3.3 Memahami makna Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
1.Menjelaskan pengertian Iman Kepada Allah Swt 2.Menjelaskan pengertian Asmaul Husna 3.Mengartikan Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 4.Mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir |
1.Menuliskan Dalil Naqli Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 2.Menuliskan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir al |
1.Menuliskan Dalil Naqli Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 2.Tuliskan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir al |
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani Asmaul Husna; al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir al |
1.Menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir 2.Mendemonstrasikan perilaku al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari
|