RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VII JUJUR, AMANAH dan ISTIQOMAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah

:

SMP .................................

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester

:

VII/ Satu

Materi Pokok

:

Hidup Tenang dengan kejujuran, Amanah dan Istiqomah

Alokasi Waktu

:

3 Pertemuan (9 JPL)

 

A.    Kompetensi Inti

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD

Indikator

1.5.  Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqomah adalah perintah agama

1.5.1.  Berkata dan berbuat apa adanya sebagai implementasi keyakinan bahwa jujur adalah perintah agama.

1.5.2.  Bertutur kata dan berbuat yang dapat dipertanggungjawabkan.

1.5.3.Bertutur kata dan berbuat  dengan konsisten sesuai perintah agama

2.5    Menunjukkan perilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari

2.5.1   Tidak mencontek saat mengerjakan ujian /ulangan/ tugas

2.5.2   Tidak melakukan kecurangan (mengambil/ menyalin karya orang lain) dalam mengerjakan setiap tugas

2.5.3   Melaporkan data atau informasi apa adanya

2.5.4   Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

3.5. Memahami makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah

3.5.1. Menjelaskan pengertian jujur,amanah dan istiqomah dengan membaca dalil naqlinya

3.5.2. Menjelaskan makna jujur,amanah dan istiqomah dengan membaca dalil naqlinya

3.5.3. Menyebutkan contoh prilaku  jujur,amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari

4.5. Menyajikan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah.

4.5.1. Berkata dan berperilaku dengan jujur

4.5.2. Berkata dan berperilaku dengan amanah

4.5.3. Berkata dan berperilaku secara istiqomah

 

 

C.  Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama (3 JP)

1.    Berkata dan berbuat apa adanya sebagai implementasi keyakinan bahwa jujur adalah perintah agama.

2.    Bertutur kata dan berbuat yang dapat dipertanggungjawabkan.

3.    Bertutur kata dan berbuat  dengan konsisten sesuai perintah agama

4.    Berkata dan berbuat sesuai dengan hati nurani

5.    Berkata dan berbuat secara amanah

6.    Teguh pendirian dalam ucapan dan perbuatan

Pertemuan kedua

1.    Menjelaskan pengertian jujur

2.    Membaca dalil naqli tentang jujur

3.    Menjelaskan pengertian amanah

4.    Membaca dalil naqli tentang amanah

5.    Menjelaskan pengertian istiqomah

6.    Membaca dalil naqli tentang  istiqomah

Pertemuan ketiga

1.    Berkata dan berperilaku dengan jujur

2.    Berkata dan berperilaku dengan amanah

3.    Berkata dan berperilaku secara istiqomah

 

D.  Materi Pembelajaran

1.       Materi pembelajaran reguler

1)        Pengertian jujur, sesuai dengan Q.S. al-Baqarah:42 dan hadis yang terkait.

2)        Makna jujur sesuai dengan Q.S. al-Baqarah:42 dan hadis yang terkait.

3)        Contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah : 42 dan hadis yang terkait.

4)        Perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah :42 dan hadis yang terkait.

5)        Pengertian amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

6)        Makna amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

7)        Contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

8)        Contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

9)        Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

10)    Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

11)    Contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

12)    Contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

 

2.      Materi pembelajaran pengayaan

1)        Perilaku publik figur (artis) yang jujur

2)        Perilaku publik figur yang (artis) amanah

3)        Perilaku publik figur yang (artis) istiqomah

 

3.      Materi pembelajaran remedial

1)        Pengertian jujur, sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis yang terkait.

2)        Makna jujur sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis yang terkait.

3)        Contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis yang terkait.

4)        Pengertian amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

5)        Makna amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

6)        Contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

7)        Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

8)        Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

9)        Contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

 

E.  Metode Pembelajaran

1.      Problem Based Learning

 

 

F.  Media dan Bahan

1.      Media

1)   Video/film: ttg jujur

2)   Power point

3)   Laptop

4)   LCD Projektor

5)   Gambar ttg jujjur, amanah, istiqomah

2.      Bahan

1)        Spidol

2)        Kertas HVS

 

3.      Sumber Belajar

1)        Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI Tahun 2006 hal....

2)        Buku Teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMP kelas VII (Buku Siswa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2016

3)        Buku Teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMP kelas VII (Buku Guru) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2016

 

Ø     Pertemuan Pertama: 3 JPL (120 menit)

a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1)        Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama peserta didik dengan khidmat.

2)                                                         Guru mengajak peserta didik melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.

3)                                                         Guru mengabsen peserta didik.

4)        Guru mengkondisikan siswa dengan tanya jawab tentang jujur,amanah dan istiqomah supaya suasana belajar lebih menyenangkan.

5)        Guru meminta siswa untuk mempersiapkan buku siswa, dan alat belajar lain untuk mengikuti pelajaran.

6)        Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

7)        Guru menjelaskan teknik penilaian yang akan digunakan.

8)        Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

9)        Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

10)    Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.

 

b.      Kegiatan Inti (95 menit)

1)                                              Mengamati

·         Peserta  didik  dengan sungguh-sunguh  mengamati dan memberi komentar tayangan video yang berkaitan dengan jujur, amanah, dan istiqamah.

·         Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah.

 

2)                                              Menanya

·         Perlukah kita jujur setiap hari?

·         Kepada siapakah kita harus jujur?

·         Apakah kita harus  amanah?

·         Apa manfaat amanah?

·         Kapankah kita harus istiqamah?

·         Apakah kamu suka dengan orang yang istiqamah?

 

3)        Mengumpulkan (informasi/data/mencoba)(menalar/mengasosiasi)(mengkomunikasikan)

·         Peserta didik mengamati dengan seksama tayangan video yang berkaitan dengan sikap jujur,amanah, dan istiqamah,

·         setelah selesai  kemudian mencatat hal-hal yang berkaitan dengan sifat jujur,amanah dan istiqamah.

·         Peserta didik merumuskan masalah-masalah yang dihadapi dalam tayangan tersebut, kemudian mengambil kesimpulan.

·         Rumusan yang sudah dibuat oleh kelompok dipresentasikan di depan kelas secara bergantian.

 

c.       Kegiatan Penutup (15 menit)

 

1)        Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai jujur, amanah dan istiqamah

2)        Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati tayangan video, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara refleksi, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengkomunikasikan jawaban .

3)        Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberikan reword.

4)        Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu mencari artikel tentang artis yang mempraktikkan sifat jujur,amanah dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ø  Pertemuan Kedua: 3 JP

a.        Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

1)        Guru memeriksa kerapihan dan kebersihan kelas. Membuka pembelajaran dengan  mengucapkan salam, membaca basmalah dan mengajak berdoa bersama dilanjutkan dengan membaca Al qur’an QS. Al-Maa’un ayat 1-7 , untuk mengkondisikan suasanan belajar yang menyenangkan;

2)        Guru mengecek penyelesaian tugas masing-masing kelompok;

3)        Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitu, peserta didik  dapat mengemukakan alternatif penyelesaian masalah nyata terkait perilaku jujur amanah dan istiqomah;

4)        Guru menyampaikan garis besar cakupan kegiatan yang akan dilakukan yaitu menyajikan hasil kerja kelompok (laporan pertemuan pertama).

 

b.        Kegiatan Inti (90 menit)

1)      Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menemukan dan menentukan solusi yang berkaitan dengan sifat jujur, amanah dan istiqamah pada artikel tentang artis yang  dianggap paling paling relevan dengan kehidupan sehari-hari;

2)      Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian masalah;

3)      Peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompok, yang dapat berupa paparan/bahan tayang, display, atau dalam bentuk lembaran;

4)      Peserta didik mempresentasikan (think aloud) hasil kerja kelompoknya di depan kelas dengan menggunakan model window shooping;

5)      Peserta didik melakukan review dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok;

6)      Peserta didik dalam kelompok memperbaiki / menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan dan masukan kelompok lain.

 

c.         Kegiatan Penutup ( 15 Menit )

1)        Guru memfasilitasi peseta didik membuat butir-butir simpulan, mengonfirmasi, merevisi atau menolak prediksi mengenai materi yang dipelajari;

2)        Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil peserta didik;

3)        Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar pada pertemuan berikutnya yaitu evaluasi tentang Hidup Lebih Indah dengan Berkata danBerbuat yang Jujur, Amanah dan Istiqamah.

Ø  Pertemuan ketiga

1.        Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1)         Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama peserta didik.

2)        Guru mengajak peserta didik melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.

3)        Guru mengabsen peserta didik.

4)        Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar  dan tujuan yang akan dicapai.

5)        Guru menjelaskan kepada peserta didik secara singkat kegiatan evaluasi  yang akan dilaksanakan dan sistem penilaian yang akan digunakan

2.        Kegiatan Inti (90 menit)

1)   Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menemukan dan menentukan solusi yang berkaitan dengan sifat jujur, amanah dan istiqamah pada artikel tentang artis yang  dianggap paling paling relevan dengan kehidupan sehari-hari;

2)   Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian masalah;

3)   Peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompok, yang dapat berupa paparan/bahan tayang, display, atau dalam bentuk lembaran;

4)   Peserta didik mempresentasikan (think aloud) hasil kerja kelompoknya di depan kelas dengan menggunakan model window shooping;

5)   Peserta didik melakukan review dan memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok;

6)   Peserta didik dalam kelompok memperbaiki / menyempurnakan hasil kerjanya berdasarkan tanggapan dan masukan kelompok lain.

3.        Kegiatan Penutup ( 15 Menit )

1)   Guru memfasilitasi peseta didik membuat butir-butir simpulan, mengonfirmasi, merevisi atau menolak prediksi mengenai materi yang dipelajari;

2)   Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil peserta didik;

3)   Guru menginformasikan rencana kegiatan belajar pada pertemuan berikutnya yaitu evaluasi tentang Hidup Lebih Indah dengan Berkata danBerbuat yang Jujur, Amanah dan Istiqamah.

 

G. Penilaian

 

1.                            Sikap spiritual

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Lembar Observasi

Lampiran 1

 

Saat pembelajaran berlangsung.

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian diri

Lembar penilaian diri

Lampiran 2

 

 

 

Saat pembelajaran usai.

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

2.                            Sikap sosial

 

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Observasi

Jurnal

Lampiran 3

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2

Penilaian antarteman

Lembar penilaian antarteman

Lampiran 4

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

3.                            Pengetahuan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

Lisan

Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka

Lampiran 5

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

 

Penugasan

Tugas tertulis

Lampiran 6

 

 

 

 

Saat pembelajaran berlangsung

Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

 

Tertulis

Soal-soal esei

Lampiran 7

 

 

 

 

Setelah pembelajaran usai

Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

 

4.                            Keterampilan

No.

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Butir Instrumen

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

 

prakatik

Soal keterampilan praktik

Lampiran 8

Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai

Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

 

Portofolio

Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek

 

Saat pembelajaran usai

Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

 

 

5.      Pembelajaran Remedial

( lampiran 9)

bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

a.       belajar kelompok

b.      pemanfaatan tutor sebaya

 

6.      Pembelajaran Pengayaan

(lampiran 10 )

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain menuliskan Perilaku publik figur (artis) yang jujur, Perilaku publik figur yang (artis) amanah, Perilaku publik figur yang (artis) istiqomah

 

 

                                                Demak, ............................

Mengetahui;                                                                            Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah,                                                                      PAI dan Budi Pekerti,                                               

 

 

......................................                                                          ....................................

NIP. ...............................                                                        NIP. .............................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian

Lampiran 1. Lembar Observasi Penilaian Spiritual

 

LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                         : VII A

Semester                                   : Gasal

Tahun Pelajaran                        :  ...................

Periode Pengamatan                 : Tanggal ...............

Indikator penilaian sikap :

1)        Berkata dan berbuat apa adanya sebagai implementasi keyakinan bahwa jujur adalah perintah agama.

2)        Bertutur kata dan berbuat yang dapat dipertanggungjawabkan.

3)         Bertutur kata dan berbuat  dengan konsisten sesuai perintah agama

 

No.

 

NamaPeserta Didik

Skor Indikator Sikap Spiritual (1 – 4)

Jumlah Perolehan

Skor

Skor

Akhir

Tuntas/ Tidak Tuntas

Indikator 1

Indikator 2

Indikator 3

       1.             

 

 

 

 

 

 

 

       2.             

 

 

 

 

 

 

 

       3.             

 

 

 

 

 

 

 

       4.             

 

 

 

 

 

 

 

       5.             

 

 

 

 

 

 

 

       6.             

 

 

 

 

 

 

 

       7.             

 

 

 

 

 

 

 

       8.             

 

 

 

 

 

 

 

       9.             

 

 

 

 

 

 

 

    10.             

 

 

 

 

 

 

 

    11.             

 

 

 

 

 

 

 

    12.             

 

 

 

 

 

 

 

    13.             

 

 

 

 

 

 

 

    14.             

 

 

 

 

 

 

 

    15.             

 

 

 

 

 

 

 

    16.             

 

 

 

 

 

 

 

    17.             

 

 

 

 

 

 

 

    18.             

 

 

 

 

 

 

 

    19.             

 

 

 

 

 

 

 

    20.             

 

 

 

 

 

 

 

    21.             

 

 

 

 

 

 

 

    22.             

 

 

 

 

 

 

 

    23.             

 

 

 

 

 

 

 

    24.             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2. Lembar Penilaian Diri (Penilaian Spiritual)

 

LEMBAR PENILAIAN DIRI

Nama                         : ...

Kelas                          : ...

Semester                    : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya berkata  dan berbuat dengan jujur

 

 

2.

Saya Tidak mencontek saat mengerjakan ujian /ulangan/ tugas

 

 

3.

Saya Tidak melakukan kecurangan (mengambil/ menyalin karya orang lain) dalam mengerjakan setiap tugas

 

 

4.

Saya Melaporkan data atau informasi apa adanya

 

 

5.

Saya Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

 

 

 

 


Lampiran 3. Jurnal Penilaian Sikap Sosial

 

JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Nama Sekolah                        : SMP ........................

Kelas/Semester                     : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                     : .........................

Guru                                        :

1)        Berkata  dan berbuat dengan jujur

2)        Tidak mencontek saat mengerjakan ujian /ulangan/ tugas

3)        Tidak melakukan kecurangan (mengambil/ menyalin karya orang lain) dalam mengerjakan setiap tugas

4)        Melaporkan data atau informasi apa adanya

5)        Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

No

Waktu

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tanda Tangan Siswa

Tindak Lanjut

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

9.

 

 

 

 

 

 

10.

 

 

 

 

 

 

                                                 


Lampiran 4. Penilaian Antar Teman (Sikap Sosial )

 

PENILAIAN ANTAR TEMAN (SIKAP SOSIAL)

Nama                                       : ................

Kelas/Semester                     : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                     : .....................

Indikator sikap                      :

 

1.       Bersikap dan berperilaku  jujur, amanah dan istiqomah

 

NO

Pernyataan

1

2

3

4

Skor

1

Teman saya berkata  dan berbuat dengan jujur

 

 

 

 

 

2

Teman saya tidak mencontek saat mengerjakan ujian /ulangan/ tugas

 

 

 

 

 

3

Teman saya tidak melakukan kecurangan (mengambil/ menyalin karya orang lain) dalam mengerjakan setiap tugas

 

 

 

 

 

4

Teman saya melaporkan data atau informasi apa adanya

 

 

 

 

 

5

Teman saya mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

 

 

 

 

 

 

TOTAL SKOR

 

 

 

 

 

 

Keterangan

1.      Tidak pernah

2.      Kadang kadang

3.      Sering

4.      Selalu

 

PEDOMAN SKOR / PENILAIAN

 

SKOR MAKSIMAL : 20

 

NILAI = 


Lampiran 5: tes lisan

 

INSTRUMEN TES LISAN

 

Nama Sekolah                        : SMP ............................

Kelas/Semester                     : VII A  / 1

Tahun Pelajaran                     : ..................................

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

KUNCI

1

. 3.5. Memahami makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah

3.5.1 Menjelaskan pengertian jujur,amanah dan istiqomah dengan membaca dalil naqlinya

1.     Apakah arti jujur dalam QS. Al-baqoroh/2:42?

 

 

2.     Apakah Arti amanah dalam QS QS. Al-Mu’minun/23:38

 

 

3.     Apakah Arti istiqomah dalam Q.S. al- Ahqaf/46:13),

1.       Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan(janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya”.

2.       Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan

janjinya”.

 

 

3.    Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqmah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati”.

 

3.5.2 Menjelaskan makna jujur,amanah dan istiqomah dengan membaca dalil naqlinya

4.     Makna jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan itu seperti apa?

4.merupakan akhlaq mulia yang disebutkan Allah di dalam Al-quran dan dicontohkan rosulullah dalam kehidupan

3.5.3 Menyebutkan contoh prilaku  jujur,amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari

5.     Buatlah masing2 satu contoh jujur, amanah dan istiqomahnya seorang pelajar

4.       Contoh prakteknya pelajar, jujur saat ulangan dengan tidak mencontek, amanah dalam ijin kegiatan di sekolah tidak melantur, istiqomah dalam berniat untuk belajar di sekolah bukan yang ainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 6 : Instrumen penugasan

 

 

INSTRUMEN TES LISAN

 

Nama Sekolah                        : SMP ..............................

Kelas/Semester                     : VII  / 1

Tahun Pelajaran                     : ............................

 

No

KD

INDIKATOR

SOAL

Keterangan

1

. 3.5. Memahami makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah

3.5.1 Menjelaskan pengertian jujur,amanah dan istiqomah dengan membaca dalil naqlinya

1.         Tulislah  QS. Al-baqoroh/2:42? Tentang  jujur !

2.         Tulislah QS QS. Al-Mu’minun/23:38 tentang

3.         Tulislah  Q.S. al- Ahqaf/46:13), tentang istiqomah

 

3.5.2 Menjelaskan makna jujur,amanah dan istiqomah dengan membaca dalil naqlinya

4. tuliskan makna jujur, amanah dan istiqomah !

 

3.5.3 Menyebutkan contoh prilaku  jujur,amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari

5.Tuliskan  contoh perilaku jujur, amanaah dan istiqomahdalam kehidupan sehari-hari di sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 7 : Soal-soal tes Tulis

 

KD

IPK

Indikator Soal

Rumusan Soal

3.5. Memahami makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah

3.5.1.1 Menjelaskan pengertian jujur dan membaca dalil naqlinya

Disajikan QS. Al-baqoroh/2:42, peserta didik dapat menjelaskan pengertian jujur

Perhatikan QS. Al-Baqoroh/2:42 berikut:

Jelaskan pesan yang terkandung pada ayat tersebut!

3.5.1.2Menjelaskan pengertian amanah  dan membaca dalil naqlinya

Disajikan QS. Al-Mu’minun/ 23:38 , peserta didik dapat menjelaskan makna amanah

Perhatikan QS. Al-Mu’minun/23:38 berikut ini :

Jelaskan apa yang dimaksud amanah !

3.5.1.3Menjelaskan pengertian istiqomah   dan membaca dalil naqlinya

Disajikan (Q.S. a-Ahqaf/46:13), peserta didik dapat menjelaskan makna istiqomah

Perhatikan Q.S. al- Ahq±f/46:13),

Jelaskan apa yang dimaksud istiqomah dari ayat tersebut!

 

No. Soal

Soal

Kunci Jawaban

Skor Nilai

1.

Perhatikan QS. Al-Baqoroh/2:42 berikut:

Jelaskan pesan yang terkandung pada ayat tersebut!

“Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan(janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya”.(Q.S. al-Baqarah/2:42

Katakan bahwa yang benar itu

adalah benar dan yang salah itu salah. Jangan dicampuradukkan antara yang hak dan yang batil. Allah Swt.

30

2.

Perhatikan QS. Al-Mu’minun/23:38 berikut ini :

Jelaskan apa yang dimaksud amanah

Amanah terhadap diri sendiri. Amanah ini dijalani dengan memelihara dan

menggunakan segenap kemampuannya demi menjaga kelangsungan hidup, kesejahteraan, dan kebahagiaan diri. Allah Swt. berfirman:

“Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan

janjinya”(Q.S. al-Mu’minμn/23:8)

30

3.

Perhatikan Q.S. al- Ahq±f/46:13),

Jelaskan apa yang dimaksud istiqomah dari ayat tersebut!

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqmah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati”. (Q.S. al- Ahqaf/46:13)

Ayat di atas menjelaskan sikap orang-orang istiqomah, yaitu menepati dan

mengikuti garis-garis yang telah ditentukan oleh agama, menjalankan semua perintah Allah Swt. dan meninggalkan semua larangan-Nya. Orang yang semacam itu tidak perlu khawatir terhadap diri mereka di hari kiamat karena Allah Swt. Menjamin keselamatan mereka.

40

 

 

Skor maksimum

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 8: Instrumen Penilaian keterampilan

Mata Pelajaran                      : PAI- BP

Materi                                    : Jujur, Amanah dan Istiqomah

Kelas                                      : VII

KD  4.5 Menyajikan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah

 

Hari/Tanggal                       : ..................

Nama Kelompok                 : ..................

Anggota Kelompok                         : ..................

Lama Pengerjaan Proyek : 2 x pertemuan

 

 

NO

ASPEK

BOBOT

SKOR

1.

PERENCANAAN

a.  Keseuaian tema proyek

b.  Persiapan

20%

 

2.

PELAKSANAAN

a.   Penyusunan rancangan cerita

b.   Pemilihan perlengkapan sesui tema

c.    Proses penyelesaian

d.  Produk yang dihasilkan

40%

 

3.

LAPORAN TUGAS

a.   Kesesuaian scenario cerita

b.   Kelengkapan teks

c.    Pesan moral yang ditampilkan

40%

 

 

TOTAL SKOR

100%

 

 

Rubrik penskoran

Skor 1 : sangat kurang

Skor 2 : kurang

Skor 3 : cukup

Skor 4 : baik

Skor 5 : sangat baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 9: Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran remedial.

 

Sekolah                                  : SMP .............................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : VII/Satu

Materi Remedial                    :   1. Pengertian jujur, sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42 2. Makna jujur sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis yang terkait.

3.    Contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis yang terkait.

Waktu Pemb. Remedial      : …

Waktu Ulangan Remedial  : …

Ketuntasan Belajar               : …

 

No.

Nama Peserta didik

Nilai UH

KD yang Tidak Tuntas

Bentuk Pembelajaran Remedial

Nilai Hasil Remedial

Ket.

1

 

 

 

 

 

 

2

dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

KD

IPK

Indikator Soal

Rumusan Soal

3.5. Memahami makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah

3.5.1.1 Menjelaskan pengertian jujur dan membaca dalil naqlinya

Disajikan QS. Al-baqoroh/2:42, peserta didik dapat menjelaskan pengertian jujur

Perhatikan QS. Al-Baqoroh/2:42 berikut:

Jelaskan pesan yang terkandung pada ayat tersebut!

3.5.1.2Menjelaskan pengertian amanah  dan membaca dalil naqlinya

Disajikan QS. Al-Mu’minun/ 23:38 , peserta didik dapat menjelaskan makna amanah

Perhatikan QS. Al-Mu’minun/23:38 berikut ini :

Jelaskan apa yang dimaksud amanah !

3.5.1.3Menjelaskan pengertian istiqomah   dan membaca dalil naqlinya

Disajikan (Q.S. a-Ahqaf/46:13), peserta didik dapat menjelaskan makna istiqomah

Perhatikan Q.S. al- Ahq±f/46:13),

Jelaskan apa yang dimaksud istiqomah dari ayat tersebut!

 

 

 

 

 

 

Lampiran 10  : Format pelaksanaan dan  hasil pembelajaran pengayaan.

 

Sekolah                                  : SMP ..............................

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    :  VII /Satu

KD  4.5 Menyajikan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah

 

Materi Pengayaan                : 1. Perilaku publik figur (artis) yang jujur, Perilaku publik figur yang (artis) amanah, Perilaku publik figur yang (artis) istiqomah                                

Waktu Pengayaan                : …

Waktu Ulangan                    : …

Ketuntasan Belajar               : …

 

No.

Nama Peserta didik

Nilai UH.

Bentuk Pengayaan

Nilai Tes Pengayaan

1

 

 

1.      Menulis Perilaku publik figur (artis) yang jujur,

2.      Menulis Perilaku publik figur yang (artis) amanah,

3.      Menulis Perilaku publik figur yang (artis) istiqomah

 

2

dst.