RPP KLS IX KD.03

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                       Sekolah                        : SMP...........
                       Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
                       Kelas/Semester             : IX / 1
                       Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit (2 x pertemuan )            
I.   Standar Kompetensi          :
3.  Meningkatkan keimanan kepada hari akhir.
II.  Kompetensi Dasar  :
3.1.  Menjelaskan pengertian kepada hari akhir.
3.2.  Menyebutkan ayat-ayat Al qur’an yang berkaitan dengan hari akhir.
3.3.  Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung 
        dalam Al qur’an dan hadits 
III.  Indikator  :
  1. Menjelaskan pengertian hari kiamat.
  2. Menjelaskan peristiwa sesudah hari kiamat.
  3. Menjelaskan fungsi beriman kepada hari kiamat.
  4. Menjelaskan balasan amal yang baik dan amal yang buruk
  5. Menyebutkan, membaca dan menghafal QS. Al hajj:7, Ar.rahman: 26-27, Al zalzalah: Al. anbiya’: 47. Al qari’ah:1-11. Al ghasiyah: 2-
  6. Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra.
  7. Menunjukkan contoh termasuk kiamat sughra dan kiamat kubra.
  8. Menujukkan ayat Al qur’an dan hadits berkaitan dengan peristiwa kiamat sughra dan kubra

IV. Tujuan Pembelajaran        :
     Siswa dapat  :
1.      Menjelaskan pengertian hari kiamat.
2.      Menjelaskan peristiwa sesudah hari kiamat.
3.      Menjelaskan fungsi beriman kepada hari kiamat.
4.      Menjelaskan balasan amal yang baik dan amal yang buruk
5.      Menyebutkan,membaca dan menghafal QS. Al Haj:7, Ar.rahman: 26-27, Al zalzalah: Al. anbiya’: 47. Al qari’ah:1-11. Al ghasiyah: 2-
6.      Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra.
7.      Menunjukkan contoh termasuk kiamat sughra dan kiamat kubra.
8.      Menujukkan ayat Al qur’an dan hadits berkaitan dengan peristiwa kiamat sughra dan kubra

V.  Materi Pokok  : 
     Hari kiamat
VI. Metode Pembelajaran  :
  1. Tanya jawab :
  2. Siswa mengadakan tanya jawab tentang ayat-ayat Al qur’an yang berkaitan dengan hari kiamat.
  1. Diskusi : Siswa melakukan  diskusi tentang peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan hari kiamat.
  1. Resitasi ( Penugasan ): 
  2. Siswa mencari indikator-indikator / fenomena yang berkaitan dengan datang nya hari kiamat.

VII.Strategi Pembelajaran :
      Pertemuan pertama
1.      Kegiatan pendahuluan :
a.       Mengadakan appersepsi (rasa ingin tahu)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (tanggungjawab)
c.       Tadarus (gemar membaca)
2.      Kegiatan inti :
a.   Siswa secara kelompok membaca dan memahami  pengertian hari kiamat dan peristiwa yang berkaitan dengan hari kiamat.(kerjasama, demokrasi dan rasa ingin tahu)
b. Siswa secara kelompok membaca dan menelaah dalil yang berkaitan dengan hari kiamat.(kerjasama, demokrasi dan kreatif)
c.   Setiap kelompok secara individu membaca dalil  yang berkaitan  dengan  hari kiamat secara bergantian,sedangkan yang lain mengamati dan memberi penilaian (kerjasama, kreatif, menghargai prestasi)
d.  Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan hari kiamat.(kerja keras, tanggungjawab)
e.       Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok (menghargai prestasi)
3.      Kegiatan penutup :
a.  Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap proses dan hasil  belajar (kerjasama, demokrasi, kreatif)
b.  Menugaskan siswa untuk menyalin dalil yang berkaitan dengan hari kiamat (tanggungjawab dan mandiri)
      Pertemuan ke dua
1.      Kegiatan pendahuluan :
a.       Mengadakan appersepsi (rasa ingin tahu)
b.      Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (tanggungjawab)
c.       Tadarus (gemar membaca)
2.      Kegiatan inti :
a.  Siswa secara kelompok membaca dan memahami pembalasan amal baik dan amal buruk. .(kerjasama, demokrasi dan rasa ingin tahu, gemar membaca)
a.  Siswa secara kelompok berdiskusi tentang fungsi beriman kepada hari kiamat (kerjasama, tanggungjawab, kreatif, religius)
b.    Setiap kelompok secara individu membaca dalil yang berkaitan dengan  pembalasan amal baik dan amal buruk, yang lain mengamati dan memberi penilaian (kerjasama, gemar membaca, kreatif)
c.   Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan balasan amal baik dan amal buruk serta fungsi beriman kepada hari kiamat.(kreatif, tanggungjawb)
d.      Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok (menghargai prestasi)
3.      Kegiatan penutup :
a.    Siswa secara kelompok membaca dan memahami pembalasan  amal baik dan  buruk.(kerjasama, gemar membaca)
b.   Siswa secara kelompok berdiskusi tentang fungsi beriman kepada hari kiamat.(kerjasama, kreatif, rasa ingin tahu)
c.  Setiap kelompok secara individu membaca dalil yang berkaitan dengan  pembalasan(mandiri, kerjasama, gemar membaca)

VIII.Sumber / Bahan  : 
  1. Departemen Agama, Al qur’an dan Terjemah
  2. Buku PAI Kelas IX
  3. Buku Dinul Islam
IX. Penilaian  :
      Jenis tagihan                        : Ulangan harian,tugas           
Tehnik                                 : Tes tulis,tugas individu
Bentuk Instrumen               : Uraian, unjuk kerja.
a.       Soal ulangan tulis          :
1.      Jelaskan pengertian hari kiamat !
2.      Jelaskan perbedan kiamat sughra dan kiamat kubra !
3.      Jelaskan pengertian alam barzah dan yaumul ba’ats dan yaumul mahsyar
4.      Apa yang di maksud dengan yaumul mizan dan yaumul hisab !
5.      Tulis dalil bahwa hari kiamat pasti terjadi !
b.      Tugas.
           Salinlah ayat-ayat  Al qur’an yang berkaitan dengan hari kiamat. !

Mengetahui                                                                 Demak, ..............................
Kepala Sekolah                                                           Guru PAI,



.............................................                                       .................................................
NIP. ......................................                                     NIP...........................................