RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP...........
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit (2 x pertemuan )
I. Standar Kompetensi :
3. Meningkatkan
keimanan kepada hari akhir.
II. Kompetensi Dasar :
3.1. Menjelaskan pengertian kepada hari akhir.
3.2. Menyebutkan ayat-ayat Al qur’an yang
berkaitan dengan hari akhir.
3.3. Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan
kubra seperti terkandung
dalam Al qur’an dan hadits
- Menjelaskan
pengertian hari kiamat.
- Menjelaskan
peristiwa sesudah hari kiamat.
- Menjelaskan
fungsi beriman kepada hari kiamat.
- Menjelaskan
balasan amal yang baik dan amal yang buruk
- Menyebutkan,
membaca dan menghafal QS. Al hajj:7, Ar.rahman: 26-27, Al zalzalah: Al.
anbiya’: 47. Al qari’ah:1-11. Al ghasiyah: 2-
- Menjelaskan
proses kejadian kiamat sughra dan kubra.
- Menunjukkan
contoh termasuk kiamat sughra dan kiamat kubra.
- Menujukkan
ayat Al qur’an dan hadits berkaitan dengan peristiwa kiamat sughra dan
kubra
IV. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
:
1. Menjelaskan
pengertian hari kiamat.
2. Menjelaskan peristiwa
sesudah hari kiamat.
3. Menjelaskan fungsi
beriman kepada hari kiamat.
4. Menjelaskan balasan
amal yang baik dan amal yang buruk
5. Menyebutkan,membaca
dan menghafal QS. Al Haj:7, Ar.rahman: 26-27, Al zalzalah: Al. anbiya’: 47. Al
qari’ah:1-11. Al ghasiyah: 2-
6. Menjelaskan proses
kejadian kiamat sughra dan kubra.
7. Menunjukkan contoh
termasuk kiamat sughra dan kiamat kubra.
8. Menujukkan ayat Al
qur’an dan hadits berkaitan dengan peristiwa kiamat sughra dan kubra
V. Materi Pokok :
Hari kiamat
VI. Metode Pembelajaran :
- Tanya jawab : Siswa mengadakan tanya jawab tentang ayat-ayat Al qur’an yang berkaitan dengan hari kiamat.
- Diskusi : Siswa melakukan diskusi tentang peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan hari kiamat.
- Resitasi ( Penugasan ): Siswa mencari indikator-indikator / fenomena yang berkaitan dengan datang nya hari kiamat.
VII.Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
1. Kegiatan pendahuluan
:
a. Mengadakan appersepsi (rasa ingin tahu)
b. Menjelaskan
kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (tanggungjawab)
c. Tadarus (gemar membaca)
2. Kegiatan inti :
a. Siswa secara kelompok
membaca dan memahami pengertian hari
kiamat dan peristiwa yang berkaitan dengan hari kiamat.(kerjasama, demokrasi dan rasa ingin tahu)
b. Siswa secara kelompok
membaca dan menelaah dalil yang berkaitan dengan hari kiamat.(kerjasama, demokrasi dan kreatif)
c. Setiap kelompok
secara individu membaca dalil yang
berkaitan dengan hari kiamat secara bergantian,sedangkan yang
lain mengamati dan memberi penilaian (kerjasama, kreatif, menghargai prestasi)
d. Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan hari kiamat.(kerja keras, tanggungjawab)
e. Guru memberi
penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok (menghargai prestasi)
3. Kegiatan penutup :
a. Guru bersama siswa
melakukan refleksi terhadap proses dan hasil
belajar (kerjasama, demokrasi,
kreatif)
b. Menugaskan siswa
untuk menyalin dalil yang berkaitan dengan hari kiamat (tanggungjawab dan mandiri)
Pertemuan ke dua
1. Kegiatan pendahuluan
:
a. Mengadakan appersepsi (rasa ingin tahu)
b. Menjelaskan kompetensi
yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran (tanggungjawab)
c. Tadarus (gemar membaca)
2. Kegiatan inti :
a. Siswa secara kelompok
membaca dan memahami pembalasan amal baik dan amal buruk. .(kerjasama, demokrasi dan rasa
ingin tahu, gemar membaca)
a. Siswa secara kelompok
berdiskusi tentang fungsi beriman kepada hari kiamat (kerjasama, tanggungjawab, kreatif, religius)
b. Setiap kelompok
secara individu membaca dalil yang berkaitan dengan pembalasan amal baik dan amal buruk, yang
lain mengamati dan memberi penilaian (kerjasama, gemar membaca, kreatif)
c. Guru memberi
penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan balasan amal baik dan amal buruk
serta fungsi beriman kepada hari kiamat.(kreatif, tanggungjawb)
d. Guru memberi
penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok (menghargai prestasi)
3. Kegiatan penutup :
a. Siswa secara kelompok
membaca dan memahami pembalasan amal baik
dan buruk.(kerjasama, gemar membaca)
b. Siswa secara kelompok
berdiskusi tentang fungsi beriman kepada hari kiamat.(kerjasama, kreatif, rasa ingin tahu)
c. Setiap kelompok
secara individu membaca dalil yang berkaitan dengan pembalasan(mandiri, kerjasama, gemar membaca)
VIII.Sumber / Bahan :
- Departemen Agama, Al qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas IX
- Buku Dinul Islam
IX. Penilaian
:
Jenis
tagihan : Ulangan harian,tugas
Tehnik :
Tes tulis,tugas individu
Bentuk Instrumen : Uraian, unjuk kerja.
a. Soal ulangan tulis :
1. Jelaskan pengertian
hari kiamat !
2. Jelaskan perbedan
kiamat sughra dan kiamat kubra !
3. Jelaskan pengertian
alam barzah dan yaumul ba’ats dan yaumul mahsyar
4. Apa yang di maksud
dengan yaumul mizan dan yaumul hisab !
5. Tulis dalil bahwa
hari kiamat pasti terjadi !
b. Tugas.
Salinlah ayat-ayat Al qur’an yang berkaitan dengan hari kiamat. !
Mengetahui Demak, ..............................
Kepala Sekolah Guru
PAI,
............................................. .................................................
NIP.
...................................... NIP...........................................