RPP KLS VII KD.01

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP/MTs                    : SMPN .........................
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)




I. Standar Kompetensi :
    1. Menerapkan hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah.

II. Kompetensi Dasar :
1.1  Menjelaskan hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
1.2   Membedakan hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
1.3  Menerapkan hukum “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan
      surat-surat al-Qur’an dengan benar

III. Tujuan Pembelajaran :
      Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat :
  1. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah.
  2.  Membedakan hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
  3. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “ Al” (ال  ) Qamariyah
  4. Membedakan ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah.
  5. Menunjukan contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah.
IV. Materi Pembelajaran :
      Hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah.
  1. Pengertian hukum bacaan “Al” (  ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
    1. Pengertian hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah adalah apabila ada “Al” (ال  ) atau alif  lam ta’rif bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah  (ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن ) maka hukum bacaannya dinamakan “Al” (ال ) Syamsiyah.Dan cara membacanya adalah “Al” (ال ) dibaca tidak jelas atau melebur ke huruf sesudahnya.Contoh :
    2. Sedangkan pengertian hukum bacaan “Al” (ال  ) Qamariyah adalah apabila ada “Al” (ال  ) atau alif lam ta’rif bertemu dengan salah satu hijaiyah ( ا ب ج ح خ  ع غ ف ق ك م  وه ء ي) maka hukum bacaannya dinamakan “Al” (ال ) Qamariyah.Dan cara membacanya adalah “Al” (ال) dibaca jelas atau tidak melebur ke huruf sesudahnya.Contoh :
  1. Perbedaan antara hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  )  Qamariyah
Perbedaan antara hukum bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah adalah:
    1. Huruf hijaiyah “Al” (ال ) Syamsiyah (ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن ) sedangkan “Al” (ال  ) Qamariyah (ا ب ج ح خ  ع غ ف ق ك م  وه ء ي ) .
    2. Cara membacanya “Al” (ال ) Syamsiyah adalah “Al” (ال )nya dibaca melebur kehuruf sesudahnya,sedangkan “Al” Qamariyah “Al” (ال )nya dibaca jelas.

3. Ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah
a.       Ciri-ciri “Al” (ال ) Syamsiyah,diumpamakan “Al” (ال ) sebagai bintang di             siang hari yang berdekatan dengan matahari,maka bintang itu tidak terlihat atau terhapus,sehingga yang kelihatan mataharinya saja.
b.      Ciri-ciri “Al” (ال ) Qamariyah,diumpamakan “A” (ال  ) sebagai bintang dimalam hari yang berdekatan dengan bulan,maka bintang itu terlihat jelas,dan bulan juga terlihat jelas
4.      Contoh-contoh bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah.
Contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah yang terdapat dalam Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat (yang tertulis tinta merah “Al” (ال ) Syamsiyah,yang tertulis biru “Al” (ال ) Qamariyah)

V.  Metode Pembelajaran :
      1. Inquiri
2. Quitioning
3. Learning Community
4. Modeling
5. Pendekatan CTL.

VI. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah/skenario pembelajaran :
  1. Kegiatan awal (5 menit)
    1. Salam hangat dan apa kabar dan presensi (religius,cinta damai, disiplin dan antusias)
    2. Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (tanggung jawab)
    3. Appersepsi (guru mengadakan kuis dengan menunjukan kartu yang bertuliskan arab dengan bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah) (berfikir kritis,ingin tahu,kreatif)
    4. Motivasi (Dinamika kelompok) (kreatif dan antusias)

II. Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Salah satu peserta didik memimpin membaca Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat dan ditirukan oleh semua peserta didik lainya (percaya diri dan taat).
b.      Peserta didik bersama guru menelaah materi tentang pengertian hukum bacaan “Al” (  ) Syamsiah dan “Al” (ال ) Qamariah dan cirri-cirinya.(berfikir kritis dan kreatif).
c.       Peserta didik bertanya jawab dan berdiskusi dalam kelompok tentang perbedaan bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah. (kerja sama dan saling menghargai)
d.      Peserta didik bertanya jawab dan berdiskusi untuk mencari contoh bacaan “Al” (ال  ) Syamsiah dan “Al” (ال ) Qamariyah dalam Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat. (kerja sama,saling menghargai dan kritisi)
e.       Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil dari pencarian contoh bacaan “Al” (ال  ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah. (percaya diri)
f.       Guru mengadakan penguatan tentang hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah dan contoh-contohnya. (tanggung jawab)
g.      Guru mengadakan uji kompetensi sekaligus penilaian dengan cara menyuruh setiap peserta didik membuka Al-Qur’an pada Q.S. Al-Baqarah ayat 1-15. (menghargai prestasi)

III. Kegiatan akhir (5 menit)
a.       Refleksi dengan menyanyikan nasyid. (religius)
b.      Penugasan (setiap peserta didik mencari 10 contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال  ) Qamariyah dalam Al-Qur’an  Surat As-Syams dan Al-Lail. (mandiri)
c.       Do’a kafaratul majlis. (religius)
d.      Salam (Ma’as salam). (religius, komunikatif)

VII. Alat / Sumber Belajar :
1.      Al-Qur’an dan Terjemahnya.
2.      Ilmu Tajwid Lengkap
3.      Kartu ayat dan CD/VCD.

VIII. Penilaian :

NO
Indikator Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk
Penilaian
Conto  Instumen
1.
Disajikan konsep hukum bacaan al Syamsiyah dan al Qamariyah.Peserta didik dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan Al Qamariyah dan al Syamsiyah
Tes tulis
Uraian
Jelaskan pengertian dan ciri – ciri hukum bacaan Al Syamsiyah dan al Qamnariyah
2.
Disajikan pengertian  bacaan al Syamsiyah dan al Qamariyah.Peserta didik dapat membedakan  hukum bacaan Al Qamariyah dan al Syamsiyah
Tes tulis
Uraian
Jelaskan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
3.
Ditunjukkan Qs. Al baqarah ayat 1 – 10 Peserta didik dapat menunjukkan  contoh bacaan Al Syamsiyah dan Al qamariyah
Tes tulis dan unjuk kerja
Uraian
Carilah contoh bacaan Al Syamsiyah dan al Qamariyah dari teks di bawah ini

Mengetahui,
Kepala Sekolah





...................................................
NIP.
Demak, .........................

Guru PAI,




................................................
NIP.