RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP/MTs :
SMPN .........................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
VII / 1
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit ( 1 x pertemuan)
I. Standar
Kompetensi :
1. Menerapkan
hukum bacaan “Al” (ال )
Syamsiyah dan “Al” (ال )
Qamariyah.
II. Kompetensi Dasar :
1.1
Menjelaskan
hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah.
1.3 Menerapkan hukum “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah dalam bacaan
surat-surat al-Qur’an
dengan benar
Melalui
proses pembelajaran ini siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah.
- Membedakan hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “ Al” (ال ) Qamariyah
- Membedakan ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah.
- Menunjukan contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah.
IV. Materi
Pembelajaran :
Hukum bacaan
“Al” (ال )
Syamsiyah dan “Al” (ال )
Qamariyah.
- Pengertian hukum bacaan “Al”
( ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
- Pengertian hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah adalah apabila ada “Al” (ال ) atau alif lam ta’rif bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah (ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن ) maka hukum bacaannya dinamakan “Al” (ال ) Syamsiyah.Dan cara membacanya adalah “Al” (ال ) dibaca tidak jelas atau melebur ke huruf sesudahnya.Contoh :
- Sedangkan pengertian hukum bacaan “Al” (ال ) Qamariyah adalah apabila ada “Al” (ال ) atau alif lam ta’rif bertemu dengan salah satu hijaiyah ( ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م وه ء ي) maka hukum bacaannya dinamakan “Al” (ال ) Qamariyah.Dan cara membacanya adalah “Al” (ال) dibaca jelas atau tidak melebur ke huruf sesudahnya.Contoh :
- Perbedaan antara hukum bacaan
“Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah
Perbedaan antara hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” Qamariyah adalah:
- Huruf hijaiyah “Al” (ال ) Syamsiyah (ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن ) sedangkan “Al” (ال ) Qamariyah (ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م وه ء ي ) .
- Cara membacanya “Al” (ال ) Syamsiyah adalah “Al” (ال )nya dibaca melebur kehuruf sesudahnya,sedangkan “Al” Qamariyah “Al” (ال )nya dibaca jelas.
3. Ciri-ciri hukum bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah
a.
Ciri-ciri
“Al” (ال ) Syamsiyah,diumpamakan “Al” (ال ) sebagai bintang di
siang hari yang berdekatan dengan matahari,maka bintang itu tidak
terlihat atau terhapus,sehingga yang kelihatan mataharinya saja.
b.
Ciri-ciri
“Al” (ال ) Qamariyah,diumpamakan “A” (ال ) sebagai bintang
dimalam hari yang berdekatan dengan bulan,maka bintang itu terlihat jelas,dan
bulan juga terlihat jelas
4.
Contoh-contoh
bacaan “Al” (ال )
Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah.
Contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah yang
terdapat dalam Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat (yang tertulis tinta merah “Al” (ال ) Syamsiyah,yang tertulis biru “Al” (ال )
Qamariyah)
V. Metode Pembelajaran :
1. Inquiri
2. Quitioning
3. Learning Community
4. Modeling
5. Pendekatan CTL.
VI.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah/skenario pembelajaran :
- Kegiatan awal (5 menit)
- Salam hangat dan apa kabar dan
presensi (religius,cinta
damai, disiplin dan antusias)
- Menjelaskan kompetensi yang akan
dibahas (tanggung jawab)
- Appersepsi (guru mengadakan kuis
dengan menunjukan kartu yang bertuliskan arab dengan bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah) (berfikir
kritis,ingin tahu,kreatif)
- Motivasi (Dinamika kelompok) (kreatif
dan antusias)
II. Kegiatan Inti (70 menit)
a.
Salah satu
peserta didik memimpin membaca Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat dan ditirukan oleh
semua peserta didik lainya (percaya diri dan taat).
b.
Peserta
didik bersama guru menelaah materi tentang pengertian hukum bacaan “Al” ( ) Syamsiah dan “Al” (ال )
Qamariah dan cirri-cirinya.(berfikir kritis dan kreatif).
c.
Peserta
didik bertanya jawab dan berdiskusi dalam kelompok tentang perbedaan bacaan
“Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال )
Qamariyah. (kerja sama dan saling menghargai)
d.
Peserta
didik bertanya jawab dan berdiskusi untuk mencari contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiah dan “Al” (ال ) Qamariyah dalam Q.S. Al-Dhuha dan Al-Adhiyat. (kerja
sama,saling menghargai dan kritisi)
e.
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil dari pencarian
contoh bacaan “Al” (ال )
Syamsiyah dan “Al” (ال )
Qamariyah. (percaya diri)
f.
Guru
mengadakan penguatan tentang hukum bacaan “Al” (ال )
Syamsiyah dan “Al” (ال )
Qamariyah dan contoh-contohnya. (tanggung
jawab)
g.
Guru
mengadakan uji kompetensi sekaligus penilaian dengan cara menyuruh setiap
peserta didik membuka Al-Qur’an pada Q.S. Al-Baqarah ayat 1-15. (menghargai prestasi)
III. Kegiatan akhir (5 menit)
a. Refleksi dengan menyanyikan nasyid. (religius)
b. Penugasan (setiap peserta didik mencari 10
contoh bacaan “Al” (ال ) Syamsiyah dan “Al” (ال ) Qamariyah dalam Al-Qur’an Surat
As-Syams dan Al-Lail. (mandiri)
c. Do’a kafaratul majlis. (religius)
d. Salam (Ma’as salam). (religius, komunikatif)
VII. Alat /
Sumber Belajar :
1.
Al-Qur’an
dan Terjemahnya.
2.
Ilmu
Tajwid Lengkap
3.
Kartu
ayat dan CD/VCD.
VIII.
Penilaian :
NO
|
Indikator
Penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Conto Instumen
|
1.
|
Disajikan
konsep hukum bacaan al Syamsiyah dan al Qamariyah.Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian hukum bacaan Al Qamariyah dan al Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian dan ciri – ciri hukum bacaan Al Syamsiyah dan al Qamnariyah
|
2.
|
Disajikan
pengertian bacaan al Syamsiyah dan al
Qamariyah.Peserta didik dapat membedakan
hukum bacaan Al Qamariyah dan al Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan hukum
bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
|
3.
|
Ditunjukkan
Qs. Al baqarah ayat 1 – 10 Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan Al Syamsiyah dan Al qamariyah
|
Tes tulis dan
unjuk kerja
|
Uraian
|
Carilah contoh
bacaan Al Syamsiyah dan al Qamariyah dari teks di bawah ini
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.
|
Demak,
.........................
Guru PAI,
................................................
NIP.
|