B. LAPORAN KEGIATAN
1. Penyusunan Program Pengajaran
a. Setting Penelitian
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang meliputi : Merencanakan (Planing), Tindakan (Action), Mengamati (Observation), dan Merefleksi (Reflection). Penelitian merupakan penelitian berdaur (siklus) dan bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan CTL dalam meningkatkan kemampuan membaca QS. At-Tin pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX semester gazal.
b. Tujuan Pembelajaran
1) Standar Kompetensi
Memahami ajaran Al-Qur’an surah At-Tin
2) Kompetensi Dasar
Membaca QS. At-Tin dengan tartil
3) Indikator
a) Siswa dapat membaca potongan-potongan ayat dalam QS. at-Tin dengan benar.
b) Siswa dapat membaca keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar.
c. Prosedur Penelitian
Berdasarkan pada jenis penelitian, yaitu PTK maka ditempuh langkah-langkah sebagai berikut :
Perencanaan :
- 1) Membuat program pembelajaran atau skenario pembelajaran yang dikembangkan lebih jauh berdasarkan kebutuhan penulisan laporan yang menggunakan pendekatan metode PTK
- 2) Menyiapkan Media/alat yaitu berupa Puzle (potongan-potongan) QS. At-Tin yang telah disalin dalam kertas manila.
- 3) Menyiapkan lembar kerja siswa
- 4) Menyiapkan lembar catatan untuk merekam/mencatat hal-hal yang terjadi selama proses pembelajaran
- 5) Menyiapkan teknik analisis data berdasarkan Teknik Analisis Ulangan Harian dan mendeskripsikan dalam bentuk table persiklus.
- 6) Menyiapkan lang-langkah untuk perbaikan pada indicator yang belum tercapai ketuntasannya (Refleksi), dan sebagai siklus kedua untuk PTK.
Tindakan :
Melaksanakan seluruh rencana yang telah dibuat pada tahap sebelumnya, bahkan bias menyisipkan langkah-langkah baru yang dianggap penting dalam setiap kegiatan yang telah direncanakan, termasuk dalam menyajikan materi pelajaran sesuai dengan scenario yang telah dibuat,dikembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran,penelitian ini.
Observasi :
Observasi dilakukan untuk menemukan siswa yang masih bermasalah dalam proses pembelajaran maupun pada saat pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran, pada tahap ini guru menggunakan lembar observasi yang telah disiapkan atau mencata/merekam hal-hal penting yang terjadi.
Refleksi :
Pada tahap ini data yang diperoleh pada tahap sebelumnya dianalisis, termasuk hasil tes dengan tujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian pada siklus ini. Hasil analisis digunakan untuk menentukan langkah pada siklus selanjutnya atau mengambil kesimpulan bila masalah sudah teratasi dengan hasil seperti direncanakan.