Lanjutan PTK PAI (5)

a. Siklus I
Pembelajaran Siklus 1 menggunakan potongan tiap ayat QS. At-Tin
Tindakan siklus 1 yang akan diberikan untuk memahamkan siswa terhadap bacaan QS At-Tin adalah bagian dari model pembelajaran dengan pendekatan CTL yaitu membagikan :

  • 1) Guru menyiapkan potongan-potongan tulisan QS At-Tin berdasarkan potongan per ayat, sehingga masing-masing kelompok mendapatkan 8 potongan Qs At-Tin.
  • 2) Guru membagi potongan-potongan ayat tersebut kepada tiap-tiap kelompok yang terdiri dari 8 siswa, sehingga masing-masing mendapat 1 potongan ayat.
  • 3) Siswa berdiskusi membaca dan menyusun tiap potongan ayat menjadi susunan QS At-Tin yang utuh pada tiap-tiap kelompok.
  • 4) Guru melakukan observasi dan penilaian terhadap masing-masing kelompok.
b. Siklus II
Pembelajaran pada siklus II menggunakan potongan-potongan lafal QS At-Tin.
Pada pelaksanan pembelajaran siklus II ini, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  • 1) Guu lebih banyak mempersiapkan potongan-potongan kertas yang bersisi tiap lafal dan atau gabungan beberapa lafal dari QS At At-Tin.
  • 2) Siswa berdiskusi menyusun dan berlatih membaca potongan-potongan QsS At-Tin tersebut.
  • 3) Melalui teman sekelompok, siswa yang kurang fasih membaca berlatih bersama teman-teman yang lebih fasih membacanya.
  • 4) Siswa yang menjadi tutor sebaya menguji teman-temannya untuk membaca dengan menunjukkan kertas yang berisi lafal-lafal dari QS At-Tin.
  • 5) Dengan bantuan tutor sebaya, semua siswa dalam kelompok diskusi terus berlatih menyusun dan membaca QS At-Tin sampai benar-benar lancer dan fasih.
  • 6) Guru membina, membi,bing dan mengarahkan selama terjadinya proses pembelajaran dalam kelompok.
  • 7) Guru mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menguji bacaan siswa QS At-Tin secara sempurna.
  • 3. Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
Untuk mengetahui hasil dari penyajian materi, disiapkan lembar evaluasi dengan menggunakan alat penilaian berupa bacaan Qur’an Surat At-Tin ayat 1-8 yaitu :
Hasil evaluasi didata dengan menggunakan table penilaian yang disajikan pada table 1 sebagai berikut:
Tabel 1. Tabel penilaian membaca QS. At-Tin
No Nama Aspek Penilaian Skor
Ketepatan bacaan
0-50 Kelancaran
0-50
Data yang diperoleh dari penilaian proses akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan format berdasarkan Analisis Ulangan Harian.
Skala pengelompokan siswa didasarkan pada skala yang terdapat pada buku laporan hasil belajar siswa SMP yang disajikan pada table 2 sebagai berikut
Tabel 2. Skala pengelompokan Skor nilai siswa
Skala Sekor Nilai dengan huruf Keterangan
86 – 100 A Baik Sekali
71 – 85 B Baik
56 – 70 C Cukup
41 – 56 D Kurang
< 40 E Sangat Kurang