RPP PAI dan BUDI PEKERTI KELAS VII PERJUANGAN RASULULLAH PERIODE MAKKAH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ...........................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII /Ganjil
Materi Pokok : Perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Mekkah
Alokasi Waktu : 2x pertemuan (6 JPL)
A.
Kompetensi Inti
KI.1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI.3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetens Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian kompetensi
|
1.11 Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
1.11.1 Bersyukur
kepada Allah atas diutusnya Nabi
Muhammad saw dengan selalu
bershalawat bila mendengar nama Nabi Muhammad
1.11.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam menjalankan ibadah
shalat dhuha
|
2.11 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
|
2.11.1
Menunjukkan
sikap sopan santun sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan
sehari- hari
2.11.2 Menunjukkan
sikap ulet dalam belajar sebagai wujud mencintai Rasulullah saw
dalam kehidupan sehari- hari
|
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
3.11.1 Menjelaskan
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.11.2 Menjelaskan
keberhasilan dagang Nabi Muhammad SAW
3.11.3 Menjelaskan proses kerasulan Nabi SAW
3.11.4 Menjelaskan dakwah Nabi secara terang terangan
3.11.5 Menyebutkan Pengertian Assabiqunalawwalun
|
4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode
Makkah..
|
4.11.1 Menceritakan strategi perjuangan Rasul
4.11.2 Mendokumentasikan perjuangan Rasul melalui peta
konsep
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Bersyukur dan
cinta Rosululah saw dengan selalu membaca salawat nabi bila mendengar namanya
disebut.
2.
Membiasakan salat dluha rutin sebagai bentuk
menjalankan sunnah Rasulullah saw .
3.
Berperilaku sopan dan santun sebagai bentuk meneladani
perilaku Rasulullah saw.
4.
Rajin belajar dengan ulet sebagai bentuk cinta dan
mencontoh perilaku rasulullah saw.
Pertemuan 2:
1.
Membiasakan perilaku jual dan beli dengan jujur sesuai
contoh Rasulullah saw sewaktu berdagang.
2.
Rajin membaca sesuai isi wahyu yang pertama turun pada
Rasulullah saw.
3.
Semangat tanpa kenal lelah dalam mencapai tujuan
seperti cara dakwah Rasulullah saw
4.
Rajin bersodaqah seperti perilaku para assabiqun awwalun dalam membantu
Rasulullah saw dalam berdakwah
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran reguler:
Pertemuan 1
a.
Kelahiran Nabi Saw
b.
Nabi Muhammad Saw diangkat menjadi Rasul
Pertemuan 2
c.
Dakwah Nabi Muhammad Saw secara sembunyi-sembunyi
d. Dakwah Nabi
Muhammad Saw secara terang-terangan
2.
Materi
pembelajaran pengayaan:
a.
Hikmah dakwah Nabi Muhammad SAW
di Makkah
3.
Materi
pembelajaran remedial:
a.
Kelahiran Nabi Saw
b.
Nabi Muhammad Saw diangkat menjadi Rasul
c.
Dakwah Nabi Muhammad Saw secara sembunyi-sembunyi
d.
Dakwah Nabi Muhammad Saw secara terang-terangan
E. Metode Pembelajaran
Discovery learning
Pembelajaran
Berbasis Proyek
- Media dan Bahan
· Media
a.
Presentasi Power Point
b.
Video pembelajaran/ Film
tentang sejarah perjuangan Rasulullah
c.
Laptop/ Komputer
d.
LCD Projector
e.
White Board
· Bahan
a.
Spidol.
b.
Flash Disk
c.
Kertas HVS
G. Sumber Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII
(Buku Siswa) Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 60
- 70).
2.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII
(Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 46 – 55).
3.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran
dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. Hal : …..
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: 3 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan ( 15 menit )
1)
Peserta didik dan
guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta didik
memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah/ayat pilihan;
3)
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan tanya jawab interaktif tentang kapan
dan dimana Rasulullah dilahirkan, siapa nama bapak dan ibunya;
5)
Guru meminta siswa
mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran;
6)
Guru memotivasi
siswa secara kontekstual mengenai manfaat mempelajari materi pokok meneladani
perjuangan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari;
7)
Guru menjelaskan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
8)
Guru membagi kelompok menjadi empat bagian
9)
Guru menyampaikan
cakupan materi pembalajaran;
10) Guru menjelaskan
aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran discovery learning
dan berbasis proyek;
11) Guru memberitahukan
siswa tentang
lingkup dan tekhnik penilaian yang akan digunakan oleh guru (sikap,
pengetahuan dan keterampilan).
b.
Kegiatan
Inti ( 90 menit )
Merumuskan pertanyaan
|
1)
Peserta didik
membaca buku teks sejarah Nabi Muhammad SAW di kota Makkah dan buku sumber
lain yang ada di perpustakaan sekolah maupun dari majalah, buletin ataupun
lainnya;
2)
Guru
membimbing peserta didik dengan mengajukan pertanyaan tentang Awal kelahiran Nabi Muhammad Saw.
atau pertanyaan lain yang relevan.
3)
Peserta didik
merumuskan permasalahan-permasalahan, misalnya :
a)
Berapa tahun
Nabi Muhammad SAW berdakwah di mekkah ?
b)
Berapa jumlah
pengikut beliau di Mekkah ?
c)
Tantangan dan
halangan apa saja yang dihadapi Rasulullah di Mekkah
4)
Perwakilan
peserta didik menuliskan rumusan pertanyaan dari masalah yang ditemui ketika
membaca teks bahan renungan pada buku siswa;
5)
Guru memandu
peserta didik menganalisis pertanyaan esensial sesuai dengan tujuan
pembelajaran tentang sejarah Nabi Muhammad saw periode Makkah;
6)
Peserta didik
merumuskan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).
|
Merencanakan
|
7)
Guru dan
peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan
analisis data dengan cara :
a) Mendiskusikan
kelahiran Nabi
Muhammad Saw. berdasarkan data dari berbagai sumber;
b) Mendiskusikan
orang-orang
yang pertama kali masuk islam berdasarkan data dari
berbagai sumber.
|
Mengumpulkan dan
menganalisis data
|
8)
Peserta didik
mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang telah direncanakan untuk
menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
9)
Guru
membimbing peserta didik untuk menganalisis data atau informasi yang
diperoleh;
10) Guru membimbing peserta didik untuk melakukan
pemeriksaan untuk membuktikan benar tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan
melakukan studi literasi.
|
Menarik
simpulan
|
11) Melakukan
analisis tentang sifat-sifat Nabi yang patut diteladani.
12) Melakukan analisis
dakwah secara
sembunyi-sembunyi dan secara terang-terangan
13) Guru membimbing
peserta didik untuk lebih banyak mengumpulkan data mengenai sejarah
dan strategi dakwah Nabi Muhammad saw;
14) Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan
yang diperoleh dengan memajang di dinding informasi kelas.
|
Aplikasi dan
Tindak lanjut
|
15) Guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap
sejarah dakwah Rasulullah saw di Kota Makkah;
16) Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau
permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.
|
c.
Kegiatan
Penutup ( 15 menit )
1)
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas
projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran
secara demokratis;
3)
Guru memberikan
reward kepada kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru menjelaskan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
2.
Pertemuan ke dua
a. Kegiatan
Pendahuluan
1)
Peserta didik dan
guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)
Peserta didik
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan;
3)
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk;
4)
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dengan diskusi interaktif tentang kapan dan
dimana Rasulullah dilahirkan, siapa nama bapak dan ibunya;
5)
Guru meminta siswa
mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran;
6)
Guru memotivasi
siswa belajar siswa secara konstektual dengan meminta untuk menyimak penjelasan
mengenai manfaat mempelajari materi pokok meneladani perjuangan Rasulullah
dalam kehidupan sehari-hari;
7)
Gurumenegcek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilki siswa melalui tanya jawab dengan
siswa tentang peristiwa dakwah
Rasulullah saw;
8)
Guru menjelaskan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran;
9)
Guru menyampaikan
cakupan materi pembalajaran untuk pertemuan pertama tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw dan
sikap2 yang patut diteladani
10)
Guru menejlaskan
aktifitas pembelajaran siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek;
11)
Guru meminta siswa
untuk mencatat lingkup dan
tekhnik penilaian yang akan digunakan oleh guru (sikap, pengetahuan dan
keterampilan).
b.
Kegiatan Inti
Langkah -1
Penentuan
projek
|
1)
Siswa mencermati tayangan
gambar dan kisah teladan pada kolom renungan; .
2)
Siswa menanyakan mengemukakan
hasil pencermatan gambar dan video;
3)
Perancangan langkah-langkah
penyelesaian proyek :
1.
Guru bersama dengan peserta
didik menentukan tema/topik projek, yaitu membuat cerita bergambar atau
ensiklopedi mini yang menyajikan strategi dakwah Rasulullah saw di Makkah;
|
Langkah -2
Perancangan
langkah-langkah penyelesaian projek
|
2.
Guru memfasilitasi Peserta
didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta
pengelolaannya, misalnya dengan mengidentifikasi tokoh, peristiwa, tempat,
dan nilai sejarah dari dakwah periode Makkah;
|
Langkah -3
Penyusunan
jadwal pelaksanaan projek
|
3.
Guru memberikan pendampingan
kepada peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah
dirancangnya;
|
Langkah -4
Penyelesaian
projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
|
4. Guru
memfasilitasi dan memonitor peserta
didik dalam melaksanakan rancangan
projek pembuatan cerita bergambar atau ensiklopedi mini yang menyajikan
strategi dakwah Rasulullah saw di Kota Makkah;
5. Guru
melakukan monitoring terhadap penyelesaian proyek yang telah dirancang;
|
Langkah -5
Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
|
6. Peserta
didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil karyanya;
7. Peserta
didik mempublikasikan hasil karya berupa cerita bergambar atau ensiklopedi
mini strategi dakwah Rasulullah saw di Kota Makkah;
|
Langkah -6
Evaluasi
proses dan hasil projek
|
8.
Guru dan peserta didik pada
akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil
tugas projek.
|
c.
Penutup
1)
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas
projek;
2)
siswa dibawah bimbingan guru, peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran
secara demokratis;
3)
Guru memberikan
reward kepada kelompok “terbaik”;
4)
Post Tes;
5)
Guru menjelaskan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya;
6)
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
I.
PENILAIAN
a.
Penilian Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi / jurnal
|
Lamp. 1
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lamp. 2
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembar penilaian antar teman
|
Lamp. 3
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
b.
Penilian Sikap
sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
LembarObservasi/
Jurnal
|
Lamp. 3
|
Saat
pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
Lembarpenilaiandiri
|
Lamp. 4
|
Saat
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian
antarteman
|
Lembarpenilaianantarteman
|
Lamp. 5
|
Setelah
pembelajaran usai.
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
c.
Penilian Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lamp. 6
|
Saat dan
usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
1
|
Tertulis
|
Soal-soalesei
Soal-soal Pilihan ganda
|
Lamp. 7
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
d.
Penilaian Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Produk
|
keterampilanproduk
|
Lamp.8
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
1.
Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa
yang belum mencapai ketuntasan
belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.
Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b.
Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum mencapai ketuntasan.
c.
Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai ketuntasan.
2.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan
kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (membuat
laporan/resum)
Demak, ............................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
...................................... ....................................
NIP. ............................... NIP.
.............................
Instrumen Penilaian
Lampiran 1. Lembar Observasi
Penilaian Spiritual
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas : VII
Semester : Gasal
Tahun Pelajaran : .............
Periode Pengamatan : Tanggal ...............
Indikator sikap :
- Bersyukur dan cinta Rosululah saw dengan selalu
membaca salawat nabi bila mendengar namanya disebut.
- Membiasakan salat dluha
rutin sebagai bentuk menjalankan sunnah Rasulullah saw
- Bersikap
sopan santun dan ulet belajar
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Skor
Indikator Sikap
Spiritual (1 – 4)
|
Jumlah Perolehan
Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/ Tidak
Tuntas
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 2. Lembar Penilaian Diri
(Penilaian Spiritual)
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Nama : ...
Kelas : ...
Semester : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya
selalu Bersyukur dan cinta Rosululah saw dengan selalu
membaca salawat nabi bila mendengar namanya disebut.
|
|
|
2.
|
Saya
membiasakan salat dluha rutin sebagai
bentuk menjalankan sunnah Rasulullah saw
|
|
|
3.
|
Saya
senantiasa disiplin
|
|
|
4.
|
Saya Bersikap sopan santun
|
|
|
5.
|
Saya senantiasa ulet belajar
|
|
|
JURNAL PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama Sekolah : SMP .....................
Kelas/Semester : VII / 1
Tahun Pelajaran : .................
Guru :
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan perilaku
|
Butir sikap
|
Tanda Tangan Siswa
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 4.
Penilaian Antar Teman (Sikap Sosial )
PENILAIAN
ANTAR TEMAN (SIKAP SOSIAL)
Nama :
................
Kelas/Semester :
VII / 1
Tahun Pelajaran :
....................
Indikator sikap :
1.
NO
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor
|
1
|
Teman
saya selalu Bersyukur dan cinta Rosululah saw dengan selalu
membaca salawat nabi bila mendengar namanya disebut.
|
|
|
|
|
|
2
|
Teman
saya membiasakan salat dluha rutin sebagai
bentuk menjalankan sunnah Rasulullah saw
|
|
|
|
|
|
3
|
Teman saya senantiasa disiplin
|
|
|
|
|
|
4
|
Teman saya bersikap sopan santun
|
|
|
|
|
|
5
|
Teman saya senantiasa ulet belajar
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1. Tidak
pernah
2. Kadang
kadang
3. Sering
4. Selalu
PEDOMAN SKOR / PENILAIAN
SKOR MAKSIMAL : 20
NILAI =
Lampiran 5.
Instrumen Tes Lisan
INSTRUMEN
TES LISAN
Nama Sekolah : SMP ............................
Kelas/Semester : VII A / 1
Tahun Pelajaran :
...........................
No
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
KUNCI
|
1
|
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
3.11.1 Menjelaskan
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.11.2Menjelaskan
keberhasilan dagang Nabi Muhammad SAW
3.11.3Menjelaskan proses kerasulan Nabi SAW
3.11.4Menjelaskan dakwah Nabi secara terang terangan
3.11.5Menyebutkan Pengertian Assabiqunalawwalun
|
1. Kapan Nabi
Muhammad SAW lahir?
2. Nabi Muhammad
membawakan dagangan siapa?
3. Kapan Nabi
Muhammad SAW diangkat menjadi rosul?
4. Bagaimana
cara berdakwah Nabi Muhammad SAW
5. Apa yang
dimaksud Assabiqunalawwalun
|
1. Lahir senin,
12 Rabiul awal
2. Membawa
dagangan Siti Khatijah
3. Diangkat
menjadi rasul pada usia 40 tahu n
4. Nbi berdakwah
melalui 2 tahap yaitu secara sembunyi sembunyi dan terang-terangan
5. Assabiqunalawwalun
adalah orang-orang yang beriman awal pada waktu dakwah nabi Muhammad SAW
|
Lampiran 6.
Instrumen Penugasan
INSTRUMEN
TES PENUGASAN
Nama Sekolah : SMP ...........................
Kelas/Semester : VIII A / 1
Tahun Pelajaran : .........................
No
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
Keterangan
|
1
|
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
3.11.3Menjelaskan proses kerasulan Nabi SAW
|
1. Buatlah
cerita singkat bagaimana Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul.
|
|
3.11.4Menjelaskan dakwah Nabi secara terang terangan
|
2. Buatkan skema
dakwah Nabi Muhammad SAW.
|
|
Lampiran 7.
Instrumen tes tertulis
Nama Sekolah : SMP ......................
Kelas/Semester : VIII A / 1
Tahun Pelajaran : ......................
No
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
KUNCI
|
1
|
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
3.11.1 Menjelaskan
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.11.2Menjelaskan
keberhasilan dagang Nabi Muhammad SAW
3.11.3Menjelaskan proses kerasulan Nabi SAW
3.11.4Menjelaskan dakwah Nabi secara terang terangan
3.11.5Menyebutkan Pengertian Assabiqunalawwalun
|
1. Kapan Nabi
Muhammad SAW lahir?
2. Nabi Muhammad
membawakan dagangan siapa?
3. Kapan Nabi
Muhammad SAW diangkat menjadi rosul?
4. Bagaimana
cara berdakwah Nabi Muhammad SAW
5. Apa yang
dimaksud Assabiqunalawwalun
|
1.
Lahir senin, 12 Rabiul awal
2. Membawa
dagangan Siti Khatijah
3. Diangkat
menjadi rasul pada usia 40 tahu n
4. Nbi berdakwah
melalui 2 tahap yaitu secara sembunyi sembunyi dan terang-terangan
5. Assabiqunalawwalun
adalah orang-orang yang beriman awal pada waktu dakwah nabi Muhammad SAW
|
Lampiran 8: Instrumen Penilaian keterampilan Projek
Mata Pelajaran : PAI- BP
Materi :
Kelas : VII
Hari/Tanggal : ..................
Nama Kelompok : ..................
Anggota Kelompok : ..................
Lama
Pengerjaan Proyek : 2 x pertemuan
KD 4.11 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan
Nabi Muhammad Saw. periode Makkah..
NO
|
ASPEK
|
BOBOT
|
SKOR
|
1.
|
PERENCANAAN
a.
Keseuaian tema proyek
b.
Persiapan
|
20%
|
|
2.
|
PELAKSANAAN
a.
Penyusunan rancangan cerita
b.
Pemilihan perlengkapan sesui tema
c.
Proses penyelesaian proyek
d.
Produk yang dihasilkan
|
40%
|
|
3.
|
LAPORAN PROYEK
a.
Kesesuaian penampilan dengan scenario cerita
b.
Kelengkapan properti
c.
Pesan moral yang ditampilkan
|
40%
|
|
|
TOTAL SKOR
|
100%
|
|
Rubrik penskoran
Skor 1 : sangat kurang
Skor 2 : kurang
Skor 3 : cukup
Skor 4 : baik
Skor
5 : sangat baik
Lampiran 9 : Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
remedial.
Sekolah :
SMP .......................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Remedial : 1.
Waktu Pemb. Remedial : …
Waktu Ulangan Remedial : …
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Peserta didik
|
Nilai UH
|
KD yang Tidak Tuntas
|
Bentuk Pembelajaran Remedial
|
Nilai Hasil Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
dst.
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
KUNCI
|
1
|
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
3.11.1 Menjelaskan
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.11.2Menjelaskan
keberhasilan dagang Nabi Muhammad SAW
3.11.3Menjelaskan proses kerasulan Nabi SAW
3.11.4Menjelaskan dakwah Nabi secara terang terangan
3.11.5Menyebutkan Pengertian Assabiqunalawwalun
|
1.
Kapan Nabi Muhammad SAW lahir?
2. Nabi Muhammad
membawakan dagangan siapa?
3. Kapan Nabi
Muhammad SAW diangkat menjadi rosul?
4. Bagaimana
cara berdakwah Nabi Muhammad SAW
5. Apa yang
dimaksud Assabiqunalawwalun
|
1.
Lahir senin, 12 Rabiul awal
2. Membawa
dagangan Siti Khatijah
3. Diangkat
menjadi rasul pada usia 40 tahu n
4. Nbi berdakwah
melalui 2 tahap yaitu secara sembunyi sembunyi dan terang-terangan
5. Assabiqunalawwalun
adalah orang-orang yang beriman awal pada waktu dakwah nabi Muhammad SAW
|
Lampiran 9: Format
pelaksanaan dan hasil pembelajaran
pengayaan.
Sekolah :
SMP ...................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII /Satu
Materi Pengayaan :
1.
Waktu Pengayaan :
…
Waktu Ulangan :
…
Ketuntasan Belajar :
…
No.
|
Nama Peserta didik
|
Nilai UH.
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes Pengayaan
|
1
|
|
|
1.
|
|
2
dst.
|
|
|
|
No
|
KD
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
Keterangan
|
1
|
3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
|
3.11.3Menjelaskan proses kerasulan Nabi SAW
|
1. Buatlah
cerita singkat bagaimana Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul.
|
|
3.11.4Menjelaskan dakwah Nabi secara terang terangan
|
2. Buatkan skema
dakwah Nabi Muhammad SAW.
|
|